Your SlideShare is downloading. ×
Keanekaragaman dan Klasifikasi Makhluk Hidup
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Keanekaragaman dan Klasifikasi Makhluk Hidup

36,862
views

Published on

MATERI PRESENTASI BIOLOGI UNTUK SISWA SMP KELAS VII. SUDAH SAYA SUSUN RUNTUT, MENARIK DAN DETAIL. KUNJUNGI SAYA PADA http://aguspurnomosite.blogspot.com

MATERI PRESENTASI BIOLOGI UNTUK SISWA SMP KELAS VII. SUDAH SAYA SUSUN RUNTUT, MENARIK DAN DETAIL. KUNJUNGI SAYA PADA http://aguspurnomosite.blogspot.com

Published in: Education

5 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
36,862
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
636
Comments
5
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. KEANEKARAGAMAN DANKLASIFIKASI MAHLUK HIDUP Drs. Agus Purnomoaguspurnomosite.blogspot.com
  • 2. KEANEKARAGAMAN DAN KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP
  • 3. KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP1. Istilah keanekaragaman hayati atau “biodiversitas” menunjukkan sejumlah variasi yang ada pada makhluk hidup baik variasi gen, jenis dan ekosistem yang yang di suatu lingkungan tertentu.2. Keanekaragaman hayati yang ada di bumi kita ini merupakan hasil proses evolusi yang sangat lama, sehingga melahirkan bermacam-macam makhluk hidup.3. Keanekaragaman hayati dapat dikelompokkan atas keanekaraman gen, jenis dan ekosistem.
  • 4. KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
  • 5. KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
  • 6. Keanekaragaman Jenis perbedaan ciri-ciri dan sifat pada makhluk hidup yang berlainan jenis berarti perbedaan ciri- ciri dan sifat pada makhluk hidup yang sejenis, misalnya variasi warna pada bungaVARIASI mawar yaitu ada yang berwarna merah, oranye, putih, dan kuning.
  • 7. Keanekaragaman Ekosistem• Suatu ekosistem terdiri darikomunitas hewan, tumbuhan danmikroorganisme beserta lingkunganabiotik dimana semua makhlukhidup tersebut berada.
  • 8. Keanekaragaman Ekosistem•Kedua komponen ini salingberinteraksi satu dengan lainnyadengan berbagai cara yang berperandalam siklus materi danenergi. Keanekaragaman ekosistemdapat dilihat dari variasi ekosistemberdasarkan batas geografi.
  • 9. Kegiatan pengelompokan makhluk hidupmenjadi golongan-golongan disebut klasifikasi
  • 10. Sistem KlasifikasiSuatu kajian tentang pengelompokkanmakhluk hidup ke dalamtingkatan atau takson tertentu disebutTaksonomi.• Seorang tokoh yang sangat berepran dalamklasifikasi makhluk hidupdan dikenal sebagai Bapak taksonomiadalah Carolus Linnaeus (1707-1778).
  • 11. Sistem KlasifikasiSistem klasifikasi dapat dibedakanberdasarkan cara dan tujuannya,yaitu:1. Sistem Klasifikasi Buatan(artificial)Didasarkan pada pertimbangan secarasekehendak hati para ahlitaksonomi dengan melihat habitat(tempat hidup) dan nilai gunadari makhluk hidup tersebut.
  • 12. Sistem Klasifikasi2. Sistem Klasifikasi Alamiah (natural)Sistem ini didasarkan pada kesamaanmorfologi secara fenotipyang ada hubungannya dengan makhlukhidup yang sesungguhnya3. Sistem Klasifikasi Evolusi (filogenetik)Sistem klasifikasi ini lebih menekankanaspek hubungankekerabatan dan sejarah perkembanganevolusi makhluk hidupyang ada sekarang
  • 13. Jenis Marga Keluarga BangsaKLASIFIKASI Kelas Keluarga Besar Kerajaan
  • 14. Terdapat berbagai macam cara mengklasifikasikan makhluk hidup :1. Ada klasifikasi berdasarkan ciri luar makhluk hidup (ciri morfologi),2. manfaat makhluk hidup, habitus (perawakan), tempat hidup, dan sebagainya.**contoh pengelompokan hewan berdasarkan kesamaan jenis makanannya.
  • 15. 1. Hewan Karnivora, yaitu kelompok hewan pemakan daging. Misalnya harimau, serigala, buaya dan singa.2. Hewan Herbivora, yaitu kelompok hewan pemakan tumbuhan. Misalnya kerbau, rusa, dan jerapah.3. Hewan Omnivora, yaitu kelompok hewanpemakan daging dan tumbuhan, misalnya musang, manusia
  • 16. Tumbuhan juga dapat dikelompokkan berdasarkanpada ciri morfologi/bentuk luar tubuh.1. Berdasarkan jumlah keping lembaga biji, tumbuhan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil. a).Tumbuhan dikotil adalah kelompok tumbuhan yang bijinya mempunyai dua keping lembaga, misalnya kacang tanah, mangga, apel, dan durian. b). Tumbuhan monokotil adalah kelompok tumbuhan yang bijinya mempunyai satu keping lembaga, misalnya jagung, kelapa, dan padi.
  • 17. 2. Berdasarkan letak bijinya, tumbuhan dibedakanmenjadi dua kelompok, yaitu Gymnospermae danAngiospermae. Gymnospermae kelompok tumbuhanyang berbiji terbuka (bijinya tidak dibungkus oleh daunbuah) misalnya melinjo, pakis haji, dan pinus.Sedangkan Angiospermae merupakan kelompoktumbuhan yang mempunyai biji tertutup (biji dilindungioleh daun buah), misalnya kamboja, jambu, nangka ,dan palem.
  • 18. Sistem Binomial Nomenclatur• pada pertengahan abad ke-18 (1707-1778)Carolus LinnaeusMengajukkan system penamaan makhluk hidupdalam tulisannya“Systema nature” dengan istilah “:Binomialnomenclatur” (bi= dua, nomen=nama) artinyatata nama seluruh organisme ditandaidengan nama ilmiah yang dterdiri dari duakata latin atau yang dilatinkan.
  • 19. •Kata pertama menunujukkan genus, yangpenulisannya dimulai dengan hurup besar kata kedua merupakan “epitethonspesificum“artinya penunjukkan jenis (spesies) yangpenulisannya dimulai dengan hurup kecil.Misalnya untuk nama ilmiah kucing : Felisdomesticus .Felis menunjukkan genus, sedangkandomesticus merupakan cirikhususnya, yang berarti sejenis hewan yangdipelihara di dalam rumah
  • 20. Para ahli juga berupaya mengelompokkan makhlukhidup secara umum berdasarkan kekerabatannya.Klasifikasi ini disebut klasifikasi sistem filogeni.Pengelompokan sistem ini terus-menerusmengalami perkembangan. Perkembanganklasifikasi filogeni berikut ini1. Sistem Dua KingdomSistem dua kingdom pertama kalidikemukakan oleh Aristoteles(Yunani).Dalam sistem ini makhluk hidupdibagi menjadi kingdom Plantae danAnimalia.
  • 21. Klasifikasi Tiga Kingdoma. Kingdom Monera, yaitu kelompok makhluk hidup yang memiliki ciri tersusun dari satu atau banyak sel dan belum memiliki membran inti. Yang termasuk ke dalam kingdom ini adalah bakteri dan ganggang hijau-biru.b. Kingdom Plantae, adalah kelompok tumbuhan yang meliputi jamur, lumut, paku, dan tumbuhan biji.c. Kingdom Animalia, adalah kelompok hewan yang terdiri dari Protozoa, Porifera, Coelenterata, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata, dan Chordata.
  • 22. Tiga kingdom yaitu Protista,Plantae, dan Animalia.Kingdom Protista adalah kelompokmakhluk hidup yang tersusun atassatu atau banyak sel, memilikimembran inti, dan memiliki organel.Yang termasuk ke dalam kingdom iniadalah Protozoa, ganggang, danjamur.Sehingga Kingdom Plantae hanyaterdiri dari lumut dan tumbuhan Haeckel, 1866berpembuluh.
  • 23. Sistem Empat KingdomMonera, Fungi, Plantae, dan Animalia.** Kingdom Monera terdiri dari bakteri dan ganggang hijau-biru.** Kingdom Fungi dipisahkan dari Plantae karena tidak mempunyai klorofil walaupun sama-sama mempunyai dinding sel, contohnya adalah Saccharomycotina, Agaricomycotina.** Kingdom Animalia meliputi berbagai hewan seperti dalam sistem tiga kingdom.
  • 24. Sistem Lima Kingdom Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Kingdom baru yang ditambahkan, yaitu Protista meliputi berbagai jenis makhluk hidup uniseluler maupun multiseluler yang menyerupai jamur, tumbuhan, dan hewan namun tidak dapat dikelompokkan ke dalam Kingdom Fungi, Plantae, danRobert H. Whittaker, Animalia. seorang ahli biologiAmerika Serikat pada Contoh hewan yang termasuk dalam tahun 1969. protista adalah Amoeba, Paramecium sp
  • 25. Pada tahun 1990, Carl Woese, seorang ahli biologi molekuler Amerika Serikat, mengembangkan sistem klasifikasi enam kingdom.Dalam klasifikasi ini, Kingdom Monera menjadi duakelompok. Bakteri yang mempunyai sifat khususdikelompokkan dalam Kingdom Archaebacteria, misalnyabakteri yang mampu hidup di perairan bersuhu tinggi atau dilingkungan dengan kadar garam tinggi. Sedangkan bakteriyang lain dan ganggang hijau-biru (Cyanophyta)dikelompokkan dalam Kingdom Eubacteria. Jadi, dalamsistem klasifikasi enam kingdom, makhluk hidupdikelompokkan menjadi Archaebacteria, Eubacteria,Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.
  • 26. 1. MoneraOrganisme bersel satu dan bersifat prokaryotik(tidak berselaput inti).Contoh : bacteri dan algae biru2. ProtistaOrganisme bersel satu yang bersifat eukaryotik(sudah berselaput inti).Contoh : protozoa, algae, jamur yang bersel satu3. Fungi (jamur)Organisme yang tubuhnya terbentuk dari benang-benang hifa.Contoh : mycota dan eumycota
  • 27. 4. Plantae (tumbuhan)Merupakan organisme multiselluler dan bersifateukaryotik, dinding sel terbuat dari selulosa,mempunyai kloroplas.Contoh : - Algae (ganggang) - Bryophyta (lumut) - Pteridophyta (tumbuhan paku) - Spermatophyta (tumbuhan biji)5. Animalia (hewan)Merupakan organisme multiseluler dan bersifatheterotop dan dapat bergerak/ berpindah tempat.Contoh : Jellyfish, katak, simpanse
  • 28. 1. Untuk nama species (jenis) : nama species terdiri dari dua kata tunggal yang dilatinkan. kata depan menunjukkan nama marga, kata belakang menunjukkan nama spesies. nama marga mulai ditulis dengan huruf besar, sedang nama species dimulai dengan huruf kecil. nama marga dan jenis digarisbawahi secara terputus atau dicetak miring. contoh : Rhinoceros sondaicus (badak jawa) Havea brasikensis (karet) Elephas indicus (gajah) Hibiscus rosasinensis (kembang sepatu) Felis maniculata-domestika (kucing jinak)
  • 29. Untuk nama famili (suku) :Nama suku diambil dari nama marga yang bersangkutan.Untuk tumbuhan : nama marga + akhiran aceae contoh :- Solamum lycopersicum (tomat) Solanum + aceae à fam: Solanaceae - Marchantia polymorpha (lumut hati) Marchantia + aceae à fam: MarchantiaceaeUntuk hewan : nama marga + akhiran idae contoh : - Felis tigris (harimau india) Felis + idae à fam: Felidae (kucing) - Columba livea (merpati) Columba + idae à fam: Columbidae
  • 30. 3. Untuk Nama Ordo (bangsa) :Nama ordo umumnya diambil dari nama margayang bersangkutan.Untuk tumbuhan : nama marga + akhiran ales contoh : - Sphagnum fimbriatum (lumut gambut) Sphagnum + ales à ordo: SphagnalesUntuk hewan :nama marga + akhiran iformis contoh : - Columba livea (merpati) Columba + iformis à ordo: Columbiiformis
  • 31. Klasifikasi Tumbuhana). Devisi Algae (ganggang)Uniseluller atau multiseluller, hidup berkoloni,tubuh berupa lembaran (filamen).Algae terdiri dari 4 kelas :- Rhodophyta (alga merah)- Phaeophyta (alga perang / coklat)- Chlorophyta (algae hijau)- Chrysophyta (algae keemasan)
  • 32. b). Devisi Bryophyta (lumut)Terdiri dari 2 kelas :Hepaticae (lumut hati)berklorofil, daun sederhana, batang sederhana,belum ber-akar yang sebenarnya (rhizoid) ataubelum dapat dibedakan akar batang dan daun.Contoh : Marchantia polymorpha Marchantia geminata Reobulia hemisphericaMusci (lumut daun)jelas batang dan daun tetapi akar belum sempurna(rhizoid).Contoh : Spagnum fimbriatum Pogonatum cirrhatum
  • 33. c). Devisi Pteridophyta (tumbuhanpaku)sudah dapat dibedakan akar, batang, daun sertasudah memiliki sistem pembuluh.Terdiri dari 4 kelas :1. Psiophytinae contoh : Psilotum nodum2. Equisetinae (paku ekor kuda) contoh: Equisetum debile (paku ekor kuda)3. Lycopodinae (paku kawat) contoh : Lycopodium clavatum Lycopodium cernuum Selaginella willdonovii
  • 34. 4. Filicinae (paku sejati) Contoh : Gleichenia linearis (paku resam) Asplenium nidus (paku sarang burung) Adiatum cuneatum (suplir) Platycerium bifurcatum (p. tanduk rusa) Marsilea crenata (semanggi)
  • 35. d.) Devisi Spermatophyta (tumbuhan biji)Terdapat adanya bunga, menghasilkan biji sebagai sebagai alatperkembangbiakan, alat kelamin jantan dan betina terpisah.Terdiri dari 2 sub devisi :1. Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka)Berakar tunggang, akar batang berkambium, terjadi pembuah-antunggal.Terdiri dari 4 kelas :- Pteridospermae (paku biji), sudah punah- Cycadinae contoh : Cycas rumphii (pakis haji)- Coniferae contoh : Agathis alba (damar) Pinus merkusi (pinus/tusam)- Gnetinae contoh : Gnetum gnemon (melinjo)
  • 36. 2. Angiospermae (tumbuhan berbijitertutup)Memiliki bunga yang sesungguhnya, bakal biji tidak terlihatkarena terlindung dalam bakal buah atau putik, terjadipembuahan ganda.Terdiri dari 2 kelas : Dicotylae (berkeping dua) :Berbiji tertutup, berakar tunggang, bercabang banyak, daunpada batang tersebar, tulang daun menyirip atau menjari,berkambium, bagian bunga berjumlah 2,4,5 ataukelipatannya.
  • 37. Contoh : - Manihot utilisima ( ketela pohon) - Fiscus benyamina (beringin) - Vigna sinensis (kacang panjang) - Arachis hypogeae (kacang tanah) - Tamarandus indica (asem) - Tectona grandis (jati) - Citrus nobilis (jeruk keprok) - Artocarpus integra (nangka) - Gossypium herbaceum (kapas)
  • 38. Monocotylae ( berkeping satu) :berakar serabut, ruas batang nyata, tulang daun sejajar ataumelengkung, tidak berkambium, bagian bunga 3 atau kelipatnnya.Contoh :- Oryza sativa (padi)- Curcuma domestica (kunyit)- Musa paradisiaca (pisang)- Cocos nucifera (kelapa)- Zea mays (jagung)- Zingiber officinale (jahe)- Alpinia galanga (laos)- Colocasia esculenta (tales)- Triticum sativum (gandum)- Saccharum offinarum (tebu)- Allium cepa (bawang merah)
  • 39. Contoh :· Klasifikasi Pisang (Musa paradisiaca)Contoh :· Klasifikasi Pisang (Musa paradisiaca) Dunia : Plantae Devisi : Spermatophyta Sub.devisi : Angiospermae Kelas : Monocotylae Bangsa : Musales Suku : Musaceae Marga : Musa Jenis : Musa paradisiaca
  • 40. .8 Klasifikasi HewanTerdiri dari 10 filum :- Filum Protozoa (hewan pertama)- Filum Porifera (hewan berpori)- Filum Coelenterata (hewan berongga)- Filum Platyhelminthes (cacing pipih)- Filum Nemathelminthes (cacing gilig)- Filum Annelida (cacing cincin/ gelang)- Filum Mollusca ( hewan bertubuh lunak)- Filum Arthropoda (hewan berbuku-buku)- Filum Echinodermata (hewan berkulit duri)- Filum Chordata (hewan yang memiliki tali sumbutubuh)
  • 41. Chordata terdiri dari 2 sub filum : Protochordata (hewan yang memilikinotochordata) contoh : Amfioxus Vertebrata (hewan yang bertulangbelakang)Terdiri dari 5 kelas : - Pisces - Amphibia - Reptilia - Aves -Mammalia
  • 42. Contoh :· Klasifikasi Manusia (Homo sapiens) Dunia : Animalia Filum : Chordata Sub.Filum : Vertebrata Kelas : Mamalia Bangsa : Primata Suku : Hominidae Marga : Homo Jenis : Homo sapiens·
  • 43. Contoh :· Klasifikasi Harimau india (Felis tigris) Regnum : Animalia Phyllum : Chordata Sub.Phyllum : Vertebrata Classis : Mamalia Ordo : Carnivora Famillia : Felidae Genus : Felis Species : Felis tigris
  • 44. KLASIFIKASI HEWAN KLASIFIKASI HEWAN BERDASARKAN TULANG BELAKANG AVERTEBRATA VERTEBRATA(tidak bertulang belakang) (bertulang belakang)
  • 45. KLASIFIKASI AVERTEBRATAAVERTEBRATA (Hewan tidak bertulang belakang) 1. PORIFERA ( HEWAN BERPORI-PORI) Tubuh : berduri (spikula)dan tersusun atas zat kapur (spongin). Contoh : bunga karang 2. CNIDARIA. Ciri khasnya memiliki knidosit yaitu alat perlindungan berupa sengat. Contoh : Ubur-ubur 3. Platyhelmanithes (cacing pipih). Tubuh pipih seperti pita, tidak bersegmen/tidak beruas. Bersifaf parasit 9merugikan). Contoh : cacing hati (Fasciola Hepatica) 4. Nemathelmintes. Tubuh bulat panjang dan tidak bersegmen. Contoh : cacing gelang dan cacing perut 5. ANNELIDA. Tubuh bersegmen seperti cincin/gelang. Contoh : cacing tanah dan lintah 6. MOLLUSCA. Tubuh lunak biasanya ditutupi cangkang tapi ada juga tidak. contoh : Bekicot, kerang, cumi-cuni 7. ECHINODERMATA. Tubuh berkulit duri, rangka luar tersusun atas zat kapur (keras). Contoh : Bingtang Laut, teripang 8. ANTROPODA. Kaki berbuku-buku, rangka luar tersusun atas Zat Kitin (zat tanduk yang bening). Contoh : udang, kepiting
  • 46. KLASIFIKASI VERTEBRATA VERTEBRATA (Hewan bertulang Belakang)1. PISCES (Ikan) 2. AMPHIBI 3. REPTIL 4. AVES ( Burung) 5. MAMMALIAv Bertram Dingin Ø Berdarah dingin §Hewan melata dan q Hewan berdarah v Hewan Menyusui (Poikilotermik) Ø Tubuh tertutup Poikilotermik Panas (mempunyai suhu tubuh sesuai kulit yang selalu § Tubuh diselimuti (Homoiotermik) kelenjar susu) lingkungan basah kulit yang keras yg q Tubuh diselimuti v Berdarah Panasv Tubuh tertutup Ø dapat hidup didua terbuat dari zat bulu (Homoiotermik) sisik tipis tempat (darat dan tanduk q Berkembang biak v tubuh diselimutiv Berkembenag air) § Berkembang biak Ovivar kulit dan berambut biak:bertelur Ø Berkembang bertelur (ovivar) q Contoh : ayam v Contoh : kucing (ovivar) biak : bertelur § contoh : kadal,penyu
  • 47. Jangan lupa selalumembaca & belajar yaa …
  • 48. aguspurnomosite.blogspot.com

×