Pengertian membaca dan jenis
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Pengertian membaca dan jenis

on

  • 19,385 views

 

Statistics

Views

Total Views
19,385
Views on SlideShare
19,385
Embed Views
0

Actions

Likes
3
Downloads
178
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Pengertian membaca dan jenis Pengertian membaca dan jenis Document Transcript

    • PENGERTIAN MEMBACA DAN JENIS-JENISNYAPENGERTIAN MEMBACA Membaca adalah kegiatan merespon lambang-lambang cetak atau lambang-lambang tulis dengan pengertian yang tepat (Harjasujana & Maryati). Membaca adalah suatu kegiatan berbaha untuk memahami lambang-lambang bunyi bahasa yang tertulis baik bersuaar ataupun tidak dalam memahami informasi- informasi yang disajikan (Herususanto). Membaca adalah proses psikologis, proses sensorik, proses perseptual, dan proses perkembangan (Harras dan Sulistianingsih). o Proses psikologis : kesiapan membaca sangat dipengaruhi oleh proses-proses psikis sepertimotivasi, minat, dan latar belakang sosial ekonomi. o Proses sensorik : membaca dimulai dari melihat dengan indra penglihatan. o Proses perseptual : dalam membaca persepsi dimulai dari melihat dan mendengar. o Proses perkembangan : membaca merupakan proses perkembangan disepanjang hidup seseorangTUJUAN MEMBACA 1. mendapatkan informasi faktual. 2. memperoleh keterangan tentang sesuatu yang khusus. 3. memberikan penilaian tentang karya sastra. 4. memperoleh kenikmatan emosi. 5. mengisi waktu luang (NURHADI).JENIS MEMBACA1. MEMBACA NYARINGMembaca nyaring adalah proses melisankan sebuah tulisan dengan memperhatikan suara,intonasi, dan tekanan secara tepat, yang diikuti oleh pemahaman makna bacaan oleh pembaca(Kamidjan).
    • KETRAMPILAN DALAM MEMBACA NYARING; Penggunaan ucapan yang tepat. Pemenggalan frase yang tepat. Penggunaan intonasi, nada, dan tekanan yang tepat. Penggunaan tanda baca dengan baik. Penggunaan suara yang jelas. Penggunaan ekspresi yang tepat. Pengaturan kecepatan membaca. Pengaturan ketepatan pernapasan. Pemahaman bacaan. Pemilikan rasa percaya diri.2. MEMBACA DALAM HATI (Membaca Ekstensif dan Membaca Intensif)MEMBACA EKSTENSIFMembaca ekstensif adalah proses membaca yang dilakukan dalam waktu yang singkat dandengan bahan bacaan yang beranekaragam.TUJUAN MEMBACA EKSTENSIFMemahami isi yang penting dalam buku.Menurut BROUGTON ada 3 macam membaca :1. Membaca surveiKegiatam membaca yang bertujuan untuk mengetahui gambaran umum isi dan ruang lingkupbahan bacaan, membaca survei merupakan kegiatan membaca misalnya melihat judul,pengarang, daftar isi dll.2. Membaca sekilasKegiatan membaca yang menyebabkan mata kita bergerak cepat melihat dan memperhatikanbahan tertulis untuk mencari dan mendapatkan informasi secara cepat (skimming).Skimming bertujuan : Mengetahui topik bacaan Mengetahui pendapat orang Mendapat bagian penting tanpa membaca seluruhnya
    • Menyegarkan apa yang pernah dibaca.3. Membaca dangkalKegiatan membaca untuk memperoleh pemahaman yang dangkal dari bahan bacaan yang kitabaca. Bahan bacaannya merupakan bahan bacaan yang ringan karena tujuannya untukmencari kesenangan.MEMBACA INTENSIFMembaca Intensif adalah Kegiatan membaca yang dilaksanakan secara seksama danmerupakan salah satu upaya untuk menumbuhkandan mengasah kemampuan membacasecara kritis.JENIS MEMBACA INTENSIF1. MEMBACA TELAAH ISI Membaca pemahaman Membaca krisis Membaca teliti Mmembaca ide2. MEMBACA TELAAH BAHASAMEMBACA PEMAHAMANMembaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang tujuan utamanya memahamibacaan secara tepat dan cepat.ASPEK-ASPEK YANG DIPERLUKAN DALAM MEMBACA PEMAHAMAN1. Memiliki kosakata yang banyak2. Memiliki kemampuan menafsirkan makna kata, frasa, kalimat, dan wacana3. Memiliki kemampuan menentukan ide pokok dan ide penunjang4. Memiliki kemampuan menangkap garis besar bacaan5. Memiliki kemampuan menangkap urutan peristiwaMEMBACA KRITISKegiatan membaca yang dilaksanakan secara bijaksana, penuh tenggang rasa, evaluatif, sertaanalitis, dan bukan mencari kesalahan penulis.
    • KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELIPUTI 1. Kemampuan mengingat dan mengenali bahan bacaan meliputi mengenali tokoh dan sifatnya, mengenali ide pokok. 2. Kemampuan mengintepretasi makna tersirat 3. Kemampuan mengaplikasi konsep-konsep dalam bacaan 4. Kemampuan menganalisis isi bacaan 5. Kemampuan membuat simpulan 6. Kemampuan menilai isi bacaan apakah fakta atau fantasi pengarangMEMBACA IDEKegiatan membaca yang ingin mencari dan memanfaatkan ide-ide yang terdapat dalambacaan.MEMBACA TELITIMembaca teliti diawali dengan surve yang cepat untu melihat organisasi bacaan dan melihathubungan paragraf dengan seluruh bacaan.MEMBACA TELAAH BAHASA Membaca bahasa asing tujuannya memperbanyak kosakata, mengetahui ragam bahasa, bagian-bagian kata (afiks, akronim, dll). Membaca karya sastra tujuannya mengetahui seluk beluk bahasa dalam karya sastra untuk mempermudah dalam memahami isinya dan menikmati keindahannya.