Your SlideShare is downloading. ×
Ppt. filsafat ontologi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Ppt. filsafat ontologi

4,652
views

Published on

Published in: Education

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
4,652
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
188
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Menurut bahasa, ontologi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu On/Ontos=ada, dan Logos=ilmu. Jadi, ontologi adalah ilmu tentang yang ada. Menurut islitah, ontologi adalah ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada, yang merupakan ultimate reality, baik yang berbentuk jasmani/konkret, maupun rohani/abstrak.
  • 2. Ontologi menurut tokoh-tokoh Filsafat  Aristoteles mengatakan “the first Philosophy” dan merupakan ilmu mengenai esensi benda  Amsal Bakhtiar ontologi adalah teori tentang wujud, hakikat yang ada  Jujun S. S ontologi membahas tentang apa yang ingin kita ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu, atau suatu pengkajian mengenai tentang teori yang ada.
  • 3. Objek Forma Filsafat  Objek foma ontologi Adalah hakikat seluruh realitas. Dimana akan tampil menjadi aliran materialisme, idealisme dan naturalisme.Dalam tafsiran para ahli ontologi selanjunya dipahami sebagai upaya mencari alternatif bukan dualisme, tetapi menampilkan aspek materialisme dari mental.  Sedangkan menurut Al-Farabi dan Ibnu Sina objek pemikiran menjadi objek sesuatu yang mungkin ada karena yang lain, dan ada karena dirinya sendir
  • 4. Keberadaan ontologi dipandang dari segi jumlah  Monoisme. Yaitu alitan yang mengatakan bahwa hanya ada satu kenyataan fundamental.Kenyataan tersebut dapat berupa jiwa, materi dan Tuhan.  Dualisme. Yaitu aliran yang menganggap adanya dua substansiyang masing-masing berdiri sendiri.  Pluralisme. Adalah aliran yang menganggap bahwa segenap macam bentuk merupakan kenyataan dan semuanya nyata.
  • 5. Keberadaan ontologi dipandang dari segi sifatnya  Materialisme. Adalah aliran yang menyatakan bahwa tiak ada sesuatu yang nyata kecuali materi. Pikiran dan kesadaran hanyalah penjelmaan dari materi yang dapat dikembalikan pada unsur-unsur fisik.  Spiritualisme/idealisme. Bahwa kenyataan yang terdalam adalah roh.
  • 6. Keberadaan ontologi segi proses, kejadian dan perubahan  Mekanisme. Bahwa semua gejala dapat dijelaskan berdasarkan asas-asas mekanik (mesin).  Teleologi. Bahwa yang berlaku dalam keadaan alam bukanlah kaidah sebab akibat, akan tetapi memang ada sesuatu kemauan atau kekuatan yang mengarahkan alam ke suatu tujuan.  Vitalisme. Aliran yang memandang bahwa kehidupan tidak sepenuhnya dijelaskan secara fisika-kimiawi, karena pada hakikatnya berbeda dengan yang tidak hidup.
  • 7. Aliran lain yang berkaitan dengan ontologi  Nihilisme, adalah sebuah doktrin yang tidak mengakui validitas alternatif yang fositif.  Agnitisisme,adalah faham yang mengingkari kesanggupan manusia untuk mengetahui hakikat benda. Baik hakikat materi maupun hakikat ruh