Pewarisan Sifat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Pewarisan Sifat

on

  • 2,732 views

MATERI PRESENTASI BIOLOGI UNTUK ANAK SMP KELAS IX PADA SEMESTER GENAP.

MATERI PRESENTASI BIOLOGI UNTUK ANAK SMP KELAS IX PADA SEMESTER GENAP.

Statistics

Views

Total Views
2,732
Views on SlideShare
2,730
Embed Views
2

Actions

Likes
0
Downloads
229
Comments
0

1 Embed 2

http://www.docshut.com 2

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Pewarisan Sifat Pewarisan Sifat Presentation Transcript

  • Pewarisan SifatDrs. Agus Purnomoaguspurnomosite.blogspot.com
  • PEWARISAN SIFAT MIRIP?
  • RUMUSAN MASALAHApa saja istilah yangberkaitan denganPewarisan Sifat?
  • ISTILAH-ISTILAHNO ISTILAH DEFINISI (PENGERTIAN)1 INTI SEL Organel sel yang berperan dalam mengatur kegiatan sel. Organel ini dibangun oleh suatu membran (selaput). Di bagian dalam terdapat benang-benang halus yang berperan dalam penurunan sifat kepada sel anak.2 KROMOSOM Benang-benang pembawa informasi yang tersusun atas DNA dan protein. Benang-benang ini terdapat di dalam inti sel.3 KROMOSOM Kromosom pasangannya. HOMOLOG4 DNA Berbentuk seperti dua untai pita yang saling melilit. Mengandung informasi genetik yang dapat diturunkan kepada sel anak.5 GEN Bagian dari DNA yang bekerja. Berfungsi untuk mengatur perkembangan dan metabolisme individu, dan menyampaikan informasi genetik kepada generasi selanjutnya.
  • ISTILAH-ISTILAHNO ISTILAH DEFINISI (PENGERTIAN)6 SEL HAPLOID Sel yang memiliki seperangkat ( 1 set) kromosom di dalam inti selnya. Contohnya adalah sel kelamin (gamet). Sel kelamin manusia, yaitu sel telur dan sel sperma memiliki 23 kromosom yang tidak berpasangan atau hanya memiliki seperangkat atau satu set kromosom saja.7 SEL DIPLOID Sel yang memiliki dua perangkat (2 set) kromosom di dalam inti selnya. Misalnya sel tubuh manusia memiliki 46 buah kromosom yang selalu dalam keadaan berpasangan. 23 kromosom berasal dari ayah, 23 kromosom homolognya berasal dari ibu.8 GENOTIP Susunan gen yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap. Ditulis dengan menggunakan simbol huruf dari huruf paling depan dari sifat yang dimiliki oleh individu. Misalnya, PP = Pendek.9 FENOTIP Sifat yang tampak pada suatu individu dan dapat diamati dengan panca indra. Misalnya tubuh jangkung, rambut keriting, buah rasa manis, biji bulat, dan sebagainya.
  • ISTILAH-ISTILAHNO ISTILAH DEFINISI (PENGERTIAN)10 GEN DOMINAN Bila berpasangan dengan gen lainnya, ia akan menutupi (mengalahkan) gen pasangannya. Dalam persilangan, gen demikian ditulis dengan huruf kapital. Misalnya, P = gen yang menyebabkan tubuh pendek.11 INTERMEDIET Sifat suatu individu yang merupakan gabungan dari sifat kedua induknya. Hal ini dapat terjadi karena sifat kedua induk yang muncul sama kuat. Misalnya bunga warna merah (MM) disilangkan dengan bunga warna putih (mm), menghasilkan keturunan berwarna pink (Mm).12 GEN RESESIF Bila berpasangan dengan gen lainnya, ia akan tertutup (terkalahkan) oleh gen pasangannya sehingga sifatnya tidak muncul. Sifatnya baru bisa muncul jika ia berpasangan dengan gen resesif lainnya. Dalam genetika, gen demikian ditulis dengan huruf kecil. Misalnya, p = gen yang menyebabkan tubuh jangkung.13 ALELA Sepasang gen yang mengendalikan sifat tertentu. Misalnya, R = gen untuk bunga warna merah, r = gen untuk bunga warna putih.
  • ISTILAH-ISTILAHNO ISTILAH DEFINISI (PENGERTIAN)14 HOMOZIGOT Genotip yang memiliki pasangan alel yang sama (homo). Misalnya, rambut keriting genotipnya KK .15 HOMOZIGOT DOMINAN Genotip yang terjadi karena sepasang alelnya bersifat dominan.16 HOMOZIGOT RESESIF Genotip yang terjadi karena sepasang alelnya bersifat resesif.17 HETEROZIGOT Genotip yang memiliki pasangan alel berbeda (hetero). Misalnya, rambut keriting genotipnya Kk.
  • ISTILAH-ISTILAHNO ISTILAH DEFINISI (PENGERTIAN)18 HIBRID Persilangan (perkawinan) antara dua individu.19 MONOHIBRID Persilangan (perkawinan) antara dua individu dengan satu sifat beda. Misalnya, Kacang ercis berbunga merah disilangkan dengan kacang ercis berbunga putih.20 DIHIBRID Persilangan (perkawinan) antara dua individu dengan dua sifat beda. Misalnya, tanaman kapri berbiji bulat- kuning disilangkan dengan tanaman kapri berbiji keriput-hijau.21 PARENTAL Induk yang disilangkan.22 FILIAL Keturunan hasil persilangan.
  • KELUARGA NUKENo Ciri yang diamati Ibu Ayah Anak ke 1 Anak ke 21 Tinggi badan Pendek Jangkung Jangkung Jangkung2 Warna Kulit Berpigmen Berpigmen Berpigmen Berpigmen3 Pipi Tidak Tidak Tidak Berlesung berlesung berlesung berlesung pipit pipit pipit pipit4 Daun telinga Tidak Tidak Tidak Tidak mengantung mengantung menggantun menggantun g g5 Rambut kepala Tidak botak Botak Tidak botak Tidak botak6 Bentuk rambut Lurus Keriting/ikal Lurus Keriting/ikal7 Lidah Dapat Dapat Dapat Dapat menggulung mengulung mengulung menggulung8 Hidung Kecil/sempit Kecil/sempit Kecil/sempit Kecil/sempit
  • PEWARISAN SIFAT MENURUTMENDEL
  • 1. PERSILANGAN DENGAN SATU SIFAT BEDA (MONOHIBRID)
  • 1. PERSILANGAN DENGAN SATU SIFAT BEDA (MONOHIBRID)
  • 1. PERSILANGAN DENGAN SATU SIFAT BEDA (MONOHIBRID)
  • 1. PERSILANGAN DENGAN SATU SIFAT BEDA (MONOHIBRID)
  • 1. PERSILANGAN DENGAN SATU SIFAT BEDA (MONOHIBRID)
  • Gen Dominan Tak Penuh/ Gen Sama-sama Kuat (Intermediet) Dilakukan persilangan antara bunga pukul empat berbunga merah (genotip MM) dengan bunga pukul empat berbunga putih (genotip mm). 1) Bagaimanakah genotip dan fenotip Filial 1 (F1)? 2) Jika F1 disilangkan dengan sesamanya, bagaimana perbandingan genotip dan fenotip Filial 2 (F2)? 3) Jika keturunan F2 yang dihasilkan berjumlah 60, maka berapa jumlah keturunan bunga pukul empat berbunga pink?
  •  Gen merah dilambangkan dengan M Gen putih dilambangkan dengan m1) ♂ ♀ Parental 1 (P1) : MM X mm Gamet : M m Disilangkan F ilial 1 (F1) : Mm Dari persilangan, diperoleh seluruh (100 %) anak bergenotip Mm. Karena M dan m dominan tak penuh, maka fenotip yang tampak pada Mm adalah pink.
  • 2) F1 disilangkan dengan F1, maka F1 menjadi P2 ♂ ♀ Parental 2 (P2) : Mm X Mm Gamet : M m M m Disilangkan Filial 2 (F2) : MM Mm Mm mm Persilangan gamet juga dapat dilakukan dengan menggunakan papan catur berikut ini M m M MM Mm (Merah) (Pink) m Mm mm (Pink) (Putih) Genotip MM = 1 Genotip Mm = 2 Genotip mm = 1 Maka, perbandingan genotip MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1 = 25 % : 50 % : 25 % Fenotip merah = 1 Fenotip pink = 2 Fenotip putih = 1 Maka, perbandingan fenotip merah : pink : putih = 1 : 2 : 1 = 25 % : 50 % : 25 %
  • 3) Jumlah keturunan berbungapink
  • PERSILANGAN DUA SIFAT BEDA (DIHIBRID)Mendel menyilangkan tanaman yang berbiji bulat berwarna kuning (genotip BBKK) dengan tanaman kapri berbiji keriput berwarna hijau (genotip bbkk).1) Bagaimana genotip dan fenotip Filial 1 (F1)?2) Jika F1 disilangkan sesamanya, bagaimana perbandingan genotip dan fenotip Filial 2 (F2)?3) Jika pada F2 diperoleh 160 keturunan, maka berapa jumlah tanaman kapri berbiji bulat berwarna hijau?
  • PERSILANGAN DUA SIFAT BEDA (DIHIBRID) Dua sifat beda meliputi sifat bentuk biji dan warna biji Sifat bentuk biji: bulat dan keriput Gen bulat dilambangkan dengan B Gen keriput dilambangkan dengan b Sifat warna biji: kuning dan hijau Gen kuning dilambangkan dengan K Gen hijau dilambangkan dengan k BERLAKU HUKUM MENDEL II, “ SETIAP GEN DAPAT BERPASANGAN SECARA BEBAS DENGAN GEN LAIN”.
  • PERSILANGAN DUA SIFAT BEDA (DIHIBRID)
  • PERSILANGAN DUA SIFAT BEDA (DIHIBRID)
  • PERSILANGAN DUA SIFAT BEDA (DIHIBRID)
  • RUMUS UNTUK MEMPERKIRAKAN JUMLAH MACAM GAMET
  • PEWARISAN SIFAT YANG TERPAUT DALAM KROMOSOM SEKS Kromosom seks : kromosom yang menentukan jenis kelamin seseorang. Kromosom seks XX, maka ia berkelamin perempuan. Kromosom seks XY, maka ia berkelamin laki- laki. Gen yang bertempat pada kromosom seks disebut gen terpaut seks. Sifat gen yang terpaut dalam seks sifatnya bergabung dengan jenis kelamin tertentu dan diwariskan bersama kromosom seks. Umumnya gen terpaut seks terdapat pada kromosom X meskipun ada yang terpaut kromosom Y.
  • Buta Warna Orang yang menderita buta warna tidak dapat membedakan warna-warna tertentu, buta warna merah hijau, tidak mampu membedakan warna merah dan hijau. Buta warna dikendalikan oleh gen resesif. Gen ini terpaut dalam kromosom X. Terdapat 5 kemungkinan genotipe, yaitu: 1) XC XC : wanita normal 4) XC Y : pria normal 2) Xc Xc : wanita buta warna 5) Xc Y : pria buta warna 3) XC Xc : wanita pembawa buta warna/karier Wanita karier atau pembawa: wanita yang secara fenotipe normal (dapat membedakan warna), secara genotipe dia membawa gen sifat resesif untuk buta warna.
  • Penurunan Sifat Golongan Darah Sistem A, B, O Kemungkinan susunan genotipe dari golongan darah sistem A, B, O
  • Jadi, kemungkinan anak bergolongan darah : AB sebesar 25 % A sebesar 25 % B sebesar 25 % 0 sebesar 25 %
  • LATIHAN SOALManakah pernyataan yang benar? A. Gen disusun oleh kromosom. B. Kromosom disusun oleh gen. C. DNA merupakan bagian dari gen. D. DNA disusun oleh kromosom.
  • LATIHAN SOALBerapa jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel tubuh manusia yang bersifat diploid? A. 22 kromosom. B. 23 kromosom. C. 44 kromosom. D. 46 kromosom.
  • LATIHAN SOALManakah pernyataan yang benar? A. Gen dominan adalah gen yang terkalahkan oleh gen pasangannya. B. Gen dominan dilambangkan dengan huruf kecil. C. Gen resesif adalah gen yang sama-sama kuat. D. Gen resesif adalah gen yang terkalahkan oleh gen pasangannya.
  • LATIHAN SOALManakah pernyataan yang benar? A. Genotip merupakan sifat yang tampak (dapat diamati). B. Fenotip merupakan sifat yang tampak (dapat diamati). C. Contoh dari genotip adalah biji bulat dan berwarna kuning. D. Contoh dari fenotip adalah PP untuk melambangkan tubuh pendek.
  • Ercis berbiji bulat (BB) disilangkandengan ercis biji kisut (bb). Bulatdominan terhadap kisut. Berdasarkan tabeldi bawah, bagaimana fenotip F1 yangmuncul? ♂ B B ♀ b Bb Bb b Bb BbA. 100 % bulat. C. 50 % bulat.B. 50 % kisut. D. 100 % kisut.
  • LATIHAN SOAL Dilakukan persilangan antara bunga pukul empat berbunga merah (MM) dengan bunga pukul empat berbunga putih (mm). Merah merupakan sifat dominan tak penuh (intermediet). Bagaimana fenotip F1? A. 100 % merah. B. 100 % pink. C. 50 % merah, 50 % putih. D. 25 % merah, 50 % pink, 25 % putih.
  • LATIHAN SOALBagaimana genotip anak, jika ibu buta warna (XcXc) menikah dengan ayah normal (XC Y)? A. Seluruh anak laki-laki bergenotip XcY. B. Seluruh anak laki-laki buta warna. C. Seluruh anak perempuan bergenotip XcXc. D. Seluruh anak perempuan buta warna.
  • LATIHAN SOAL
  • Jangan lupa selalumembaca & belajar yaa …
  • aguspurnomosite.blogspot.com