Metode berteologi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Metode berteologi

on

  • 1,687 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,687
Views on SlideShare
1,687
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
15
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Metode berteologi Presentation Transcript

  • 1. Berbicara mengenai metode Teologi berartiberkaitan dengan pembicaraan tentangsesuatu yang normatif ( atau tidak ) di dalamTeologia. Dimana dalam kaum injili menerimaalkitab sebagai patokan normatif yangmemegang wewenang tertinggi bagi imandan kehidupan sedangkan kaum liberal dankalagan Neo – ortodok : memegang simbol –simbol atau mitos - mitos dari alkitab adalahpatokan normatif bagi teologia kristen karenasimbol – simbol bagi kaum mereka merupakanekspresi dari pengalaman kehadiran Allahyang tidak dapat diterangkan
  • 2. Teologi Liberalisme Teolog Neo – ortodoksBerpegang pada keyakinan bahwa Lebih cenderung menghubungkanteolog adalah bagian dari lingkungan berita Alkitab dengan dunia modernbudaya ( dimana teolog merupakan secara dialektisbagian dari budaya itu sendiri ) sertateolog harus memberi tempat bagi nilai– nilai budaya tertentu dalam teologia.
  • 3. Metode Charles Hodge : Menurut Hodge setiap ilmu ada unsur yaitu fakta – fakta dan pikiran. Maksudnya mempelajari suatu ilmu bukanlah sekedar menghimpun pengetahuan atau menyusun fakta – fakta saja. Hodge membandingkan antara alam dengan alkitab, menurut dia alam mengandung fakta – fakta yang bisa diamati oleh ahli biologi dan ahli fisika, demikian pula alkitab mengandung kebenaran – kebenaran yang dapat dikumpulkan, disususun, dan diperlihatkan relasi internalnya satu dengan yang lain oleh ahli teologi.
  • 4. Metode Teologia Karl Barth Menurut dia Allah berada diluar jangkuan rasio manusia. Iman sebagai bagian dari subyektifitas manusai yang membawanya keluar dari jangkuan rasio manusia. Sejarah manusia pada umumnya tidak dapat menampung wahyu Alllah. Teologia hanya dapat diperoleh secara langsung melalui wahyu khusus dalam Yesus Kristus Teologia yang benar hanya berasal dari wahyu Allah yang diturunkan pada manusia.
  • 5. Metode Teologia Thomas F. Torrance Di dalam ilmu Teologia dia memaparkan bahwa yang diyakinin sebagai sains bukanlah epistemologi yang berdiri sendiri, melainkan suatu epistimologi terbuka.Metode Teologia Paul Tillich Metode yang terkenal dari paul dengan sebutan “ KORELASI “ yang dimaksud adalah pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh manusia moderen yang dihubungkan sedemikian rupa dengan jawaban dari tradisi iman kristen. Paul berpendapat bahwa pengetahuan tentang Allah hanya dapat dipergunakan melalui kata - kata simbolik.
  • 6.  1. koleksi bahan Alkitab 2. penyatuan bahan Alkitab. 3. analisis makna ajaran Alkitab 4. pemeriksaan perawatan sejarah 5. identifikasi esensi dari ajaran 6. penyuluhan dari sumber luar Alkitab 7. kontemporer ekspresi doktri 8. pengembangan motif penafsiran pusat 9. stratifikasi dari topik.