Your SlideShare is downloading. ×
Pemk.pembaharuan mesir
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Pemk.pembaharuan mesir

2,023
views

Published on


0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,023
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
45
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PE MI K I R A NPE MBA HA RUA N D I ME S I R
  • 2. LATAR BELAKANG SEJARAH MESIR JATUH KE TANGAN BANGSA ARAB SETELAH ISLAM MENYEBAR DI NEGERI INI DAN BERADA DI BAWAH PEMERINTAHAN SULTAN. KEBANGKITAN PEMIKIRAN DI MULAI SEJAK KEKUASAAN DINASTI FATIMIYAH YANG DITANDAI DENGAN BERDIRINYA UNIVERSITAS AL-AZHAR DI KAIRO. UNIVERSITAS INI MERUPAKAN SUMBER YANG POTENSIAL DALAM MELAHIRKAN PEMIKIRAN-PEMIKIRAN BESAR DI MESIR YANG BERKAITAN DENGAN MODERNISASI PEMIKIRAN UNIVERSITAS LAIN YANG MEMILIKI NILAI SEJARAH DALAM PEMIKIRAN MASYARAKAT ARAB ADALAH UNIVERSITAS NIZHAMIYAH DI BAGHDAD YANG HANYA TINGAL CERITA.
  • 3. UNIVERSITAS AL-AZHAR LAHIR DARI IDE SEORANG JENDRAL FATIMY YAITU JAUHAR AS-SIQQILI. SEMULA MERUPAKAN NAMA SEBUAH MASJID DI KAIRO YANG DIBERI NAMA MASJID AL-AZHAR, SETELAHBIA MENGUASAI FUSTAT. TAHUN 972 M. MASJID INI OLEH AL-AZIZ ( 975-996 M.) (SEORANG KHALIFAH FATIMY) DIJADIKAN PUSAT KEGIATAN ILMIAH, SEBUAH PERGURUAN TINGI ISLAM DENGAN NAMA UNIVERSITAS AL-AZHAR. UNTUK PUSAT BACA DAN KEGIATAN ILMIAH DIDIRIKAN SEBUAH PERPUSTAKAAN DENGAN NAMA DAAR ALHIKMAH (1005 M)
  • 4. MESIR DI BAWAH KUASA SHALAHUDDIN AL-AYYUBI TAHUN 1171 M. KEKUASAAN BANI FATIMIYAH BERAKHIR DI MESIR. TAHUN 1174 DINASTI SHALAHUDDIN AL-AYYUBI MENGUASAI MESIR SAAT PENGARUH PASUKAN SALIB MASIH KUAT DI WILAYAH-WILAYAH ISLAM YANG DIKUASAINYA. DENGAN KECERDIKANNYA SHALAHUDDIN MAMPU MENGATASINYA. DALAM PERMAHAMAN TENTANG ISLAM PENGARUH SYIAH MULAI BERKURANG DAN PENGARUH SUNNY MULAI MENGUAT. TAHUN 1250 SHALAHUDDIN AL-AYYUBI JATUH, SEMENTARA TENTARA SALIB MASIH BERKUASA DI BEBERAPA WILAYAH.
  • 5. MESIR DI BAWAH KEKUASAAN MAMLUK KAUM MAMLUK YANG SEMULA MERUPAKAN TENTARA SHALAHUDDIN AL-AYYUBI MENDAPAT KEDUDUDKAN TINGGI DAN AKHIRNYA MENJADI PENGUASA DI MESIR DARI 1250 – 1517 M. SULTAN MAMLUK PERTAMA ADALAH AYBAK (1250-1257 M.). SEORANG SULTAN YANG TERKENAL MAMPU MENGALAHKAN PANGLIMA HULAGU KHAN ADALAH SULTAN BAYBARS (1260-1277). IA MAMPU MENYELAMATKAN MESWIR DARI KEHANCURAN. KEKUASAAN MAMLUK JUGA MAMPU MENYELAMATKAN MESIR DAN SYRIA DALAM PERANG SALIB. KEKUASAAN MAMLUK MENURUN DAN AKHIRNYA RUNTUH SAAT KEBANGKITAN KERAJAAN TURKI UTSMANI, MESIR TIDAK MENENTU SAMPAI KEDATANGAN NAPOLEON BONAPARTE DI PANTAI UTARA YAITU DI DARATAN ALEXANDRIA PADA 2 JUNI 1798 M.
  • 6. PEMIKIRAN MASYARAKAT MESIR SEBELUM MASA PEMBAHARUAN► PEMIKIRAN/PAHAM ASY-’ARIYAH YANG MEWAKILI SUNNY CUKUP DOMINAN, PERKEMBANGAN PEMIKIRAN HAMPIR MANDEK (KURANG BERKEMBANG).► PEMIKIRAN FILSAFATI SURAM AKIBAT KUATNYA PENGARUH KECAMAN ALGHAZALI TERHADAP HAL INI.► JATUHNYA BAGHDAD KE TANGAN TENTARA MONGOL (1258 M.) CUKUP KUAT PENGARUHNYA THD. KEMAJUAN UNIVERSITAS AL-AZHAR.► PENUTUPAN PINTU IJTIHAD MEMBUAT SENDI-SENDI DINAMIKA BERPIKIR DAN PENGEMBANGAN KEILMUAN MENJADI PROBLEMA PENGEMBANGAN ILMU KEAGAMAAN.
  • 7. ► METODE PENGUASAAN ILMU SANGAT DOKTRINAL (HAFALAN) TANPA PENGKAJIAN DAN TELAAH PEMAHAMA, DAN MENJADI TRADISI YANG KUAT.► DISKUSI DAN DIALOG KEILMUAN SANGAT KURANG.► FILSAFAT DAN LOGIKA DIANGAP TABU DALAM KEHIDUPAN PENDIDIKAN (MADRASAH DAN PENDIDIKAN TINGGI).► ULAMA BANYAK DIKENDALIKAN OLEH BIROKRASI POLITIK, AKIBATNYA KEBIJAKAN UNIVERSITAS AL-AZHAR HANYA KEPANJANGAN TANGAN DARI PENGUASA.► PERKEMBANGAN TAREKAT SEBAGAI PAHAM KEAGAMAAN YANG BERORIENTASI PENUH PADA KEHIDUPAN AKHIRAT DENGAN SIKAP ZUHUD YANG EKSTRIM MEMBUAT UMAT ISLAM LEBIH BERUZLAH MENGURUSI ALAM GHAIB DAN MENGABAIKAN REALITAS. GURU TAREKAT MENJADI TOP- FIGUR DALAMMKEPEMIMPINAN AGAMA.► AKIBAT KONDISI SOSIAL KEAGAMAAN SEPERTI INI
  • 8. RUH INTELEKTUAL► AKIBAT KONDISI SOSIAL KEAGAMAAN SEPERTI INI, ADALAH HILANGNYA UKHUWWAH ISLAMIYAH YANG MENEKANKAN KEBERSAMAAN, PERSATUAN, RASIONALITAS BERPIKIR DALAM KALANGAN UMAT ISLAM.► KEADAAN SEPERTI INI JUGA MELANDA KEHIDUPAN BERPKIR MASYARAKAT AKADEMIS UNIVERSITAS AL-AZHAR.► RUH INTELEKTUAL DAN JIHAD KEAGAMAAN YANG BERPIJAK PADA KEBENARAN ALQURAN DAN SUNNAH RASUL TELAH HILANG.
  • 9. PENG ARUH PENJ AJ AHAN N A P O L E O N TH D . NAPOLEON MENDARAT DI ALEXANDRIA MESIR DENGAN SEMANGAT P E M I K JUNI 1798, MENGUASAI IMPERIALISME 2 I R A N SELURUHNYA 22 JULI TAHUN YANG SAMA. IA MENJADIKAN MESIR SEBAGAI WILAYAH JAJAHANNYA. KEDATANGANNYA TIDAK MURNI EKSPEDISI MILITER, NAMUN JUGA MENGANDUNG NILAI ILMIAH DENGAN DISERTAKANNYA 167 ILMUWAN DARI BERBAGAI DISIPLIN ILMU SERTA MEMBAWA PERLENGKAPAN DAN PERALATAN ILMIAH. SELANJUTNYA MEREKA MENDIRIKAN SEBUAH LEMBAGA ILMIAH YANG DISEBUT INSTITUT d’EGYPT DENGAN EMPAT BIDANG KAJIAN : ILMU PASTI, ILMU ALAM, EKONOMI-POLITIK, DAN SASTRA-SENI.
  • 10. I N S T I T U T d’E G YP T LEMBAGA INI MEMILIKI ORIENTALIS YANG MEMAHAMI DAN MENGUASAI BAHASA ARAB. MEREKA MENULIS MAKLUMAT NAPOLEON DALAM BAHASA ARAB YANG MAMPU MEMPERMUDAH KOMUNIKASI DENGAN RAKYAT MESIR. LEMBAGA INI MEMILIKI PERPUSTAKAAN YANG MENGHIMPUN BUKU-BUKU DALAM BERBAGAI BAHASA, YAITU BAHASA EROPA, BAHASA ARAB, PERSIA, TURKI, DAN BUKU-BUKU AGAMA. LEMBAGA INI TERBUKA UNTUK UMUM DAN ULAMA MESIR. AKIBATNYA MELAHIRKAN KESADARAN ULAMA DAN PEMIKIR MESIR AKAN KETERTINGGALAN MASYARAKAT MESIR DALAM ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DIBANDINGKAN DENGAN CAPAIAN MASYARAKAT BARAT SAAT ITU.
  • 11. PE N GA RU H PE N J A J A HA N N A P O L E O N T H D . P E MI K I R A N D I PE R A N C I S1. SITEM PEMERINTAHAN BERBENTUK REPUBLIK. KEPALA NEGARA DIPILIH OLEH PARLEMEN, BERKUASA DALAM MASA TERTENTU, DAN TUNDUK PADA UNDANG-UNDANG DASAR.2. IDE PERSAMAAN (EGALITE). ADANYA PERSAMAAN KEDUDUKAN ANTARA PENGUASA DAN RAKYAT, DAN ADANYA HAK RAKYAT ATAS PEMERINTAHAN.3. IDE KEBANGSAAN YANG TERKANDUNG DALAM MAKLUMAT NAPOLEON, BAHWA PERANCIS MERUPAKAN SATU BANGSA (NATION), KAUM MAMLUK ADALAH BANGSA ASING PENDATANG DARI KAUKASUS, DAN MESIR ADALAH SATU BANGSA.
  • 12.  IDE-IDE ITU MASUK DAN PELAN-PELAN MEMBERI PENGARUH DAN AKHIRNYA ABAD KE-19 MASYARAKAT MESIR MULAI TERBUKA UNTUK MENERIMANYA. PENYERAPAN IDE-IDE ITU BERPENGARUH TERHADAP GAIRAH INTELEKTUAL MASYARAKAT MESIR ANG MAMPU MEBANGKITKAN KESADARAN AKAN KEKELIRUAN PEMAHAMAN TERHADAP KANDUNGAN ALQURAN. MUNCULLAH PEMIKIR-PEMIKIR CEMERLANG DARI KALANGAN MUSLIMIN, SEPERTI RIFA’I BADAWY RAFI AT-TAHTHAWY, MUHAMMAD ABDUH DAN MURID-MURIDNYA, JAMALUDDIN AL-AFGHANI, DLL.
  • 13. MODERNISME DI MESIR KESADARAN AKAN KETERTINDASAN SEBAGAI BANGSA TERJAJAH MELAHIRKAN PERLAWANAN TERHADAP KEUM PENJAJAH. MUHAMMAD ALI FASYA (1765-1849 M.) SEORANG PERWIRA BERGABUNG DENGAN TENTARA UTSMANI DI BAWAH SULTAN SALIM III (1789-1807 M.) MELAKUKAN PERLAWANAN. DIA BERHASIL MEMEGANG PEMERINTAHAN DI MESIR. PERHATIANNYA TERHADAP PENDIDIKAN DEMIKIAN BESAR, IA MENDIRIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN (1815 M.) MENDIRIKAN SEKOLAH MILITER (1815 M.), SEKOLAH TEKNIK (1816 M.), SEKOLAH KEDOKTERAN (1827 M.), SEKOLAH APOTEKER (1829 M.), SEKOLAH PERTAMBANGAN (1834 M.), SEKOLAH PERTANIAN DAN PENERJEMAHAN (1836 M.). IDE-IDE MODERNISME TERUN MENGALIR DI MESIR DITANDAI DENGAN TERJADINYA PEROMBAKAN BESAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN DENGAN MEMASUKKAN BERBAGAI ILMU PENGETAHUAN BARAT SEPERTI PEMIKIRAN VOLTAIRE, J.J. ROUSSEAU, MONTESQUIEU. DALAM PEMIKIRAN ISLAM SAAT ITU BELUM TERJADI PERUBAHAN.
  • 14. FASE AWAL PEMBAHARUAN AWAL MODERNISASI DI MESIR DIMULAI DENGAN MUNCULNYA SEORANG PEMIKIR PEMBAHARU BERNAMA RIFA’I BADAWI RAFI AT-TAHTHAWI ((1801-1873 M.). IDE KEMAJUAN JAUH SAMPAI MENENTUH PEMIKIRAN KEAGAMAAN. IA SEORANG ALUMNUS UNIVERSITAS AL-AZHAR DAN DALAM PEMIKIRANNYA MENDAPAT DUKUNGAN DARI ULAMA BESAR UNIV. AL-AZHAR SYEKH AL-ATTAR. IA BELAJAR DI PARIS SELAMA LIMA TAHUN, IA MENGUASAI BAHASA PERANCIS, IA MENERJEMAHKAN 12 BUKU DAN RISALAH BERBAHASA PERANCIS KE DALAM BAHASA ARAB, IA MENDIRIKAN SEKOLAH BAHASA ASING.
  • 15. PRINSIP PEMIKIAN AT-TAHTHAWI BANGSA MESIR AKAN MENGALAMI KEMAJUAN SEJAJAR DENGAN EROPA DALAM MENGUASAI IPTEK. KEKUASAAN MESTI DIBATAS OLEH SYARIAT DAN SYURA DENGAN PARA ULAMA. SYARIAT MERUPAKAN KEKUASAAN TERTINGGI DI ATAS RAJA. RAJA HARUS MENGHORMATI ULAMA DAN MENJADIKANNYA SEBAGAI PARA PEMBANTUNYA DALAM BERBAGAI URUSAN PEMERINAHAN. ULAMA HARUS MEMAHAMI KAMAJUAN MODERN, AGAR DAPAT MENAFSIRKAN SYARIAT DALAM MENJAWAB TUNTUTAN MODERNISASI. RAJA HARUS SEORANG SALIH DAN MEMPERHATIKAN RAKYATNYA. MASYARAKAT TERKELOMPOKKAN KE DALAM EMPAT KELOMPOK, YAITU RAJA, ULAMA/CENDEKIAWAN, TENTARA, DAN MASY. UMUM.
  • 16. PEMIKIRAN LAINNYA IA ORANG MESIR PERTAMA YANG MENGANJURKAN PATRIOTISME (HUBBUL WATHAN – HUBBUL MISHRA). PATRIOTISME HARUS MENJADI BAGAIN DARI TUJUAN PENDIDIKAN DI MESIR DI SAMPING ILMU PENGETAHUAN DAN KEPRIBADIAN. ULAMA DITUNTUT BERPIKIR RASIONAL DAN MEMBUKA PINTU IJTIHAD IA MENENTANG DAN MENGECAM PANDANGAN ORANG PERANCIS TENTANG FATALISME, KARENA MEREKA TIDAK MEMPERCAYAI QADLA DAN QADAR.

×