Your SlideShare is downloading. ×
Pendekatan ilmu perilaku dan kognitif sosial
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Pendekatan ilmu perilaku dan kognitif sosial

1,495

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,495
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
21
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PENDEKATAN ILMU PERILAKU DAN KOGNITIF SOSIAL
  • 2. Disusun oleh : DEWI MEDIANTARI DYAH TRI SARASWATI EKA DIANA PUTRI KRISNA SETYO WIDODO YURIK APRILIA
  • 3. PENDEKATAN ILMU PERILAKU DAN KOGNITIF SOSIAL Pendekatan ilmu perilaku, pada dasarnya tingkah laku adalah respon. Atas stimulus yang dating secara sederhana dapat digambarkan dalam model suatu kauita stimulus – respon. Ini berarti tingkah laku itu seperti reflex tanpa kerja mental sama sekali. Sedangkan, pendekatan kognitif menekankan bahwa tingkah laku adalah proses mental, dimana individu (organisme) aktif dalam menangkap, menilai, membandingkan dan menaggapi stimulus sebelum melakukan reaksi, individu menilai stimulus lalu melakukan proses mental sebelum memberikan reaksi atas stimulus yang datang. Jadi, pendekatan ilmu perilaku – pendekatan kognitif itu berlawanan.
  • 4. PENDEKATAN ILMU PERILAKU TERHADAP PEMBELAJARAN Dalam mengajar, pendidik harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana. Pandangan guru terhadap anak didik akan menentukan sikap dan perbuatan. Setiap pendidik tidak selalu memiliki suatu pandangan yang sama dalam hal mendidik anak didik . Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang pendidik ambil dalam pengajaran. Pendidik yang memandang anak didik sebagai pribadi yang berbeda dengan anak didik lainnya, akan berbeda dengan pendidik yang memandang anak didik sebagai makhluk yang sama dan tidak ada perbedaan dalam segala hal.
  • 5. Ada beberapa pendekatan yang diharapkan dapat membantu pendidik dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kegiatan belajar mengajar , diantaranya:           Pendekatan Individual Pendekatan Kelompok Pendekatan Variasi Pendekatan Edukatif Pendekatan Pengalaman Pendekatan Pengalaman Pendekatan Emosional Pendekatan Rasional Pendekatan Fungsional Pendekatan Keagamaan
  • 6. PENDEKATAN KOGNTIF SOSIAL TERHADAP PEMBELAJARAN Teori kognitif sosial (sosial cognitive theory) menyatakan bahwa faktor sosial kognitif, dan juga faktor perilaku, memainkan peran penting dalam pembelajaran. Faktor mungkin berupa ekspektasi murid untuk meraih keberhasilan: faktor sosial mungkin mencakup pengamatan murid terhadap perilaku orang tuanya.
  • 7. PENDEKATAN PEMROSESAN INFORMASI Pemrosesan atau pengolahan informasi adalah sebuah pendekatan kognitif bagaimana seseorang mengolah informasi, memonitornya, dan menyusun strategi berkenaan dengan informasi tersebut. Inti dari pendekatan pemrosesan informasi adalah proses memori dan proses berpikir. Menurut pendekatan pemrosesan informasi, seseorang secara bertahap mengembangkan kapasitas untuk memproses informasi, dan karenanya secara bertahap pula mereka bisa mendapatkan pengetahuan dan keahlian yang kompleks. Jadi, pada intinya teori ini menjelaskan bagaimana seseorang memperoleh sejumlah informasi dan dapat diingat dalam waktu yang cukup lama.
  • 8. PERHATIAN MEMORI KEAHLIAN DAN METAKOGNISI Perngetahuan metakognitif melibatkan usaha monitoring dan refleksi pada pikiran seseorang pada saat sekarang. Ini termasuk pengetahuan factual, seperti pengetahuan tentang tugas, tujuan atau diri sendiri, dan pengetahuan strategis, seperti bagaimana dan kapan akan menggunakan prosedur spesifik untuk memecahkan problem. Aktivitas metakognitif terjadi saat murid secara sadar menyesuaikan dan mengelola strategi pemikiran mereka pada saat memecahkan masalah dan memikirkan sesuatu tujuan.
  • 9. TERIMA KASIH

×