(Ict) syam

250 views

Published on

Published in: Education, Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
250
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

(Ict) syam

  1. 1. KELMPOK 6Syamsul HadiNusrianunSaptawatiRusmiatunTEKNOLOGIINTERNEBAGU, PRINGGARATA, LOMBOK TENGAH, NTB2011INSTITUT AGAMA ISLAM QAMARUL HUDABAGU, PRINGGARATA, LOMBOK TENGAH, NTB2012-2013
  2. 2. TEKNOLOGI INTERNETInternet merupakan suatubentuk hasil dari konvergensiteknologi dibidang informatika(khususnya komputer dimulaipada tahun 1973) yangberawal dari ide untukmempertahankan kontinyuitasjalur teknologi komunikasiinformasi secara transparandalalm bentuk jaringan denganberbagai variasi meski salahsatu simpul jaringan rusakatau tidak bekerja dalamkondisi under cirsumstancekhususnya perang.
  3. 3. Internet dikembangkan oleh UnitedStates National Science Fondation(NSF) sebuah badan penelitianAmerika yang membangun suatujaringan besar dan memilikikecepatan besar (bacekbone) yangmenghubungkan antar jaringanyang saling berjauhan untukmengolah data informasi dalambentuk antar jaringan (network)komputer.
  4. 4. Didalam penggabungan berbagaijaringan besar internet, dibutuhkanalamat dan perantara atau protokolstandar yang disebut internet protokol(IP) atau transmission control protokol(TCP). tcp/ip adalah adalah protokoltransfer file yang dapat mengirimkanberbagai file informasi berukuran besarmelalui jaringan yang kadang kuranghandal,dengan jaminan data tersebutakan masuk dalam bentuk yang tidakrusak (uncorrupted). Protokol inimemungkinkan transmisi yang efisiendan bebas kesalahan antarberbagaisistem yang berbeda. (Efraim Turban,2006)
  5. 5. Nama Domain Milik/Jenis OrganisasiCom Situs komersialEdu Situs pendidikanGov Situs pemerintahanMil Situs militerNet Internet gateaway dan jaringan besarOrg Semua jenis organisasiArpa Khusus ArpanetInt Organisasi internasional
  6. 6. Domain Nama NegaraAt AustriaAu AustraliaCa CanadaCh SwitzerlandDe JermanDk DenmarkEs SpanyolFr Prancisgr yunaniDomain Nama NegaraId IndonesiaIe Republik IrlandiaIt ItaliaJp JepangNz Selandia BaruRu RusiaUk Inggrisus Amerika Serikat
  7. 7. Dalam internet ada beberapa fasilitas yang dapatdigunakan sebagai alat komunikasi dalam kontekpengiriman dan penerimaan pesan antara lain:1. Electronic Mail (E-mail) adalah pesanelektronik yang dikirimkan oleh suatukomputer ke komputer lainnya.2. Internet Relay Chat (IRC) adalah alatkonunikasi antar netter dalam keadaanonline yang sifatnya pribadi atau terbukainteraktif, namun melintas batas jarakdan ruang serta melibatkan sekelompokorang.3. Web browser (web) atau triple wadalah sumber daya internet yangmenyimpan berbagai informasi, dandiantaranya diterjemahkan sebagaibelantara informasi tak berujung.Disamping itu web browser memberikantampilan grafis yang sangat estetik danbagus untuk dipandang.
  8. 8. Struktur pesan dalam e-mail terdiri dari tiga bagianpokok yaitu:(sampul);terdiri atas alamat e-mailpengirim dan alamt e-mailpenerimaatau(informasi tambahan topikberita); berisi informasinama pengirim, kapandikirim, alamat e-mailuntuk menjawab, topik isisurat (e-mail)(isi); berisi sesuatuyang diberitakan olehpengirim (sender)
  9. 9. Header Arti (Gloss)To Alamat penerima pesanCc TembusanBcc IdemReply toAlamat e-mail yang harus ditujukanjika perlu mengirim balasanSenderAlamat e-mail yang menunjukan darimana pesan dikirimSubject Topik pesan e-mailDate Waktu dan tanggal saat pesan dibuatMessage ID Domain dari mana pesan dikirim
  10. 10. Dasar dari fasilitas (www) ini adalahkumpulan dokumen (site web) yangsaling terhubung di seluruh duniadalam format hypertext markuplanguage (HTML); teks yangmempunyai hubunga dengan tekslainnya). Hubungan antar dokumenHTML tersebut dinamakan sebagai linkalat untuk menghubungkan dari satufile dalam satu komputer atau file yangberada diluar komputer bersangkutanyang terdapat dalam satu kata ataupointer.
  11. 11. Untuk dapat menggunakan fasilitasIRC/client IRC harus tersambungdengan server IRC dan memiliki suatusoftware client IRC seperti mIRC,NetChat. Server IRC bertugas sebagaipenghubung dengan user lain dandengan server IRC lain yang berjumlahratusan bahkan ribuan clien. Jaringanclien-server ini meliputi seluruh dunia,sehingga percakapan dapat dilakukandengan semua orang yang berada dibelahan dunia ini.
  12. 12. Kemudian untuk mentransfer www ke wwwlainnya, alur komunikasinya harus melalui protokolyang disebut sebagai Hypertext Transfer Protokol(HTTP) atau alamat dari www yang disebutdengan Uniform Resources Lacator (URL) formatumum penulisan alamat dalam www adalah sbb:http://nama_lengkap_web_server/direktori/subdirektori/nama_file.html.Misalnya, http://davis.foulger.info/papers/ecologikalModelOfCounication.htm.

×