Alat musik mancanegara di asia

70,454 views
69,473 views

Published on

Published in: Education
2 Comments
9 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
70,454
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
139
Actions
Shares
0
Downloads
637
Comments
2
Likes
9
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Alat musik mancanegara di asia

  1. 1. Seni dan Budaya Ratih JM | IX-2 ALAT-ALAT MUSIK MANCANEGARA
  2. 2. Musik Melayu Rebana Ubi Alat musik ini sangat terkenal sejak zaman kerajaan Melayu Kuno. Rebana ubi sering digunakan saat upacara pernikahan.Selain itu Rebana ubi juga digunakan sebagai alat komunikasi sederhana pada zaman itu karena bunyinya yang cukup keras. Jumlah pukulan pada rebana ubi memiliki makna tersendiri yang telah dipahami oleh masyarakt saat itu. Kompang Kompang merupakan alat musik Melayu yang paling populer saat ini, kompang banyak digunakan dalam berbagai acara-acara sosial seperti pawai hari kemerdekaan. Selain itu alat musik ini juga digunakan untuk mengiringi lagu gambus. Kompang memiliki kemiripan dengan rebana tetapi tanpa cakram logam gemerincing di sekelilingnya. Sape Sape adalah seruling tradisional masyarakat Melayu. Alat musik dibuat dengan bambu panjang yang dilubangi sehingga menghasilkan nada yang indah. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara ditiup. Sape digunakan untuk melengkapi musik tarian tradisional Melayu. Selain itu, sape juga digunakan sebagai pelengkap musik pengiring dari lagu tradisional Melayu. Sampai saat ini alat musik ini masih sering digunakan. Salah satunya adalah untuk mengirinya musik dangdut (perkembangan dari musik Melayu).
  3. 3. Gambus Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Riau. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat music utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja Orkes gambus mengiringi tari Zapin yang seluruhnya dibawakan pria untuk tari pergaulan. Lagu yang dibawakan berirama Timur Tengah. Sedangkan tema liriknya adalah keagamaan. Kini, orkes gambus menjadi milik orang Betawi dan banyak diundang di pesta sunatan dan perkawinan. Lirik lagunya berbahasa Arab, isinya bisa doa atau shalawat. Perintis orkes gambus adalah Syech Albar, bapaknya Ahmad Albar, dan yang terkenal orkes gambus El-Surayya dari kota Medan pimpinan Ahmad Baqi. Akordeon Akordeon adalah alat musik yang berasal dari Riau. Alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipompa. Alat musik ini termasuk sulit untuk dimainkan. Tidak banyak yang dapat memainkannya. Gendang Gendang adalah instrumen Riau yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih. Kendang kalih dimainkan pada lagu atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk kalih, dan ladrang irama dadi. Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran ,ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagi kendhang yang khas yaitu: kendhang kosek.Kendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional, yang sudah lama menyelami budaya Jawa. Kendang kebanyakan di mainkan sesuai naluri pengendang, sehingga bila dimainkan oleh satu orang denga orang lain maka akan berbeda nuansanya.
  4. 4. Gong Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini digunakan untuk alat music tradisional. Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini. Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya. Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. Apabila nadanya masih belum sesuai, gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis. Di Korea Selatan disebut juga Kkwaenggwari. Tetapi kkwaenggwari yang terbuat dari logam berwarna kuningan ini dimainkan dengan cara ditopang oleh kelima jari dan dimainkan dengan cara dipukul sebuah stik pendek. Cara memegang kkwaenggwari menggunakan lima jari ini ternyata memiliki kegunaan khusus, karena satu jari (telunjuk) bisa digunakan untuk meredam getaran gong dan mengurangi volume suara denting yang dihasilkan.
  5. 5. Musik Melayu 1. Cina Paixiao – Pipa Pen Ruan – Alat music petik berbentuk bulat dengan 4 senar Muyu- Kecrek terbuat dari kayu Luo – Sebuah gong Guzheng – Kecapi yang memiliki 16-26 senar Erhu - Rebab cina, badannya menggunakan kulit ular sebagai membrane, memiliki 2 senar, yang digesek dengan penggesek yang terbuat dari ekor kuda
  6. 6. Sheng – Alat music yang menggunakan bilah logam dengan tabung-tabung bamboo sebagai penghasil suara Yang Qin – Alat music ini memiliki banyak senar, cara memainkannya dengan memukul dengan stick bamboo sebagai pemukulnya 2. Jepang Taiko – Drum besar”harfiah Tsuzumi – Drum tangan kecil Shamisen – Sebuah banjo seperti kecapi, dengan 3 senar Kane – Gong flat kecil Horagai – Digunakan dalam perang kuno
  7. 7. Koto – Sitar panjang Sasara – Genta yang terbuat dari bilah kayu yang dihubungkan dengan tali atau kabel 3. Korea Gayageum – Kecapi yang memiliki 12 senar. Kecapi ini diciptakan pada abad ke-6 di kerajaan gaya Bak – Alat music yang terdiri dari rangakian 6 potongan kayu tipis. Alat music ini hanya dimainkan dalam pementasa music ritual dan music istana. Sepiri - Suling yang serupa dengan hyangpiri, namun lebih ramping dan volume suaranya lebih kecil. Jing – Gong besar yang terbuat dari kuningan dan awalnya dimainkan dalam musik militer.
  8. 8. Musik Hindustan Tabla Tabla (atau tabl, tabla) (bahasa Hindi: , adalah Instrumen musik perkusi yang populer di India (dari keluarga membranofon). Alat musik ini dipakai dalam musik klasik Hindustan serta dalam musik populer dan peribadatan di Anak benua India. Alat musik ini terdiri dari sepasang drum tangan dengan ukuran dan warna nada yang berbeda. Nama Tabla berasal dari bahasa Arab tabl, yang bermakna "drum." Sitar Sitar merupakan keluarga alat musik kecapi yg dimainkan dengan cara dipetik. Bentuknya yang unik menjadikannya alat musik yang khas dan unik. Leher panjang dan tubuh berongga labu menghasilkan resonansi kaya dan harmoni. Sitar merupakan instrumen dominan yang digunakan dalam musik klasik Hindustan dan dimainkan sebagai iringan untuk tari di India. Sitar sebenarnya ada sejak tahun 1800an. Alat ini tadinya dibawa dari orang-orang Timur Tengah yang hijrah ke India. Alat musik ini digunakan untuk memainkan musik-musik tradisional klasik yang ada di India, biasanya Sitar dimainkan bersama alat musik lain seperti Tabla, Sarod, dan Tambura. Sitar memiliki tujuh dawai. Alat musik ini digunakan untuk memainkan musik-musik tradisional klasik. Alat musik klasik Hindustan ini menggunakan dawai atau senar untuk mengeluarkan bunyi. Alat musik ini menggunakan Dawai Simpatetik bersama dengan dawai biasa dan ruang resonansi menggunakan gourd (sejenis buah-buahan yang dikeringkan dan berongga di dalamnya) sehingga menghasilkan suara yang unik. Sitar merupakan alat musik yang sering digunakan dalam seni musik klasik Hindustan sejak zaman pertengahan. Sitar adalah alat musik yang paling populer dan diterima dengan baik sebagai alat musik khas India Utara. Basis Sitar dibuat dari labu labu. Sitar datang di berbagai kualitas dengan harga yang berbeda sesuai dengan dekorasi ukiran. Instrumen string ini banyak digunakan dalam pertunjukan klasik cahaya. Ada yang memproduksi Sitar dengan desain yang tak tertandingi dengan ukiran kayu. Sungguh membuatnya sangat artistik.
  9. 9. Alat bersenar ini mempunyai lima hingga tujuh tali dawai (dua hingga empat tali digunakan untuk memainkan melodi, dan 3 tali untuk dengung). Dibuat dari kayu yang berbentuk bujur seakan sebelah buah pear. Cara memainkan Sitar adalah dengan meletakkannya dengan cara terlentang dan dipetik dengan jari-jari sebelah tangan. Jari-jari tangan sebelah lagi menekan dan menarik pada berbagai kedudukan di tali-tali yang mengeluarkan berbagai tingkat suara dan melodi. Sitar biasanya dimainkan dalam kumpulan instrumental kecil atau sebagai alat solo. Sarod Sarod adalah alat musik dawai, yang digunakan terutama dalam musik klasik India. Seiring dengan sitar, itu adalah yang paling populer dan instrumen menonjol dalam bahasa Hindustan (India utara) musik klasik. Yang dikenal sarod mendalam, berat, introspektif suara (kontras dengan manis, nada-kaya tekstur sitar) dengan simpatik senar yang memberi itu resonan, kualitas bergema. Ini adalah instrumen fretless mampu menghasilkan slide yang berkesinambungan antara catatan yang dikenal sebagai meend (glissandi), yang sangat penting untuk musik India. Vena Veena, juga dikenal sebagai Saraswati Veena adalah alat musik dari India Selatan. Instrumen klasik ini pada dasarnya adalah sebuah alat musik gesek dipetik yang digunakan untuk mengiringi musik Carnatic. Ini pada dasarnya adalah anggota keluarga kecapi. The Veena telah dimodifikasi dan disempurnakan selama berabad- abad dan telah digunakan sejak zaman kuno. The Saraswati Veena diciptakan di selatan India pada abad ke-17. Mengingat ini merupakan informasi lebih lanjut tentang instrumen Veena klasik.

×