Your SlideShare is downloading. ×
0
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Memanfaatkan FB untuk Pembelajaran

1,482

Published on

Presentasi sederhana tentang pemanfaatan FB untuk pembelajaran

Presentasi sederhana tentang pemanfaatan FB untuk pembelajaran

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,482
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
87
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. MEMANFAATKAN UNTUKPEMBELAJARAN Oleh : Setyo Purnomo IGI Balikpapan
  • 2. Mengapa ? Salah satu media sosial virtual yang paling luas diterima dandipakai oleh masyarakat di seluruh dunia. Dapat diakses/digunakan dengan komputer dan di hampirsemua perangkat komunikasi modern, yang terkoneksi ke internet. Dapat dihubungkan ke blog/website/aplikasi web lain. Dapat dimanfaatkan untuk hampir segala kebutuhan, termasukuntuk pembelajaran.
  • 3. Fakta 1 di IndonesiaJumlah user saat ini 42.684.840 (Maret 2012, socialbaker.com) 59%-nya laki-laki sumber : socialbaker.com ; Maret 201217.57% dari jumlah penduduk Indonesia.Tumbuh 2.169.660 pengguna dlm 6 bulan terakhir.
  • 4. Fakta 2 di IndonesiaBiar pun “cuma” no.4 di dunia, tapi lihat dulu peningkatannya ;) (socialbaker.com ; Maret 2012) Turun ? Jelang UN ? 1 r 201 2011 011 2 201 t 201 2 2 tob e o p s 2 ar i re il 201 Ok 3N 29 De Janu 2 Ma Apr 20 2 31 5
  • 5. Karena UN ?… user turun drastis Mengagetkan … sejuta orang mendadak puasa pesbukan ? Oh … FB-ku … Izinkan aku sejenak meninggalkanmu ..hiks .. (sejuta orang berkata dg penuh kesungguhan) 10 11 12 13 14 15 16 April April April April April April April
  • 6. Fakta 3 di Indonesia Distribusi Umur Pengguna Facebook di IndonesiaRentang umur 18-24 th, mempunyai jumlah terbesar, 41% atau 17.500.784 penggunaKita dipaksa mempercayai bahwa anak2 SD kita sudah berusia 18 tahun … :D
  • 7. Fakta 4 di IndonesiaDalam 3 bulan terakhir, pengguna umur 16-17 th naik hampir500.000 orang alias nyaris setengah juta orang. Peningkatan ini diduga karena banyaknya HP yang bisa dipakai untuk mengakses Facebook.
  • 8. Merenungi fakta di Indonesia Jumlah pengguna yang besar dan selalu meningkatmenunjukkan bahwa FB sudah menjadi kebutuhankomunikasi virtual/internet (di Indonesia). Distribusi umur terbesar menunjukkan bahwa sebagianbesar pengguna merupakan mereka yang masih bersekolahdan/atau berusia produktif. Adanya dugaan bahwa peningkatan pengguna FB didorongoleh makin banyaknya perangkat komunikasi genggam yangmampu mengakses FB, yang beredar di masyarakat.
  • 9. Menggali manfaat di dunia pendidikanDari dua grafik di samping :1 . Sebagian besar warga sekolah(guru dan siswa) mempunyaiaccount FB.2 . Menyadari bahwa pengaruh FBtidak mungkin dihindari.3 . Mencari manfaat FB untukpendidikan adalah sebuahkeharusan.4 . Guru harus melihat hal inisebagai peluang penciptaanperangkat pembelajaran yang baru,tidak sekedar ancaman (hingga adayang mengharamkan FB).
  • 10. Memanfaatkan untuk pembelajaranGuru WAJIB mempunyai account Facebook.1 . Mewajibkan seluruh siswanya untuk menambahkan sangguru sebagai teman (sekaligus akan mengendalikan cara“bicara” mereka di FB).2 . Menjadikan dinding FB sebagai sarana berkomunikasiyang sehat.3 . Menjadikan dinding FB sebagai “papan pengumuman”.4 . Memanfaatkan fitur “catatan” sebagai saranamengumpulkan tugas2 tertulis.5 . Memanfaatkan fitur “pesan” sebagai saranaberkomunikasi secara lebih fokus/pribadi pada salah satusiswa.6 . Memanfaatkan fitur “status bergambar” sebagai saranauntuk mengumpulkan foto bukti pekerjaan.
  • 11. Memanfaatkan grup untuk pembelajaran Nama guru, sekaligus menjadi admin grup Nama grup Sifat grup “tertutup” Hanya untuk guru dan siswaStatus sebagai :1. Papan pengumuman2. Sarana diskusi2. Sarana pengumpulan tugasberupa foto bukti pekerjaan Tugas yang berupa tulisan, Gunakan fitur chatting untuk dikumpulkan melalui berkomunikasi langsung fitur Dok atau Dokumen dengan siswa di dalam/luar jam pelajaran
  • 12. Memanfaatkan pesan untuk pembelajaranManfaat fitur “pesan” :1 . Bisa dijadikan sarana komunikasiyang lebih fokus, dari guru kepadasiswa, atau sebaliknya.> Siswa yang perlu mendapatkanperhatian khusus, dpt diberi “pesan”via FB mereka.> Siswa bisa memberikan masukansecara personal kepada guru.2 . Dapat dipakai untuk rapat bersamaterbatas ; misal antara guru denganOSIS.3 . Dapat dipakai untuk salingmengirim file.
  • 13. Memanfaatkan fitur pertanyaan untuk pembelajaranFitur status berupapertanyaan, dapatdimanfaatkan sebagaikuesioner terbatas.Misalnya untukmenanyakan bagaimanaperformance mengajarguru dalam kurun waktutertentu.Tuliskan kuesioner terbatas di sini Tuliskan opsi Atur calon penerima jawaban di sini pertanyaan untuk beberapa siswa atau satu grup siswa
  • 14. untuk perangkat komunikasi bergerak Hampir selalu ada di semua HP baru, siap dipakai ; kalau pun belum ada, bisa diinstall dengan sangat mudah. Segera bisa dipakai (tidak perlu menghidupkan laptop/PC). Sebagian besar operator selular menggratiskan akses FB via jaringan mereka. Bisa dimanfaatkan untuk tugas sekolah yang bersifat reportase lapangan (on site & real-time reportation).
  • 15. Mengapa efek negatif terkesan lebih dominan ? Karena kurangnya penggalian sisi manfaat, khususnyauntuk para pengguna pemula usia muda, orang tua, danguru. Kurangnya pengawasan guru dan ortu kepadaanak2/murid2nya.Ketidakmampuan guru dan orang tua dalammengimbangi “keingintahuan-ilmiah” anak2/murid2nya. Sekolah bersikap ambigu pada teknologi, kadangsebagian bahkan phobi. Ketidakseimbangan penyikapan pengguna padakehidupan “nyata”.Kenyataan bahwa FB digunakan sebagai sarana untukmelanggar norma2 agama, masyarakat, dan negara.
  • 16. Sangat sulit membendungKarena …....... Bisa diakses dari hampir seluruh perangkat yangterkoneksi ke internet ; mulai dari hp bekas puluhan riburupiah sampai laptop super puluhan juta rupiah. Menempati ruang privasi pengguna secara sempurna,misalnya handphone, sehingga pengendaliannya sangatsulit. Terlanjur sangat populer sebagai wahana untukberhubungan secara mudah, murah, dan keren. Kenyataan bahwa tidak ada pembelajaran FB disekolah. Dari sisi industri komputasi dunia, FB menempatkandiri sebagai salah satu perusahaan yang sangatberpengaruh karena banyaknya pengguna danjangkauannya yang luar biasa. Banyak kepentingan,membuatnya tak mudah dijatuhkan.
  • 17. MENYIKAPI SITUASI DAN KONSIDI TERSEBUT ... Orang tua harus menyadari perannya, tak hanya sebagai “kasir”, tapi juga harus mau menjadi “baby sitter” | Jika si anak punya account FB, maka orang tua juga harus punya dan menjadi teman si anak. Guru tidak boleh bersembunyi di balik “kemapanan”-nya ; dia harus mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman. SEGERA BIKIN ACCOUNT FACEBOOK SEKARANG Dengan adanya FB, memungkinkan terjadinya komunikasi dan “kerja kolaborasi” antara guru, orang tua, dan siswa, yang notabene adalah anak dari orang tua tsb. Membangun kesadaran bahwa pendidikan yang baik, tak hanya sebatas sarana dan prasarana yang memadai, namun juga kemampuan membangun generasi terdidik yang siap memanfaatkan teknologi secara tepat tanpa melanggar norma agama, masyarakat, dan negara.
  • 18. ANY QUESTIONS ? YESANY QUESTIONS ? NOANY QUESTIONS ? YES PLEASE
  • 19. TERIMA KASIH facebook.com/pakpur pakpur@gmail.com

×