Menurut pandangan islam & non-islam
PENDAHULUAN
Salah satu tokoh yang terkenal adalah Sigmund Freud yaitu,
tokoh sentral dari aliran Psikoanalisis. Namun dala...
PENGERTIAN
Menurut freud mimpi adalah “Via Agria” atau jalan yang
menghubungkan kita ke ketidaksadaran. Baginya mimpi adal...
URAIAN TENTANG MIMPI :
 1. Menurut Freud, mimpi seringkali berhubungan dengan
masalah2 seksual yang berasal dari masa kan...
MIMPI MENURUT PANDANGAN ISLAM
Dalam pandangan mengenai mimpi ,Ibn Arabi
mengidentifikasinya sebagai bagian dari imajinasi....
PENGERTIAN IMAJINASI
Imajinasi adalah tempat penampakan wujud2 spiritual, para
malaikat dan roh, tempat mereka memperoleh ...
KEMUNCULAN SEBUAH MIMPI ADA 4, YAITU:
1. External Sensory Stimuli
2. Internal (subjective) Sensory Excitations
3. Internal...
Karena timbulnya mimpi, mayoritas sebagai pengendapan
unsur libido dan id yang tak bisa terealisasi di dunia nyata, dan
pa...
 Setelah itu, tak dapat dipungkiri manusia, bahwa mimpi adalah
sebuah fenomena yang terkadang merupakan sebuah penjelasan...
 Problemnya kemudian, lebih daripada itu, mimpi juga ternyata
bisa berubah untuk melambangkan suatu infromasi yang jauh
d...
DALAM HADIS ABU HURAIRAH ADA 3 JENIS
RU’YA, YAITU
1. Mimpi baik yang merupakan khabar gembira dari Allah.
2. Mimpi yang me...
 Al Qur’an, sebagai kitab paripurna, mengisahkan banyak sekali
ru’ya yang menimpa para nabi. Misalnya tentang ru’ya nabi
...
 “......(Ibrahim) berkata, ‘Wahai anakku yang kusayang,
sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka
fikirkanl...
 Ru’ya yang dialami nabi Yusuf merupakan ru’ya tanda-tanda
turunnya kenabian kepada beliau.
 “(Ingatlah), ketika Yusuf b...
 Riwayat dari Abdullah bin Mas’ud juga mengkuatkan hal lain
bahwa Rasulullah saw. bersabda:

“Mimpi itu datangnya dari A...
- SEKIAN-
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Rian Riana - Tafsir mimpi menurut barat dan islam

899
-1

Published on

Rian Riana

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
899
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
15
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rian Riana - Tafsir mimpi menurut barat dan islam

  1. 1. Menurut pandangan islam & non-islam
  2. 2. PENDAHULUAN Salah satu tokoh yang terkenal adalah Sigmund Freud yaitu, tokoh sentral dari aliran Psikoanalisis. Namun dalam pembahasan kali ini saya akan membahas salah satu teori penyembuhan neurosa melalui analisis tafsir mimpi menurut freud. Dalam karyanya “ the interpretation of dream ”.
  3. 3. PENGERTIAN Menurut freud mimpi adalah “Via Agria” atau jalan yang menghubungkan kita ke ketidaksadaran. Baginya mimpi adalah expresi yang terdistorsi atau yang sebenarnya dari keinginan keinginan dilarang untuk di ungkapkan.
  4. 4. URAIAN TENTANG MIMPI :  1. Menurut Freud, mimpi seringkali berhubungan dengan masalah2 seksual yang berasal dari masa kanak2. 2. Freud memandang semua mimpi sebagai ekspresi dari pemenuhan harapan. 3. Setiap mimpi memiliki isi manifest (sadar) dan laten (Tidak Sadar).
  5. 5. MIMPI MENURUT PANDANGAN ISLAM Dalam pandangan mengenai mimpi ,Ibn Arabi mengidentifikasinya sebagai bagian dari imajinasi. Bagi Ibnu Arabi, karena mimpi adalah bagian dari imajinasi, maka untuk memahami terminologi mimpi dalam khazanah pemikirannya, terlebih dahulu mengacu pada makna imajinasi itu sendiri.
  6. 6. PENGERTIAN IMAJINASI Imajinasi adalah tempat penampakan wujud2 spiritual, para malaikat dan roh, tempat mereka memperoleh bentuk dan figur2 “rupa penampakan” mereka, dan karena disana konsep2 murni (ma`ani) dan data indera (mahsusat). Selama jam-jam bangun kecakapan ini juga disimpangkan oleh kesan2 indera (sense impression) untuk melakukan pekerjaannya secara wajar, tapi dalam keadan tidur, ketika indera2 dan kecakapan lainya sedang istirahat, imajinasi terbangun semua.
  7. 7. KEMUNCULAN SEBUAH MIMPI ADA 4, YAITU: 1. External Sensory Stimuli 2. Internal (subjective) Sensory Excitations 3. Internal Organic Somatic Stimuli 4. Psychical Source of Stimulation
  8. 8. Karena timbulnya mimpi, mayoritas sebagai pengendapan unsur libido dan id yang tak bisa terealisasi di dunia nyata, dan pada ujungnya harapan itu mengendap di alam bawah sadar dan muncul secara “tidak fair” via mimpi.
  9. 9.  Setelah itu, tak dapat dipungkiri manusia, bahwa mimpi adalah sebuah fenomena yang terkadang merupakan sebuah penjelasan akan terjadinya suatu hal di masa mendatang (futuristik).
  10. 10.  Problemnya kemudian, lebih daripada itu, mimpi juga ternyata bisa berubah untuk melambangkan suatu infromasi yang jauh dari tangkapan logika manusia, semisal sketsa alam ghaib yang sulit dicerna, samar-samar, absurd, dan sulit untuk dipahami. Hal ini coba dianalisa oleh berbagai pakar, khusunya ulama atau para pengkaji mimpi dengan basis agamis.
  11. 11. DALAM HADIS ABU HURAIRAH ADA 3 JENIS RU’YA, YAITU 1. Mimpi baik yang merupakan khabar gembira dari Allah. 2. Mimpi yang menyusahkan yang datang dari syaitan dan 3. Mimpi yang datang dari dirisendiri, dan telah tersimpan di alam bawah sadar manusia.
  12. 12.  Al Qur’an, sebagai kitab paripurna, mengisahkan banyak sekali ru’ya yang menimpa para nabi. Misalnya tentang ru’ya nabi Ibrahim AS, yang akhirnya sebab ru’ya itulah tiap tahun kita bersama-sama merayakan idul adha. Hal ini tertera dalam surah Ash-Shafat ayat 102-105 yang artinya:
  13. 13.  “......(Ibrahim) berkata, ‘Wahai anakku yang kusayang, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah, bagaimana pendapatmu. ‘Dia (Isma’il) menjawab,’Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan Allah kepadamu; Insya Allah engkau akan mendapatkanku termasuk orang yang bersabar. ‘Maka setelah keduanya bertekad bulat dalam berserah diri (kepada Allah) dan dibaringkan pipi (Isma’il) di atas tanah....”
  14. 14.  Ru’ya yang dialami nabi Yusuf merupakan ru’ya tanda-tanda turunnya kenabian kepada beliau.  “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas buah bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” Surat Yusuf ayat 4
  15. 15.  Riwayat dari Abdullah bin Mas’ud juga mengkuatkan hal lain bahwa Rasulullah saw. bersabda:  “Mimpi itu datangnya dari Allah, sedangkan mimpi lamunan itu datang dan setan.” (H.r. Bukhari).
  16. 16. - SEKIAN-
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×