Praktikum pemakaian listrik ketel listrik otomatis

2,061 views
1,819 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,061
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
300
Actions
Shares
0
Downloads
35
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Praktikum pemakaian listrik ketel listrik otomatis

  1. 1. PRAKTIKUM PEMAKAIAN LISTRIK “KETEL LISTRIK OTOMATIS” NAMA NIM : RIDWAN : 1101997 TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2013
  2. 2. PENGERTIAN KETEL LISTRIK OTOMATIS Adalah salah satu peralatan rumah tangga listrik yang berfungsi sebagai pemanas air dalam tempat cerek atau ketel listrik dengan suhu yang telah ditentukan panasnya. KOMPONEN-KOMPONEN DARI KETEL LISTRIK OTOMATIS 1. Elemen pemanas berbentuk pipa/batang. 2. Alat pengontrol panas jenis thermostat bimetal. 3.Kabel penghubung dan steker. 4. Cerek berfungsi sebagai wadah air yang akan dimasak. 5. Tangkai cerek berfungsi sebagai pemegang. 6.Penutup ketel/cerek. 7.Saluran tempat mengeluarkan air pada ketel listrik tersebut.
  3. 3. BAGIAN KETEL LISTRIK
  4. 4. ALAT DAN BAHAN 1.Ketel listrik otomatis. 2.Voltmeter (0-250 volt). 3.Ampermeter (0-6 amper). 4.Kabel penghubung. 5.toolset. 6.Termometer (alat pengukur suhu). 7.Multimeter. SPESIFIK KETEL LISTRIK OTOMATIS MERK : Maspion Model (5824) TEGANGAN : 220 Volt FREKUENSI : 50 Hz DAYA : 550 Watt ARUS : 2.5 Amper CAPASITAS : 6 pints (3.4 Liter) TAHANAN ELEMEN PEMANAS : 90 Ohm
  5. 5. LANGKAH KERJA 1.Sediakan alat dan bahan yang diperlukan dalam praktikum. 2.Catat data ketel listrik otomatis (lihat pada name plat). 3.Bukalah dengan baik seluruh perangkat komponen pada ketel tersebut.Letakan mur dan baut pada tempat tertentu. 4.Amati konstruksi masing-masing komponen alat tersebut dan tuliskan bagianya. 5.Ukur nilai kawat tahanan pemanas…. Ohm 6.Amati rangkaian listrik ketel tersebut mulai dari tegangan masuk dan gambarkan rangkaianya. 7.Amati kemungkinan kerusakan pada setiap komponen.lakukan pemeriksaan dengan menggunakan multimeter. 8.Pasang kembali secara utuh dan benar ketel tersebut. 9.Lanjutkan pengukuran untuk memperoleh data penggambaran karakteristik pengaturan suhu ketel listrik otomatis. 10.Setelah selesai barulah buat laporan hasil kegiatan yang kita lakukan.
  6. 6. GAMBAR RANGKAIAN
  7. 7. DAFTAR KERUSAKAN
  8. 8. KESIMPULAN Setelah melakukan praktikum ini dapat disimpulkan bahwa : 1.Umumnya kerusakan yang dialami ketel listrik otomatis secara keseluruhanya dapat diperbaiki dengan melihat fungsi dan kegunaan masing-masing komponen. 2.Semakin lama waktu yang diperlukan pada ketel listrik otomatis,maka semakin lama pula suhu yang dihasilkan.namun hal ini tidak diberlakukan secara kontinyu mengingat bahwa bimetal dapat memutuskan arus apabila sudah mencapai koefisien muai mencapai suhu 100 derajat keatas.
  9. 9. SEKIAN TERIMA KASIH

×