Uploaded on

Materi Presentasi Kimia Powerpoint tentang SISTEM PERIODIK UNSUR di blog "BERBAGI BERSAMA, HIDUP SEMAKIN TERASA BERMAKNA" ini telah saya sediakan. Materi tersebut sudah saya susun secara runtun, …

Materi Presentasi Kimia Powerpoint tentang SISTEM PERIODIK UNSUR di blog "BERBAGI BERSAMA, HIDUP SEMAKIN TERASA BERMAKNA" ini telah saya sediakan. Materi tersebut sudah saya susun secara runtun, menarik, dan begitu detail.
Kunjungi saya di : http://aguspurnomosite.blogspot.com/

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
4,213
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
127
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. SISTEM PERIODIK UNSUR aguspurnomosite.blogspot.com Drs. Agus Purnomo
  • 2. SISTEM PERIODIK UNSUR
  • 3. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia. STANDAR KOMPETENSI
  • 4. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik, serta menyadari keteraturannya melalui pemahaman konfigurasi elektron. KOMPETENSI DASAR
  • 5. Setelah mempelajari bab ini, diharapkan : 1. Siswa dapat membandingkan perkembangan sistem periodik 2. Siswa dapat menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam sistem periodik 3. Siswa dapat menentukan sifat-sifat dan massa atom relatif unsur dari tabel periodik 4. Siswa dapat menganalisis tabel atau grafik sifat keperiodikan unsur ( jari-jari atom, afinitas elektron, energi ionisasi, dan keelektronegatifan ) INDIKATOR PENCAPAIAN
  • 6. Perkembangan Tabel Periodik Unsur A. L. Lavoisier : unsur logam & nonlogam. J. Dalton : unsur yg berbeda massa atomnya berbeda. J. W. Dobereiner : Triade Dobereiner. J. A. K. Newlands : Hk. Oktaf Newlands. Begeyer de Chancourtois : telluric screw. Lothar Meyer : Grafik volume molar atom Vs. massa atom bersifat periodik.
  • 7. Perkembangan Tabel Periodik Unsur Dimitri Mendeleev : Unsur-unsur disusun berdasar kenaikan massa atomnya. Unsur- unsur yang sifatnya mirip diletakkan segolongan. Moseley : (menyempurnakan tabel Mendeleev) : Unsur-unsur disusun berdasar kenaikan nomor atomnya (=jumlah protonnya). Tabel Periodik bentuk Panjang sekarang = perkembangan tabel periodik Mendeleev yang disempurnakan Moseley.
  • 8. Perkembangan Tabel Periodik Unsur
  • 9. Perkembangan Tabel Periodik Unsur 1.TRIADE ( DOBEREINER ) Unsur-unsur dikelompokkan berdasarkan kemiripan sifat-sifatnya. Tiap kelompok beranggotakan tiga unsur, sehingga disebut triad. Di dalam triad, unsur kedua mempunyai sifat-sifat yang berada di antara unsur pertama dan ketiga.
  • 10. Perkembangan Tabel Periodik Unsur
  • 11. Perkembangan Tabel Periodik Unsur J. A. K. Newlands
  • 12. Perkembangan Tabel Periodik Unsur 2.SISTEM OKTAF ( NEWLANDS ) Unsur-unsur dikelompokkan berdasarkan kenaikan massa atom. Sifat unsur ke-8 mirip dengan sifat unsur ke-1 Karena terjadi pengulangan sifat setiap unsur ke-8 maka disebut Hukum Oktaf.
  • 13. Perkembangan Tabel Periodik Unsur
  • 14. Perkembangan Tabel Periodik Unsur Dmitri Ivanovic Mendeleev (1834–1907)
  • 15. Perkembangan Tabel Periodik Unsur 3.SISTEM PERIODIK PENDEK(MENDELEEV) Ia mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom secara horisontal membentuk baris yang disebut periode. Penyusunan pada periode akan berhenti dan berganti pada periode berikutnya jika terjadi pengulangan sifat unsur. Unsur-unsur dengan sifat yang mirip akan membentuk kolom yang disebut golongan.
  • 16. Perkembangan Tabel Periodik Unsur
  • 17. Kelebihan Sistem Mendelev 1.Unsur-unsur ditata dalam 12 baris mendatar dan 8 kolom tegak atau golongan Agar unsur dapat dimasukkan dalam golongan yang sesuai maka perlu ditinggalkan beberapa ruang kosong 2.Unsur-unsur yang termasuk dalam sub golongan yang sama pada tabel Mendeleev mempunyai sifat fisik dan kimia yang sama
  • 18. Kelebihan Sistem Mendelev 3.Sifat-sifat ini berubah secara berangsur- angsur dari atas ke bagian bawah golongan Li(174oC) > Na(97,8oC) > K(63,7oC) > Rb(38,9oC) > Cs(28,5oC 4.Untuk menempatkannya dengan benar pada tabel, Mendeleev membuat penyesuaian salah satunya Indium Mulanya In diduga memiliki bobot 76 dengan bentuk oksida InO, namun Mendeleev menga jukan senyawa In2O3 dengan bobot 113 dan terletak antara kadmium dan timah
  • 19. Kelebihan Sistem Mendelev 5.Atom lain yang mengalami penyesuaian antara lain Berilium (13,5 menjadi 9), uranium (120 menjadi 240). 6.Mendeleev dengan sengaja meninggalkan ruang kosong dalam tabelnya untuk unsur-unsur yang belum ditemukan 7.Salah satu unsur yang berhasil diramalnya adalah Germanium dengan perkiraan sifat-sifat fisika dan kimia yang mendekati kenyataan
  • 20. Perkembangan Tabel Periodik Unsur LOTHAR MEYER
  • 21. Perkembangan Tabel Periodik Unsur 4.SISTEM PERIODIK LOTHAR MEYER Sistem periodik pertama yang dibuat berdasarkan kenaikan massa atom dan kemiripan sifat unsur.
  • 22. Perkembangan Tabel Periodik Unsur
  • 23. Perkembangan Tabel Periodik Unsur
  • 24. Perkembangan Tabel Periodik Unsur 5. SISTEM PERIODIK BENTUK MODERN ( MOSELEY ) Penyusunan unsur berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat, yang menghasilkan keteraturan pengulangan sifat berupa periode ( baris ) dan kemiripan sifat berupa golongan ( kolom ). Kemiripan sifat dari unsur-unsur dalam golongan yang sama, terkait dengan konfigurasi elektronnya.
  • 25. Perkembangan Tabel Periodik Unsur
  • 26. Perkembangan Tabel Periodik Unsur
  • 27. 1) Periode  Periode adalah baris dengan nomor atom yang urut dari kiri ke kanan.  Periode juga menyatakan banyaknya kulit atom yang terisi elektron.  Dalam tabel periodik unsur, terdapat tujuh periode. 2) Golongan  Golongan merupakan kolom yang berisi unsur-unsur yang mempunyai kemiripan sifat.  Ada dua golongan pokok, yaitu golongan A (golongan utama) dan golongan B (golongan transisi).  Pada golongan A, nomor golongan menunjukkan banyaknya elektron pada kulit terluar (elektron valensi) yang sama. GOLONGAN DAN PERIODE
  • 28. 1. Sifat Logam dan Nonlogam  Dalam tabel periodik unsur, sifat nonlogam bertambah dari kiri ke kanan.  Sebaliknya, dari kanan ke kiri sifat logamnya makin bertambah.  Unsur yang dapat bersifat logam dan nonlogam disebut unsur semilogam atau metaloid. 2. Jari-Jari Atom  Jari-jari atom adalah jarak dari pusat inti sampai lintasan elektron paling luar.  Dalam satu golongan, dari atas ke bawah jari-jari atom makin besar.  Dalam satu periode, dari kiri ke kanan jari-jari atom makin kecil. SIFAT PERIODITAS UNSUR
  • 29. 3. Rapat Jenis  Dalam satu golongan pada tabel periodik unsur, secara umum rapat jenis unsur-unsur dari atas ke bawah makin besar.  Dalam satu periode, dari kiri ke kanan rapat jenis unsur bertambah besar. 4. Kekerasan Dalam satu golongan, dari atas ke bawah, energi kohesi makin kecil yang berarti dari atas ke bawah kekerasan logam makin kecil (makin lunak). 5. Titik Leleh dan Titik Didih  Dalam satu periode, dari kiri ke kanan, unsur-unsur logam titik leleh dan titik didihnya makin tinggi.  Dalam satu golongan, titik leleh dan titik didih tidak teratur karena dipengaruhi oleh perbedaan struktur logam.
  • 30. 6. Energi Ionisasi (EI)  Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan oleh suatu atom dalam bentuk gas untuk melepaskan elektron yang terikat paling lemah.  Secara umum dalam satu periode, dari kiri ke kanan energi ionisasinya bertambah.  Dalam satu golongan (misalnya golongan IA) energi ionisasi unsur dari atas ke bawah makin kecil.
  • 31. 7. Afinitas Elektron  Afinitas elektron adalah banyaknya energi yang dilepaskan jika suatu atom dalam bentuk gas menerima satu elektron.  Dalam satu periode, dari kiri ke kanan harga afinitas elektron unsur- unsur makin besar.  Dalam satu golongan, dari bawah ke atas harga afinitas elektron unsur- unsur makin besar.
  • 32. 8. Elektronegativitas  Elektronegativitas adalah kecenderungan atom dalam molekul yang stabil untuk menarik elektron.  Dalam satu periode, dari kiri ke kanan nilai skala elektronegativitas unsur makin besar. Hal itu disebabkan dari kiri ke kanan muatan inti bertambah, sedangkan jari-jari atom mengecil.  Dalam satu golongan, dari bawah ke atas nilai skala elektronegativitas makin besar sebab dari bawah ke atas jari-jari atom makin kecil.
  • 33. 9. Kereaktifan Untuk membandingkan kereaktifan unsur-unsur, perlu dikelompokkan antara logam dan nonlogam. Logam dibandingkan dengan logam, sedangkan nonlogam dibandingkan dengan nonlogam.  Dalam tabel periodik unsur, kereaktifan logam bertambah dari kanan ke kiri dan dari atas ke bawah sesuai dengan mengecilnya harga energi ionisasi.  Dalam tabel periodik unsur, kereaktifan nonlogam bertambah dari kiri ke kanan dan dari bawah ke atas sesuai dengan membesarnya harga elektronegativitas.
  • 34. Ok kawan.... Selamat Belajar ya .... aguspurnomosite.blogspot.com