Bab promosi

2,505 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,736
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
158
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bab promosi

  1. 1. CONTEMPORARY BUSINESS Strategi Promosi dan Penentuan HargaFENNYCA HERYANSYAH HALIM ( 023 08 0331 )LOUIS STEFANI ( 023 08 0538 )
  2. 2. Promosiadalah komunikasi yang mengaitkan antara pembeli dengan penjual yang menampilkan fungsi pemberian informasi, meyakinkan dan mempengaruhi sebuah keputusan pembelian.Komunikasi Pemasaran Terpadu ( IMC )adalah koordinasi dari seluruh kegiatan marketing untuk menghasilkan sebuah pesan terpadu yang terfokus pada pelanggan (iklan, media, direct mail, penjualan perorangan dan humas)
  3. 3. Lima Tujuan Utama Promosi DIFERENSIASI PRODUK. Mengkomunikasikan kepada para pembeli,prospektif perbedaan yang berarti tentang Atribut, Harga, Kualitas, atau Kegunaan barang dan jasa.MENGAKSESKAN NILAI PRODUK MENAWARKAN INFORMASI Strategi promosi meningkatkan Contoh : iklan media cetak nilai-nilai produk dengan sering Yang menjelaskan fiturmenekankan kepemilikan manfaat Dan kesediaan yang tidak dikenali MENAMBAH PENJUALAN MENSTABILKAN PENJUALAN Meningkatkan volume penjualan Tujuan lain dari strategi penjualan adalah tujuan umum yang paling banyak dalam strategi promosi.
  4. 4. Bauran Promosi adalah kombinasi dari teknik perorangan dan nonpersonal yang didesain untuk mencapai tujuan – tujuan informasi.Penjualan Perorangan ( Personal selling )adalah proses promosi antar personal yang melibatkan presentasi langsung dari seorang penjual kepada seorang pembeli prospektif. Penjualan Nonpersonal ( Nonpersonal Selling ) terdiri atas iklan, promosi penjualan, pemasaran langsung dan humas.
  5. 5. Pemasaran Gerilya adalah usaha pemasaran yang inovatif,berbiaya rendah, yang didesain untuk mendapatkanperhatian konsumen dengan cara yang tidakbiasa, mempresentasikan sebuah taktikpromosi yang semakin populer yang membuat parapemasar terutama dengan anggaran promosi yangterbatas menggunakannya.Iklan adalah komunikasi nonpersonal yang dibayarkan lewat berbagai media dan didesain untuk memberikan informasi, membujuk, atau mengingatkan anggota dari pemirsa tertentu.
  6. 6. Jenis-Jenis Iklan• Iklan Produk Pesan – pesan yang didesain untuk menjual barang atau jasa tertentu, Contoh : iklan telepon nirkabel T-Mobile dan kartu kredit .• Iklan Institusional Pesan – pesan yang mempromosikan konsep-konsep, ide-ide atau goodwill untuk industri , perusahaan, organisasi, dan entitas pemerintahan• Iklan Pendampingan pesan – pesan yang mempromosikan khusus tentang sebuah isu di masyarakat, contoh : organisasi nirlaba maupun bisnis menggunakan iklan pendampingan
  7. 7. Media Iklan• Surat Kabar Surat kabar harian dan mingguan terus mendominasi iklan lokal.Para pemasar dapatdengan mudah menempatkan iklan surat kabar untuk selera dan preferensi lokal. Para pengiklan juga dapat mengoordinasi pesan- pesan iklan mereka di surat kabar dengan usaha promosinya. Namun kelemahan surat kabar berasal dari jangka waktunya yang relatif singkat,,sehingga orang-orang biasanya akan membuang surat kabar ,setelah mereka membacanya/• Televisi Televisi menjangkau jumlah terbesar konsumen sekaligus dan juga merupakan media iklan termahal.Karena biayanya yang tinggi, para pengiklan akan mrnginginkan garansi berupa banyaknya pemirsa dan menerima kompensasi jika sebuah tayangan gagal untuk disaksikan oleh sejumlah pemirsa yang dijanjikan.• Radio Rata-rata rumah tangga memilki radio termasuk yang ada di dalam mobil,hal ini membuat radio menjadi media iklan yang penting.• Majalah Majalah adalah pilihan alamiah untuk iklan yang ditargetkan.Majalah dapat menyesuaikan publikasi mereka dan menargetkan pesan-pesan mereka ke wilayah-wilayah yang berbeda di seluruh negara. Salah satu metodenya adalah dengan menempatkan iklan lokal di edisi regional dari suatu majalah.
  8. 8. Media Iklan• Iklan Outdoor Iklan outdoor seperti billboard atau rambu-rambu dan dihiasi atau pajangan yang berkelip-kelip. Media ini menuntut pesan yang ringkas, dan bertambahnya isu estetis dan lingkungan menambah jumlah penentang iklan ini.Seperti billboard merupakan cara yang efektif untuk mencapai sejumlah besar orang dalam satu lokasi geografis dan bahkan dapat mempromosikan kasus-kasus penting seperti memberikan informasi tentang anak-anak yang hialng.• Iklan online dan Interaktif Iklan online adalah segmen media yang paling cepet tumbuh. Berkisar dari situs dan compact disc ( CD ) sampai ke kios-kios informasi di mal dan institusi keuangan, iklan online mengubah periklanan.• Surat Langsung Pertumbuhan yang cepat dalam variasi penawaran surat langsung yang di kombnasikan dengan kenyamanan yang mereka tawarkan, kepada kesibukan dimasa kini, para pembelanja yang terbatas waktunya telah membuat iklan lewat surat langsung menjadi bisnis miliaran dollar.
  9. 9. Media Iklan• Sponsor Sponsor memainkan peranan penting dalam hubungan pemasaran yaitu dalam menyatukan acara ,pesertanya dan perusahaan yang mensponsorinya dan memungkinkan para pemasar menjangkau pemirsa dalam jumlah sedikit namun sangat diharapkan• Infokemersial adalah bentuk dari program penyiaran langsung dari televisi dapat disebut juga direct response television ( DRTV ).Program 30 menit ini,menyerupai program televisi regular , tetapi mereka dikhususkan untuk menjual barang dan jasa seperti peralatan olahraga, produk-produk perawatan kuliat atau peralatan masak.
  10. 10. Promosi Penjualanadalah aktivitas peasaran nonpersonal selain iklan, penjualan perorangan danhumas yang menstimulasi pembeli konsumen dan efektifitas penjual. Promosi Berorientasi Konsumen bertujuan untuk mendapatkan para pelanggan baru dan yang ada disaat ini agar mereka mencoba atau membeli produk. Promosi Berorientasi Perdagangan adalah Promosi penjualan yang dilakukan untuk mendorong perantara pemasaran dibandingkan kepada para konsumen. Para pemasar menggunakan promosi perdagangan untuk mendorong para peritel untuk menyimpan produk baru, melanjutkan membawa produk-produk yang sudah ada, dan mempromosikan baik produk baru atau yang sudah ada secar efektif kepada para konsumen.
  11. 11. Penjualan Peroranganadalah presentasi promosi secara perorangan kepada pembeli potensial yangmerupakan kunci dari efektivitas pemasaran.Secara umum, perusahaan – perusahaan cenderung menekankan penjualan perorangan dibandingkan iklan atau promosi penjualan dengan empat kondisi : Para pelanggan relatif sedikit dalam jumlah dan terkonsentrasi secara geografis Produk sifatnya kompleks secara teknis , melibatkan perdagangan internal, san membutuhkan penanganan yang khusus Produk relatif mahal Produk bergerak lewat saluran distribusi langsung

×