Kotbah remaja Bergaul dengan Alkitab Setiap Hari

9,118 views
8,637 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
9,118
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
160
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kotbah remaja Bergaul dengan Alkitab Setiap Hari

  1. 1. BERGAUL DENGAN ALKITABBERGAUL DENGAN ALKITAB SETIAP HARISETIAP HARI
  2. 2. Seperti apakah hidup yangSeperti apakah hidup yang disebut berbahagia itu?disebut berbahagia itu?
  3. 3. Pendapat OrangPendapat Orang Ada yang berpendapat bahwa hidup bahagia itu jikaAda yang berpendapat bahwa hidup bahagia itu jika memiliki kekayaan yang berlimpah.memiliki kekayaan yang berlimpah. Ada juga yang mengatakan bahwa hidup berbahagia itu hidup selalu sehat dan aman. Orang lain mengatakan bahwa orang yang berbahagiaOrang lain mengatakan bahwa orang yang berbahagia adalah orang yang selalu tertawa.adalah orang yang selalu tertawa. Apakah semua itu menjamin kebahagiaan?Apakah semua itu menjamin kebahagiaan? Yang lainnya menunjukkan keluarga yang harmonis sebagai pertanda hidup bahagia
  4. 4. Pandangan Keliru tentangPandangan Keliru tentang KebahagiaanKebahagiaan Pertama, kita sering keliru dengan menganggap bahwa kebahagiaan ituPertama, kita sering keliru dengan menganggap bahwa kebahagiaan itu berarti bersenang-senang. Hatinya selalu bergembira. Itu sebabnyaberarti bersenang-senang. Hatinya selalu bergembira. Itu sebabnya banyak orang kemudian berusaha menciptakan acara pesta-pesta ataubanyak orang kemudian berusaha menciptakan acara pesta-pesta atau lari ke obat penenang untuk menciptakan kegembiraan.lari ke obat penenang untuk menciptakan kegembiraan. Kedua, kita sering berpikiran keliru dengan menganggap bahwa kita dapatKedua, kita sering berpikiran keliru dengan menganggap bahwa kita dapat mengejar kebahagiaan. Kita harus melakukan sesuatu untukmengejar kebahagiaan. Kita harus melakukan sesuatu untuk mendapatkan kebahagiaan itu. Padahal kebahagiaan sebenarnyamendapatkan kebahagiaan itu. Padahal kebahagiaan sebenarnya merupakan akibat atau hasil dari sesuatu yang kita lakukan.merupakan akibat atau hasil dari sesuatu yang kita lakukan. Ketiga, ada anggapan keliru bahwa kebahagiaan itu selalu ditemukan di luar diri kita atau ada pada orang lain. Kita sering berkata pada diri sendiri, “Dengan berganti pekerjaan, mungkin saya akan menjadi bahagia”, “Saya tidak betah hidup di sini. Kalau saya pindah rumah ke kompleks yang lebih elit mungin saya akan lebih bahagia.” Atau berpikir begini, “Kalau saya menikahi orang ini, hidup saya pasti akan berbahagia.”
  5. 5. Ilustrasi 1Ilustrasi 1 Uang dan kekuasaan tidak menjanjikanUang dan kekuasaan tidak menjanjikan kebahagiaan.kebahagiaan.
  6. 6. ILUSTRASI 2ILUSTRASI 2 Jika Anda terikat pada emosi negatif, maka Anda tidak akan pernah merasakan bahagia.
  7. 7. Lalu bagaimana cara mencariLalu bagaimana cara mencari kebahagiaan?kebahagiaan? Pemazmur mengatakan, orang yang berbahagia adalah orang yang “kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.” Dengan kata lain, orang itu suka melakukan Perintah TUHAN dan merenungkannya siang malam.”
  8. 8. Coba bandingkan kedua pohonCoba bandingkan kedua pohon ini: Mana yang akan bertumbuhini: Mana yang akan bertumbuh baik dan berbuah lebat?baik dan berbuah lebat?
  9. 9. Orang yang berjalan menurut nasihat orang fasik, berdosa, pencemooh Orang yang menyukai Taurat dan merenungkannya - Mereka seperti sekam yang Tidak akan tahan dalam penghakiman Menuju kebinasaan  Berbahagia Seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air Menghasilkan buahnya pada musimnya tidak layu daunnya Apa saja yang diperbuatnya berhasil Jalannya dikenal TUHAN
  10. 10. FILMFILM
  11. 11. Kebiasaan Membentuk KarakterKebiasaan Membentuk Karakter Kebiasaan akan membentuk karakter.Kebiasaan akan membentuk karakter. Perilaku yang berulang-ulang akanPerilaku yang berulang-ulang akan membentuk pola kebiasaan. Kebiasaanmembentuk pola kebiasaan. Kebiasaan yang baik, akan membentuk karakteryang baik, akan membentuk karakter yang baik. Pemazmur mengatakanyang baik. Pemazmur mengatakan bahwa orang yang terbiasabahwa orang yang terbiasa merenungkan firman Tuhan (siang danmerenungkan firman Tuhan (siang dan malam), maka dia akan memilikimalam), maka dia akan memiliki karakter yang selalu bahagia.karakter yang selalu bahagia.
  12. 12. IlustrasiIlustrasi Kebahagiaan tidak ada kaitannya dengan hal-hal di luar kita.

×