Pengantar E-Business & E-Commerce

1,552 views
1,422 views

Published on

Deskripsi sederhana mengenai pengertian, perbedaan, tujuan dan jenis-jenis dari E-Business & E-commerce.

Published in: Technology
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,552
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
149
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengantar E-Business & E-Commerce

  1. 1. E-BUSINESS DAN E-COMMERCE Oleh : 1 . Rasma Adhi Prayogo. 2. Kuncoro Kresno.
  2. 2. AGENDA E – Business 1. Pengertian. 2. Tujuan. 3. Macam atau Jenis.  E – Commerce 1. 2. 3. Pengertian. Macam atau Jenis. Tujuan.
  3. 3. APA ITU E – BUSINESS ??  E – Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan teknologi elektronik .  Dengan E-business, dapat memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
  4. 4. TUJUAN DARI E-BUSINESS  Untuk meningkatkan kinerja bisnis melalui konektivitas untuk meningkat kan pelayanan dan mengurangi biaya, serta membuka jalur baru dan mentransformasi persaningan baru.  Dengan E - business kita dapat menghilangkan perbedaan waktu global dan wilayah geografis. Selain itu peningkatan kinerja perusahaan dapat lebih baik .
  5. 5. SETIDAKNYA ADA 5 JENIS E-BUSINESS  Business to consumer. Transaksi terjadi antara perusahaan & konsumen/perorangan.  Business to business. Biasanya terjadi antar perusahaan.  Consumer to consumer. Yaitu transaksi antar konsumen/perorangan.  Consumer to business. Adalah kebalikan dari business to consumer.  Intrabusiness e-business. Dalam kategori ini termasuk segala aktivitas organisasi yang kebanyakan dilakukan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan per tukaran barang, jasa dan informasi.
  6. 6. AGENDA  E – Business 1. 2. 3. Pengertian. Tujuan. Macam atau Jenis. E – Commerce 1. Pengertian. 2. Tujuan. 3. Macam atau Jenis.
  7. 7. DEFINISI dari E-COMMERCE  Adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik . Seperti : internet , televisi, e-mail, atau media elektronik lainnya.  Transfer dana elektronik , pertukaran data elektronik , sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis, adalah termasuk dalam kegiatan e-commerce.
  8. 8. MANFAAT PENGGUNAAN E-COMMERCE  Dengan menggunakan E-Commerce maka sebuah perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam memperoleh keuntungan.  Operating Cost yang lebih minimal.  Jangkauan yang luas. (Global Reach).  Meningkatkan Loyalitas Pelanggan.  Meningkatkan Pangsa Pasar. (Market Exposure).
  9. 9. MACAM atau JENIS E-COMMERCE Berdasarkan karakteristik , kegiatan e-commerce di bedakan menjadi 2 :  Business to Business • Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama. • Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama. • Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.  Business to Consumer • Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula. • Layanan yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak. • Layanan yang digunakan berdasarkan permintaan.

×