Your SlideShare is downloading. ×
Alat pengambil keputusan pemasaran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Alat pengambil keputusan pemasaran

964
views

Published on

Published in: Business

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
964
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.  Perencanaan strategi pemasaranmembutuhkan berbagai teknik dan alat untukmenganalisis pasar dan mengambil keputusan. Prakiraan penjualan merupakan alatpemasaran lainnya yang sangat bergunakhususnya dalam agribisnis karenaketidakstabilan pasar pertanian. Manajer pemasaran juga harus menganalisispersaingan dan memantau programpemasarannya. Analisis formal atas kelemahandan kekuatan pesaing merupakan alat yangberguna dalam menghasilkan pendekatanpemasaran strategi untuk bersaing dengansetiap pesaing.
  • 2. Audit pemasaran merupakan pemeriksaanatas keseluruhan program pemasaranperusahaan. Audit atau pemeriksaanpemasaran menelaah tujuan pemasaranperusahaan serta rencananya untukmencapai tujuan dengan berpedomanpada sumberdayanya, kekuatan dankelemahannya jika dibandingkan denganperusahaan lain, serta keadaan pasar.
  • 3.  Analisis atas cara agribisnis menanganiproduk atau jasa yang dipasarkannya Mengidentifikasi kemampuan khususperusahaan Tinjauan atas keadaan pasar danlingkungan Evaluasi yang obyektif Mempertimbangkan cara implementasi(pelaksanaan) rencana pemasaran
  • 4. Prakiraan keadaan umum perekonomianPrakiraan atas keseluruhan pasarPrakiraan atas produk tertentu
  • 5.  Salah satu metode yang sederhanatetapi efektif untuk menganalisispersaingan adalah dengan menyusuntable analisis untuk setiap pesaing yangmemuat kekuatan dan kelemahanpesaing tersebut. Tabel ini hanyamencantumkan kekuatan dankelemahan utama pesaing, dankemudian strategi disusun denganmemanfaatkan kelemahan pesaing.
  • 6.  Para agribisnis seringkali terlibat dalam usahapenjualan dan pelayanan langsung sehinggamereka lebih sulit menentukan kondisi pasar yangsebenarnya. Mereka hanya melihat apa yangterjadi di sekitar nya, dan tidak melihat aspekdalam pasar jauh darinya. Hal ini khususnyaberlaku pada agribisnis kecil atau lokal, dimanatenaga kerja pemasaran memainkan berbagaiperan (tugas) dan mempunyai sedikit waktu untukmenganalisis pasar.
  • 7. Sehingga ada daerah yang tidak terjangkau,dan belum tersentuh penetrasi pasar yangmenyebabkan ketidakseimbangan dalampenguasaan pasar. Ada alasan fisis yangmenyebabkan ketidakseimbangan penetrasipasar. Diantaranya jalan raya mungkin tidakdapat menjangkau daerah tertentu.
  • 8.  Cara terbaik untuk mempelajari pendapat pelangganmengenai produk atau jasa adalah dengan menanganipelanggan itu sendiri. Komunikasi langsung denganpelanggan melalui survai, wawancara, dan perkacapaninformal dapat menghasilkan informasi yang berhargabagi agribisnis yang berguna dalam menyusun rencanapasar. Wawancara pelanggan yang menghasilkan banyakinformasi tentang keputusan pembelian, dapatdigunakan landasan dalam agribisnis di pasar.
  • 9.  Wawancara dapat membingungkanpelanggan dan dapat disalah artikan.Salah satu caranya dengan wawancarakelompok. Sehingga menjadi forum diskusiyang menghasilkan informasi banyak. Wawancara kelompok (focus-groupinterviews) merupakan metode lain untuklebih mendalami sikap pelanggan, suatumetode yang semakin terkenal.Wawancara ini merupakan cara yangcepat dan murah untuk memperolehgambaran tentang para pelanggan.