Tik bab 5 Internet

  • 396 views
Uploaded on

 

More in: Technology
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
396
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
16
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. SK : Memahami dasar2 penggunaan internet KD : 1. Mengindentifikasikan perangkat keras yang digunakan dalam akses internet 2. mengenal kecepatan akses internet 3. melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet 4. Fasilitas dan aplikasi internet
  • 2. 1. perangkat keras / hardware untuk mengakses internet 2. Perangkat keras tambahan 3. fasilitas dan aplikasi internet 4- cara melakukan koneksi internet
  • 3. 1. Komputer Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet adalah : – Processor Pentium III 500 Mhz – Ram 64 MB – VGA Card 4 MB – Sound Card dan Speaker – CD ROM – Harddisk 10 GB – Monitor CRT SVGA
  • 4. 2. Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
  • 5. A. Berdasarkan letak di CPU Komputer 1. Modem eksternal Modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung tipe modemnya.
  • 6. 2. Modem Kabel Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL,kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
  • 7. 3.Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line) ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
  • 8. 4. Modem internal. Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Ratarata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
  • 9. B. Berdasarkan cara koneksi dengan ISP 1. Modem wireline atau wired adalah Modem yang menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP 2. Modem wireless adalah Modem yang menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik) untuk berkoneksi dengan ISP C. Berdasarkan ISP yang digunakan 1. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) 2. Modem DSL (Digital Subscriber Line) 3. Modem CDMA (Code division multiple access) 4. Modem GSM (Global System for Mobile Communication) 5. Modem Dial Up
  • 10. 5. Saluran Telepon telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan u menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga d dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telepon, untuk melakukan a internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa menga internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah mo kabel.
  • 11. 1. Hub / Switch Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.
  • 12. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN. Cara kerja router mirip dengan bridge jaringan, yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan data-link), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni MAC address.
  • 13. 2. Landcard Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. . Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dialup Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
  • 14. 4.Repeater Repeater adalah Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .
  • 15. 5.Bridge Adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.
  • 16. 1. WWW WWW (World Wide Web) atau web adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dll. WWW merupakan dokumen – dokumen internet yang tersimpan di server - server yang tersebar di seluruh dunia. Format yang digunakan adalah hypertext hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Website berfungsi diantaranya sebagai berikut : · Media untuk sarana hiburan · Media untuk mempromosikan sesuatu · Media untuk memperluas wawasan · Media untuk berkomunikasi
  • 17. 2. Email Email (Electronic mail) adalah suatu sistem yang dimana memunginkan kita untuk surat menyurat secara elektronik melalui komputer yang saling terhubung secara global. Kelebihan dari sistem ini adalah memungkinkan kita untuk mengirim surat, cerita, puisi, dan juga bisa mengirim file dokumen, gambar, musik, film, dan sebagainya secara cepat.
  • 18. 3. News Group News Group adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna yang memiliki kepentingan yang sama dalam membahas suatu tema atau topik tertentu. Sarana yang dapat digunakan berupa multimedia (audiovisual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video. Biasa berupa teks saja atau teks audi dengan menggunakan fasilitas chat (IRC). Fungsi news group : · Tempat mencari informasi · Tempat perkumpulan orang – orang yang satu pikiran · Tempat mengemukakan pendapat 4. Mailing list adalah suatu fasilitas internet memungkinkan kita berdiskusi mengenai suatu persoalan. Dalam mailing list kita dapat mengirimkan suatu subject email ke suatu alamat penyedia mailing list secara otomatis yang kemudian didistribusikan kepada pemakai lain dan akan ditanggapi oleh mereka. Syarat utama untuk pengguna mailing list adalah pengguna mailing list harus terdaftar sebagai anggota mailing list.
  • 19. 5. Chatting Chatting adala suatu fasilitas internat yang memungkinkan pengguna dapat berbicara secara langsung dengan pengguna yang lainnya dengan menggunakan keyboard. Syarat yang digunakan untuk menggunakan chatting adalah lawan pembicaraan harus ada dalam keadaan online dalam chatting internet. 6. Telnet Telnet adalah salah satu layanan login yang mengarah pada program yang menyediakan fungsi yang memungkinkan kita untuk mengakses atau login ke sebuah terminal host (remote host) dalam daerah jaringan internet. Telnet juga bisa digunakan untuk menghapus, mengedit, atau menambah data pada komputer satu melalui komputer lainnya yang jaraknya jaugh. (namun hanya jika kedua komputer telah terhubung dalam jaringan internet). Maka oleh karena itu, telnet dapat digunakan untuk melakukan kerja dengan jarak yang jauh.
  • 20. 7. FTP FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu program aplikasi internet yang digunakan untuk memindahkan atau mentransfer file dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung dengan jaringan internet. Jenis FTP diantaranya : a. FTP yang diakses ke server Pada jenis ini file diambil dari server yang dimana kita terdaftar disana. Misalnya ketika kita berlangganan ke ISP, kita memiliki home directory, yang dimana ketika kita akan membuka home directory diperlukan username dan password untuk konesi ke ISP b. Anonymous FTP Untuk jenis FTP ini, kita dapat mengambil file dari tempat umum. Maksud dari tempat umum diatas adalah suatu server yang menyediakan file – file yang dapat diambil oleh kita. Contoh file seperti games, video, dll.
  • 21. 8. Gopher Gopher merupakan suatu sistem yang dapat digunakan oleh kita untuk mencari informasi dari komputer lain. Namun ada perbedaan antara gopher dan web yaitu bentuk tampilan. Gopher hanya menyediakan informasi dalam bentuk teks saja, tidak hal nya seperti web yang bisa menyediakan gambar. Oleh karena itu, gopher saat ini mulai ditinggalkan oleh penggunanya.
  • 22. 1)Melalui Dial Up Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk terkoneksi dengan internet. Salah satu caranya adalah koneksi internet dengan dial-up yaitu akses internet dengan menggunakan jalur telepon. Saat anda melakukan koneksi internet (status online) maka telepon tidak dapat digunakan untuk sambungan keluar atau menerima telepon. Untuk melakukan koneksi ini, perangkat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini: •1 unit komputer •1 modem •1 sambungan telepon •Hal yang harus dilakukan adalah : •Berlangganan ke salah satu ISP terdekat •Memasang modem ke komputer •Menginstall software internet yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider). •Menghubungkan komputer (dial-up) ke ISP Akses ini menggunakan modem analog, sehingga kecepatan akses kurang dibandingkan metode lainnya, yaitu berkisar antara 64kb sampai 128 kbs. Karena kecepatan internet yang rendah, metode ini tidak disarankan untuk dijadikan hotspot. Lebih baik untuk satu komputer saja. ISP yang menggunakan metode ini adalah Telkomnet Instant dan D~NET.
  • 23. 1. Klik Start> Control Panel. 2. Klik dua kali pada Network Connections. 3. Klik File>New Connections. 4. Klik Next. 5. Pilih Connect to Internet, lalu klik Next. 6. Plih Set Up my connection mannualy, lalu klik Next. 7. Pilih Connect using a dial-up modem, klik Next. 8. Pilih modem analog yang anda gunakan untuk setting dial-up, klik Next. Jika anda punya laptop atau modem internet pada komputer dekstop, tidak perlu melakukan instalasi modem. Driver modem sudah terinstal ketika menginstal sistem operasi atau driver laptop. 9. Ketik telkom pada kotak ISP name, klik Next. 10. Ketik 080989999 pada kotak kosong di bahwa Phone Number, lalu klik Next. 11. Isilah parameter akun sebagai berikut : User name : telkomnet@instan Password : telkom Confirm password : telkomNext Beri tanda centang pada 2 kotak pilihan, lalu klik Next.
  • 24. 2)Melalui LAN Lakukan langkah-langkah berikut di komputer yang ada modemnya: 1. Start > Control Panel > Network and Internet Connections > Network Connections 2. Pilih modem koneksi yang hendak di share, lalu klik kanan mouse 3. Pilih properties 4. Pilih tab Advanced 5. Di opsi Internet Connection Sharing, centang Allow other network users to connect trough this computers Internet connection 6.Pilih opsi Establish a dial-up connection whenever a computer on my computer on my network attempts to access the Internet kalau anda mengijinkan komputer satunya untuk otomatis melakukan dialup 7. Klik OK, akan muncul peringatan bahwa IP address LAN card anda akan diset menjadi 192.168.0.1 yang perlu diingat adalah komputer lain harus memiliki IP address dalam range 192.168.0.2 sampai 192.168.0.254 (supaya masuk dalam segmen yang sama)
  • 25. LAN Setting Menyiapkan parameter koneksi untuk komputer lain: 1. Start > Control Panel > Network Connections 2. Pilih Local Area Connections, klik kanan mouse lalu properties 3. Pilih tab General, klik Internet Protocol (TCP/IP) klik properties 4. Anda boleh pilih opsi Obtain an IP address automatically, tapi lebih aman jika anda berikan IP address dalam range 192.168.0.2 sampai 192.168.0.254 lalu di gateway ketikkan 192.168.0.1 (alamat IP modem yang akan di share) 5. Klik OK, selesai Langkah Terakhir: 1. Start > Control Panel > Internet Options 2. Pilih tab Connections, kllik tombol setup 3. Akan muncul New Connection Wizard, klik next 4. Pilih Connect to the Internet, klik next 5. Pilih Set up my connection manually, klik next 6. Pilih Connect using a broadband connection that is always on. Klik next 7. Klik Finish.
  • 26. 3)Melalui GPRS Koneksi ini akan bermanfaat apabila daerah tertentu tidak memiliki line Telkom ataupun tidak terjangkau jaringan dari Internet Service Provider. Dapat memanfaatkan HP melalui koneksi GPRS. Berikut adalah cara setting koneksi GPRS untuk komputer. Pertama kali ada beberapa yang harus disiapkan, antara lain : 1. Handphone dengan kemampuan untuk dijadikan modem GPRS. 2. SIM Card GSM, untuk pengaktifan GPRS dapat dilihat pada posting terdahulu. 3. Kabel data, digunakan untuk menghubungkan HP dengan PC. 4. Driver HP.
  • 27. Untuk cara setting pada PC adalah sebagai berikut : 1. Klik start, masuk ke Control Panel, pilih phone and modem. 2. Klik modem, pilih Add. 3. Beri checklist pada "Don't detect..........", lalu klik Next. 4. Klik havedisk, browser ke CD/file driver. 5. Klik pada modem sesuai HP, pilih port. 6. Jika berhasil, pada modem akan tampil jenis modem dan port-nya. 7. Lalu pada Control Panel klik Network Connection. 8. Klik Create New Connection, lalu klik Next. 9. Pilih Connect to the internet. 10. Pilih Set up my connection manually, pilih Next. 11. Pilih Connect using a dial up modem, klik Next.
  • 28. 12. 13. Pada ISP ketik sesuai kartu, kemudian Next. Phone number sesuai dengan dibawah ini “*99***1#” untuk : Mentari, Simpati, XL, Halo, Matrix, Im3; “#777”untuk : Fren, Star one, Flexi. 14. Kemudian pilih Next. 15. Untuk user dan password 16. Pilih Next lagi. 17. Cheklist pada "add a shortcut.........". 18. Klik Finish. 19. Double klik shortcut yang tampil dilayar 20. Setelah itu klik Dial, maka setting GPRS pada PC telah selesai, dan PC siap dihubungkan ke internet.
  • 29. 4)Melalui Wifi 1. Langkah pertama yaitu melakukan seting pada komputer induk. Untuk bagian pertama ini kita masuk ke Network Connections, klik kanan pada koneksi wireless (WIFI) dan pilih Properties. 2. Selanjutnya pada panel properties tersebut, masuk ke tab menu Wireless Networks, dan buat koneksi baru dengan memilihAdd. 3. Isi Network name (SSID) sesuai dengan keinginan, hilangkan tanda centang pada The key is provided for me automatically(karena di sini kita akan menentukan sendiri network key-nya), dan isi Network key dengan angka atau huruf sebanyak lima karakter, ulangi kode tersebut pada Confirm network key. Terakhir berikan tanda centang pada This is a computer-tocomputer (ad hoc) network, wireless access point are not used. Jika sudah maka pada tab menu Wireless Network bagian Preferred networks akan bertambah satu network baru sesuai dengan yang baru saja dibuat di atas.
  • 30. 4. Langkah berikutnya masuk ke tab menu General dan pilih item Internet Protocol (TCP/IP), dilanjutkan dengan memilihProperties. Isi kolom IP address dengan 192.168.0.1 dan Subnet mask 255.255.255.0. Jika sudah simpan dengan memilih Ok. 5. Kembali ke Network Connections, pilih sumber koneksi yang digunakan ( dalam contoh adalah koneksi Smart), klik kanan pada koneksi tersebut dan pilih Properties. 6. Masuk ke tab menu Advanced, kemudian beri tanda centang pada Allow other network users to connect trough this computer’s internet connections. Sedangkan untuk Home networking connections, pilih koneksi wireless yang telah disetup di atas (dalam contoh ini pilih Wireless Network Connections 2). 7. Sampai di sini proses setup komputer induk selesai, untuk memulai sharing koneksi, aktifkan koneksi internet terlebih dahulu sesuai dengan sumber koneksi yang digunakan, kemudian pada panel Wireless Network Connections, pilih koneksi yang telah dibuat di atas dan pilih Connect.
  • 31. 8. Selanjutnya, pada komputer atau perangkat client (contoh ponsel Nokia N82 sebagai client), lakukan koneksi dengan komputer induk melalui WIFI, pilih WLAN Network yang telah dibuat di atas dan masukkan WEP key sesuai dengan key yang dibuat di atas ( lima karakter). 9. Jika koneksi dengan komputer induk, maka koneksi WIFI pada panel Wireless Network Connections akan muncul notifikasiConnected, dan sudah bisa mulai browsing dari komputer atau perangkat WIFI. 10. Langkah mensetting komputer untuk melakuakn sharing koneksi internet dengan memanfaatkan koneksi WIFI sudah selesai.
  • 32. 1)Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet kecuali....... a)Processor Pentium III 500 Mhz c)Harddisk 10 GB b)Ram 64 MB d)Keyboard 2)Modem berasal dari singkatan..... a)Modulator Demodulator c)Modulator Demokumulator b)Modulator Demonikasi d)Modulator Demonstrasi 3)Modem merupakan perangkat untuk ....... a)Mengetik c)Mengakses Internet b)Memasak d)Membajak Internet 4)Yang bukan fungsi dari Modem adalah……… a) menghubungkan komputerdengan ISP c) menerjemahkan data b) menghubungkan computer dengan telepon d) menyimpan data
  • 33. 5)Keunggulan pengiriman surat (e-mail) dari internet adalah…………. a. cepat dan murah c. cepat tapi berbahaya b. murah tapi lambat d. murah tapi tidak aman 6)Yang dimaksud dengan e-mail adalah a) surat melalui pos c)koa pos b)elektronil mail d)surat melalui fax