Bab 12 karunia & rifaldo

  • 634 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
634
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
35
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PEMA SA RA N YA NG BERORIENTA SI PA DA PELA NGGA N BA B 12 dosen : iman imron 0900-USA KTI
  • 2. Apakah Pemasaran Itu?Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penentuan harga dari : ide, barang, jasa, organisasi dan peristiwa untuk menciptakan dan menjaga hubungan yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Munculnya Konsep Pemasaran Mengacu pada orientasi perusahaan kepada pelanggan dengan tujuan mencapai keberhasilan jangka panjang. Paling baik dijelaskan melalui pergeseran dari pasar penjual (pasar yang kekurangan barang dan jasa) ke pasar pembeli (pasar yang berlimpah barang dan jasa).• Kepuasan Pelanggan Hasil dari barang atau jasa yang memenuhi atau melebihi kebutuhan dan harapan pembeli.• Kepuasan Pelanggan dan Umpan Balik Salah satu dari cara terbaik untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas dengan barang dan jasa yang diberikan oleh perusahaan adalah melalui umpan balik pelanggan yaitu lewat suara konsumen bebas pulsa, survei kepuasan pelanggan, papan pesan di situs.
  • 3. Memperluas Batasan Pemasaran Tradisional Pemasaran NirlabaOrganisasi nirlaba beroperasi di sektor publik maupun swasta. Kelompoksektor publik meliputi pemerintah pusat, pemerintah negara bagian, danpemerintah daerah sekaligus lembaga yang menerima pendanaan melaluipajak.
  • 4. • Pemasaran NontradisionalLima kategori utama dalam pemasaran nontradisional : Pemasaran Orang Upaya yang dibuat untuk menarik perhatian, minat, dan selera seseorang. Pemasaran Tempat Melakukan usaha untuk menarik perhatian orang ke tempat tertentu, seperti kota, atau negara. Pemasaran Acara Memasarkan atau mensponsori acara jangka pendek seperti kompetisi atletik dan pertunjukan seni atau amal. Pemasaran Penyebab Pemasaran yang mempromosikan sebuah penyebab atau isu sosial, seperti pencegahan tindak kekerasan terhadap anak, usaha mencegah membuang sampah sembarangan, dan kampanye anti rokok. Pemasaran Organisasi Memengaruhi konsumen untuk menerima tujuan dari, menerima layanan dari, atau menyumbang dengan cara tersendiri terhadap suatu organisasi.
  • 5. Mengembangkan Strategi PemasaranMemilih Pasar Sasaran Pasar sasaran adalah kelompk orang yang menjadi sasaran dari suatu organisasi untuk memasarkan barang, jasa, atau idenya dengan strategi yang didesain untuk memenuhi kebutuhan dan selera mereka secara spesifik.
  • 6. • Mengembangkan Bauran Pemasaran Bauran pemasaran adalah gabungan empat unsur strategi pemasaran, produk, distribusi, promosi, dan harga untuk memenuhi segmen pelanggan yang dipilih. Strategi Produk berkaitan dengan lebih dari sekedar mendesain barang atau jasa dengan atribut yang dibutuhkan. Strategi Distribusi Menjamin bahwa pelanggan menerima pembelian mereka dalam jumlah yang tepat di waktu dan lokasi yang tepat. Strategi Promosi Memanfaatkan kombinasi iklan, penjualan perorangan, dan hubungan masyarakat yang efektifuntuk mencapai tujuan penyampaian informasi, pendekatan, dan pengaruh untuk pengambilan keputusan pembelian. Strategi Penentuan Harga Merupakan salah satu area tersulit dalam pengambilan keputusan pemasaran dalam menentukan harga yang menguntungkan sekaligus dapat dipertanggungjawabkan untuk penawaran produk perusahaan.
  • 7. • Mengembangkan Bauran Pemasaran bagi Pasar InternasionalKeuntungan dari standarisasi bauran pemasaran mencakup kinerja pemasaranyang dapat diandalkan dan rendah biaya. Pendekatan ini akan berhasil baik untukbarang bisnis, seperti baja, bahan kimia, dan pesawat terbang.Sebaliknya, adaptasi memberi kesempatan bagi para pemasar untuk menyediakanvariasi atas bauran pemasaran mereka untuk menyesuaikan dengan kondisipersaingan lokal, selera konsumen, dan peraturan pemerintah.
  • 8. Riset Pemasaran untuk pengambilan Keputusan Pemasaran yang Lebih Baik Riset Pemasaran Proses pengumpulan dan evaluasi informasi untuk membantu pemasar mengambil keputusan yang efektif. Pemasar melakukan riset untuk lima alasan : Untuk mengenali permasalahan dan peluang pemasaran Untuk menganalisis strategi pesaing Untuk mengevaluasi dan memprediksi perilaku konsumen Untuk mengukur kinerja dari produk dan desain kemasan yang ada saat ini serta melakukan penilaian untuk hal-hal tersebut dimasa yang akan datang Untuk mengembangkan rencana harga, promosi, dan distribusi
  • 9. Pengolahan data adalah pencarian datapelanggan dalam jumlah yang sangatbesar di komputer untuk mendeteksipola dan hubungan. Pengolahan datamemanfaatkan gudang data yaitu basisdata pelanggan modern yang membuatmanajer dapat menggabungkan datadari beberapa fungsi organisasi yangberbeda.
  • 10. Proses pembagian sebuahpasar ke dalam beberapakelompok yang relatifhomogen
  • 11. Kriteria: Sebuah segmen harus menjadi kelompok yang dapatdiukurSebuah segmen harus dapat diakses untuk kebutuhankomunikasiSebuah segmen harus cukup besar untuk menawarkanpotensi laba
  • 12. Pasar konsumen Pasar Bisnis
  • 13. Segmentasi geografis:Membagi sebuah pasar ke dalam kelompok homogen berdasarkan lokasipopulasi.Segmentasi demografis:Membedakan pasar berdasarkan karakteristik demografis atau sosioekonomis.Segmentasi psikografis:Membagi konsumen ke dalam kelompok yang memiliki karakteristik, nilai,dan gaya hidup psikologis yang sama.Segmentasi yang berkaitan dengan produk:Pemasar dapat membagi pasar konsumen kedalam kelompok berdasarkanhubungan pembeli barang atau jasa.Segmentasi pengguna akhir:Berfokus pada cara tepat pembeli dalam menggunakan sebuah produk.
  • 14. Perilaku pembeli:Serangkaian proses keputusan oleh konsumen individuyang membeli produk untuk digunakan sendiri danpembeli dari kalangan organisasi ( perusahaan) yangmembeli produk bisnis untuk digunakan secara langsungatau tidak langsung dalam penjualan barang lainnya.Perilaku konsumen:Tindakan konsumen akhir yang secara langsung terlibatdalam pemerolehan pengonsumsian, dan pembuanganproduk serta proses keputusan yang mendahului danmengikuti tindakan tersebut.