Power point tik jaringan komputer pinkan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Power point tik jaringan komputer pinkan

on

  • 10,632 views

 

Statistics

Views

Total Views
10,632
Views on SlideShare
10,552
Embed Views
80

Actions

Likes
8
Downloads
412
Comments
1

1 Embed 80

http://pinkanrachmadani.blogspot.com 80

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • bagus
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Power point tik jaringan komputer pinkan Presentation Transcript

  • 1. Jaringan komputerJaringan komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlahbanyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalammelaksanakan tugasnya. Dua buah komputer misalnya dikatakanterkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentukkoneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro,satelit komunikasi.Dalam suatu jaringan komputer: Pengguna harus secara eksplisit:-masuk atau log in ke sebuah mesin-menyampaikan tugas dari jauh-memindahkan file-file-menangani sendiri secara umum seluruh manajemen jaringan
  • 2. Tujuan Jaringan1. Resource sharing/ berbagi sesumber2. High reliability/kehandalan tinggi3. Menghemat uang4. Scalability/ skalabilitas: meningkatkan kinerja5. Medium komunikasi6. Akses informasi luas: dapat mengakses dan mendapatkan informasi dari jarak jauh7. Komunikasi orang-ke-orang8. Hiburan interaktif
  • 3. Klasifikasi Jaringan KomputerAda 2 klasifikasi jaringan komputer yaitu dibedakanberdasarkan teknologi transmisi dan jarak.1. Teknologi Transmisi Secara garis besar ada dua jenis teknologi transmisi: a. Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama- sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. b. Jaringan point-to-point terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin.Untuk pergi dari satu sumber ke tempat tujuan, sebuah paket pada jaringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara.2. Jarak Jarak adalah hal yang penting sebagai ukuran klasifikasi karena diperlukan Teknik-teknik yang berbeda untuk jarak yang berbeda.
  • 4. MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER 1. LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, contoh: kantor, sekolah, dalam rumah,dll ada 3 Jenis Topologi LAN :
  • 5. 2. MAN (Metropolitan Area Network)Adalah Jaringan komputer yang lebih luas dari LAN, juga mampumenunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengantelevisi kabel.MAN hanya memiliki 1 atau 2 buah kabel dan tidakmempunyai elemn swtching, yang berfungsi untuk mengatur paketmelalui beberapa kabel output
  • 6. a. 3. WAN ( Wide Area Network) Adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area antar pulau, negara, benua bahkan sampai keluar angkasa. Contoh : Internet. Keuntungan WAN : Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang Komunikasi antar kota dpat menggunakan email dan chat Dokumen dapat dikirimkan melalui faksimile Pooling dan updating
  • 7. 4. Internet Internet merupakan sekumpulanjaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia. Atau juga di sebut WAN
  • 8. TOPOLOGI JARINGAN Topologi jaringan komputer adalah suatucara menghubungkan komputer yang satudengankomputer lainnya sehingga membentukjaringan. Dalam suatu jaringan komputer jenistopologi yang dipilih akan mempengaruhikecepatan komunikasi. Untuk itu maka perludicermati kelebihan/keuntungan dankekurangan / kerugian dari masing – masingtopologi berdasarkan karakteristiknya.
  • 9. JENIS TOPOLOGI JARINGAN• Topologi BUS• Topologi Star• Topologi Ring• Topologi Mesh
  • 10. 1. Topologi BUS
  • 11. Karakteristik Topologi BUS1. Node – node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator.2. Sangat sederhana dalam instalasi3. Sangat ekonomis dalam biaya.4. Paket-paket data saling bersimpangan pada suatu kabel5. Tidak diperlukan hub, yang banyak diperlukan adalah Tconnector pada setiap ethernet card.6. Problem yang sering terjadi adalah jika salahsatu node rusak, maka jaringan keseluruhan dapat down, sehingga seluruh node tidak bisaberkomunikasi dalam jaringan tersebut.
  • 12. Keuntungan Topologi Bus1. Topologi yang sederhana2. Kabel yang digunakan sedikit untuk menghubungkan komputer-komputer atau peralatan-peralatan yang lain3. Biayanya lebih murah dibandingkan dengan susunan pengkabelan yang lain.4. Cukup mudah apabila kita ingin memperluas jaringan pada topologi bus.
  • 13. Kerugian Topologi BUS1. Traffic (lalu lintas) yang padat akan sangat memperlambat bus.2. Bila ada gangguan di sepanjang pusat maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan.3. Sangat sulit untuk melakukan troubleshoot pada bus.4. Lebih lambat dibandingkan dengan topologi yang lain.
  • 14. 2. Topologi STAR
  • 15. Karakteristik Topologi STAR1. Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB)2. Bila setiap paket data yang masuk keconsentrator (HUB) kemudian di broadcast keseluruh node yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun.3. Sangat mudah dikembangkan4. Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut.5. Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP.
  • 16. Keuntungan Topologi STAR1. Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan topologi star tanpa mengganggu aktvitas jaringan yang sedang berlangsung.2. Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan star.3. Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda
  • 17. Kerugian Topologi STAR1. Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub.Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.2. Membutuhkan lebih banyak kabel karena semuakabel jaringan harus ditarik ke satu central point, jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain.3. Jumlah terminal terbatas, tergantung dari port yang ada pada hub.4. Lalulintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja lebih lambat
  • 18. 3. Topologi RING
  • 19. Karakteristik Topologi RING1. Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran.2. Sangat sederhana dalam layout seperti jenis topologi bus.3. Paket-paket data dapat mengalir dalam satu arah (kekiri atau kekanan) sehingga collision dapat dihindarkan.4. Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus, yaitu: jika salah satu node rusak maka seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.5. Tipe kabel yang digunakan biasanya kabel UTP atau Patch Cable (IBM tipe 6).
  • 20. Keuntungan Topologi RING1.Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan.2.Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanan dari server.3.Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat, karena data dapat bergerak kekiri atau kekanan.4.Waktu untuk mengakses data lebih optimal.
  • 21. Kerugian Topologi Ring1. Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.2. Menambah atau mengurangi komputer akan mengacaukan jaringan.3. Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang.
  • 22. 4. Topologi Mesh
  • 23. Karakteristik Topologi Mesh1. Topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada.2. Susunannya pada setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.3. jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.
  • 24. Keuntungan Topologi Mesh1. Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.2. Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.3. Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.
  • 25. Kerugian Topologi Mesh1. Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.2.Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.
  • 26. Perangkat Keras Jaringan Komputer1. Network Interface Card(NIC)
  • 27. 2. Kabel
  • 28. 3. SWITCH
  • 29. 4. HUB
  • 30. 5. Konektor UTP (RJ-45)Untuk menghubungkan kabel UTPdiperlukan konektor RJ-45 atau sejenisjack yang bentuknya mirip dengan jackkabel telepon namun memiliki lebihbanyak lubang kabel. Konektor tersebutdipasang di kedua ujung kabel denganperalatan Tang khusus UTP. Namun jikabelum bisa memasangnya, Anda dapatmeminta sekaligus pemasang-an padasaat membeli kabel UTP