Your SlideShare is downloading. ×
0
NAMA KELOMPOK 6 :
- ADINDA PUTRI
RACHMADANY
- ATIKAH CHAIRANI
- HANDIKA PRIMAYUDA
- HERI
- PUTRI THIO ARTHA
- RESMANIA ZUL...
A.SUMER SEJARAH
KERAJAAN SUNDA
C.KEHIDUPAN SOSIAL
EKONOMI KERAJAAN
SUNDA
D.KEHIDUPAN BUDAYA
KERAJAAN SUNDA
KERAJAAN GALUH
...
A.Sumber Sejarah Kerajaan Sunda
Di wilayah Jawa Barat muncul Kerajaan Sunda yang diduga
merupakan kelanjutan dari Kerajaan...
Dalam kitab Carita Parahyangan dinyatakan bahwa
Sanjaya adalah anak Raja Sena yang berkuasa di Kerajaan
Galuh. Suatu ketik...
B.Kehidupan Politik
Dalam waktu yang cukup lama tidak dapat
diketahui perkembangan keadaan
Kerajaan Sunda selanjutnya. Ker...
Prasasti itu berangka tahun 952
Saka (1030 M), berbahasa Jawa Kuno dengan
huruf Kawi. Isinya, antara lain menyebutkan
bahw...
Agama yang dianut Sri Jayabhupati ialah Hindu aliran
Wisnu atau Hindu Waisnawa. Hal ini dapat diketahui
dari gelarnya, yai...
Raja Sunda datang untuk menikahkan putrinya dengan
Hayam Wuruk. Ini adalah kesempatan yang baik untuk
menaklukkan Sunda. P...
Gajah Mada kemudian diberhentikan sebagai Mahapatih
Majapahit. Sejak itulah hubungan antara Hayam Wuruk
dan Gajah Mada ret...
Pada masa pemerintahannya, terjadi serangan tentara
Islam di bawah pimpinan Maulana Hasanuddin dari
Kerajaan Banten. keraj...
C. Kehidupan Sosial Ekonomi
Berdasarkan kitab Sanghyang Siksakandang Karesian,
kehidupan sosial masyarakat Kerajaan Sunda ...
memen yang mengetahui berbagai macam cerita,
paraguna mengetahui berbagai macam lagu atau
nyanyian, dan prepatun yang memi...
3) Kelompok Ekonomi
Kelompok ekonomi adalah orang-orang yang melakukan
kegiatan ekonomi. Misalnya, juru lukis (pelukis), p...
D.Kehidupan Budaya
Kehidupan masyarakat Kerajaan Sunda adalah
peladang sehingga sering berpindah-pindah. Oleh
karena itu, ...
2. Kerajaan Galuh
Kerajaan Galuh adalah suatu kerajaan Sunda di Pulau
Jawa yang wilayahnya terletak antara Sungai Citarum ...
Kedua kerajaan tersebut merupakan pecahan dari kerajaan
Tarumanegara. Menurut sumber sejarah, ibukota kerajaan
Sunda berad...
Prasasti Astana Gede Prasasti Batutulis
Prasasti Sanghyang Tapak
Presentasi sejarah
Presentasi sejarah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Presentasi sejarah

3,216

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
3,216
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
126
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Presentasi sejarah"

  1. 1. NAMA KELOMPOK 6 : - ADINDA PUTRI RACHMADANY - ATIKAH CHAIRANI - HANDIKA PRIMAYUDA - HERI - PUTRI THIO ARTHA - RESMANIA ZULFA
  2. 2. A.SUMER SEJARAH KERAJAAN SUNDA C.KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI KERAJAAN SUNDA D.KEHIDUPAN BUDAYA KERAJAAN SUNDA KERAJAAN GALUH PENINGGALAN SEJARAH B.KEHIDUPAN POLITIK
  3. 3. A.Sumber Sejarah Kerajaan Sunda Di wilayah Jawa Barat muncul Kerajaan Sunda yang diduga merupakan kelanjutan dari Kerajaan Tarumanegara yang runtuh pada abad ke-7. Berita munculnya Kerajaan Sunda dapat diketahui dari Prasasti Canggal yang ditemukan di Gunung Wukir, Jawa Tengah berangka tahun 732 M. Dalam Prasasti Canggal disebutkan bahwa Sanjaya telah mendirikan tempat pemujaan di Kunjarakunja (daerah Wukir). Ia adalah anak Sanaha, saudara perempuan Raja Sanna.
  4. 4. Dalam kitab Carita Parahyangan dinyatakan bahwa Sanjaya adalah anak Raja Sena yang berkuasa di Kerajaan Galuh. Suatu ketika terjadi perebutan kekuasaan yang dilakukan oleh Rahyang Purbasora, saudara seibu dengan Raja Sena. Raja Sena berhasil dikalahkan dan melarikan diri ke Gunung Merapi berserta keluarganya. Selanjutnya Sanjaya, putra Sanaha berkuasa di Galuh. Beberapa waktu kemudian, Sanjaya pindah ke Jawa Tengah menjadi raja di Mataram, sedangkan Sunda dan Galuh diserahkan kepada putranya Rahyang Tamperan.
  5. 5. B.Kehidupan Politik Dalam waktu yang cukup lama tidak dapat diketahui perkembangan keadaan Kerajaan Sunda selanjutnya. Kerajaan Sunda baru muncul kembali pada abad ke- 11 (1030) ketika di bawah pemerintahan Maharaja Sri Jayabhupati.Nama Maharaja Sri Jayabhupati terdapat pada Prasasti Sanghyang Tapak yang ditemukan di Pancalikan dan Bantarmuncang di tepi Sungai Citatih, Cibadak, Sukabumi.
  6. 6. Prasasti itu berangka tahun 952 Saka (1030 M), berbahasa Jawa Kuno dengan huruf Kawi. Isinya, antara lain menyebutkan bahwa Maharaja Sri Jayabhupati Jayamanahen Wisnumurti Samararijaya Sakalabhuwana Mandalesrananindita Haro Gowardhana Wikramottunggadewa berkuasa di Prahajyan Sunda. Prasasti Sanghyang Tapak juga berisi pembuatan daerah terlarangan di sebelah timur Sanghyang Tapak.
  7. 7. Agama yang dianut Sri Jayabhupati ialah Hindu aliran Wisnu atau Hindu Waisnawa. Hal ini dapat diketahui dari gelarnya, yaitu Wisnumurti Agama yang sama juga dianut oleh Airlangga. Dengan , ada kemungkinan bahwa pada abad ke-11 agama yang berkembang di Jawa adalah Hindu Waisnawa. Kerajaan Sunda adalah satu-satunya kerajaan yang belum tunduk di bawah kekuasaan Majapahit. Ini berarti, Sumpah Palapa tidak bisa terwujud sepenuhnya. .
  8. 8. Raja Sunda datang untuk menikahkan putrinya dengan Hayam Wuruk. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menaklukkan Sunda. Prabu Maharaja berperang melawan tentara Majapahit yang dipimpin Gajah Mada di daerah Bubat pada tahun 1357. Kekuatan tentara Sunda tidak seimbang dengan kekuatan tentara Gajah Mada. Dalam pertempuran itu, Raja Sunda bersama putri Dyah Pitaloka dan para pengiringnya terbunuh. Kematian Raja Sunda dan calon istrinya membuat Raja Hayam Wuruk marah besar kepada Gajah Mada.
  9. 9. Gajah Mada kemudian diberhentikan sebagai Mahapatih Majapahit. Sejak itulah hubungan antara Hayam Wuruk dan Gajah Mada retak. Prabu Maharaja digantikan oleh putranya yang bernama Rahyang Nsikala Wastu Kancana. Pada tahun 1522, perutusan Portugis di bawah pimpinan Hendrik de Leme datang ke Kerajaan Sunda. Pada waktu itu, Kerajaan Sunda berada di bawah pemerintahan Ratu Samiam. Masa pemerintahannya berlangsung dari tahun 1521–1535. Jika hal itu benar maka pada waktu ia memimpin perutusan ke Malaka, Surawisesa(Ratu Samiam) masih menjadi putra mahkota.
  10. 10. Pada masa pemerintahannya, terjadi serangan tentara Islam di bawah pimpinan Maulana Hasanuddin dari Kerajaan Banten. kerajaan Sunda jatuh ke tangan tentara Islam. Akibatnya, hubungan pusat Kerajaan Sunda di pedalaman dengan daerah luar terputus. Satu per satu,pelabuhan Kerajaan Sunda jatuh ke tangan kekuasaan Kerajaan Banten sehingga Raja Sunda terpaksa bertahan di pedalaman.
  11. 11. C. Kehidupan Sosial Ekonomi Berdasarkan kitab Sanghyang Siksakandang Karesian, kehidupan sosial masyarakat Kerajaan Sunda dapat dibagi menjadi beberapa kelompok,antara lain sebagai berikut. 1) Kelompok Rohani dan Cendekiawan Kelompok rohani dan cendekiawan adalah kelompok masyarakat yang mempunyai kemampuan di bidang tertentu. Misalnya, brahmanayang mengentahui berbagai macam mantra, pratanda yang mengetahui berbagai macam tingkat dan kehidupan keagamaan, dan janggan yang mengetahui berbagai macam pemujaan,
  12. 12. memen yang mengetahui berbagai macam cerita, paraguna mengetahui berbagai macam lagu atau nyanyian, dan prepatun yang memiliki berbagai macam cerita pantun. 2) Kelompok Aparat Pemerintah Kelompok masyarakat sebagai alat pemerintah (negara), misalnya bhayangkara ( bertugas menjaga keamanan), prajurit (tentara), dan hulu jurit (kepala prajurit).
  13. 13. 3) Kelompok Ekonomi Kelompok ekonomi adalah orang-orang yang melakukan kegiatan ekonomi. Misalnya, juru lukis (pelukis), pande mas (perajin emas), pandedang (pembuat perabot rumah tangga), pesawah (petani), dan palika (nelayan). Di samping kegiatan perdagangan, pertanian merupakan kegiatan mayoritas rakyat Sunda. Berdasarkan kitab Carita Parahyangan dapat diketahui bahwa kehidupan ekonomi masyarakat Kerajaan Sunda umumnya bertani, khususnya berladang (berhuma). Selain bertani, kehidupan masyarakat kerajaan Sunda juga berdagang.
  14. 14. D.Kehidupan Budaya Kehidupan masyarakat Kerajaan Sunda adalah peladang sehingga sering berpindah-pindah. Oleh karena itu, Kerajaan Sunda tidak banyak meninggalkan bangunan yang permanen, seperti keraton, candi, dan prasasti. Candi yang paling dikenal dari Kerajaan Sunda adalah Candi Cangkuang yang berada di Leles, Garut, Jawa Barat. Hasil budaya masyarakat Kerajaan Sunda yang lain berupa karya sastra,baik tertulis maupun lisan. Bentuk sastra tertulis, misalnya kitab Carita Parahyangan, sedangkan bentuk sastra lisan berupa pantun, seperti Haturwangi dan Siliwangi.
  15. 15. 2. Kerajaan Galuh Kerajaan Galuh adalah suatu kerajaan Sunda di Pulau Jawa yang wilayahnya terletak antara Sungai Citarum di sebelah barat dan Sungai Cipamali di ebelah timur. Kerajaan ini merupakan penerrus dari Kerajaan Kendan bawahan Tarumanegara. Kata “Galuh” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti sejenis batu permata. Kata “galuh” juga digunakan sebagai sebutan bagi ratu yang menikah (“raja puteri). Kerajaan Galuh merupakan penyatuan dari dua kerajaan yaitu Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh.
  16. 16. Kedua kerajaan tersebut merupakan pecahan dari kerajaan Tarumanegara. Menurut sumber sejarah, ibukota kerajaan Sunda berada di daerah Bogor, sedangkan kerajaan Galuh berada di daerah Ciamis, tepatnya di Kawali. Sumber sejarah : 1. Prasati Mandiwunga 2. Prasasti Cikajang 3. Prasasti Galuh, berbahasa Sunda Kuno. 4. Kisah perjalanan Prabu Jaya Pakuan (Bujangga Manik) 5. Carita Parahyangan yang ditulis pada tahun 1518
  17. 17. Prasasti Astana Gede Prasasti Batutulis Prasasti Sanghyang Tapak
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×