Your SlideShare is downloading. ×
Tugas dbms
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Tugas dbms

354
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
354
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. TUGAS DBMS1109058 Ki Agus Almulkis 1109064 Tri Reski
  • 2. DBMSPengertian:Semua peralatan komputer(Hardware+Software+Firmware). DBMSdilengkapi dengan bahasa yang berorientasipada data (High level data langauage) yangsering disebut juga sebagai bahasagenerasi ke 4 (fourth generation language).
  • 3. Cont’dFungsi DBMS :O Definisi data dan hubungannyaO Memanipulasi dataO Keamanan dan integritas dataO Security dan integritas dataO Recovery/perbaikan dan concurency dataO Data dictionaryO Unjuk kerja / performance
  • 4. Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan DBMSO Keuntungan O Kerugian-Kebebasan data dan * Software yang mahalakses yang efisien-Mereduksi waktu * Konfigurasi Softwarepengembangan aplikasi membutuhkan-Integritas dan kapasitas yang besar.keamanan data-Administrasi * Mempekerjakan dankeseragaman data mempertahankan staf- Mengurangi data DBA DBMSredundancy memerlukan pengetahuan khusus
  • 5. FirebirdFirebird adalah salah satu aplikasi RDBMS(Relational Database Management System) yangbersifat open sourcePengembangan codebase Firebird 2 dimulai padaawal pengembangan Firebird 1, dengan memportingkode Firebird 1 berbasis C ke dalam bahasa C++dan merupakan pembersihan kode secara besar-besaran.firebird mendukung semua sistem operasi utama,termasuk Windows, Linux, Solaris, MacOS, HP-UXdan FreeBSD
  • 6. Database Desktop ParadoxDatabase desktop merupakan suatu program “Add-Ins”, yaitu program terpisah yang langsung terdapatpada Borland Delphi. Pada database desktopterdapat beberapa DBMS yang terintegrasi didalamnya antara lain Paradox 7, Paradox 4, VisualdBase, Foxpro, Ms. SQL, Oracle, Ms. Acces, db2 daninterbase. Dari beberapa DBMS tersebut kita akanmemilih salah satu yaitu Paradox yang akan dibahaslebih lanjut, khususnya Paradox 7. Dalam Paradox 7ini, pada 1 file database hanya mengizinkan 1 tabel,berbeda dengan DBMS lain yang mengizinkanbeberapa tabel pada 1 file database seperti pada Ms.Acces.
  • 7. XMLXML (eXtensible Markup Language) adalah sebuah bahasamarkah untuk mendeskripsikan data. XML merupakan turunan(subset) atau versi ringkas dari SGML (Standard GeneralizedMarkup Language). SGML sendiri merupakan sebuah standarISO untuk format dokumen. SGML tidak berisi berupa tag-tagsiap pakai seperti halnya bahasa HTML, melainkan berupaaturan-aturan standar dalam pembuatan tag-tag formatdokumen. SGML banyak dipakai untuk mengelola dokumendalam jumlah besar, frekuensi revisi tinggi dan dibutuhkan dalamberagam format tampilan. SGML jarang dipakai karena sangatrumit dan kompleks. XML dibuat dengan konsep yang lebihsederhana dan ringkas, tujuannya agar bisa dipakai sebagaiaplikasi di desktop dan jaringan Internet.
  • 8. MANFAAT MENGGUNAKAN XMLO XML dapat digunakan untuk menyimpan informasi konfigurasi, seperti setting security untuk aplikasi web, lokasi modul yang diperlukan dan sebagainya.O XML merupakan format yang sangat baik untuk mengirimkan informasi tanpa memandang platform atau bahasa yang digunakanO XML merupakan pengganti yang paling tepat untuk database kecil. Dengan XML dapat dibuat sebuah format file sederhana yang dapat dihubungkan dan diedit oleh program atau pemakai.
  • 9. Migrasi dataMigrasi data adalah istilah ilmu komputer yangdigunakan untuk proses memindahkan ataumentranformasikan data dari suatu konteks kekonteks lainnya yang berbeda. Konteks tersebutdapat berupa bentuk / struktur data, format data,platform teknologi, ataupun lokasi.
  • 10. Alasan utama migrasi dataO basis data yang lama tidak didukung oleh prinsipal utama aplikasi basis data tersebut.O buruknya dukungan yang diberikan oleh ekosistem aplikasi tersebut.O sistem baru yang dikembangkan mengharuskan pemakaian sistem basis data lain.O teknologi yang digunakan sudah terlalu lama / usang.O dilihat dari sisi bisnis maka analisa biaya manfaat (cost benefit analysis) sudah menetapkan jika biaya yang akan ditanggung lebih besar daripada manfaat yang didapatkan jika mempertahankan sistem lama
  • 11. TOOL MIGRASI DATAO DBF Viewer 2000 ini sangat berguna sekali buat anda untuk melakukan modifikasi pada file file database yang berextension .dbf.O Dengan anda menggunakan DBF Viewer 2000 ini, anda bukan hanya bisa melihat isi dari file database yang anda miliki, tetapi banyak yang bisa anda lakukan, diantaranya, melakukan pengeditan, mensortir, menghapus record atau field yang sama, anda bisa mencetak ke media kertas melalui printer, anda juga dapat melakukan export file database yang anda miliki ke dalam format file extension lainnya seperti DBF, TXT, CSV, Excel, HTML, XML, PRG, SQL, RTF) dan masih banyak yang bisa anda lakukan dengan DBF Viewer 2000 ini.
  • 12. Terima Kasih