• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Sistem pemerintahan inggris
 

Sistem pemerintahan inggris

on

  • 4,977 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,977
Views on SlideShare
4,977
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
83
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Sistem pemerintahan inggris Sistem pemerintahan inggris Presentation Transcript

    • SISTEM PEMERINTAHAN INGGRIS Disusun oleh : Dea Azza Chusnul I.F. Lutfiyah M. Ramdan Febriana H. Nafis Baihaqi SRI RAHAYU NENGSIH Tiara Asri Ning Kirana
    • DAFTAR ISI• Profil Inggris dan Britania Raya• Profil Ratu dan Perdana Menteri Inggris• Arti dari lambang dan Bendera Inggris• Sistem Pemerintahan di Inggris• Hukum di Inggris• Ekonomi dan Pendidikan di Inggris• Agama di Inggris
    • Profil Umum Negara Inggris•
    • Profil Penguasa Monarki (Ratu Ingggris) –
    • Profil Perdana Menteri InggrisNama : David William Donald CameronLahir : 9 Oktober 1966 (umur 46 tahun)Mulai Menjabat : 11 Mei 2010Partai : Partai KonservatifAgama : AnglikanIstri : Samantha SheffieldJabatan lain : Ketua Partai Konservatif Anggota Parlemen WhitneyKarir Politik : 1. Pemimpin Oposisi 2. Menteri Pendidikan dan Keterampilan
    • Bendera Britania Raya
    • Arti Bendera Britania Raya
    • Bendera Britania Raya merupakan bendera gabungan dari England, Skotlandia, danIrlandia
    • Lambang Britania RayaLambang Agung Kerajaan Britania Raya,adalah lambang negara resmi Ratu BritaniaRaya (Ratu Elizabeth II). Lambang inidigunakan Sri Ratu dalam kapasitasnyasebagai monarki Kerajaan Britania Raya,secara resmi disebut Lambang Kekuasaanbeliau. Beberapa variasi lambang kerajaandigunakan oleh anggota keluarga kerajaanBritania; dan oleh Pemerintah Britaniadalam hubungannya dengan administrasidan pemerintahan negara. Di Skotlandia,Sri Ratu memiliki versi lambang kerajaantersendiri, variasi yang hanya digunakannyadi lingkungan pemerintah Skotlandia.
    • Bendera InggrisBendera Inggris (St. Georges Cross - Salib Santo George) merupakan gambarsalib merah berlatar belakang putih. Salib ini menjadi lambang Inggris selamaAbad Pertengahan dan Perang Salib.
    • INGGRIS Inggris adalah sebuah negara kesatuan (Unitary State) dengansebutan United Kingdom yang terdiri dari: England, Wales, dan IrlandiaUtara.Pemerintahannya berbentuk Monarki dan sistem kenegaraan yangterdesentralisasi. Negara Inggris menganut sistem pemerintahanparlementer dimana kekuasaan pemerintah terdapat pada perdana menteriyang dibantu oleh menteri (bisa juga disebut kabinet). Sedangkankekuasaan sebagai kepala negara berada di tangan Ratu dan Mutlak.Seperti teori dari sistem pemerintahan parlementer, Ratu tidakmempunyai kekuasaan politik karena Ratu hanya berperan sebagai simbolkedaulatandan persatuan negara.
    • Sistem Pemertintahan Inggris Negara yang terbentuk pada 1 Mei 1707 ini menerapkan sistempemerintahan parlementer dengan bentuk pemerintahan monarkikonstitusional (monarki parlementer). Kekuasaan legislatif beradadi tangan parlemen atau biasa disebut House of commons danHouse of Lords. Di negara ini yang berhak untuk membubarkanparlemen adalah badan eksekutif yang anggotanya terdiri dariRaja/Ratu. Negara Inggris ini juga menerapkan sistem dua partai(two party system), yaitu partai konservatif dan partai buruh.Kedua partai ini selalu bersaing, jika satu partai berjuasa makapartai lain sebagai oposisi.
    • Ciri Pokok Pemerintahan di Inggris1. Negara Kesatuan (unitary state) dengan sebutan United Kingdom dan menganut sistem monarki konstitusional.2. Konstitusinya adalah hukum dasar yang memberikan dan membatasi kekuasaan untuk memerintah dan tidak tertulis.3. Kekuasaan tidak dipisahkan, tetapi bercampur baur.4. Parlemen adalah bicameral, terdiri dari House of Commons atau Majelis Rendah dan House of Lords atau Majelis Tinggi. Parliament Sovereingnity, merupakan salah satu prinsip fundamental dari konstitusi.5. Kabinet, adalah kelompok inti menteri- menteri yang dikepalai oleh Perdana Menteri.6. Her Majesty’s Opposition, adalah prinsip fundamental kedua dari konstitusi yang tak tertulis.7. Ratu hanyalah tituler, bukanlah kekuasaan politik. Ia merupakan simbol keagungan, kedaulatan, dan kesatuan nasional, sama seperti bendera dengan lambang Union Jack, tetapi menteri- menterilah yang sebenarnya memerintah.8. Civil service (dinas sipil) adalah pegawai karier yang mengadministrasikan hukum dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan eksekutif dan parlementer.
    • Skema Pemerintahan Inggris
    • Pemerintahan Inggris :Legislatif House of Commons dan House of LordsEksekutif Ratu atau Kerajaan Britania RayaYudikatif Mahkamah Agung Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Mahkota
    • • # House of Lords anggotanya sekitar 1200 orang yang terdiri dari Uskup Agung gereja Inggris, para keluarga bangsawan, serta orang-orang yang dianggap berjasa terhadap negara• # House of Commons anggotanya berjumlah sekitar 659 orang yang dipilih dengan equal size districts (sistem distrik dengan porsi yang sama). Masa tugasnya selama 5 tahun. Atas dasar kebutuhan politik, Perdana Menteri akan menetapkan pemilihan dan jika kabinet mendapat mosi tidak percaya atau gagal, maka kabinet tersebut harus membubarkan diri. Partai yang memenangkan pemilu berhak untuk membentuk kabinet.• # Mahkamah Agung merupakan badan peradilan yang ditunjuk oleh kabinet namun dalam menjalankan tugasnya mereka menjalankan peradilan yang bebas dan tidak memihak.
    • Dewan Rakyat (House of Commons) Dewan Rakyat (bahasa Inggris: House ofCommons) adalah majelis rendah Parlemen Britania Raya,yang juga berisi Raja dan Dewan rakyat (majelis tinggi).Dewan rakyat dan Dewan bangsawan bersidang di IstanaWestminster. Dewan rakyat adalah badan yang terdiri dari646 ahli. Mereka dipilih secara demokrasi dan dikenal sebagai"Anggota Parlemen" atau AP. Anggota parlemen dipilihmelalui sistem pemilihan majemuk, oleh daerah-daerahpemilihan yang dikenal sebagai kawasan pemilihan umum,dan menjabat kursi mereka hingga Parlemen dibubarkan(maksimum lima tahun).
    • House of Lords (Dewan Bangsawan House of Lords (Dewan Bangsawan) adalahsebutan bagi majelis tinggi dalam Parlemen KerajaanBersatu Britania Raya. Monarki Inggris bersama majelistinggi (House of Lords) dan majelis rendah House ofCommons (Dewan Rakyat Britania Raya) membentukParlemen Kerajaan Bersatu. Sekarang ini, jumlah kursiHouse of Lords (731) melebihi jumlah kursi House ofCommons (646).
    • Sistem Hukum di Inggris Sistem hukum di Inggris yang berkembang selama berabad-abad adalah dasar darisistem hukum umum yang digunakan di sebagian besar negara-negara Persemakmuran danAmerika Serikat (kecuali Louisiana). Meskipun telah menjadi negara bagian dari Britania Raya, sistem hukum PengadilanInggris dan Wales tetap digunakan. Berdasarkan Perjanjian Kesatuan, sistem hukum yangdigunakan di Inggris dan Wales terpisah dengan sistem hukum yang digunakan diSkotlandia. Esensi umum dari hukum Inggris adalah bahwa hukum dibuat oleh hakimyang berkedudukan di pengadilan, yang menerapkannya menurut akal sehat danpengetahuan mereka. Sistem pengadilan dikepalai oleh Pengadilan Senior Inggris dan Wales, yang terdiri dariPengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Kehakiman untuk kasus perdata, dan PengadilanMahkota untuk kasus pidana. Sedangkan Mahkamah Agung Britania Raya merupakanlembaga peradilan tertinggi untuk kasus-kasus perdata maupun pidana di Inggris danWales. Mahkamah ini dibentuk pada tahun 2009 setelah perubahan konstitusi, yangmengambil alih fungsi yudisial dari House of Lords Keputusan dari Mahkamah Agung inimengikat setiap pengadilan lainnya dalam hierarki dan harus sesuai dengan petunjuknya.
    • Perekonomian di Inggris Perekonomian Inggris merupakan salah satu perekonomian terbesar di dunia,dengan PDB per kapita rata-rata £ 22.907. Inggris menerapkan sistem ekonomi pasarcampuran yang mengadopsi sebagian besar prinsip-prinsip pasar bebas, namun tetapmempertahankan infrastruktur kesejahteraan soaial. Mata uang resmi di Inggris adalah pound sterling (ISO 4217,GBP). Perpajakan diInggris cukup kompetitif bila dibandingkan dengan kebanyakan negara Eropalainnya. Pada tahun 2009, tarif dasar pajak perseorangan adalah 20% denganpenghasilan kena pajak mencapai £ 37.400, dan 40% bagi yang berpenghasilan di atasjumlah tersebut. Ekonomi Inggris menyumbangkan bagian terbesar bagi ekonomiBritania Raya,yang PDB (PPP) per kapitanya merupakan tertinggi ke-18 dunia. Bursaefek London, yang berlokasi di London, merupakan bursa saham terbesar di Eropa. Bank of England, yang didirikan pada tahun 1694 oleh bankir Skotlandiabernama William Paterson adalah bank sentral Britania Raya. Pada awalnya, bank inididirikan sebagai bank swasta, namun sejak tahun 1946, bank ini telah dinasionalisasimenjadi milik negara. Bank of England memiliki hak monopoli untuk mencetak uangkertas di Inggris dan Wales, namun hak ini tidak berlaku di Skotlandia dan IrlandiaUtara. Pemerintah Britania Raya menyerahkan tanggung jawab kepada KomiteKebijakan Moneter Bank of England untuk mengelola kebijakan moneter negara danmenetapkan suku bunga.
    • Pendidikan di Inggris Departemen Pendidikan adalah departemen pemerintah yang bertanggungjawab untuk masalah-masalah yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak diInggris sampai dengan usia 19 tahun, termasuk pendidikan. Sekolah-sekolahnegeri dihadiri oleh sekitar 93% pelajar di Inggris. Dari jumlah tersebut, terdapatminoritas sekolah-sekolah keagamaan, terutama sekolah Katolik dan GerejaInggris. Anak-anak yang berusia antara tiga dan empat tahun menghadiri TK, 4sampai 11 tahun menghadiri sekolah dasar, dan usia 11 sampai 16 tahunmenghadiri sekolah menengah. Setelah menyelesaikan wajib belajar, siswamengikuti ujian GCSE. Setelah itu mereka bisa memutuskan untuk melanjutkanpendidikan lanjutan selama dua tahun. Pendidikan lanjutan ini ada yang terpisahataupun menyatu dengan institusi-institusi sekolah menengah yangmempersiapkan para siswa dalam mengikuti ujian A-Level untuk masuk keuniversitas. Meskipun sebagian besar sekolah menengah di Inggris adalah sekolahkomprehensif, di beberapa daerah juga terdapat sekolah grammar yang selektif.Sektar 7,2% pelajar di Inggris menghadiri sekolah swasta yang didanai olehswasta. Standar di sekolah negeri dipantau oleh Kantor Standar Pendidikan,sedangkan di sekolah swasta dipantau oleh Inspektorat Sekolah Independen.
    • Pendidikan di Inggris Siswa biasanya melanjutkan ke jenjang universitas pada usia 18 tahunlebih, di mana mereka belajar untuk meraih gelar akademik. Ada lebih dari90 universitas di Inggris. Departemen untuk Bisnis, Inovasi danKeterampilan adalah departemen pemerintah yang bertanggung jawabuntuk permasalahan pendidikan tinggi di Inggris. Tingkat pertama yangditawarkan kepada mahasiswa adalah gelar sarjana, biasanya lamapendidikannya tiga tahun. Lulusan yang memenuhi syarat kemudiandiperbolehkan mengambil gelar pascasarjana dan Master, yangmembutuhkan waktu satu tahun, serta gelar Doktor (tiga tahun). Beberapa universitas di Inggris merupakan universitas denganperingkat tertinggi di dunia. Universitas Cambridge, Imperial CollegeLondon, Universitas Oxford dan University College London adalahbeberapa dari 10 universitas dengan peringkat teratas di dunia berdasarkanPeringkat Universitas Dunia THE-QS.
    • Agama di Inggris Kristen adalah agama yang paling banyak dianut di Inggris sejak AbadPertengahan, namun agama ini sudah diperkenalkan pertama kalinya pada masaRomawi dan Gaelik. Saat ini, sekitar 72% dari penduduk Inggris teridentifikasisebagai Kristiani. Denominasi terbesar yang dianut adalah Anglikan. Anglikan iniberasal dari periode Reformasi Inggris pada abad ke-6 saat Raja Henry VIIImemisahkan negara dari Gereja Katolik Roma karena tidak diizinkan berceraidengan istrinya, Catharina dari Aragon, serta kebutuhan akan Alkitab berbahasaInggris. Dalam pandangan agama, Henry VIII ini dianggap sebagai penganut Katolikdan Anglikan. Penganut Kristen terbesar kedua adalah denominasi Ritus Latindari Gereja Katolik. Kepercayaan ini memasuki Inggris pada abad ke-6 melaluimisi Agustinus dan menjadi agama utama di seluruh pulau selama seribu tahun.Sejak munculnya Emansipasi Katolik, Gereja ini dijalankan secara eklesiologikaldi Inggris dan Wales. Terdapat kurang lebih 4,5 juta penganut Gereja ini (sebagianbesarnya penduduk Inggris). Sampai saat ini, tercatat ada seorang Paus yangberasal dari Inggris, yaitu Adrian IV. Sedangkan santo Beda dan Anselm dianggapsebagai Doktor Gereja.
    • Agama di Inggris Disamping Kristen, Inggris juga memiliki penganut agamalainnya. Yahudi telah memiliki penganut minoritas di Pulau Britaniasejak tahun 1070. Penganut Yahudi diusir dari Inggris pada tahun 1290menyusul diberlakukannya Edict of Expulsion, dan baru diizinkankembali memasuki Inggris pada tahun 1656. Sejak tahun 1950-an, agama-agama Timur yang berasal dari bekaskoloni Britania mulai masuk ke Inggris akibat imigrasi. Islam adalah yang paling menonjol, sekitar 3,1% dari totalpopulasi Inggris adalah Muslim. Penganut Islam terbanyak terdapat diLondon. Hindu, Sikh, dan Budha adalah urutan berikutnya; kombinasitotal dari penganut ketiga agama ini mencapai 2% dari total pendudukInggris. Agama-agama ini terutama sekali dibawa oleh para imigrandari India dan Asia Tenggara. Selebihnya, sekitar 14,6% pendudukInggris adalah Atheis.
    • Kesimpulan Inggris adalah negara kesatuan (United Kingdom) terdiri dari england, scotand, wales, irlandia utara, berbentuk kerajaan (monarki). Kekuasan pemerintahan ditangan kabinet (Perdana Menteri) Raja adalah simbol kedaulatan dan persatuan negara. Parlemen terdiri dari 2 kamar yaitu House of commons (majelis Rendah) dan house of lords (majelis Tinggi). Majelis rendah adalah badan perwakilan rakyat dimana anggotanya dipilih oleh rakyat dari calon partai politik. Majelis Tinggi adalah perwakilan yang berisi para bangsawan berdasarkan warisan. Adanya oposisi dari partai yang kalah dalam pemilu. Menganut sistem 2 partai yaitu konservatif dan partai buruh. Badan peradilan ditunjuk oleh kabinet maka tidak ada hakim yang dipilih.
    • THANKS FOR YOUR ATENTIONTERIMAKASIH ATAS PERHATIAN ANDA