Klasifikasi makhluk hidup

10,901 views
10,664 views

Published on

Materi kali ini mengenai Klasifikasi Makhluk Hidup terutama tentang Klasifikasi Lima Kingdom menurut Whittaker

Published in: Education
1 Comment
26 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
10,901
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
57
Actions
Shares
0
Downloads
107
Comments
1
Likes
26
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Klasifikasi makhluk hidup

  1. 1. Makhluk hidup sangat banyak dan beranekaragam. Keanekaragaman makhluk hidup dapat dilihatdengan adanya perbedaan-perbedaan bentuk, ukuran,stuktur, warna, fungsi organ, dan habitat. Makhluk hidup menunjukkan adanya perbedaanantara kelompok yang satu dengan kelompok yanglainnya. Perbedaan itulah yang memungkinkanterjadinya keanekaragaman pada makhluk hidup.
  2. 2.  Klasifikasi (pengelompokkan) Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu caramemilah-milah dan mengelompokkan makhluk hidupmenjadi golongan-golongan dan unit-unit tertentu.
  3. 3.  Tujuan klasifikasi Makhluk hidup:1. Mempermudah untuk mengenali.2. Mengelompokkan mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri-cirinya.3. Mengetahui hubungan kekerabatan antar mahluk hidup.4. Membandingkan dan mempelajari mahluk hidup.
  4. 4. Klasifikasi makhluk hidup didasarkan padapersamaaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimilikimakhluk hidup, misalnya bentuk tubuh atau fungsi alattubuhnya. Makhluk hidup yang memiliki ciri yang samadikelompokkan dalam satu golongan. contoh kucing dengan kambing dan kucingdengan harimau. Kucing dan kambing memilikibeberapa persamaan,dikelompokkan di kelas mamalia.
  5. 5. Akan tetapi harimau memiliki lebih banyakpersamaan dengan kucing jika dibandingkan dengankambing, sehingga harimau dapat dikelompokkandengan kucing dalam kelompok yang lebih kecil, yaitufamili Felidae. jadi semakin banyak persamaan sifat yangdimiliki kucing dan harimau menunjukkan semakindekat pula hubungan kekerabatannya
  6. 6.  Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup. makhluk hidup dikelompokkan berdasarkanpersamaan dan perbedaan sifat atau ciri. Makhlukhidup yang memiliki persamaan ciri dikelompokkankedalam suatu kelompok tertentu. misalnya dalam kehidupan sehari-hari kitamengenal kelompok buah-buahan, sayur-sayuran,tanaman hias, kelompok ikan.
  7. 7. bermacam-macam cara dilakukan untukmengelompokkan makhluk hidup, setiap carapengelompokkan dilakukan dengan berbagai dasar.Contohnya:Berdasarkan ukuran tubuh, tumbuhandikelompokkan menjadi pohon, perdu dan semak.
  8. 8. Pohon Perdu Semak
  9. 9.  Berdasarkan lingkungan tempat hidupnya, tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup dilingkungan kering (Xerofit), tumbuhan yang hidup di lingkungan air (hidrofit), dan tumbuhan yang hidup di tempat yang lembab (higrofit)
  10. 10. Xerofit HigrofitHidrofit
  11. 11. Berdasarkan manfaatnya, tumbuhan dikelompokkanmenjadi tanaman obat-obatan,tanaman sandang,tanaman hias, tanaman pangan,
  12. 12.  Berdasarkan jenis makanannya, hewan dikelompokkan menjadi hewan pemakan daging (karnivora), hewan pemakan tumbuhan (herbivora), dan hewan pemakan daging dan tumbuhan (omnivora)
  13. 13. Cara pengelompokkan makhluk hidup di atasdianggap kurang sesuai. Karena pengelompokkanmakhluk hidup dengan cara tersebut dibuat berdasarkankeinginan orang yang mengelompokkannya.
  14. 14. Carolus Linnaeus(1707-1778) adalah seorangahli ilmu pengetahuanalam dari swedia. Dialahyang memperkenalkancara pengklasifikasianmakhluk hidup.
  15. 15. Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasimakhluk hidup disebut Taksonomi. Carolus Linnaeusdianggap sebagai bapak taksonomi karena orangpertama yang meletakkan dasar-dasar taksonomi. Dalam klasifikasi, makhluk hidup yang jumlahnyabanyak dan beraneka ragam tersebut dipilah dandikelompokkan. Kelompok-kelompok ini disebutTakson. Jadi,takson merupakan tingkatan-tingkatandalam klasifikasi.
  16. 16. Tingkatan takson diurutkan dari yang rendahsampai ke yang tinggi. Beberapa spesies (jenis)dilkelompokkan ke dalam genus (marga). Beberapamarga dikelompokkan ke dalam familia (suku).Beberapa familia dikelompokkan ke dalam ordo(bangsa). Beberapa ordo dikelompokkan ke dalamclassis (kelas). Beberapa kelas dikelompokkan kedalam phylum (filum) untuk hewan dan Divitio(divisi) untuk tumbuhan. Beberapa filumdikelompokkan ke dalam kingdom (kerajaan)Animalia (hewan), sedangkan divisi dikelompokkanke dalam kingdom Plantae (tumbuhan).
  17. 17.  Tingkatan Takson dari yang tertinggi ke yang terendah : Kingdom (kerajaan)  Phylum/Divitio Classis (Kelas) Ordo (Bangsa) Familia (Suku) Genus (marga) Spesies (Jenis)
  18. 18. semula para ahli mengelompokkan makhlukhidup menjadi dua kerajaan, yaitu Hewan dantumbuhan. Kerajaan Hewan Kerajaan Tumbuhan Tidak ada dinding sel Memiliki dinding sel Tidak memiliki klorofil Memiliki klorofil Bisa berpindah tempat Tidak bisa berpindah tempat Tidak bisa membuat makanan Bisa membuat makanan sendiri sendiri
  19. 19. Namun ada tumbuhan yang tidak mempunyaiklorofil dan tidak dapat membuat makanan sendiri,yaitu jamur. Oleh karena itu para ahli taksonomikemudian mengelompokkan makhluk hidup menjaditiga kelompok, yaitu :1. Plantae (tumbuhan)2. Fungi (jamur)3. Animalia (hewan)
  20. 20. Setelah para ahli mengetahui struktur sel(susunan sel) secara pasti, makhluk hidupdikelompokkan menjadi empat kerajaan, yaitu :1. Prokariot2. Fungi3. Plantae4. Animalia Pengelompokkan ini berdasarkan ada tidaknyamembran inti. Sel yang memiliki membran inti disebutsel eukariotik, sedangkan sel yang tidak memilikimembran inti disebut sel prokariotik.
  21. 21. pada tahun 1969, Robert H. Whittakermengelompokkan makhluk hidup menjadi limakingdom, yaitu:1. Monera2. Protista3. Fungi4. Plantae5. Animalia
  22. 22. 1. Kingdom Monera Monera merupakan makhluk hidup bersel satu(unisel).Makhluk hidup yang dimasukkan dalamkerajaan monera memiliki sel prokariotik, artinya seltersebut tidak memiliki membran inti. Kelompok initerdiri dari Bakteri dan ganggang hijau biru. Bakteri merupakan mahluk hidup yangberkembang biak dengan membelah diri danmempunyai habitat di air, tanah dan udara. Bakterimempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga hanyadapat dilihat menggunakan mikroskop
  23. 23. monera
  24. 24. Bakteri mempunyai peranan yang besar bagikehidupan manusia, diantaranya : Sebagai pengurai (saprovor), bersama-sama dengan jamur, bakteri menguraikan mahluk hidup yang sudah mati untuk diubah menjadi zat anorganik. Penghasil antibiotik untuk pengobatan penyakit. Penghasil bahan pangan, misalnya pemanfaatan bakteri untuk pembuatan cuka, yoghurt, nata de coco. Pengikat N2 bebas di udara
  25. 25.  Selain itu, ada pula bakteri yang merugikan bagi kehidupan manusia karena bakteri tersebut merupakan penyebab penyakit pada manusia, diantaranya : Salmonella thyphosa, penyebab penyakit tifus Mycobacterium tuberculosis, penyebab penyakit TBC Mycobacterium leprae, penyebab penyakit lepra Treponema pallidum, penyebab penyakit sifilis Shigella dysentriae , penyebab penyakit disentri basile Diplococcus pneumoniae, penyebab penyakit radang paru-paru Vibrio cholera, penyebab penyakit kolera
  26. 26. 2. Kingdom Protista Makhluk hidup yang masuk dalam kerajaanprotista memiliki sel eukariotik, artinya sel tersebutmemiliki membran inti. uniseluler (bersel satu) yanghidup soliter atau berkoloni. Protista memiliki tubuh yang tersusun atas satusel atau banyak tetapi tidak berdiferensiasi. Protistaumumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan. Kelompok ini terdiri dari protista menyerupaihewan (Protozoa), protista menyerupai tumbuhan(ganggang) dan protista menyerupai jamur.
  27. 27. EuglenaParamecium Amoeba
  28. 28. Alga Hijau (Chlorophyta)Alga Merah (Rhodophyta)
  29. 29. 3. Kingdom Fungi (Jamur) Fungi memiliki sel eukariotik. Fungi tidak dapatmembuat makanannya sendiri. Cara makannyaheterotrof, yaitu menyerap zat organik darilingkungannya sehingga hidupnya bersifat parasit dansaprofit. kelompok ini terdiri dari semua jenis jamur,kecuali jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air(Oomycota).
  30. 30. Merupakan kelompok makhluk hidup yangmemperoleh makanan dengan cara menguraikan sisamakhluk hidup lain. Menyerupai tumbuhan namuntidak memiliki klorofil. Ada yang uniseluler dan adayang multiseluler, memilki dinding sel yang jelas,contoh: jamur dan ragi/khamir. Fungi pada umumnya bersifat saprofit(organisme yang hidup dan makan dari bahan organikyg sudah mati atau yg sudah busuk) dan parasit(organisme yg hidup dan mengisap makanan dariorganisme lain yg ditempelinya).
  31. 31. 4. Kingdom Plantae (Tumbuhan) tumbuhan memiliki sel eukariotik. Tubuhnyaterdiri dari banyak sel yang telah berdiferensiasimembentuk jaringan. Tumbuhan memiliki kloroplassehingga dapat membuat makanan sendiri (autotrof). Kelompok ini terdiri dari tumbuhan lumut,tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, dantumbuhan berbiji tertutup.
  32. 32. 5. Kingdom Animalia (hewan). Hewan memiliki sel eukariotik. Tubuhnyatersusun atas banyak sel yang telah bediferensiasimembentuk jaringan. Hewan tidak dapat membuatmakanan sendiri sehingga bersifat heterotrof. kelompok ini terdiri dari semua hewan, yaituinvertebrata dan vertebrata.
  33. 33. Pahun 1970-an, ilmuwan menemukan suatukelompok bakteri yang memiliki ciri unik dan berbedadari anggota kingdom lainnya. Kelompok tersebutkemudian dinamakan Archaebacteria. Archaebacteria lebih mendekati makhluk hidupeukariotik dibandingkan bakteri lain yang bersifatprokariotik.
  34. 34. Hal ini mengakibatkan terciptanya sistemklasifikasi baru, yaitu sistem klasifikasi enamkingdom, yang memisahkan kingdom archaebacteriadari anggota kingdom monera lain yang kemudiandisebut Eubacteria. Jadi, sistem klasifikasi enam kingdom terdiri ataskingdomEubacteria, Archaebacteria, Protista, Fungi, Plantae, danAnimalia.

×