Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Yogyakarta Principles Comic versi Bahasa Indonesia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Yogyakarta Principles Comic versi Bahasa Indonesia

  • 4,138 views
Published

Yogyakarta Principles Comic versi Bahasa Indonesia

Yogyakarta Principles Comic versi Bahasa Indonesia

Published in Education , Technology
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
4,138
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
12

Actions

Shares
Downloads
103
Comments
2
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Sebuah pengantarKomik yang akan kawan-kawan baca ini merupakan sebuah komik yangakan memberikan pemahaman dasar tentang Yogyakarta Principles (Prinsip-prinsip Yogyakarta) atau YP, sebuah prinsip-prinsip tentang hak-hak orientasiseksual dan identitas gender bagi kelompok LGBTIQ (Lesbian, Gay, Biseksual,Transgender, Intersex dan Queer). Special ThanksPrinsip-prinsip ini dikembangkan untuk menanggapi pola-pola pelecehanterhadap kelompok LGBTIQ yang dilaporkan dari seluruh dunia seperti pe Setelah bolak-balik yang diakhiri dengan jungkir balik akhirya kelar juga Komik Yogyakartamerkosaan , penyiksaan, pelarangan privasi, penangkapan dan penahanansecara sewenang-wenang, eksekusi tanpa proses peradilan, penyalahgunaan Principles ini. Proses yang cukup panjang dan agak sedikit membuat deg-deg-an akhirnyamedis, penolakan kebebasan berbicara, diskriminasi dalam pekerjaan, berhasil kami lalui dengan diterbitkannya komik ini.kesehatan, pendidikan, perumahan, dan akses terhadap keadilan imigrasi. Institut Pelangi Perempuan pada kesempatan ini ingin menghaturan banyak terimaBanyak komunitas LGBTIQ yang belum mengetahui tentang YP, padahal ini kasih pada kawan-kawan individu dan komunitas lesbian muda di Jabodetabek yangpenting sekali untuk bisa diketahui dan dipahami oleh komunitas LGBTIQ telah sudi berbagi pengalamannya kepada kami untuk dijadikan cerita pada komik ini.sehingga mereka bisa mengerti bahwa sebagai warga negara, LGBTIQ juga Kemudian terima kasih untuk HIVOS yang telah memberikan kami dukungan yangmemiliki hak-hak asasi manusia yang harus dilindungi oleh pemerintah sangat berarti dalam mewujudkan mimpi kami menjadi kenyataan yaitu membuat sebuahIndonesia. Beberapa upaya sudah dilakukan untuk mensosialisasikan YPdi Indonesia seperti melakukan proses penterjemahan ke dalam bahasa komik Yogyakarta Principles. Kamilia manaf selaku Direktur Eksekutif Institut PelangiIndonesia. Namun demikian kami merasa bahwa prinsip-prinsip ini perlu Perempuan yang dengan penuh semangat memberikan dorongan bahwa Institut Pelangiuntuk dibumikan lagi dikarenakan kami mendapatkan respon dari beberapa Perempuan harus bisa berpartisipasi mensosiliasikan Yogyakarta Prinsiple dengan carateman bahwa konten dari YP cukup sulit untuk bisa mereka pahami dengan menerbitkan komik dan juga ikut berpartisipasi dalam menyusun konsep komik YP ini.bahasa hukum dan HAM. Respon ini terutama kami dapatkan dari teman-teman LGBTIQ muda. Kemudian Ino yang banyak menghabiskan waktunya merangkai pengalaman kisah-demi kisah kawan-kawan LGBTIQ muda di wilayah Jabodetabek, baik itu melalui wawancaraOleh karena itu, Institut Pelangi Perempuan sebagai pusat kegiatan dan langsung ataupun melalui online internet, juga ada Yasmin Purba Aktifis HAM (IKOHI)informasi lesbian muda Indonesia mempunyai inisiatif untuk mengenalkanYP dalam bentuk komik dengan tujuan menarik perhatian LGBTIQ muda dan Mas Irwan MH (peneliti Kajian Gender dan Seksualitas Universitas Indonesia) yanguntuk memahami konten YP dan juga mudah-mudahan komik ini dapat ditengah-tengah kesibukanya selalu setia menjadi teman berkonsultasi mengenai komikmempermudah mereka untuk memahami konten YP. ini, selanjutnya ada mas Agung sang komikus yang telah menjadikan serpihan cerita LGBTIQ muda menjadi komik yang begitu indah dilihat dan dibaca, selanjutnya terimaCerita dalam komik ini berdasarkan kisah-kisah nyata yang dihadapi kasih juga untuk para staff IPP yang turut berkontribusi dalam proses pembuatan komikbeberapa teman lesbian muda di Indonesia. Kami melakukan melakukan ini : Panca, Melly dan Nana kalian juga adalah bagian yang tak terpisahkan. Dan tak lupawawancara langsung kepada mereka tentang pengalaman dan masalah untuk Yatna Pelangi sukeralawan yang membantu kami selama proses hingga terbitnyayang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-harinya, yang kemudian kami komik ini.kemas semua kisah tersebut menjadi sebuah cerita dalam komik ini. Kamijuga bekerjasama dengan akademisi dari Kajian Gender dan SeksualitasUniversitas Indonesia dan aktifis HAM yang turut memberikan kontribusi dansaran-saran dalam proses pembuatan Komik YP ini. Salam Pelangi!Begitulah, latar belakang terbitnya komik YP ini, semoga komik ini menjadisebuah bacaan yang memberikan warna dalam upaya penegakan hak-hakasasi LGBTIQ di Indonesia. YP memang belum disahkan oleh pemerintahIndonesia, akan tetapi dengan memahami konten YP ini diharapkan mampumembangun kesadaran LGBTIQ muda akan pentingnya melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan Prinsip-prinsip Yogyakarta dalam kehidupansehari-hari kita.
  • 2. Prolog Pemerkosaan , penyiksaan, pelaranganHak asasi manusia atau HAM telah menjadi salah satu isu terpenting dan privasi, penangkapan dan penahanankontroversial dalam kancah pergaulan internasional dalam dasawarsa terakhir ini. secara sewenang-wenang, eksekusiApalagi sejalan dengan derasnya arus globalisasi yang seringkali mengakibatkan tanpa proses peradilan,pelanggaran HAM baik di dalam sebuah negara atau pun antar negara meskipun penyalahgunaan medis , penolakanlewat globalisasi pulalah semakin banyak orang yang mengetahui tentang Setiap orang kebebasan berbicara,pentingnya HAM tersebut. Pemahaman terhadap HAM sendiri begitu beragam di dilahirkan bebas dan diskriminasi dalam pekerjaan,antara negara-negara di dunia sehingga seringkali menimbulkan perbedaan dalam sama dalam martabat kesehatan, pendidikan, perumahan,praktek penegakan HAM itu sendiri. Masih banyak negara yang berpandangan dan hak, ini harus dan akses terhadap keadilan imigrasi.bahwa orientasi seksual bukanlah isu HAM. Di banyak negara dunia, termasuk Orientasi seksual dan termasuk LGBTIndonesia, masih sering terjadi seseorang/sekelompok orang mengalami tindak identitas genderkekerasan, diusir dari keluarganya, dilarang berkumpul, dikeluarkan dari pekerjaan,ditangkap atau tidak mendapatkan layanan kesehatan – untuk menyebut beberapacontoh -- karena orientasi seksual dan/atau identitas gendernya yang berbedamisalnya waria, gay, lesbian, biseks, transeksual atau pun pekerja seks.Dalam konteks di atas maka sejumlah aktivis dan pakar HAM dari 25 negara Hak asasi manusiakemudian menyusun sejumlah prinsip bagi penerapan hukum HAM yang terkait adalah milik semuadengan orientasi seksual dan identitas gender. Prinsip-prinsip ini kemudian orang. Terlepas apakah dia memiliki orientasidiluncurkan di Yogyakarta pada tanggal 27 Maret 2007 yang dikenal dengan seksual dan Identitasnama The Yogyakarta Principles. Tujuan dari Prinsip-prinsip Yogyakarta ini adalah gender yang berbedamendorong pemerintah dari negara-negara anggota PBB – termasuk Indonesia-- untuk menghargai (respect), melindungi (protect) dan memenuhi (fulfill)HAM dari warganegara khususnya terkait dengan orientasi seksual dan identitasgender. Masalah HAM adalah kewajiban negara untuk mewujudkannya. Setiapwarga negara berhak menuntut negara untuk menjalankan kewajibannya dalampenegakan HAM.Komik yang ada di tangan pembaca ini adalah upaya yang diprakarsai oleh InstitutPelangi Perempuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai Prinsip-prinsipYogyakarta tersebut kepada komunitas lesbian muda di Indonesia. Komik inimerupakan upaya ‘menerjemahkan’ ke dalam bahasa yang lebih mengena bagikaum muda (youth friendly). Kisah dalam komik ini terinspirasi oleh pengalamanhidup sesungguhnya dari beberapa lesbian muda Indonesia. Komik dipilih sebagaimedia menyampaikan Prinsip-prinsip Yogyakarta dengan harapan agar lebihmudah dipahami ketimbang dalam format brosur atau pun buku saku.Satu hal yang perlu disadari bahwa Prinsip-prinsip Yogyakarta bukanlah sebuahproduk hukum yang telah mengikat setiap negara anggota PBB. Hal penting yangtercantum di dalamnya adalah rincian tentang kewajiban setiap negara untukmenerapkan secara efektif setiap kewajiban HAM. Di sinilah diperlukan upaya-upaya advokasi dari berbagai pihak – seperti yang dilakukan Insitut PelangiPerempuan – untuk terus menerus mendorong pemerintah Indonesia agarmelakukan kewajibannya dalam penegakan HAM.
  • 3. Suatu pagi, satu SD di pinggiran kota Jogja Gina, mukamu pucat, kamu sakit nak? Hmmm Badan kamu panas sekali nak Sedikit pusing bu Istirahat di UKS ya? ....
  • 4. waw sudah pagi! Gina istirahat di sini dulu ya, ibu ambilkan obatnya...Ibu Mulyani ... baik banget Gina kamu sudah sembuh? Ya sudah habis minum obat Kamu pulang ya biar nanti diantar kakakmu Sudah bu Gina mau sekolah Bu Mulyani.... kenapa aku inget ibu terus ya....
  • 5. Pagi hari di sekolah Yuuk kita ke kelas Terima kasih, ibu pelajaran sudah senang melihat Gina mau mulai sudah sembuh sekarang Uuhngeliat BuMulyani kokdeg-degan ya eh.. permisi bu Ini bu.. Gina mo Selamat pagi Ada apa nyerahin ini anak-anak... Gina? ke bu guru Selamat pagi Bu guru...
  • 6. Anak-anak, sebelumnya Bu Mul ingin bilang bahwa Bu Mul senang sekali bisa mengajar anak-anak di SD HARAPAN KITA ini. Anak- anak sangat rajin dan tidak nakal, rajin mengerjakan PR dan tidak berisik saat pelajaranIngin rasanya Bu Mul melihat kalian tumbuh dewasa dan bisa mencapai citacita kalian Tidaaak..... Ini adalah hari terakhir Bu Mul mengajar disini, besok Bu Mul harus pindah tugas ke kota Jakarta Bu Mulyani.... Jangan pergi...... Jangan........
  • 7. Sepi sekali, oh itu Bu Nunuk penjaga sekolah Gin.... Bangun Nak, kamu sudah tidur lama sekaliHAH! hhh hhhA..apa ini cuma mimpi?? Iya nak, Bu Mul sudah berangkat hhh Ibu Mulyani ke Jakartahhh apa sudah benarbenar pindah bu? Bu Mulyani kenapa Aku sayang pergi? Bu Mul .... Perasaan ini, aku akan simpan sendiri
  • 8. Di suatu pagiButuh waktu yang lama untuk Gina bisa bangkit danbisa ceria seperti semula .... Setiap perjalanan Hh.. Aduuhh gawat, yang dia lewati, pasti dah telat tak pernah dia nihhh menemukan perasaan yang sama ketika dia dulu bersama Bu Mul ........... Hh.. Hh.. Hingga akhirnya pada tahun ke empat saat usianya sudah memasuki usia yang benar-benar remaja, usia 16th dan Gina sudah duduk HEY, KAMU BERHENTI dibangku sekolah 1 SMU DISITU ........ Aduuuh gimana ini?
  • 9. JANGAN Siswa baru harus Kamu dihukum CENGENG, BARU Kamu anak baru disiplin bukan berdiri di sini!! SEGINI SUDAHsudah terlambat! seperti ini!! NANGIS KAMU!! Tom, biar aku yang atasi dia Siapa anak baru itu Hiks... ya?
  • 10. Meskipun Ai dan Gina baru kenal, tapi mereka sudah Hiks.. sangat akrab. Jalinan pertemanan merekapun Hei, sudah .... sudah hampir 2 bulan. jangan menangis Ai adalah seorang anak perantauan dari Kalimantan, dia bertempat tinggal Hiks.. tidak jauh dari rumah Gina. Setiap harinya Ai dan Gina sama-sama menggunakan jasa angkutan umum untuk berangkat menuju ke sekolahnya. Ai tinggal bersama Om dan Tante serta anak tunggal mereka. Tidak berbeda dengan kehidupan anak perantauan yang dititipkan ke tempat saudaranya, Ai harus disiplin dan mentaati setiap peraturan yang diterapkan dirumah itu. Keluarga Ai di Kalimantan adalah seorang pengusaha impor kayu, dia mempunyai satu adik perempuan. Ai adalah orang yang berusaha mandiri saat dia masih kecil. Sekarang pun Ai sekolah sembari kerja part time di toko peminjaman buku. Dia Kamu menambah penghasilannya sendiri karena dia tidak nggak ingin merepotkan Om dan Tantenya yang sudah banyak membantu Ai. dihukum lagi kok... Disekolah Ai adalah orang yang tidak pandai bergaul, tidak seperti Gina yang belum lama disekolah dia sudah mendapatkan banyak teman. Ai sempat merasa teman- teman perempuannya sangat berusaha menjaga jarak dengan Ai. Terlihat mereka mempunyai ketakutan tersendiri saat berdekatan dengan Ai. Ai lebih nyaman bergaul dengan laki-laki disekolahnya, Meskipun tidak sedikitPanggil aku Ai teman lelakinya yang nama kamu Aku... berusaha melakukan siapa? Gina ... pelecehan seksual terhadapnya dengan mencoba mencium atau memegang payudaranya. Mereka melakukan itu dengan anggapan tidak percaya Ai adalah seorang perempuan dan ingin membuktikannya. Beruntung Ai adalah orang yang berani melawan orang-orang yang hendak kurang ajar padanya
  • 11. -Prinsip no 5, Hak atas Keamanan Seseorang Kak Ai, ! Setiap orang, tanpa memandang orientasi seksual dan identitas gender mereka, memiliki Cantik hak atas keamanan bagi dirinya dan atas perlindungan Negara dari Gina cantik gak hari ini kekerasan atau kekerasan fisik, baik yang dilakukan oleh pejabat pemerintah, individu maupun kelompok Makasih, yuuuk kita berangkat
  • 12. Kenapa kak? Gak apa-apa, yuuuk berangkat -Prinsip no 6 Hak atas privasi Setiap orang, tanpa memandang orientasi seksual dan identitas gender mereka, berhak untuk menikmati privasi mereka tanpa campur tangan tidak sah atau sewenang-wenang, termasuk pada keluarga, rumah atau hubungan mereka serta perlindungan dari penyerangan di luar hukum terhadap kehormatan dan reputasi mereka. Hak atas privasi biasanya mencakup pilihan untuk memberikan atau tidak memberikan informasi mengenai orientasi seksualnya dan identitas gender seseorang, serta keputusan dan pilihan atas tubuh seseorang dan hubungan intim atas dasar suka sama suka dan bentuk hubungan lainnya dengan orang lain.
  • 13. Kakak kenapa? Na, kamu deket bener sih ama Ai? Hati-hati Oh hmm, gak Hati-hati loh kenapa? apa-apa kok, Kak Ai itu lucu tadi cuma lupa tau!, baik pulabawa salah satubuku pelajaran Ohh mumpung masih jam segini, gak mau Kebetulan pas diambil aja? pelajaran sejarah, kamu tahu khan Pak Dayat galak banget Gak usah, gak apa- apa kok Na, kamu gak jatuh cinta khan sama Ai Ada deh, emang kenapa? Kakak mau langsung ke kelas? Gila kamu, gak normal kamu tau khan itu hal yang Yaa bagus kalau kamu gak bener?” gak Lesbian, aku gak Iya, kakak ada mau temenan sama piket hari ini kamu lagi kalau sampai Iiih apaan itu terjadi! sih, masa deket gitu aja Oh ya udah, kita langsung ketemu dikantin gak Iya normal? pas istirahat, ya kak! Kamu ‘deket‛nya gimana? Kalau sampai jatuh cinta yaa gak benerlah. Ya ampun Na, banyak cowo Na yang mau sama kamu, napa larinya ke Ai sih Maksud kamu apa? Kamu mau bilang aku Lesbian gitu
  • 14. -Prinsip no 2 HAK ATAS KESETARAAN DAN Kamu itu sahabatku dari smp, kamu sudah kuanggap sepertiNON -DISKRIMINASI adikku, gina. Setiap orang berhak menikmati Ai itu lesbian, kamu tak tahu siapa Ai, HAM tanpa diskriminasi berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender. Setiap orang berhak atas Aku tahu siapa Ai kesetaraan dimata hukum dan Ai adalah seorang Lesbian, Ai pernah mengajak mantan pacar perlindungan undang-undang tanpa perempuannya untuk sesekali adanya diskriminasi yang atau yang datang ketempat kerjanya. Teman tidak mempengaruhi penikmatan Ai juga menceritakan bahwa keluarga mantan pacarnya pernah HAM. mendatangi Ai ditempat kerjanya dan mengancam akan menyebarkan Hukum juga melarang diskriminasi tentang diri Ai yang lesbian ke lingkungan sekolah dan akan semacam itu dan menjamin berusaha mengeluarkan Ai dari perlindungan yang setara dan sekolahnya jika Ai tetap menjalin efektif terhadap diskriminasi bagi hubungan dengan anak mereka dan kamu tak tahu itu Gina setiap orang. Diskriminasi berbasis orientasi seksual dan identitas gender mencakup pembedaan, pengecualian, pelarangan atau pilihan berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender yang bertujuan atau mempengaruhi kesetaraan di mata hukum atau perlindungan hukum, atau pengakuan, penikmatan atau pelaksanaan, pada tatanan
  • 15. Prinsip no 6 dan 16 Prinsip 6 HAK ATAS PRIVASI Setiap orang, tanpa memandang orientasi seksual dan identitas gender mereka, berhak untuk menikmati privasi mereka tanpa campur tangan tidak sah atau sewenangwenang, termasuk pada keluarga, rumah atau hubungan mereka serta perlindungan dari penyerangan di luar hukum terhadap kehormatan dan reputasi mereka. Hak atas privasi biasanya mencakup pilihan untuk memberikan atau tidak memberikan informasi mengenai orientasi seksual dan identitas gender seseorang, serta keputusan dan pilihan atas tubuh seseorang Hai dan hubungan intim atas dasar suka sama suka dan bentuk hubungan lainnya dengan orang lain Diskriminasi berbasis orientasi seksual dan identitas gender mencakup pembedaan, pengecualian, pelarangan atau pilihan berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender yang bertujuan atau mempengaruhi Kok kusut kesetaraan di mata hukum atau perlindungan banget, hukum, atau pengakuan, penikmatan atau dimarahi pelaksanaan, pada tatanan guru yah Prinsip 16 HAK ATAS PENDIDIKAN Setiap orang berhak atas pendidikan, tanpa diskriminasi yang berbasis, dan mengikutsertakan, Aku sangat nyaman berdekatan dengan kamu Kak, bahkan aku orientasi seksual jadi ingat dengan kehangatan perasaan yang telah lama hilang dariku, tapi apakah mungkin aku mencintaimu? Bukankah atau identitas gender terlalu cepat untuk mencintai mereka
  • 16. Kak, nanti sore Naa! Kok ngelamun jam 5 kita jalan aja? Mau makan yuk ke mall, kakak Naa! Kok gak? ambil cuti dech, aku bener-bener ngelamun lagi pengen aja? Mau ditemenin, dan makan gak? ada hal yang mau aku Iya sampein Iya ke kakak Siang harinya sepulang sekolah Kamu kenapa sih? Lagi BT? Gina kok belum kelihatan ya... Kak untuk orang yang baru kenal 2 bulan, mungkin gak Mungkin saja, sih jatuh cinta?kamu lagi jatuh cinta? tiiit tiiit tiiit Iih Cuma tanya doang kok
  • 17. Ah iya ga lama kok nunggunya, aku juga baru datang. Yuuuk Ya Tuhan Ada apa denganku, Aneh dan tidak kenapa aku jadi biasanya, ada apa risau sendiri? sebenarnya? Udah lama nunggunya? Tadi kamu izin pulang kenapa? Sakit?Na? Iya, sedikit pusing aja Kak, Emm.....Kak, ada sesuatu yang mau Sebenarnya aku juga pengen aku sampaikan ke Kakak, tapi janji tau apa yang mau kamu Kakak gak akan benci ataupun sampaikan, karena dari marah sama aku yah? disekolah tadi, kamu sudah lain
  • 18. Maafin aku Kak. Fanny fikir kita sepasang Sebenarnya tadi pagi aku Lesbian lagi ngobrol sama Fanny. Dia menanyakan kedekatan kita yang dia pikir itu adalah hal yang tidak wajar. Tapi Kakak janji gak akan bilang apa-apa ke Fanny ya Kak Kak Ai Tuduhan Fanny gak benar khan? Kita bukan pasangan Lesbian khan? Aku janji, trus dia tanya dan bilang apa? Kita pacaran ga sich? kalo pacaran kita lesbian dong! Kakak mungkin sudah sadar. Aku memang sangat nyaman Hanya kamu yang tahu tentang hubungan sekali berdekatan dengan kita Na, sejauh mana perasaanmu Kakak. 2 bulan terakhir ini, kita nglewatin pertemanan denganku. Aku akan menerima semua yang sangat indah. Kakak keputusanmu.mengembalikan rasa yang dulupernah hilang dariku. Tapi aku gak tau rasa apa itu? Sampai akhirnya tuduhan Fanny tadi membuatku berfikir.
  • 19. ...... Sejak pertemuan itu, mereka merasa bingung dan serba gelisah. Kamu kenapa Nak? Eh Ayah, gak apa-apa kok... yah, Gina hanya kecapean tadi. Ya sudah kamu istirahatlah
  • 20. Hhh... Gina tidak muncul pagi ini.... Apakah benar aku seorang Lesbian, aku memang tidak mempunyai hasrat berdekatan dengan laki-laki, tapi bukan berarti aku Lesbian khan…? Apa dia ingin menjauhiku? Jika iya, aku harus melakukan sesuatu, aku tidak ingin keadaan menjadi rumit seperti ini. Gina, kenapa bayanganmu jadi rajinmenghampiriku? Maafkan aku kak Ai Aku tidak ingin disebut lesbian dan dijauhi teman- temanku
  • 21. Keesokan harinya, ai menemui Neo, salah satu anak anggota perkumpulan lesbian Aku lagi gaTumben kamu enak badan,ga berangkat makanya bareng Ai? minta kakak anterin aku Gina? Ai, Kemana aja kamu? Hai Kak neo, sibuk sekolah aja kok Kakak sendirian? Maaf yah aku jadi ngerepotin Gak apa-apa kali, santai aja lagian kita udah lama gak ketemu. Tadi sih ada Kak Vey yang kesini, tapi dia udah pulang, Apa benar ini ada janji katanya maumu Na?
  • 22. Prinsip 20 HAK ATAS KEBEBASAN UNTUK BERKUMPUL DAN BERSERIKAT DENGAN DAMAI Prinsip 16, halaman 56 HAK ATAS PENDIDIKAN Kamu bisa memulai dengan memberikan dia pemahaman, Setiap orang berhak atas kebebasan untuk Hmmm jadi begitu Ai, kamu tidak ingin gina misalnya bisa kamu ajak maen ke toko buku tempat berkumpul dan berserikat, termasuk untuk menjauh? kamu kerja, kamu sendiri kepentingan demonstrasi secara damai, bilang di sana banyak tanpa memandang orientasi seksual dan buku bahan cerita tentang Lesbian yang mendidik. Kamu identitas gender mereka. Setiap orang harus pelan-pelan dan dapat membentuk dan telah mengakui, sabar jika memang kamu tanpa diskriminasi, berserikat berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender, dan berserikat yang menyebarkan informasi kepada atau mengenai, memfasilitasi komunikasi antar, atau mengadvokasi hak- Ingin dia tidak hak dari, orang dengan berbagai macam benarbenar pergi orientasi seksual dan identitas gender. dari kamu. Dan jangan ceroboh. Ingat kejadian dulu ketika kamu sering Akhirnya, menghampiri mantan tau hubungan kalian, pacarmu dirumahnya perlakuan seperti apa yang kalian dan keluarganya terima? Mantan pacar kamu akhirnya diungsikan sebelum akhirnya dilarang Setiap orang berhak sekolah dan dihajar oleh bapak dan kakakkakakknya. atas pendidikan, tanpa Dan kamu, kamu pun sempat diskriminasi yang berbasis, diancam untuk dikeluarkan dari sekolah juga khan? dan mengikutsertakan, Niat kamu bagus, tapi belum orientasi seksual atau tentu nyampainya di orang lain juga bagus. Kamu masih identitas gender mereka. sekolah sekarang. Yah, aku gak mau bilang cinta kalian masih cinta monyet. Tetapi kalian masih mempunyai masa depan yang panjang. Jadi pergunakanlahwaktu kalian untuk membekali diri dengan ilmu dan wawasan yangluas, setidaknya saat dimana nanti kalian harus coming out, kalian akan siap. Hidup sebagai Lesbian memang butuh perjuangan, tapi bukan berarti kita tidak bisa.
  • 23. Sementara itu dirumah Gina .... Kak Ai? Kak Ai?
  • 24. Tadi Kak Ai ga Nggak, aku masuk sekolah? bolos Aku tidak kuat dengan sikap kamu yang masih Keesokan hari mendiamkanku di toko bukutempat Ai bekerja Maaf kak ini bukanlah keinginan aku Tapi karena situasi yang tidak memungkinkan untuk terus berdekatan dengan kak Ai. Fanny sempat ingin menanyakan hubungan kita kepada keluargaku. Tidak mungkin aku membiarkan Ada keperluan hal itu terjadi. Keluargaku apa? pastilah sangat malu mendapati anak perempuan satu-satunya dicurigai menjadi seorang Lesbian. Nih... Aku pengen kamu baca, ceritanya bagus, dan kisahnya hampir sama dengan yang aku rasakan saat ini Silahkan duduk Kamu baca disini Toko khan lagi sepi, jadi aja Kamu pasti gak kamu bisa tenang bacanya. mau bawa pulang Aku pesenin makan yah, buku itu khan? sambil kita makan bareng.
  • 25. Sudah sore, aku antar kamu pulang yah Iya Maafin aku... Kamu bisa kesini kapan aja kamu mau,kamu bisa baca-bacabuku disini. Aku masih punya banyak buku seperti ini
  • 26. Kamu ga salah sepanjang jalan Aku mereka berdua lebih sayang banyak diamkamu Na Ai.... Aku harus pulang
  • 27. DARIMANA KE TEMPAT CEWE KAMU?! TOMBOY ITU LAGI? AYAH SUDAH DENGAR SEMUA TENTANG KEANEHAN KAMU DISEKOLAH, APA KAMU SUDAH GILA GINAA..! KAMU SUDAH BIKIN MALU KELUARGA! KAMU ITU ANAK PEREMPUAN! PULANG SEKOLAH LANGSUNG NGELAYAP GAK ADA KABARNYA KAMU MAU BIKIN ORANG TUA KHAWATIR?! MAU JADI APA KAMU?!! SEKARANG KAMU BILANG, KAMU DARI MANA?!! Paaak, sudahlah Ohh, pak Dia khan Anak seperti dia jangan konapa baru pulang, dimanja Bu! Nglunjak biarkan dia jadi begini? nantinya! Sekarang kamu istirahat dulu Fanny! ini mau bilang sama Ayah, pasti ulah kemana saja kamu dari tadi pulang sekolah? Fanny! Gina hanya ke toko buku Yah Sekarang kamu masuk kamar, dan besok kamu tidak akan pergi ke sekolah sampai kamu benar-benar sadar! Dan Ayah tidak mengijinkan kamu bertemu dengan Ai lagi! Mengerti!
  • 28. Prinsip no 10 dan Prinsip 19 Prinsip 10 HAK ATAS KEBEBASAN DARI PENYIKSAAN DAN KEKEJAMAN, PERLAKUAN ATAU HUKUMAN YANG TIDAK MANUSIAWI ATAU MERENDAHKAN Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan dan kekejaman, perlakuan atau hukuman yang tidak manusiawi atau merendahkan, termasuk untuk alasan yang terkait dengan orientasi seksual dan identitas gender. Prinsip 19 HAK ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT DAN BEREKSPRESI Setiap orang berhak atas kebebasan untuk berpendapat dan berekspresi, tanpa memandang orientasi seksual dan identitas gender. Ini mencakup kebebasan mengekspresikan identitas atau kepribadian melalui pidato, tingkah laku, cara berpakaian, karakter tubuh, pilihan nama atau cara lain, serta kebebasan untuk mencari, menerima dan memberi informasi dan berbagai macam ide, dengan menghormati HAM, orientasi seksual dan identitas gender, melalui berbagai cara dan tanpa ada batasan.Jika benar aku adalah seorang Lesbian, apa aku pantasdiperlakukan sepertiini? Kenapa aku tidak diberi kesempatan untuk berbicara? Kenapa mereka tidak mau mengerti perasaanku
  • 29. jadi hari iniKeesokan hari di sekolah gina nggak masuk? Iya kita juga nggak tahu kenapa Hmm semoga hari ini aku bisa bertemu ginadan hubungan kita akan jauh lebih baik lagi Itu fanny.... Fan, apa kamu tau kenapa Gina tidak masuk sekolah hari ini? Heran, kok dari tadi aku nggak lihat gina ya? mungkin teman sekelasnya tahu
  • 30. Prinsip no 1 dan Prinsip 6 Prinsip 1 HAK ATAS PENIKMATAN HAM SECARA UNIVERSAL Setiap manusia dilahirkan bebas dan Ai! Gina itu sahabat setara dalam hal martabat dan hak. aku, aku tau dia menjadi seperti Setiap manusia dengan orientasi ini karena kamu! Aku harap kamu seksual dan identitas gender mereka tidak menularkankelesbianmu itu sama berhak menikmati semua hak asasi Gina! mereka FANNY! HATI-HATI KAMU KALO NGOMONG, APA MAKSUD KAMU “MENULARKAN”? JIKA KAMU BENAR-BENAR SAHABAT GINA, MAKA KAMU AKAN TAHU BAGAIMANA TENTANG DIA DAN MEMBANTUNYA, BUKAN MALAH MENG- HAKIMINYA.
  • 31. Ngapain kamu kesini? Kabar seperti apa yang kamu harepin? Puas bikin aku kaya gini? G TON TING Na, aku ngelakuin ini semua justru demi kamu aku gak mau kamu ke jalan yang salah Nak Fanny Masuk Nak Kamu ga tau apa-apa Fan, tapi kamu yang ngaku sahabatku justru Naa! kamu tau bakal ngancurin kesenanganku Gina ada, seperti apa nanti kamu puas kan sekarang Tante? kehidupanmu jika Terus nglanjutin hubunganmu sama Ai! Mumpung belum telat Na Saya akan coba Tante Kenapa sih kamu tega Fan kamuAda Kamu mau tau khan aku sayang sama Ai,menjenguknya? sekarang setelah perasaan yang Dia ada aku rindukan datang, kenapa Dikamar, kamu ngancurin gitu aja Fan cobalah kamuhibur dia Fan, dari semalam dia menangis terus. Naa kamu Maafin aku baik-baik aja kan? Na, aku hanya gak mau kamu ngerasain hal yang sama seperti kakakku
  • 32. Tak hanya sampai disitu, Ayah kemudian mencarikan jodoh untuk Kak Anita dengan harapan Kak Anita bisa kembali menjadi hetero. Pernikahan merekapun berlangsung, kami sekeluarga berusaha menyembunyikan keadaan Kak Anita yang sebenarnya Kak Anita, dia juga kepada pihak suami. seorang Lesbian, kamu tau sendiri kehidupannya seperti apa sekarang. Aku harus menceritakan Tapi Kak Anita lagi-lagi bertingkah. Merasa semuanya padamu sekarang. Aku mendapat kebebasan dari suaminya yang sangat juga tidak bisa menyembunyikan sibuk, diam-diam dia menjalin hubungan hal ini terus. Kak Anita pernah sampai kabur dengan pacar dengan perempuan lagi. Suaminya sangat perempuannya gara-gara murka memergoki hubungan Kak Anita dan ketahuan Ayah dan Ibu sebagai pacarnya, suaminya kemudian melakukan Lesbian. Tapi tidak lama setelah tindakan kekerasan dengan sering memukul itu, kakakku pulang dengan dan mengurung Kak Anita. Tidak lama mereka kondisi yang sakit-sakitan menikah akhirnya Kak Anita diceraikan dan ditelantarkan dalam keadaan hamil.Dia diputuskan kekasihnya, tapi karena kakakku malu pulang ke rumah, dia berharap masih bisa tinggal bersamakekasihnya itu. Pacar kekasihnya yang baru tidak terima dan memukuli Kak Anita. Sampai akhirnya Kak Anita memberanikan diri pulang. Kamu tau khan keadaan dia sekarang bagaimana? DiaAyah dan Ibu malah gila Na… Diatambah murka, Kak sudah tidak Anita kemudian dianggap anak dikurung dikamar lagi oleh Ayahselama berminggu- dan Ibuku. Dan minggu. aku tidak mau kamu seperti itu Na…
  • 33. Fan, kamu mau bantu aku khan?Prinsip 10 HAK ATAS KEBEBASAN DARI PENYIKSAAN DANKEKEJAMAN, PERLAKUAN ATAU HUKUMAN YANG TIDAKMANUSIAWI ATAU MERENDAHKAN Apa... Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan dan kekejaman, Fan, aku tau kamu takut jika perlakuan atau hukuman yang nanti aku seperti kakakmu, tapi tidak manusiawi atau merendahkan, percayalah padaku, aku tidak akan seperti itu. Aku dan Ai pasti termasuk untuk alasan yang terkait bisa mengatasi ini semua. Kamu bantu akulah Fan…Setidaknya dengan orientasi seksual dan bantulah aku dan Ai bisa bertemu. Jika keadaan tambah parah, aku identitas gender. janji aku akan menuruti kata- katamu. baiklah aku akan menghubungi Ai sekarang Aku akan cari alasan agar kamu bisa keluar rumah dan kita ketemu ai di taman dekat rumahnya
  • 34. Prinsip 7 HAK ATAS KEBEBASAN DARI PERAMPASAN KEMERDEKAAN SECARA SEWENANG-WENANG Tidak ada seorangpun yang dapat ditangkap atau ditahan secara sewenang-wenang. Penangkapan atau penahanan berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender Gina, seseorang, baik dengan perintah pengadilan atau tidak, kamu gak apaapa?Kenapa aku menghubungi dapat dianggap sebagai perbuatan sewenangwenang. kamu gak bisa Semua orang yang ditahan, tanpa memandang orientasi seksual dan identitas gender mereka, berhak mendapatkan perlakuan setara untuk mengetahui alasan mengapa mereka ditahan dan tuduhan apa yang dijatuhkan kepada mereka, untuk dihadapkan pada penegak hukum dan menghadapi persidangan untuk menentukan keabsahan penahanan tersebut, walaupun mereka dikenakan atau tidak dikenakan Aku baik-baik aja, HP ku dengan tuduhan apapun. disita oleh Ayah, aku benarbenar dilarang berkomunikasi dengan siapapun Ada apa sebenarnya?
  • 35. Maafin aku, aku sadar gara-gara aku kalian jadi seperti ini Mungkin aku berfikir pendek hingga harus memutuskan semuanya sendiri tanpa Prinsip 4 HAK ATAS Kehidupan tanya pendapat kalian seperti apa. Ai Aku mengatakan kepada keluarga Gina tentang kedekatan kalian yang aku anggap tidak wajar Sampai akhirnya Gina dikurung oleh Setiap orang berhak atas kehidupan. Tidak ada keluarganya Tapi jujur, aku tidak mempunyai maksud buruk kepada Gina seseorangpun yang hak atas Sudahlah, semua sudah terjadi Sekarang kehidupannya dapat dilanggar kita berfikir bagaimana caranya mengatasi situasi sulit ini. dengan sewenang-wenang, Kita tidak mungkin jujur dengan keadaan kita sekarang Na. Untuk saat walaupun dengan mengacu ini, mungkin kita harus membohongi diri kita sendiri bahwa kita memang pada orientasi seksual dan tidak seperti yang mereka bayangkan. identitas gender mereka. Tidak diperkenankan menjatuhkan hukuman mati kepada orang dewasa yang melakukan tindakan seksual suka sama suka atau Sampai kapan Kak? berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender mereka.Sampai kita benar- Yang bisa kita lakukan benar siap! Siap adalah kita harus untuk menerima memperbanyak pengetahuan Kita harus sebesar apapun tentang dunia Lesbian. meyakinkan diri resikonya. bahwa kita itu normal. Baru setelah itu kita akan berusaha meyakinkan mereka. Percayalah Na, kita pasti bisa. Kamu mau khan bersabar menunggu saat itu tiba?
  • 36. Ayah...Prinsip 19 HAK ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT DANBEREKSPRESI Setiap orang berhak atas kebebasan untuk berpendapat dan berekspresi, tanpa memandang orientasi seksual dan identitas gender. Ini mencakup kebebasan mengekspresikan identitas Ayah, besok aku mau atau kepribadian melalui pidato, tingkah laku, berangkat ke sekolah, tujuanku adalah menuntut cara berpakaian, karakter tubuh, pilihan nama ilmu di sana. Ayah bisa atau cara lain, serta kebebasan untuk mencari, mempercayaiku bahwa aku tidak akan mempermalukan menerima dan memberi informasi dan berbagai ayah macam ide, dengan menghormati HAM, orientasi seksual dan identitas gender, melalui berbagai cara dan tanpa ada batasan Kamu yakin dengan apa yang kamu bilang? Ayah tidak akan memberikan kesempatan kedua jika kamu masih melakukan kesalahan yang sama. Gina mengerti Yah
  • 37. Keesokannya, Ginaberangkat kesekolah,ada kebiasaan yangdiubah disini. Ai danGina tidak lagi janjianberangkat sepertibiasanya. Mereka harusmenahan itu semuademi kehidupan yang Usiaku sudah 24jauh lebih baik nanti. tahun, Ai AkuFanny yang merasabersalah kepada Gina sudah mandiri,kini mulai membantu aku bekerja danGina untuk mendapatkan mempunyaikebahagiannya. Fanny penghasilan yangberfikir, jika kehidupan tetap. SampaiGina dan Ai nanti kapan aku harusbisa bahagia, kenapa terus-terusankakaknya tidak…?Meskipun hidup dalam diam?persembunyian selamabertahun tahun tapidisitu pula merekamendapat banyakwawasan yang tidakternilai harganya Ai dan Gina sempat berpisah selama beberapa tahun setelah lulus SMU. Ai harus kembali ke Kalimantan untuk mulai membantu usaha keluarganya dan Gina masih menuntut ilmu di perguruan tinggi. Sebelum Ai pergi, Ai sempat mengenalkan Gina kepada temanteman komunitasnya. Ayah Gina sudah berniat mencarikan calon suami untuk anaknya, karena Itu merupakan kekuatan bagi Gina, sudah dinilai cukup umur untuk berkeluarga. Pernah Gina mencoba menahan kini dia tidak perlu lagi merasa sendiri. Baginya teman adalah kekuatan lain keinginan Ayahnya dengan dalih ingin mandiri, tetapi Ayahnya justru yang memotivasinya. Meskipun mereka bersikeras bahwa untuk apa mandiri karena nantinya hidup Gina akan dibiayai berpisah sangat jauh, tetapi sesekali Ai oleh suaminya kelak. Ayahnya tetap mencurigainya karena selama ini Gina datang ke Jakarta untuk bertemu dengan Gina. Kekasihnya. Biasanya Ai menginap tidak pernah membawa lakilaki untuk diperkenalkan kepada keluarganya. ditempat teman komunitasnya, dan janjian bertemu dengan Gina disuatu tempat. Gina tumbuh sebagai mahasiswi yang cantik dan menarik. Ai sempat tidak mengenali Gina setelah 3 tahun berpisah. Tinggi badannya justru sedikit melebihi Ai.Hampir semuanyaberubah menjadi lebihindah. Senyumnya,matanya, Ai sangat Aku tahu Kita akan segeraterpesona dengan itu menyelesaikan semua ini,semua. Hal itu membuat terimakasih untuk kesabaranmuAi ingin segera Na Aku juga merasa sudahmemajukan usaha waktunya kita memberitahudikampungnya untuk keluargamu. Aku juga tidakmemenuhi harapan tega dengan perlakuan teman-tinggal bersama Gina temanmu dikantor yangnantinya. Mereka berusaha mempermainkanmumasih menjalani karena mereka tidak melihatpercintaan yang masih sosok laki-laki yangdisembunyikan. Tapi kali melindungimuini Gina menanyakankepada Ai tentang ‘saat‛dimana mereka akanjujur kepada keluargamasing-masing.
  • 38. Prinsip 19 HAK UNTUK MEMBENTUK KELUARGA AyaH.... Setiap orang berhak untuk membentuk Ayah, kenalkan. ini Ai keluarga tanpa memandang orientasi seksual dan identitas gender mereka. Keluarga dapat lahir dalam berbagai bentuk. Keluarga bentuk apapun tidak diperkenankn dijadikan subyek diskriminasi yang disebabkan oleh orientasi seksual Ai... dan identitas gender anggotanya. Gina, apa maksudmu mengenal Ai kepada ayah?
  • 39. KALIAN SUDAH BIKIN MALU AYAH!!!! GINA!! KAMU MEMPERMALUKAN KELUARGA KAMU SENDIRI!!! Maaf ayah, mungkin malam ini ayah akan kecewa pada Gina, selama ini Gina memang masih berhubungan dengan Ai, hubungan kami sudah semakin dekat, Gina mencintai Ai dan tidak ingin kehilangan Ai.KURANG AJAR KAMU GINASELAMA INI KAMU SUDAH MEMBOHONGI AYAH!! KALIAN BENAR-BENAR Jika kamu masih tetap SUDAH SALAH JALAN!!! berhubungan dengan perempuan ini, maka kamu bukan lagi anakku, kamu bukan lagi anggota keluarga ini. Kamu adalah aib bagi keluarga ini!
  • 40. PERGI KALIAN!! JANGAN PERNAH LAGI MENGINJAKKAN KAKI DI RUMAH INI!!! Prinsip 2 dan 24 prinsip 2 HAK ATAS KESETARAAN DAN NON-DISKRIMINASI Setiap orang berhak menikmati HAM tanpa diskriminasi berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender. Setiap orang berhak atas kesetaraan dimata hukum dan perlindungan undang-undang tanpa adanya diskriminasi yang atau yang tidak mempengaruhi penikmatan HAM. Hukum juga melarang diskriminasi semacam itu dan menjamin perlindungan yang setara dan efektif terhadap diskriminasi bagi setiap orang. Diskriminasi berbasis orientasi seksual dan identitas gender Keputusanku sudah bulat, aku akan hidup mencakup pembedaan, pengecualian, pelarangan atau pilihanbersama Ai di Kalimantan, sedih harus ber- berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender yang pisah dari keluarga, tapi aku ingin bahagia bertujuan atau mempengaruhi kesetaraan di mata hukum bersama Ai atau perlindungan hukum, atau pengakuan, penikmatan atau pelaksanaan, pada tatanan kesetaraan, semua jenis HAM dan kebebasan fundamental. Diskriminasi berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender dapat dan seringkali diakibatkan oleh diskriminasi pada dasar lainnya yang mencakup ras, usia, agama, kecacatan, kesehatan dan status ekonomi. prinsip 24 HAK UNTUK MEMBENTUK KELUARGA Setiap orang berhak untuk membentuk keluarga tanpa memandang orientasi seksual dan identitas gender mereka. Keluarga dapat lahir dalam berbagai bentuk. Keluarga bentuk apapun tidak diperkenankn dijadikan subyek diskriminasi yang disebabkan oleh orientasi seksual dan identitas gender anggotanya Dengan bekal seperlunya Gina meninggalkan rumahnya, keputusan sudah bulat. Pagi itu juga dia mengundurkan diri dari tempat dia bekerja. Dia memutuskan ke Kalimantan, tinggal bersama Ai.
  • 41. Orang tuaku merasa malu, karena dari kecil aku sudah berani berterus terang dengan perempuan dikampungku. Pernah suatu ketika saat aku masih kecil, aku mencium tetangga perempuanku, saat itu orang tua temanku memergokinya dan aku sempat diarak ke rumah. Sesampainya dirumah, aku dipukuli dan dicaci maki oleh keluargaku. Bahkan aku pernah dipesantrenkan dengan harapan aku bisa sembuh. Tapi dipesantrenpun aku menyukai seorang perempuan lagi. Dan aku dikeluarkan. Tak tega Kalimantan dengan siksaan dari keluargaku, akhirnya Om dan Tanteku membawaku ke Jakarta. Selama beberapa tahun di Jakarta, Ibu sering sakit-sakitan. Rupanya dia sangat menyayangiku hingga tak bisa berpisah jauh dariku. Aku adalah anak pertama, jadi mereka berharap aku bisa menjadi orang yang merawat Ada sesuatu yang mereka nanti saat kedua orangtuaku sudah tua. ingin aku bilang ke Apa itu? kamu, rahasia yang belum sempat kamu ketahui Tetangga disekitar rumah sudah tau dengan keadaanKU. Mereka tetap menjaga hubungan baik meskipun tak sedikit pula yang mencemooh Ai, kisahmu membuatku teringat pada rumah dan keluargaku Keluargaku dikampung sudah tau tentangkeadaanku, dulu saat aku Semoga keluargaku sekolah di jogja ikut terutama Ayah suatudengan Om dan Tanteku,itu adalah proses dimana saat juga bisa akhirnya mereka bisa menerimaku apa menerimaku. adanya
  • 42. Jadi ini yah pujaan hati dari jogja yang selalu kau bilang kepada Ibu? Ibu.. Awal kedatangan Gina disana berjalan dengan seperti biasanya. Setiap harinya Gina membantu Ai di perusahaan kayu milik keluaraga Ai.Gina, inilah rumahkeluargaku
  • 43. Ai sama sekali tidak menyangka akhirnya dia bisa hidup bersama dengan Gina. Gina juga orang Prinsip 2 dan 24 yang cukup dewasa untuk menghadapi beberapa pandangan sinis dari beberapa orang tentang hubungannya dengan Ai. Meskipun sudah terbuka dengan orang disekitarnya, Ai dan Gina tetap menjaga sikap bila didepan umum. Mereka sadar sepenuhnya Setiap orang berhak untuk membentukLesbian tetap masih belum diterima didaerah maupun di Indonesia keluarga tanpa memandang orientasi sendiri. Setelah beberapa bulan tinggal disana, seksual dan identitas gender mereka. Gina mendapat kabar dari keluarganya di jogja. Keluarganya sangat merindukannya. Ingin sekali Gina pulang Keluarga dapat lahir dalam berbagai ke jogja, tapi dia kembali berfikir, apakah ini sudah saat yang tepat untuk bentuk. Keluarga bentuk apapun tidak diperkenankn dijadikan subyek pulang? Apakah kata rindu itu berarti penerimaan? Gina tidak tahu harus berbuat apa. Dia hanya menitip pesan pada Ibunya, bahwa dia masih sayang dan berterimakasih sekali kepada keluarganya diskriminasi yang disebabkan oleh karena telah mengantarkan Gina sampai seperti sekarang ini. orientasi seksual dan identitas gender anggotanya Yah, aku sekarang punya kehidupan sendiri, kehidupan yang aku rindukan, jauh dari cemooh masyarakat tentang orientasiku ini. Aku sudah menemukan bahagiaku dengan Ai. Perempuanku