Your SlideShare is downloading. ×
0
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Penyelengaraan Resepsi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Penyelengaraan Resepsi

7,587

Published on

Presentasi Mata Pelajaran : "Penyelenggaran Resepi", untuk Kelas IX

Presentasi Mata Pelajaran : "Penyelenggaran Resepi", untuk Kelas IX

Published in: Education, Technology, Sports
0 Comments
7 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
7,587
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
7
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PENYELENGGARAAPENYELENGGARAA N RESEPSIN RESEPSI Kelas IXKelas IX Pengajar : Peni SPd.Pengajar : Peni SPd.
  • 2. DEFINISI RESEPSIDEFINISI RESEPSI  Pertemuan atau perjamuan formal yangPertemuan atau perjamuan formal yang diadakan dengan tujuan menjamu paradiadakan dengan tujuan menjamu para tamu.tamu.  Contoh : pesta pernikahan, pelantikan,Contoh : pesta pernikahan, pelantikan, acara kenegaraan, pesta ulang tahunacara kenegaraan, pesta ulang tahun dan lain-lain.dan lain-lain.
  • 3. Jenis – jenisJenis – jenis ResepsiResepsi - Resepsi ResmiResepsi Resmi - Resepsi Setengah ResmiResepsi Setengah Resmi - Resepsi Tidak ResmiResepsi Tidak Resmi
  • 4. Resepsi ResmiResepsi Resmi  Resepsi kenegaraan yang seluruh acaraResepsi kenegaraan yang seluruh acara diatur secara protokoler (resmi) mulaidiatur secara protokoler (resmi) mulai dari undangan, siapa yang diundang,dari undangan, siapa yang diundang, pakaian yang harus dikenakan danpakaian yang harus dikenakan dan penempatan tempat duduk.penempatan tempat duduk.  Contoh : Resepsi Ulang TahunContoh : Resepsi Ulang Tahun kemerdekaan, jamuan tamu negara,kemerdekaan, jamuan tamu negara, pelantikan pejabatpelantikan pejabat
  • 5. Contoh Resepsi ResmiContoh Resepsi Resmi
  • 6. Resepsi SetengahResepsi Setengah ResmiResmi  Resepsi yang diselenggarakan tidakResepsi yang diselenggarakan tidak terikat dengan aturan protokoler. Pakaianterikat dengan aturan protokoler. Pakaian yang digunakan resmi tetapi tidakyang digunakan resmi tetapi tidak mengikat undangannya. Tempat dudukmengikat undangannya. Tempat duduk juga tidak diaturjuga tidak diatur  Contoh : Resepsi pernikahan, resepsiContoh : Resepsi pernikahan, resepsi khitanan, resepsi ulang tahun.khitanan, resepsi ulang tahun.
  • 7. Contoh ResepsiContoh Resepsi Setengah ResmiSetengah Resmi
  • 8. Resepsi Tidak ResmiResepsi Tidak Resmi  Resepsi yang tidak terdapat aturan-Resepsi yang tidak terdapat aturan- aturan yang mengikat, dengan tujuanaturan yang mengikat, dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antaramempererat tali silaturahmi antara keluarga, tetangga dan masyarakat.keluarga, tetangga dan masyarakat.  Contoh : Arisan, Pengajian, rapat RT danContoh : Arisan, Pengajian, rapat RT dan lain-lain.lain-lain.
  • 9. Contoh Resepsi TidakContoh Resepsi Tidak ResmiResmi
  • 10. Alat/PerlengkapanAlat/Perlengkapan ResepsiResepsi  RuanganRuangan  Kursi dan MejaKursi dan Meja  Meja MakanMeja Makan  Alat Makan dan alat hidangAlat Makan dan alat hidang  SerbetSerbet  DekorasiDekorasi  Perlengkapan (Sound System, Video,Perlengkapan (Sound System, Video, Foto)Foto)
  • 11. RuanganRuangan  Dapat digunakan Gedung, taman atauDapat digunakan Gedung, taman atau kebun, Kolam renangkebun, Kolam renang  Ruangan harus memperhatikan jumlahRuangan harus memperhatikan jumlah undangan.undangan.  Ruangan harus diatur sedemikian rupaRuangan harus diatur sedemikian rupa agar sirkulasi pekerjaan yang dilakukanagar sirkulasi pekerjaan yang dilakukan oleh penyelenggara tertib dan teratur.oleh penyelenggara tertib dan teratur.
  • 12. Contoh BerbagaiContoh Berbagai RuanganRuangan
  • 13. Kursi dan MejaKursi dan Meja  Kursi harus disesuaikan jumlahKursi harus disesuaikan jumlah undangan. (Kecuali Standing Party).undangan. (Kecuali Standing Party).  Meja dalam resepsi umumnya digunakanMeja dalam resepsi umumnya digunakan untuk tamu-tamu kehormatan atau tuanuntuk tamu-tamu kehormatan atau tuan rumah penyelenggara.rumah penyelenggara.
  • 14. Contoh Penataan KursiContoh Penataan Kursi dan Mejadan Meja
  • 15. Meja MakanMeja Makan  Meja yang digunakan untuk penataanMeja yang digunakan untuk penataan hidangan yang disajikan. Dan disesuaikanhidangan yang disajikan. Dan disesuaikan dengan jenis resepsinyadengan jenis resepsinya  Untuk Resepsi Resmi/kenegaraan, jumlahUntuk Resepsi Resmi/kenegaraan, jumlah meja menyesuaikan jumlah undangan.meja menyesuaikan jumlah undangan.  Untuk Resepsi setengah resmi, meja makanUntuk Resepsi setengah resmi, meja makan digunakan untuk menyajikan hidangan. Bisadigunakan untuk menyajikan hidangan. Bisa ditambah dengan sepinggan/gubukan.ditambah dengan sepinggan/gubukan.
  • 16.  Untuk Resepsi tidak resmi, biasanyaUntuk Resepsi tidak resmi, biasanya hidangan disajikan secara sederhana.hidangan disajikan secara sederhana. Makanan bisa dikemas dalam dus atauMakanan bisa dikemas dalam dus atau ditata dalam piring.ditata dalam piring.  Tetapi ada juga yang disajikan secaraTetapi ada juga yang disajikan secara prasmanan sederhana sehingga mejaprasmanan sederhana sehingga meja makan yang digunakan tidak banyak danmakan yang digunakan tidak banyak dan tidak perlu dihias.tidak perlu dihias.
  • 17. Contoh Penyajian MejaContoh Penyajian Meja Makan tidak resmiMakan tidak resmi
  • 18. Alat Makan & AlatAlat Makan & Alat HidangHidang  Digunakan tergantung dari acara resepsi nya.Digunakan tergantung dari acara resepsi nya.  Dalam acara kenegaraan alat yang digunakanDalam acara kenegaraan alat yang digunakan semua sama (seragam) dan mewah (adasemua sama (seragam) dan mewah (ada standart alatnya) tepat alat yang digunakan.standart alatnya) tepat alat yang digunakan.  Bila acara resepsi di rumah dan sederhanaBila acara resepsi di rumah dan sederhana bisa dengan alat yang sederhana atau yangbisa dengan alat yang sederhana atau yang dimiliki dapat juga dengan sewa.dimiliki dapat juga dengan sewa.
  • 19. Contoh Alat Makan &Contoh Alat Makan & Alat HidangAlat Hidang
  • 20. Serbet/NapkinSerbet/Napkin  Dalam acara resmi bahan serbetDalam acara resmi bahan serbet menggunakan kain biasanya terbuat darimenggunakan kain biasanya terbuat dari DAMASK.DAMASK.  Pada acara pernikahan biasanyaPada acara pernikahan biasanya menggunakan tissue.menggunakan tissue.  (ingat bentuk – bentuk lipatan serbet(ingat bentuk – bentuk lipatan serbet pada kelas 8)pada kelas 8)
  • 21. Contoh Serbet/NapkinContoh Serbet/Napkin
  • 22. Susunan Menu untukSusunan Menu untuk Acara ResepsiAcara Resepsi PernikahanPernikahan  Menu dalam pesta berbeda denganMenu dalam pesta berbeda dengan menu sehari – hari. Biasanya dibuatmenu sehari – hari. Biasanya dibuat mewah.mewah.  Dengan variasi : tehnik pengolahan,Dengan variasi : tehnik pengolahan, bahan dasar, penampilan, penyajian,bahan dasar, penampilan, penyajian, gaya garnish yang menarik.gaya garnish yang menarik.
  • 23. Contoh Menu ResepsiContoh Menu Resepsi
  • 24. Contoh Menu ResepsiContoh Menu Resepsi
  • 25. Contoh MenuContoh Menu Sepinggan/GubukanSepinggan/Gubukan
  • 26. Terima KasihTerima Kasih

×