KONSULTAN BISNIS STRATEGI UNTUK KEMAJUAN BISNIS ANDA. CALL REKO
HANDOYO (Business Consultant PT. SIEN Consultants, 0813894...
kemudian mencari solusi atau tindakan apa yang akan dilakukan untuk memecahkan kasus bisnis
itu sendiri.
Pada dasarnya ter...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Konsultan Bisnis Strategi Untuk Kemajuan Bisnis Anda

2,776 views

Published on

KONSULTAN BISNIS STRATEGI UNTUK KEMAJUAN BISNIS ANDA. CALL REKO HANDOYO (Business Consultant PT. SIEN Consultants, 081389411679, Telp: 021-36233226
Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya. Suatu perusahaan dapat mengembangkan strategi untuk mengatasi ancaman eksternal dan merebut peluang yang ada. Proses analisis, perumusan dan evaluasi strategi-strategi itu disebut perencanaan strategis. Tujuan perencanaan strategis itu adalah agar perusahaan dapat melihat secara objektif kondisi internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat mengantisipasi perubahan dari lingkungan eksternal perusahaan.
Pada prinsipnya strategi dapat dibagi menjadi tiga tipe strategi yaitu, strategi manajemen, strategi investasi dan strategi bisnis. Strategi manajemen meliputi strategi yang dapat dilakukan oleh manajemen dengan orientasi pada pengembangan strategi perusahaan secara makro seperti strategi pengembangan produk, strategi persaingan harga, strategi pengembangan pasar, strategi akuisisi dan lain lain. Strategi investasi ditekankan pada investasi itu sendiri. Misalnya apakah perusahaan ingin melakukan strategi pertumbuhan agresif atau slow down. Strategi bisnis sering juga disebut dengan strategi fungsional karena berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen di perusahaan seperti strategi pemasaran, strategi produksi, strategi operasional atau strategi distribusi, strategi organisasi dan lain-lain.
Perencanaan strategi merupakan proses penyusunan perencanaan jangka panjang. Sebelum menentukan alternatif strategi yang layak, perencana strategi harus mengevaluasi dan meninjau kembali visi dan misi perusahaan. Setelah itu baru langkah selanjutnya dapat dilaksanakan. Perencanaan strategi di tingkat makro perusahaan harus mampu menjawab tantangan di tingkat makro perusahaan, seperti misalnya adalah menentukan strategi bisnis apa yang akan dikembangkan, bisnis apa yang akan dilepaskan, bisnis apa yang akan dipertahankan. Untuk menentukan hal ini maka diperlukan adanya analisa terhadap keunggulan bersaing dengan kompetitor. Strategi di tingkat makro bersifat krusial dan sangat penting karena strategi ini menentukan strategi di level lebih rendah.
Strategi bisnis di tingkat lebih rendah biasa disebut dengan strategic business unit (SBU). Ada empat karakteristik SBU ini yaitu:
1. memiliki misi dan strategi yang jelas
2. menghasilkan produk atau jasa sesuai dengan misi perusahaan
3. produk dan jasa yang dihasilkan bersifat spesifik
4. mengetahui kompetitor di pasar
PROSES ANALISA BISNIS
Hal yang paling penting dalam proses analisa bisnis adalah mengetahui informasi yang ada pada suatu kasus bisnis kemudian melakukan analisa terhadap kasus bisnis yang terjadi dan kemudian mencari solusi atau tindakan apa yang akan dilakukan untuk memecahkan kasus bisnis itu sendiri.
Pada dasarnya terdapat kerangka analisa kasus bisnis yang dapat disedehanakan sebagai berikut:
1. Arah tujuan analisa
2. Deskripsi mengenai bisnis itu sendiri
3. Deskripsi organisasi perusahaan
4. Evaluasi semua departemen dan strategi
5. Memberikan alternatif solusi
Di dalam bisnis, visi, misi dan tujuan perusahaan serta permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan semua dievaluasi. Kadang permasalahan yang dihadapi dalam membuat analisa adalah strategi yang sudah berubah, manajemen perusahaan yang lemah, struktur organisasi yang sudah tidak sesuai, kompetensi karyawan yang kurang memadai, perencanaan yang tidak efektif dan sebagainya.
Salah satu analisa bisnis adalah dengan analisa SWOT. Analisa ini didasarkan pada kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan kekuatan (strengths), mampu membaca dan memanfaatkan peluang (Opportunities) dan dapat meminimalisir kelemahan dari perusahaan (Weakness) dan mampu mengatasi ancaman yang ada (Threats). Analisa SWOT ini dapat dilakukan untuk menganalisa dari sisi internal perusahaan maupun dari sisi eksternal perusahaan.
Jika anda ingin kons

Published in: Business, Technology
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,776
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Konsultan Bisnis Strategi Untuk Kemajuan Bisnis Anda

  1. 1. KONSULTAN BISNIS STRATEGI UNTUK KEMAJUAN BISNIS ANDA. CALL REKO HANDOYO (Business Consultant PT. SIEN Consultants, 081389411679, Telp: 021-36233226 Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya. Suatu perusahaan dapat mengembangkan strategi untuk mengatasi ancaman eksternal dan merebut peluang yang ada. Proses analisis, perumusan dan evaluasi strategi-strategi itu disebut perencanaan strategis. Tujuan perencanaan strategis itu adalah agar perusahaan dapat melihat secara objektif kondisi internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat mengantisipasi perubahan dari lingkungan eksternal perusahaan. Pada prinsipnya strategi dapat dibagi menjadi tiga tipe strategi yaitu, strategi manajemen, strategi investasi dan strategi bisnis. Strategi manajemen meliputi strategi yang dapat dilakukan oleh manajemen dengan orientasi pada pengembangan strategi perusahaan secara makro seperti strategi pengembangan produk, strategi persaingan harga, strategi pengembangan pasar, strategi akuisisi dan lain lain. Strategi investasi ditekankan pada investasi itu sendiri. Misalnya apakah perusahaan ingin melakukan strategi pertumbuhan agresif atau slow down. Strategi bisnis sering juga disebut dengan strategi fungsional karena berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen di perusahaan seperti strategi pemasaran, strategi produksi, strategi operasional atau strategi distribusi, strategi organisasi dan lain-lain. Perencanaan strategi merupakan proses penyusunan perencanaan jangka panjang. Sebelum menentukan alternatif strategi yang layak, perencana strategi harus mengevaluasi dan meninjau kembali visi dan misi perusahaan. Setelah itu baru langkah selanjutnya dapat dilaksanakan. Perencanaan strategi di tingkat makro perusahaan harus mampu menjawab tantangan di tingkat makro perusahaan, seperti misalnya adalah menentukan strategi bisnis apa yang akan dikembangkan, bisnis apa yang akan dilepaskan, bisnis apa yang akan dipertahankan. Untuk menentukan hal ini maka diperlukan adanya analisa terhadap keunggulan bersaing dengan kompetitor. Strategi di tingkat makro bersifat krusial dan sangat penting karena strategi ini menentukan strategi di level lebih rendah. Strategi bisnis di tingkat lebih rendah biasa disebut dengan strategic business unit (SBU). Ada empat karakteristik SBU ini yaitu: 1. memiliki misi dan strategi yang jelas 2. menghasilkan produk atau jasa sesuai dengan misi perusahaan 3. produk dan jasa yang dihasilkan bersifat spesifik 4. mengetahui kompetitor di pasar PROSES ANALISA BISNIS Hal yang paling penting dalam proses analisa bisnis adalah mengetahui informasi yang ada pada suatu kasus bisnis kemudian melakukan analisa terhadap kasus bisnis yang terjadi dan
  2. 2. kemudian mencari solusi atau tindakan apa yang akan dilakukan untuk memecahkan kasus bisnis itu sendiri. Pada dasarnya terdapat kerangka analisa kasus bisnis yang dapat disedehanakan sebagai berikut: 1. Arah tujuan analisa 2. Deskripsi mengenai bisnis itu sendiri 3. Deskripsi organisasi perusahaan 4. Evaluasi semua departemen dan strategi 5. Memberikan alternatif solusi Di dalam bisnis, visi, misi dan tujuan perusahaan serta permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan semua dievaluasi. Kadang permasalahan yang dihadapi dalam membuat analisa adalah strategi yang sudah berubah, manajemen perusahaan yang lemah, struktur organisasi yang sudah tidak sesuai, kompetensi karyawan yang kurang memadai, perencanaan yang tidak efektif dan sebagainya. Salah satu analisa bisnis adalah dengan analisa SWOT. Analisa ini didasarkan pada kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan kekuatan (strengths), mampu membaca dan memanfaatkan peluang (Opportunities) dan dapat meminimalisir kelemahan dari perusahaan (Weakness) dan mampu mengatasi ancaman yang ada (Threats). Analisa SWOT ini dapat dilakukan untuk menganalisa dari sisi internal perusahaan maupun dari sisi eksternal perusahaan. Jika anda ingin konsultasi dan training manajemen dan bisnis silahkan hubungi PT. SIEN Consultants. Kami akan membantu memecahkan persoalan manajemen dan bisnis di perusahaan Anda. Terimakasih. http://digg.com/business_finance/Anda_butuh_konsultan_manajemen_dan_bisnis

×