Laporan kelompok "Pengaruh cuaca terhadap kehidupan makhluk hidup"

  • 9,091 views
Uploaded on

Seadanya Saja yang kami lakukan

Seadanya Saja yang kami lakukan

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
9,091
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
42
Comments
1
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. DAFTAR ISI 1. Cover 2. Daftar Isi 3. Kata Pengantar 4. Bab a. Bab I : Pendahuluan i. Latar Belakang ii. Rumusan Masalah iii. Tujuan Penulisan iv. Ruang Lingkup b. Bab II : Isi c. Bab III : Penutup i. Kesimpulan ii. Saran iii. Daftar Pustaka Tugas Geografi “Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Mahluk Hidup”
  • 2. KATA PENGANTAR Puji serta syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT., atas berkat rahmatNya lah kami dapat menyelesaikan penyusunan Karya Tulis penugasan mata pelajaran Geografi berjudul “PENGARUH CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA” Pada kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan kebiasan menyontek yang dilakukan oleh siswa saat ulangan serta berbagai cara yang dilakukan saat menyontek dan cara menghindarinya. Dan dengan disusunnya laporan ini, diharapkan Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada: 1. Atas berkat Tuhan YME dengan kelancaran pembuatan penelitian geografi 2. Dr. Suparman S.pd yang telah membimbing kami dalam penyusunan laporan ini. Kami menyadari bahwa karya tulis ini memang jauh dari kata sempurna untuk memberikan sebuah khazanah baru dalam pengetahuan kita. Untuk itu dalam kesempatan ini penulis mempersilahkan kepada pembaca untuk bersama-sama mengkoreksi karya tulis ini agar tercipta laporan yang baik dan sesuai dengan kaidah. Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih. Tugas Geografi “Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Mahluk Hidup”
  • 3. BAB I.PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Pengaruh cuaca dan iklim terhadap kehidupan ini dapat dilihat dari adanya keanekaragaman jenis flora dan fauna yang ada di permukaan bumi. Selain memengaruhi jenis flora dan fauna, juga memengaruhi perilaku dan pola hidup manusia. Perilaku dan pola hidup manusia di daerah iklim tropis tentu berbeda dengan perilaku dan pola hidup manusia yang ada di daerah iklim subtropis dan iklim kutub. Misalnya saja, manusia yang hidup di iklim tropis memiliki mata pencaharian sebagai petani, sedangkan manusia yang hidup di iklim kutub memiliki mata pencaharian sebagai pemburu. Pada jenis flora dan fauna juga memiliki perbedaan, antara daerah beriklim tropis, iklim subtropis, dan iklim kutub. Fauna yang hidup pada daerah beriklim kutub memiliki sifat tahan terhadap dingin, mayoritas berbulu tebal untuk melindungi diri dari suhu dingin dan ini berbeda dengan fauna yang hidup di iklim tropis yang lebih menyukai suhu yang hangat. 2. Rumusan Masalah a. Apakah yang dimaksud dengan cuaca? b. Adakah pengaruh cuaca terhadap kehidupan makhluk hidup? 3. Tujuan Penulisan Penulisan makalah ini bertujuan untuk: a) Penyelesaian tugas kelompok geografi tentang pengaruh cuaca terhadap kehidupan makhluk hidup berdasarkan kurikulum 2013 b) Mengetahui dan mengerti apa yang dipengaruhi kehidupan makhluk hidup terhadap kendala cuaca yang terjadi. 4. Ruang Lingkup Dalam Penyusunan Makalah ini hanya memaparkan atau menampilkan apa pengaruhnya terhadap kegiatan makhluk hidup. Tugas Geografi “Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Mahluk Hidup”
  • 4. BAB II : ISI Cuaca adalah keadaan udara yang terjadi pada waktu dan daerah tertentu yang relative sempit dan dalam waktu yang pendek (Handi Yohandi : 2007.113). Cuaca itu terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu cuaca bisa hanya beberapa jam saja. Misalnya: pagi hari, siang hari atau sore hari, dan keadaannya bisa berbeda-beda untuk setiap tempat serta setiap jamnya. Sifatnya adalah mudah berubah, berlaku untuk waktu yang terbatas dan meliputi daerah yang sempit. Di Indonesia keadaan cuaca selalu diumumkan untuk jangka waktu sekitar 24 jam melalui prakiraan cuaca hasil analisis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Departemen Perhubungan. Untuk negara-negara yang sudah maju perubahan cuaca sudah diumumkan setiap jam dan sangat akurat (tepat). Contohnya cuaca di Ibu Kota Jakarta cerah, tidak berawan dan temperaturnya 260C-300C. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorology. Faktor-faktor cuaca di pengaruhi terhadap keadaan suhu, pengaruh angin, kelembaban perawanan, dan curah hujan di suatu wilayah tertentu. Perlu diketahui bahwa cuaca merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena cuaca mempunyai peranan yang besar terhadap kehidupan seperti dalam bidang pertanian, transportasi atau perhubungan, telekomunikasi, dan pariwisata. 1. Bidang Pertanian Manfaat cuaca dalam bidang pertanian diantaranya adalah sebagai berikut: Menentukan waktu tanam dan menentukan tanaman yang sesuai Bagi Indonesia yang sebagian besar penduduknya bergerak dalam sektor agraris, karakter iklim seperti curah hujan, suhu, dan musim sangat mempengaruhi pola kehidupannya. Pada zaman dahulu ketika pengetahuan cuaca dan iklim belum berkembang, nenek moyang kita sudah memanfaatkan datangnya musim bagi pola tanam. Mereka berpendapat bahwa bulan-bulan yang berakhiran kata ber (September, Oktober, November, dan Desember) merupakan musim hujan. Pada musim hujan, para petani mulai turun ke sawah dan ladang untuk mengolah lahan. Melalui kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, faktor-faktor iklim benar-benar dijadikan salah satu pertimbangan dalam penentuan kecocokan jenis tanaman yang akan dibudidayakan di suatu tempat. Misalnya, tanaman padi sangat cocok jika dibudidayakan di daerah dataran rendah yang beriklim panas, sedangkan perkebunan hortikultur sangat baik dikembangkan di dataran tinggi yang suhunya relatif sejuk. Para nelayan tradisional sering kali memanfaatkan pola angin dan musim pada aktivitas mencari ikan. Sebagai contoh, pada zaman dulu para nelayan memanfaatkan angin darat dan angin laut untuk pergi dan pulang menangkap ikan di laut. Selain itu, para nelayan jarang mencari ikan pada periode berembusnya angin barat, karena sering terjadi angin ribut dan disertai hujan lebat. Tugas Geografi “Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Mahluk Hidup”
  • 5. Selain itu cuaca juga memiliki dampak bagi pertanian menurut Soerjadi Wirjohamidjojo (1993;54) diantaranya: a. Dampak secara langsung dampak yang ditimbulkan oleh sesuatu unsur cuaca kepada kegiatan pertanian. Dampak lansung tersebut ada yang dirasakan seketika, dan ada yang dirasakan secara lambat.Misalnya curah hujan yang lebat atau terus menerus dapat menimbulkan tanah longsor saat itu, angin kencang menimbulkan kerusakan batang tanaman, dan adanya embun beku yang mengenai tanaman membuat daun dan batang tanaman menjadi kering.Dampak langsung yang dirasakan secara lambat adalah kadar cuaca yang baru dirasakan setelah berkali-kali terjadi, misalnya tanah menjadi lembap setelah beberapa hari turun hujan, tanah menjadi kering setelah beberapa hari hujan makin berkurang. b. Dampak tidak langsung dampak yang ditimbulkan oleh faktor lain tetapi faktor tersebut timbul berkaitan dengan cuaca yang terjadi, sedangkan kadar cuaca yang terjadi tersebut diperlukan bagi kegiatan pertanian pada waktu itu. Cuaca tidak hanya diperlukan tanaman saja tetapi hama , penyakit, tumbuhan parasit juga memerlukan cuaca . Sering terjadi bahwa kerusakan tanaman tidak karena cuaca saat itu secara langsung , tetapi karena timbulnya hama, penyakit, parasit yang justru hidup subur pada saat adanya cuaca yang dipelukan bagi tanaman dan kegiatan pertanian waktu itu. Dengan demikian gangguan tidak timbul dari cuaca, tetapi karena hama, penyakit, dan parasit yang hidup subur karena didukung cuaca waktu itu 3. Bidang Transportasi Faktor-faktor cuaca mempunyai peranan yang besar tehadap bidang transportasi. Seperti cuaca, suhu, arah dan kecepatan angin, awan, dan kabut sangat mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan. Selain berpengaruh terhadap penerbangan, faktor cuaca berpengaruh pula terhadap transportasi laut. Sebagai contoh jalur pelayaran akan sangat terganggu jika terjadi angin ribut atau badai yang disertai hujan lebat. Demikian pula dalam sistem transportasi udara. Oleh karena itu, setiap hari televisi senantiasa menginformasikan prakiraan cuaca. 4. Bidang Telekomunikasi Faktor cuaca berpengaruh pula terhadap bidang telekomunikasi. Seperti arus angin dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi antar daerah dengan menggunakan telepon angin.Pengaruh lain yaitu kondisi cuaca yang kurang baik dapat mengganggu jaringan telekomunikasi. Misalnya saat kondisi hujan atau mendung sinyal Handphone menjadi melemah. Tugas Geografi “Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Mahluk Hidup”
  • 6. Yang termasuk pemanfaatan telekomunikasi yang mempengaruhi kegiatan manusia yaitu ionosfer Salah satu lapisan atmosfer Bumi yang memiliki kemampuan memantulkan gelombang radio. Sifat fisik lapisan ini dimanfaatkan manusia dalam bidang komunikasi untuk penyiaran radio, sehingga arus informasi dapat dengan mudah dan cepat diterima oleh masyarakat. Melalui kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang atmosfer dan sistem komunikasi, saat ini negara kita telah memiliki satelit komunikasi PALAPA yang ditempatkan di atmosfer pada lokasi geostasioner dengan ketinggian sekitar 36.000 km di atas muka Bumi. 5. Bidang Pariwisata. Faktor cuaca berpengaruh pula terhadap bidang pariwisata. Seperti cuaca cerah, banyak cahaya matahari, kecepatan angin, udara sejuk, kering, panas, dan sebagainya sangat mempengarui terhadap pelaksanaan wisata, baik wisata darat maupun laut. 6. Bidang Perindustrian Pada industri tradisional banyak yang masih bergantung pada kondisi cuaca. Industri itu umumnya yang membutuhkan panas Matahari, antara lain industri genteng, batu bata, dan kerupuk. Cuaca juga mempengaruhi aktivitas penduduk sehari-hari. Tidak hanya manusia saja, tetap kepengaruhan cuaca terhadap kehidupan ini dapat dilihat dari adanya keanekaragaman jenis flora dan fauna yang ada di permukaan bumi. Selain memengaruhi jenis flora dan fauna, juga memengaruhi perilaku dan pola hidup manusia. Perilaku dan pola hidup manusia di daerah cuaca yang beriklim tropis tentu berbeda dengan perilaku dan pola hidup manusia yang ada di daerah iklim subtropis dan iklim kutub. Misalnya saja, manusia yang hidup di daerah cuacanya beriklim tropis memiliki mata pencaharian sebagai petani, sedangkan manusia yang hidup di daerah iklim kutub memiliki mata pencaharian sebagai pemburu. Pada jenis flora dan fauna juga memiliki perbedaan, antara daerah beriklim tropis, iklim subtropis, dan iklim kutub. Fauna yang hidup pada daerah cuaca beriklim kutub memiliki sifat tahan terhadap dingin, mayoritas berbulu tebal untuk melindungi diri dari suhu dingin dan ini berbeda dengan fauna yang hidup di daerah beriklim tropis yang lebih menyukai suhu yang hangat. Tugas Geografi “Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Mahluk Hidup”
  • 7. Bab III : Penutup 1. Kesimpulan Pengaruh cuaca terhadap kegiatan atau aktivitas makhluk hidup yang bisa mengakibat berupa dampak negatif dan positifnya yang dapat kita ambil hikmah atas pemfaktoran cuaca yang telah kita alami. Contoh makhluk hidup yang biasa dilakukan sehari-hari atas terpengaruhnya kegiatan atau aktivitas yaitu sesaat manusia yang sedang berjalan dibawah terik panas matahari akan merasakan kepanasan pada kulit manusia sehingga kulit dikhawatirkan akan perubahan warna menjadi gelap, seseorang tidak perlu khawatir sesaat kulit manusia terpanasi pada kulit tubuh dan berkeringat ketika berolahraga dengan perubahan kulit berwarna hitam diakibatkan terikan matahari yang telah menyinari pada tubuh manusia dikarenakan tubuh manusia itu memerlukan,pengatur,penyeimbang kestabilan temperatur tubuh agar kesehatan akan terjaga dan sehat bugar selalu. Pengaruh cuaca ini bisa berdampak pada seluruh bidang apapun pada aktivitas atau kegiatan manusia dengan difaktorkan peristiwa tertentu atas kebidangan yang berkaitan dengan itu. 2. Saran Saran terhadap pengaruh cuaca terhadap kegiatan makhluk hidup yaitu: Hendaknya kita sebagai makhluk hidup yang paling aktif daripada makhluk lainnya harus bersyukur atas kita yang telah diberi dampak apapun baik positif maupun negatif terhadap tuhan yang maha esa pada pengaruh cuaca terhadap kegiatan apapun baik di dalam ataupun diluar. 3. Daftar Pustaka http://id.wikipedia.org/ http://raisindikri.blogspot.com/ http://matakristal.com/pengaruh-cuaca-dan-iklim-terhadap-kehidupan/ Tugas Geografi “Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Mahluk Hidup”