Training remaja masjid jogja

7,886 views
7,948 views

Published on

1 Comment
4 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
7,886
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
53
Actions
Shares
0
Downloads
1,309
Comments
1
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Training remaja masjid jogja

  1. 1. FREE #2DOWNLOAD
  2. 2. desainRidwan Taufik Kurniawan
  3. 3. Cita-Cita Boleh apa saja mau jadi Dokter, Insiyur Pengusaha, Dosen, Presiden, atau apapun cita-cita kamu pastikan SORGA adalah cita-cita Tertinggi kita !Barangsiapa pergi pagi hari ke masjid, atau petang hari, akan Allah sediakan untuknya tempat di syurgasetiap kali dia pergi (pagi atau petang hari).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah t).
  4. 4. Masa muda tak kan terulang 2 kali jangan disia-siakan , gunakan denganbaik,kalo orang tua ke masjid ma udah biasa sudah pada tua, Nah kalo anak mudaini baru luar biasa para calon pemenang sejati , Ayo raih surga denganmemakmurkan Masjid !kamu pemuda islam yang pingin jadi pemuda luar biasa Ayo ke Masjid donk,numpung masih muda numpung masih kuat , ayo memakmurkan masjid .
  5. 5. t öÉó? ? á ?óá íóÍ ÕÇ óÚ ?Marilah kita mengerjakan sala ngan öÍó? óÝ ?óá íóÍ úá óÚ ? ÇMarilah kita menuju kemena i ketika panggilan menuju Ingin Islam Kembali Jaya tapKatanya ingin Islam menang an sholat dimulai ma sih sering nih kita MENUND Akemena ngan berkumandang panggil enangan sejati.panggilan untuk menuju kem alasan untuk menunda yang lain ya pokoknya ada ajaKita lebih asyik dengan urusan g paling dicintai Allah adalah ahal salah satu amalan yanbertemu Allah tepat waktu, padsholat tepat pada wak tunya.
  6. 6. Next GenerationGenerasi muda adalah generasi penerus bangsa, generasi selanjutnya yang akan menjadiujung tombak suatu peradaban.Kayaknya nasihat ini udah sering banget didengarkan tapi hanya menjadi angin lalu danwacana semata. Tapi namanya manusia tempat salah dan lupa ,mungkin kita lagi lupabahwa masa muda tak akan terulang 2 kali.Nah itu dia gunanya teman untuk selalu mengingatkan saling menasehati dalam kebaikan.Gak usah deh keluh kesah ngurusin orang lain, mulai aja dulu untuk memperbaiki diri sendiri,mulai dari yang kecil-kecil dulu, dan mulailah sekarang ! “take action miracle happen” !
  7. 7. Islam akan bangkit bila kita semua berjamaah tidak berpecah belah dan satu tujuan kita iklas karenaAllah semata dan berpegang teguh pada Al Quran dan Hadist .Banyak memang ormas Islam banyak memang orang muslim didunia tapi kenapa kita tak bisa berkutiksaat saudara muslim kita dinegeri lain dibantai disiksa didepan mata kita .Kalau urusan sholat aja kita masih suka menunda ajakan menuju kemenangan mana bisa menangmelawan orang-orang kafir .Kesuksesan sejati adalah ketika kita bisa dekat dengan Allah dan kemenagan sejati adalah menjadi AhliSurga .Yups kita hidup didunia cuma sebentar paling lama 70 tahun belum dikurangi tidur dan masa kecil . Udahdeh jangan sia-siakan masa mudamu yuk remaja masjid ajak keluarga dan saudaramu untuk berjamaahke masjid (BACK TO MASJID) dari masjid kita bangkit ! dan Menang, Allohuakbar . @Pejuangsubuh follow : @PejuangSubuh
  8. 8. Get UpTentang sebuah kenyataan dan realita yang terjadi di negeri tercinta, gak bisa dipungkiri dan kita tutupmata apa yang sedang terjadi di INDONESIA.Kontruksi media televisi,iklan ,musik, Film, radio, majalah, internet membuat tak jarang banyak yangterjebak dalam konsep gaul dan tendy yang salahNARKOBA, ABORSI, KORUPSI, KEMISKINAN, PROSTITUSI, udah jadi budaya .Konsep diri yang belum matang dan pengetahuan islam yang minim membuat remaja islam kitabanyak yang terjerumus juga ke pegaulan bebas yang terlihat biasa dari waktu-kewaktu.Bila gaul dengan orang baik kita kan jadi baik, tapi bila gaul dengan orang jahat kita kan kecipratanjuga getahnya, Nah loh buruan deh Lihat ! siapa temanmu itu akan mempengaruhi masa depan mujuga.Lingkungan sangat berperan besar dalam masa pencarian jati diri kita kawan .Sudah saatnya kita bangkit kawan dari nina bobok tidur panjang yang melelahkan , saatnya kitakembali ke petunjuk kita Al Quran dan sunah untuk jadi remaja muslim jenius.
  9. 9. “Ada 1000.000 MASJID DI INDONESIA”Ada Ribuan bahkan Jutaan remaja ada di Kotapelajar jogja dan berapaada jutaan remaja islam diIndonesia.Wowww angka yang cukup fantastis coba bayangkansaja misal para remajanya bersatu karea Allah denganlatar belakang, kemampuan, dan keahlian yangberbeda-beda tentunya kita akan sangat fantastis danbayak keajaiban terjadi .Memang sih remaja muslim sekarang udah kayak buihdilautan saja, jumlahnya banyak tapi hanya bagaikanbuih yang terombang – ambing dilautan.Nah ini dia kenapa ukuwah islamiyah harus selaludijaga silatrahim dan persaudaraan sesama Muslimharus selalu digalakkan, kita semua bersaudara dansudah saatnya kita bersatu untuk bagkit kembali “Back To Masjid “ follow : @PejuangSubuh
  10. 10. Sebelum kita back to masjid ada baiknyakita back to niat dulu, ini sangat pentingarena semua diawali dari niat, maribersama luruskan niat untuk mencari ridhoAllah dan niat Ibadah. Jangan sampaiPerjuangan kita selama ini sia-sia karenaniat kita gak bener, amalan yang baik ituniatnya juga harus bener.Tentunya sahabat pena fsrmy punyabanyak alasan kenapa mau capek-capekberjuang untuk bangkitnya remaja masjid,ada yang mungkin emang suka berbagi,ada yang suka cari temen, pingin punyakenalan baru bahkan da juga mungkin yangcari jodoh .Apapun obsesi temen-temen mari sebelumback to masjid kita back to niat dulu kawan,biar semua aktivitas kita bernilai ibadahdan hanya mengharap ridho Allah semata .
  11. 11. Ada apa dengan Remaja Masjid ? Tidak bisa dipungkiri remaja masjid sekarang semakin hari sedikit dan menghilang bak ditelan bumi, Antara ada dan tiada . Ini Terjadi hampir seluruh negri se-antero Indonesia gak didesa, dikota bahkan di kota pelajar Yogyakarta . Fungsi masjid sebagai pusat peradaban tak lagi disentuh oleh para pemuda islam, jiwa-jiwa muda seakan menghilang dan lenyap ditelan bumi. Kemana sebenarnya para pemuda ini ? Sebuah Alasan Klasik Adanya stairotipe bahwa masjid hanya untuk orang tua dan hanya buat sholat dan pengajian, seakan akan membenarkan apa yang terjadi sekarang untuk remaja jauh dengan masjid. Aktivitas kampus, Ativitas organisasi, dan banyak kegiatan sekolah dan kuliah seakan menjadi alasan klasik dari semua remaja masjid untuk tidak meluangkan waktunya ke Masjid.“BACK TO MASJID !
  12. 12. Sholat jamaah aja bisa dilihat saat seruan menuju kemenangan dikumandangkan,sebenarnya hati ini menangis waktu mengabaikannya tapi seakan memang dunia terlihatnyaman dan indah terlihat.Dengan berbagai alasan sekuat tenaga menunda bertemu Allah tepat waktu.Sebenarnya saat adzan dan kita masih sibuk disepan tv, depan komputer, nongkrong , kitasudah menyia-nyikan kesempatan untuk menjadi pemenang dalam hidup.Amalan yang paling dicintai Allah adalah salah satunya sholat tepat waktu, berbaktikepada orang tua dan jihad fisabilillah.
  13. 13. i D jad SJI ga A ng A MBa AJ MRE
  14. 14. kejayaan suatu umat Islam itu dengan membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya. Namun sebaliknya, musibah yang menimpa umat inidisebabkan karena sikap acuh tak acuh kepada Al- Qur’an dan meninggalkannya. Rasulullah saw bersabda: ”Sesungguhnya Allah Swt meninggikan (derajat) ummat manusia ini dengan Al-Qur’an dan membinasakannya pula dengan Al-Qur’an” (H.R Muslim). Inilah rahasia mengapa generasi awal umat Islam(generasi sahabat, tabi’in dan tabi’itabi’in) menjadigenerasi terbaik umat ini sebagaimana dinyatakan oleh Rasul saw. Mengapa demikian?Jawabannya adalah karena mereka mengamalkan Al-Qur’an dan sunnah Rasul saw. Maka Islampun berjaya pada masa-masa mereka, sehinggatersebar keseluruh penjuru dunia. Namun, setelah generasi tersebut sampai saat ini umat Islam meninggalkan Al-Qur’an sehingga umat Islam menjadi lemah dan hina karena dijajah oleh orangkafir, bahkan dizalimi dan dibunuh seenaknya oleh orang kafir akibat meninggalkan Al-Qur’an.
  15. 15. Rasulullah Saw mengoptimalkan fungsi masjid bukanhanya sebagai tempat ibadah mahdah saja (sholat,membaca Al Quran, berzikir, i’tikaf), tetapi juga sebagaitempat berbagai aktivitas keumatan/ghairu mahdah yaitudifungsikan sebagai ma’had: pusat dakwah, pusatpendidikan dan pengajaran; sebagai mahkamah: tempatmengadili para pihak yang bersengketa dan tempatpenyelesaian masalah; tempat prajurit muslim berkumpulsebelum memulai perjuangan, tempat mengatur strategipeperangan; pusat penerangan dan informasi kepadamasyarakat; pusat kegiatan sosial, ekonomi dan politik;tempat bermusyawarah.Hal ini memperlihatkan bahwa masjid dalam Islammempunyai misi yang dapat diwujudkan dalam berbagaiaspek guna membentuk kehidupan yang Islami.Membangun persaudaraan (ukhuwwah) antara Muhajirindan Anshar sehingga terjadilah takaful ijtima’i (jaminansosial, solidaritas, sepenanggungan, saling tolong-menolong). Persaudaraan yang dibangun Rasululah Sawadalah persaudaraan berdasarkan agama, menggantikanpersaudaraan berdasarkan kesukuan yang berjalansebelum itu.
  16. 16. FSRMY mempunyai nama lengkap Forum Silaturahim Remaja MasjidYogyakarta, merupakan forum remaja masjid se-Kota Yogyakarta yangbersekretariat di Masjid Jogokariyan Jl. Jogokariyan 36 Mantrijeron Yogyakarta.Kontribusi kami dalam dakwah adalah mengadakan berbagai kegiatan.Kegiatan yang kami adakan secara umum tiap tahunnya yaitu:Kajian2Pekanan –>kegiatan rutin yang diadakan tiap 2 pekan sekali pada hariSabtu malam dengan tempat secara keliling di Masjid se-Kota Yogyakarta danpembicara yang bervariasi.KaWat (Kajian Keakhwatan) –>kajian khusus muslimah yang merupakankegiatan rutin yang diadakan pada sore hari.follow : @fsrmy
  17. 17. >kajian khusus muslimah yang merupakan kegiatan rutin yang diadakan padasore hari.Ramadhan di Malioboro –> merupakan kegiatan pokok yang diadakan hanyapada bulan Ramadhan yang bertempat di sepanjang jalan Malioboro (jantungkota Jogja). Memperjuangkan agar Ramadhan benar-benar nyaman untukibadah secara maksimal dengan menghiasi jalan terpadat di Jogja dengansemangat Islam.Baksos Qurban –> merupakan kegiatan pokok yang diadakan hanya padamomen Qurban (Idul Adha dan hari Tasyrik) dengan membantu Saudara-Saudara di daerah tertentu yang “makan daging itu merupakan anugerah luarbiasa” agar merasakan nikmatnya pesta Qurban.BATRAM (Basic Training Remaja Masjid) –> Pelatihan dasar untuk remajamasjid agar semangat dalam “Membangun” Masjid di wilayahnya masing-masing dan mempunyai strategi yang tepat untuk berdakwah demi tegaknyaIslam di wilayahnya.dan berbagai kegiatan insidental yang seru!
  18. 18. Di Masjid Hatiku Terkait!Salah satu dari 7 golongan yang menda naungan di pathari yang tiada naungan selain naungan Allah taalaadalah Pemuda yang Hatinya Terkait di Masjid.
  19. 19. FSRMY mempunyai empat (4 ) biro dalam strukturnya untuk mempermudah pelaksanaan program,yaitu:Biro Dakwah –> Biro yang mengemban amanah pelaksanaan dakwah dan syiar Islam.Biro PPRM (Pembinaan dan Pengembangan Remaja Masjid) –> Sesuai dengan namanya, biro inimengemban amanah memberikan pelayanan untuk membina dan mengembangkan remaja masjid danpotensi yang ada di dalamnya.Biro Inkov (Informasi, Koordinasi, dan Advokasi) –> Biro ini mengemban amanah untukmenghimpun informasi tentang perkembangan dan masalah yang ada di masjid khususnya dankeIslaman dunia pada umumnya, mengkoordinasikan remaja masjid se-Kota dan memberikanadvokasi tentang masalah yang perlu dilakukan.dan Biro Muslimah –> Biro yang beranggotakan semua muslimah (akhwat) FSRMY. Mengembanamanah mengadakan kegiatan muslimah se-Kota Yogyakarta seperti kajian muslimah dansemacamnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang biro muslimah, silakan klik page “Biro Muslimah”atau klik di sini!Mempunyai pasukan khusus yang diberi nama FSRMY Trainer. Ingin tahu mengenai FSRMY Trainer?Silakan klik page “FSRMY Trainer” atau klik di sini!Semangat Membangun Masjid!Dari Masjid, Kita Bangun Peradaban! Dari Masjid, Kita Bangkit!
  20. 20. Cerdas – Alim – NgefightItulah penyederhanaan model remaja masjid yangideal. Karakter remaja masjid ideal adalah yangcerdas, mempunyai ilmu yang luas; alim, pahamtentang ilmu Islam dan melaksanakan secarakaaffah; dan ngefight, tahan banting terhadapmasalah-masalah, baik pribadi maupun ummat.FSRMY Trainer adalah pasukan khusus yaitu timtrainer yang dimiliki oleh FSRMY. Dengan berbagaikesiapan dan peralatan yang dimiliki, FSRMYTrainer siap membantu kegiatan training sahabatsemua. Training indoor maupun outdoor denganberbagai aktivitas menarik.Butuh fasilitator training? Atau pengen ngadainOutbound namun belum ada fasilitator? HubungiFSRMY Trainer segera! 0857 2341 6500 (Boddi)081931194193 (Rendra Visual)Salam semangat dan berkelimpahan!
  21. 21. SEBENARNYA APA SAJA SIHFUNGSI MASJID1. Tempat ibadah, seperti shalat,dzikir, i’tikaf, dan sebagaianya2. Pusat dakwah3. Pusat keilmuan dengan berbagaikegiatan pengajaran danpendidikan lainnya, termasuk didalamnya perpustakaan4. Tempat mengumpulkan dana5. Tempat latihan militer danmempersiapkan alat-alat lainnya6. Tempat pengobatan para korbanperang7. Tempat perdamaian danpengadilan sengketa sertamusyawarah dan dialog8. Aula dan tempat menerima tamu9. Tempat menawan tahanan10. Sebagai tempat membinakeutuhan jamaah kaum muslimindan kegotongroyongan di dalammewujudkan kesejahtraan bersma
  22. 22. desainRidwan Taufik Kurniawan
  23. 23. desainRidwan Taufik Kurniawan
  24. 24. .comRendraVisualTraining Remaja Masjid

×