• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal?
 

Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal?

on

  • 2,463 views

Para pemula atau alumni baru lebih banyak yang berpikir untuk mencari kerja dari pada melakukan usaha sendiri karena alasan tak punya modal dan dibayangi rasa takut. Sesungguhnya berusaha merupakan ...

Para pemula atau alumni baru lebih banyak yang berpikir untuk mencari kerja dari pada melakukan usaha sendiri karena alasan tak punya modal dan dibayangi rasa takut. Sesungguhnya berusaha merupakan pekerjaan mulia yang dianjurkan dan dapat membantu orang untuk bekerja. Ketakutan tadi karena tidak berani memulai. Karena itu perlu difahami bagaimana usaha yang syari'ah, apa kelebihannya jadi pengusaha, dan bagaimana untuk memulai suatu usaha sendiri dari awal tanpa modal yang menumpuk?

Statistics

Views

Total Views
2,463
Views on SlideShare
2,463
Embed Views
0

Actions

Likes
3
Downloads
52
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? Presentation Transcript

    • MUNGKINKAHMEMULAI USAHATANPA MODAL?Ir Feizal Qamar Karim, M.EngMantan Mahasiswa Pengusaha Mandiri
    • 1. Pemahaman2. Acuan3. Kisah Nyata4. Roadmap5. Peluang &Kesimpulan5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 2outline paparanRolled plays:1. Om Bob dan Simo2. Mahasiswa di toko langganan3. Om Bob dan tetangga
    • bagian pertama: pemahaman• Apa Itu Usaha Dan Modal?• Peran Dunia Usaha• Rolled Play 1• Kenapa Jadi Pengusaha?5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 3
    • 5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 4apa itu usaha?kegiatan dengan mengerahkansumberdaya, pikiran, ataubadan untuk mencapai suatumaksud; pekerjaan (perbuatan,prakarsa, ikhtiar, daya upaya)untuk mencapai sesuatukegiatan di bidang perdagangan(dengan maksud mencariuntung/hasil); perdagangan;perusahaankegiatan (perbuatan, prakarsa,ikhtiar, daya upaya) yangmengerahkan sumberdaya,pikiran, atau badan di bidangperdagangan untuk mencariuntung/hasil
    • 5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 5apa itu modal?uang yg dipakai sbg pokok(induk) untuk berdagang,melepas uang, dsbharta benda (uang, barang,dsb) yg dapat dipergunakanuntuk menghasilkan sesuatuyg menambah kekayaan/assetuang atau harta benda ygdipakai sebagai pokok ataudapat dipergunakan untukberdagang atau menghasilkansesuatu yg menambahkekayaan/assetusaha
    • peran dunia usaha
    • jumlah pengusaha (world bank, 2008)0 2 4 6 8SINGAPURATHAILANDMALAYSIAINDONESIAPERSENPERSEN5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 7
    • Om Bob & Simo (RP1)Simo: Gimana nih pak kok hidup saya gagal maning… gagal maningOm Bob: Lho kok bisa gagal?Simo: nggak diterima kerja dimana-mana. Apalagi di perusahaan bapakOm Bob: Kalau nggak diterima kerja, usaha donk!Simo: Tapi pak saya nggak punya modal buat usahaOm Bob : Hmm..gimana kalau saya kasih Simo pinjaman modal biar jadi orang sukses.Simo: Wah makasih Pak! tapi usaha apa ya Pak! saya nggak punya ideOm Bob: Saya sih punya ide usaha yang cocok buat Simo. Mau nggak?Simo: Wah terima kasih sekali pak! Tapi gimana kalau idenya nggak cocok?Om Bob: ya dicoba dulu aja (sedang memberikan kata inspirasi)Simo: Baiklah Pak akan saya coba! Tapi pak gimana kalau gagal?Om Bob: mau jadi orang sukses harus cari kegagalan, karena kegagalan akan membuat kita belajaruntuk masa depan (kata bijak yang patut kita tiru bukan?).Simo: Ya saya siap pak. Tapi maaf kalau saya gagal…apa ada keringanan dalam pengembalianmodal?5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 8
    • Kenapa jadi pengusaha?Punya tangan di atasKepuasan karya dan kerjaPintu sukses yang lebih lebarFleksibilitas lebih tinggiSunnah Rasulullah5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 912345
    • bagian kedua: acuan• Apa Kata Syari’at?• Larangan Mengambil Riba• Modus Usaha Syari’ah5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 10
    • 5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 11apa kata syari’at (1)(Hadits dalam kitab Sunan Ahmad 16628)
    • 5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 12apa kata syari’at (2)Muhammad bin Abdurrahman bin Ghanaj dari Nafi dari Ibnu Umar, bahwaNabi shallallahu ‘alaihi wasallam menyerahkan pohon kurma dan tanahKhaibar kepada orang-orang Yahudi Khaibar, agar mereka mengolahnyadengan modal mereka dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallammendapatkan setengah buahnya. (Sunan Abu Daud 2960)
    • 5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 13apa kata syari’at (3)(Kitab Muwatha’ Sunan Malik 1196)
    • 5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 14larangan mengambil riba
    • modus usaha syari’ah1. Dilakukan sendiri, sektor ril2. Jual-beli yang mabrur (baik dan benar)3. Boleh bekerjasama dengan bagi hasil4. Boleh secara pinjaman dengan bagi hasil5. Bebas riba Masih perlu langkah lanjutan berupapemahaman dan pendalaman ekonomisyari’ah.5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 15
    • bagian ketiga: kisah nyata1. Tauladan Rasulullah SAW2. Kisah dan Pemikiran Abdurrahman bin ‘Auf3. Success Story Pengusaha Nasional4. Rolled Play 2 dan 35/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 16
    • tauladan Rasulullah SAW1. Belajar wiraswasta sejak awal usia produktif:• Membangun mindset dan kepribadian baik;• Membentuk karakter “tangan di atas”;2. Mulai dengan kerja magang (internship);3. Modal: kejujuran, teguh memegang janji,peduli, dan sifat-sifat mulia lainnya (Al-Amin);4. Mulai dengan skala kecil, dengan modal oranglain, berdasarkan upah atau kerjasamamudharabah (bagi hasil);5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 17
    • kisah Abdurrahman bin ‘Auf1. Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu berangkathijrah ke Madinah tanpa bekal apapun;2. Beliau melangkah menuju Allah dan Rasul-Nya;3. Di Madinah dipersaudarakan Nabi SAW dengan Sa’adbin Rabi’ Al-Anshari r.a.;4. Sa’ad bin Rabi’: “Silahkan ambil separuh hartakuuntukmu….”Abdurrahman: “Terima Kasih, Semoga Allahmemberkahi hartamu, tunjukkan saja padaku dimana letak pasar!”5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 18
    • pemikiran Abdurrahman bin ‘Auf1. Bukan harta yang membawa kita masuk surga atau nerakatapi mencari dan membelanjakannya dengan ridha AllahSwt;2. Modal bukan satu-satunya komponen untuk memulaiusaha;3. Menjual adalah keterampilan yang sangat penting;4. Manajemen waktu (dagang, masjid, ilmu, perang);5. Clean and clear: modal dan barang halal, menghindarkansubhat;6. Belanja di jalan Allah tidak akan membuat jadi miskin,bersegera bila berinfaq;7. Tawadhu, ulet, kreatif.5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 19
    • 1. Ir Ciputra (pak Ci) lahir di Parigi,Sulteng, 24-08-1931, anak bungsukeluarga pas-pasan, sejak 6 tahunmembantu bibinya yang kerasdengan patuh dan tanggungjawab;2. Sampai SMA membantu ibunyajualan kue dan mengurus sapi, baruke sekolah dengan jalan kaki 7 km.Berhasil masuk Arsitektur ITB;3. Tamat kuliah, bersama 2 temannyabuat konsultan yang berhasil dapatkontrak di Banda Aceh. Lalu jadideveloper mitra Pemda DKI,akhirnya terkenal dengan GroupCiputra dengan proyek sampai keVietnam, India, Cina, dan lagingincar Timur Tengah;4. Prinsip: sabar, kerja keras, semangat,percaya diri, berani hadapitantangan, komitmen tinggi,kejelasan visi, trust, inovatif;5. Berjiwa sosial: sekolah, universitas,pengembangan entrepreneur.5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 20Pengusaha nasional
    • 1. Susi Pudjiastuti, lahir di Pangandaran 15-01-1965, tak lulus SMA (DO kelas II);2. Walau dari keluarga mampu, inginmandiri dengan melihat peluang dikampungnya Pangandaran;3. Mulai dari dagang bed cover lalu menjualperhiasannya Rp 750ribu untuk modaldagang ikan. Setelah jadi agen ikan keJakarta dsk, “pemilik perahu Ibu Susi”,lalu jadi eksportir ikan;4. Dalam 25 tahun jadi pengusaha“Passenger and Cargo Aircraft Charter”dengan 37 pesawat (dengan k.l. 100pilot asing) dan pemilik restoran diHongkong;5. Prinsip: suka pada pekerjaan, kerja keras,menyadari resiko, waspada, menjalinhubungan baik, turun tangan sendiri danbelajar, innovatif untuk diversifikasi;6. Dosen tamu di BRI, Telkom, ITB, IPB,dan UGM7. Pemilik Susi Flying School, membangunMasjid Istiqomah Pangandaran,membantu pembangunan Aceh PascaTsunami.5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 21
    • mahasiswa di toko langganan (RP2)Mhs: Terima kasih ko, permisiToke: Baik, sama-sama. Eh bentar… lu bisa cari order, nggak?Mhs: Order apa?Toke: Gua punya mesin cetak besar dan banyak nganggur. Kita bisakerjasama, hasilnya bagi-bagi la…Mhs: Boleh juga. Aturannya?Toke: Nanti gua kasih patokan harga cetak. Pesanan yang lu dapat,lu yang bikin disain dan masternya. Gua yang cetak danantar ke tempat. Uangnya lu yang tagih lalu bayar porsi gua.Oke?Mhs: Tak pakai uang muka kan?Toke: Tak perlu, yang penting trust dan lancar.Mhs: Hmm…. (kayaknya bisa disambi ni…!). Oke ko!5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 22
    • Om Bob dan Tetangga (RP3)Om Bob: Wah saya lihat ibu banyak buat kue..tapi apa nggak lelah tuh Bu, jika harusmenjualnya juga.Tetangga: Ya lelah Mas, tapi demi menghidupi keluarga.Om Bob: Gini aja, saya punya ide…Ibu nggak usah lagi jualan. Biar Ibu buat kuenyaaja…nanti saya deh yang keliling-keliling buat jualin kue Ibu. Tapi bagiansaya bisa diatur kan…..??Tetangga: boleh juga..tapi nanti kalau kejual sedikit. Maaf, Mas! Malah tekor sayabayar Mas Bob.Om Bob Ibu kan waktu ngejualnya dikit..kebanyakan malah buat kue. Kalau Ibu dansaya bagi-bagi tugas. Ibu kan bisa buat kuenya lebih banyak…dan saya jugabisa ngejualnya lebih banyak karena waktunya lebih lama. Dicoba aja duluseminggu ini…kalau nggak bagus. Ibu nggak usah bayar saya deh.Tetangga: hmmmmmm…(baru mikir)Ya boleh! mulai besok ya mas!!!5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 23
    • bagian keempat: roadmap1. Mental Block2. Etos Kerja Muslim3. Dari Mana Kita Mulai?4. Kenali Potensi5. Perkuatan Diri6. Konsolidasikan Peluang7. Identifikasi Produk dan Pasar5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 24
    • mental block1. Punyakah kita jiwa entrepreuneur (wirausaha)?2. Bisakah tiap orang jadi pengusaha?3. Ketakutan apa dalam diri yang tidak mau jadi pengusaha?5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 25Gagal Mulai
    • 5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 26etos kerja seorang muslimSikap mental mandiriKarakter kerja kerasPantangmenyerah
    • dari mana kita mulai….?“Jangan mengeluhdengan keadaan!”5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 27
    • kenali potensi5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 281. Fisik2. Mental3. Bakat4. Akses5. Relasi6. Ilmu
    • perkuatan diri:5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 29JIWO TURKY
    • konsolidasikan peluang5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 30PendidikanKeilmuanMentoringAsistensiPengajaranBimbingan BelajarSurvey/KonsultansiKonstruksi/BoronganJasa/ServiceJasa Ilmiah/LabJaringanMarketing/OnlineAsuransi KesehatanKlub Mobil DerekJasa InformasiPotensi LokalPertanianPerikananPeternakan
    • identifikasi produk dan pasar1. Jelas sumber dan pasarnya2. Dibutuhkan: primer, sekunder, tersier3. Berkualitas: tidak bikin orang ngomel4. Sebaiknya bersifat total solution5. Tidak mudah diduplikasi karena intellectualproperties6. Didukung dan menyambung denganprofesisonal networking5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 31
    • bagian kelima: peluang & kesimpulan1. Progres sampai dengan sa’at ini2. Langkah awal yang realistis3. Contoh Usaha Tanpa Modal4. Peluang sumber modal usaha5. Sumber keuangan perbankan6. Kesimpulan5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 32
    • progres sampai dengan sa’at ini?1. Untuk memulai suatu usaha, apakah modaladalah segalanya?2. Sudah timbul keinginan untuk berusaha?3. Terbayang usaha apa yang akan dilakukan?4. Terpikir cara melakukan penetrasi pasar?5. Nampak networking dan relasi yang kuat?5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 33
    • langkah awal yang realistis1. Milikilah ide terlebih dahulu;2. Lakukan survey pasar, tenaga kerja, lokasi, &bahan baku;3. Rumuskan spesifikasi, kualitas, standarlayanan, kemasan, dan cara pemasaran;4. Buat kalkulasi usahanya (business plan);5. Tuangkan ide dan kalkulasi secara tertulis;6. Buat proposal yang meyakinkan bila akanmenggunakan modal orang lain;7. Mulailah dengan Bismillah.5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 34
    • contoh usaha tanpa modal1. Jasa Pembuatan dan Pengedaran Undangan2. Komponen biaya:• SDM :• Tempat :• Peralatan/Transportasi :• Lain-lain: Izin, Marketing :3. Contoh lain:5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 35
    • peluang sumber modal usaha
    • sumber keuangan perbankan1. Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah skema kredit atau pembiayaan yang khususdiperuntukkan bagi UMKM dan koperasi yang usahanya layak namun tidakmempunyai agunan yang cukup sesuai persyaratan yang ditetapkan perbankan.Tujuan diluncurkan program KUR adalah meningkatkan perekonomian,pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja.2. Enam bank pelaksana KUR: BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, BTN, Bank Bukopin,serta Bank Syariah Mandiri. Perusahaan penjamin: Perum SaranaPengembangan Usaha dan PT Asuransi Kredit Indonesia.3. Skema KUR:1. Nilai Kredit maksimal Rp 500 juta per debitur2. Bunga maksimal 14 persen per tahun (efektif).3. Pembagian resiko penjaminan: perusahaan penjaminan 70 persen dan bankpelaksana 30 persen.4. Penilaian Kelayakan terhadap usaha debitur sepenuhnya menjadikewenangan bank pelaksana.5. UMKM dan koperasi tidak dikenakan Imbal Jasa Penjaminan (IJP).5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 37
    • kesimpulan1. Berusaha tidak mutlak harus dengan modal uang denganjumlah besar, setidaknya sangat memungkinkan dimulaidengan sumberdaya pihak lain;2. Kepercayaan adalah modal dasar dan utama;3. Perlu ketaatan yang ketat terhadap azas dan norma:syari’at dan etika/norma usaha (best practices);4. Perlu keribadian yang kuat dan sifat entrepreunershipyang profesional;5. Teamwork dan networking sangat berfaedah;6. Doa dan restu agar Allah memberikan kemudahan danmelimpahkan Rahman dan RahimNya.5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 38
    • 5/19/2013 Mungkinkah Memulai Usaha Tanpa Modal? 39Bismillah by RaihanJazakallahu Khairan Katsiran, Semoga Allahmemberikan kemudahan pada kita semua.