X 9 26-randi aulia ramadhan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

X 9 26-randi aulia ramadhan

on

  • 522 views

 

Statistics

Views

Total Views
522
Views on SlideShare
298
Embed Views
224

Actions

Likes
0
Downloads
3
Comments
0

1 Embed 224

http://theawesomebumi.blogspot.com 224

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

X 9 26-randi aulia ramadhan Presentation Transcript

  • 1. Randi Aulia RamadhanX.9Guru pembimbing : Drs.Oan Hasanuddin,SAg.RO,Akp,MATUGAS PLH (GLOBAL WARMING)
  • 2. Pengertian global warming• Pengertian Pemanasan global atau Global warming (Pengertian Pemanasan global atau Global warming) – Pemanasan global / Global warming adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Temperatur rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.18 °C selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca.
  • 3.  Meningkatnya temperatur global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya muka air laut, meningkatnya intensitas kejadian cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat- akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser dan punahnya berbagai jenis hewan. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.
  • 4. Penyebab Global Warming• 1. Penyebab global warming: Emisi karbon dioksida dari pembakaran bahan bakar fosil pembangkit listrik. Penggunaan listrik yang semakin meningkat yang dipasok dari pembangkit listrik berbahan bakar batubara batubara yang melepaskan sejumlah besar karbon dioksida ke atmosfer. 40% emisi CO2 dihasilkan oleh produksi listrik AS, dan 93 persen diantaranya berasal dari emisi pembakaran batubara pada industri utilitas. Setiap hari, pasar semakin banyak dibanjiri gadget penggunaannya membutuhkan daya listrik, padahal tidak didukung oleh energi alternatif. Dengan demikian kita akan semakintergantung pada pembakaran batu bara untuk memasok kebutuhan listrik di seluruh dunia.
  • 5.  2. Penyebab Global Warming: Emisi karbon dioksida dari pembakaran bensin pada kendaraan. Kendaraan yang kita pakai adalah sumber penghasil emisi sekitar 33% yang berdampak terhadap pemanasan global. Dengan pertambahan jumlah penduduk yang tumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan, tentu saja akan meningkatkan permintaan akan kendaraan yang lebih banyak lagi, yang berarti penggunaan bahan bakar fosil untuk transportasi dan pabrik yang semakin besar. Konsumsi terhadap bahan bakar fosil jauh melampaui penemuan terhadap cara untuk mengurangi dampak emisi. Sudah saatnya kita meninggalkan budaya konsumtif.
  • 6.  3. Penyebab Global Warming: Emisi metana dari peternakan dan dasar laut Kutub Utara. Metana merupakan gas rumah kaca yang sangat kuat setelah CO2. Bila bahan organik diurai oleh bakteri pada kondisi kekurangan oksigen (dekomposisi anaerobik) maka metana akan dihasilkan. Proses ini juga terjadi pada usus hewan herbivora, dan dengan meningkatnya jumlah produksi ternak terkonsentrasi, tingkat metana yang dilepaskan ke atmosfer akan meningkat. Sumber metana lainnya adalah metana klatrat, suatu senyawa yang mengandung sejumlah besar metana yang terperangkap dalam struktur bongkahan es. Apabila metana keluar dari dasar laut Kutub Utara, maka tingkat pemanasan global akan meningkat secara signifikan.
  • 7.  4. Penyebab Global Warming: Deforestasi, terutama hutan tropis untuk kayu, pulp, dan lahan pertanian. Penggunaan hutan untuk bahan bakar (baik kayu dan arang) merupakan salah satu penyebab deforestasi. Di seluruh dunia pemakaian produk kayu dan kertas semakin meningkat, kebutuhan akan lahan ternak semakin meningkat untuk pemasok daging dan susu, dan penggunaan lahan hutan tropis untuk komoditas seperti perkebunan kelapa sawit menjadi penyebab utama terhadap deforestasi dunia. Penebangan hutan akan mengakibatkan pelepasan karbon dalam jumlah besar ke atmosfir.
  • 8.  5. Penyebab Global Warming: Peningkatan penggunaan pupuk kimia pada lahan pertanian. Pada pertengahan abad ke-20, penggunaan pupuk kimia (yang sebelumnya penggunaan pupuk kandang) telah meningkat secara dramatis. Tingginya tingkat penggunaan pupuk yang kaya nitrogen memiliki efek pada penyimpanan panas dari lahan pertanian (oksida nitrogen memiliki kapasitas 300 kali lebih panas- per unit volume dari karbon dioksida) dan kelebihan limpasan pupuk menciptakan zona-mati di laut. Selain efek ini, tingkat nitrat yang tinggi dalam air tanah karena pemupukan yang berlebihan berdampak terhadap kesehatan manusia yang cukup memprihatinkan.
  • 9. Deforestasi pada hutanPeningkatan penggunaan pupuk kimia pada lahan pertanian.
  • 10. Emisi metana dari dasar Emisi karbon dioksida dari laut Kutub Utara pembakaran bensin pada kendaraan.
  • 11. Emisi karbon dioksida daripembakaran bahan bakar fosil pembangkit listrik.
  • 12. DAMPAK GLOBAL WARMING Puncak Alpen akan mencair seutuhnya. Hutan Hujan Amazon akan berubah menjadi padang pasir. Hewan-Hewan Akan Mengecil Terumbu Karang Great Barrier Reef akan hilang 20 tahun kemudian. 2000 Pulau di Indonesia akan Tenggelam Maladewa mungkin tenggelam. Gurun Sahara akan menjadi padang rumput. Badai akan menjadi lebih besar dibandingkan Badai Katrina. London akan hilang tenggelam pada 2100.
  • 13. Pencegahan Global Warming 1. Batasi Penggunaan  8. Naik kendaraan kertas umum 2. Ganti bola lampu  9. Kurangi makan 3. Hindari Screen Saver daging sapi 4. Periksa tekanan ban  10. Jangan pakai kantong plastik 5. Buka jendela lebar- lebar  11. Membeli produk lokal 6. Gunakan pupuk organik.  12. Hidup efisien 7. Tanamlah rumpun  13. Mengemudi cerdas bambu  14. Pakai baju bekas