Kecepatan akses internet

  • 2,996 views
Uploaded on

 

More in: Business , Technology
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
2,996
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
55
Comments
0
Likes
2

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Kelompok 4 :- Achmad Tarmizi- Farrasta Andito P.W- Irmahudin L- M. Haykal- Ridwan S.P- Syaddad A- Wildan Mukhlas
  • 2. Kecepatan akses internet dapat di ukur dengan bandwidth ( lebar pita ).Bandwidth merupakan banyaknya informasi yang mengalir tiap satuan waktuatau besarnya kapasitas koneksi internetuntuk transfer data. Bandwidth dapatmenunjukkan kecepatan data analog maupun digital. Satuan yang biasadigunakan untuk bandwidth adalah bit per second ( bps ), demikian pula 1 megabit/s ( Mbps ) sama dengan 1000 kbps. ( Ingat bahwa bit berbeda denganbyte, dimana 1 byte = 8 bit, satuan byte dilambangkan dengan huruf kapital B, dan 1 kilobyetes= 1024 bytes). Konsep bandwith sangat penting dalamjaringan tetapi mempunyai keterbatasan pada panjang / jangkauan media /kabel yang digunakan dan kecepatan maksimal transmisi pada kabel / mediatersebut.
  • 3. Dalam tabel berikut ini ditunjukkan beberapa media / kabel, jangkauanmaksimum, dan kecepatan transmisinya Media / Kabel Panjang Kecepatan Maksimum MaksimumKabel coaxial 50 ohm (Ethernet 10 200 m 10 – 100 Mbpsbase2,ThickNET)Kabel coaxial 50 ohm (Ethernet 10 500 m 10 – 100 Mbpsbase2,ThickNET)UTP kategori 5 (Ethernet 10baseT,100base-TX) 100 m 10 MbpsUTP kategori 5 (Ethernet 100baseTX, fast ethernet) 100 m 100 MbpsMultimode (62,5/15um) serat optic 100base-FX 2 km 2 km 100 Mbps100 mbpsSinglemode (10 um core) serat optic 1000 base-LX 3 km 1000 Mbps ( 1 Gbps )Wireless 100 m 2 MbpsInfra Red (irDA) 1m 4 Mbps
  • 4. Ada beberapa cara untuk mengakses internet, salah satunya denganmenghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang telah terhubungdengan internet. Cara yang lain adalah dengan menggunakan salurantelekomunikasi yang kita miliki. Dalam hal ini perlu menyiapkan perangkat kerasdan perangkat lunak yang dibutuhkan dan menghubungi penyedia layananinternet atau Internet Service Provider ( ISP ) untuk berlangganan. Padadasarnya, akses internet dapat dibagi menjadi dua macam, akses dial up danakses dedicated. Akses dial up delakukan dengan menggunakan modem dansaluran telepon. Setiap kali pengguna akan mulai mengakses internet ,pengguna akan men–dial nomor ISP untuk menyambungkan diri ke inernet dannantinya akan memutuskan hubungan tersebut jika sudah selesaimenggunakannya. Biaya akses dial up ini bergantung pada lamanya aksesinternet sehingga pengguna yang bijak akan menggunakan internet seefisienmungkin, segera memutuskannya jika sudah tidak dipakai.
  • 5. Akses dedicated memberikan layanan nonstop sehingga biaya tidak bergantungpada lamanya pengguna mengakses internet. Pengguna akan dibebani biaya langgananyang biasanya besarnya tiap bulan sesuai tarif ISP. Ada berbagai saluran telekomunikasi yang dapat digunakan untuk mengaksesinternet, seperti saluran telepon rumah, GPRS, WiFi, Teknologi WAP, ISDN, DSL, satelit( VSAT ), radio paket, TV Kabel, saluran listrik serta saluran telekomunikasi nirkabel.
  • 6. 1. Telepon Rumah Komputer yang akan dikoneksikan dengan internet dihubungkan dengan salurantelepon atau lebih dikenal dengan dial up. Perangkat yang dibutuhkan adalah modem,telepon, dan berlangganan dengan ISP. Akses internet melalui dial up dapat mencapaikecepatan 56 kbps. Namun sekarang kecepatannya dapat meningkat 4 – 5 kali denganmengompres dan menggunakan teknologi power surf dial up.2. Menggunakan jaringan GPRS Komputer dapat dikoneksikan dengan internet dengan menggunakan GPRS.Perangkat tambahan yang digunakan adalah telepon seluler, SIM card yang menyediakanlayanan GPRS. Kecepatan transfer data dapat mencapai 115 kbps. Transfer datadilakukan dalam sistem paket bukan pemakaian, tergantung dari besar kecilnya data yangdiakses.
  • 7. 3. Menggunakan WiFi ( Wireles Fidelity ) Hotspot adalah lokasi yang dilengkapi dengan perangkat pemancar WiFisehingga dapat digunakan oleh orang – orang yang berada di lokasi tersebut untukmengakses internet menggunakan notebook / PDA yang sudah memiliki card WiFi.Teknologi ini mampu menyediakan akses internet dengan bandwith mencapai 11 Mbps.Lokasi akan terdapat sinyal WiFi jika pada daerah tersebut dilengkapi dengan perangkat,sebagai berikut :a. Acces Point ( titik akses ) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi wirelessLAN dengan Ethernet yang terdepat di komputer. Titik akses mempunyai kemampuanmelayani pengguna sebanyak 128 dengan radius 25 – 100 meter.b. Acces Controler ( Pengendali Akses ) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alatautentifikasi untuk mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yangmempunyai hak / izin untuk melakukan akses.c. Internet Link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi dengan internet. InternetLink mempunyai kemampuan koneksi ke internet untuk saluran pengguna delam lokasisampai kecepatan 512 kbps.
  • 8. 4. Menggunakan teknologi WAP ( Wireless Application Protocol ) WAP adalah sebuah protokol yang memungkinkan para pengguna ponsel dapatmengakses internet dengan menggunakan built in browser pada ponsel. WAP bekerjadengan modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps.5. ISDN ( Integrated System Digital Network ) ISDN mempunyai kecepatan akses hingga 128 kbps. Akses internet denganISDN juga menggunakan modem. Modem ISDN tidak melakukan konservasi sinyal digitalke analog dan sebaliknya, melainkan hanya memproses sinyal antara komputer dansaluran ISDN.6. ADSL ( Asymetric Digital Subscriber Line ) ADSL memiliki kecepatan upload mencapai 8 Mbps, sedangkan kecepatandownload bisa mencapai 1 Mbps dengan jangkauan kabel maksimum 5,5m.7. HDSL ( High Data-Rate Digital Subscriber Line ) HDSL memiliki kecepatan tinggi yaitu 1,544 Mbps hingga 2,048 Mbps denganmenggunakan saluran kawat twisted pair.
  • 9. 8. SDSL ( Symetrical Digital Subscriber Line ) disebut symetric karena kecepatan aliran data untuk upload sama dengan kecepatanaliran data untuk download. Kecepatan alirannya dapat mencapai 6 Mbps, dengan jangkauantidak lebih dari 3 km.9. VDSL ( Very Small Aperture Terminal ) VDSL dapat mengirim data dengan kecepatan 1,6 Mbps dan menerima dengankecepatan 25 Mbps pada jarak 900 m10. VSAT ( Very Small Aperture Terminal ) VSAT adalah suatu teknologi komunikasi yang menghubungkan antara satu titik dengantitik lain melalui satelit sebagai pemancarnya. Dalam VSAT, topologi popular adalah star.Kecepatan transmisi data mencapai 55 Mbps.11. TV Kabel Kecepatan transmisi data dapat mencapai 38 Mbps. Kelebihan yang dimiliki untukmengakses internet dengan menggunakan TV kabel antara lain : a. Akses internet 24 jam b. Biaya lebih murah jika dibandingkan menggunakan media telepon selama 24 jam per hari dalam satu bulan. c. Tidak perlu melakukan proses dialing seperti pada jaringan telepon. d. Tidak ada jawaban nada sibuk saat semua saluran telepon ke ISP sedang ditelepon.
  • 10. e. Kecepatan transmisi data tidak dipengaruhi jauh dekatnya jarak antara pelanggan dan penyedia layanan.12. Kabel Listrik ( PLC / Power Line Communication ) Kabel Listrik mampu menyediakan akses cepat hingga 10 Mbps. Modem dalamisltilah PLC dikenal dengan adapter dan berfungsi untuk memisahkan sinyal data yangikut mengalir di kabel listrik menjadi sinyal data yang bisa terakses ke komputer. Pirantiini berfungsi untuk menerima dan mengirim sinyal melalui jaringan listrik 230 – 240 volt.13. Radio Paket Merupakan suatu bentuk komunikasi data yang menggunakan gelombang radiosebagai media koneksi. Saat kita menggunakan internet, lalu lintas data antara ISP kebackbone ( jaringan utama ) bisa lewat radio ( satelit microwave ), dengan menggunakanradio khusus. Kecepatan radio paket berkisar antara 1,2 kbps dan 9,6 kbps.
  • 11. Terima Kasih Atas Perhatian Anda Wassalamualaikum Wr. Wb