Pentingnyagosokgigi 130113211447-phpapp01

748 views
619 views

Published on

BUKAN MATERI SAYA

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
748
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
49
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pentingnyagosokgigi 130113211447-phpapp01

  1. 1. Oleh: Herlin Dewi Yanti (1003337) 2-E PGSD
  2. 2. Menyikat gigi itu apa sih??? kegiatan rutin yang selalu kita lakukan setiap hari untuk membersikhan gigi. setidaknya 2 kali sehari kita menggosok gigi2.
  3. 3. Mengapa Harus Gosok Gigi? Supaya gigi menjadi sehat dan bersih dari kuman. juga membuat gigi tampak putih
  4. 4. Menggosok gigi dilakukan dua kali dalam satu hari, yaitu pada pagi hari ketika selesai sarapan dan malam hari sebelum tidur.
  5. 5. Pada malam hari juga harus gosok gigi ya? Iya, karena Aktifitas kuman tidaklah berhenti di malam hari, mereka tidak tidur! Ya ini adalah berita buruk, ketika kita tidur, air liur perlahan mulai menurunkan jumlah produksinya. Seiring dengan itu, pelindung alamiah kita ini (saliva) diproduksi menurun ke titik terendahnya, akibatnya gigi menjadi kurang terlindungi dari serangan asam, menjadi berlubang dan menimbulkan rasa sakit. Jadi, menyikat gigi sebelum tidur sangat-sangatlah penting.
  6. 6. Lalu apa akibatnya jika tidak gosok gigi? Sakit gigi Gigi keropos Gigi berlubang Menyebabkan bau mulut
  7. 7. 1 Yang pertama digosok adalah gigi depan, Arahnya dari atas ke bawah bila gigi bawah yang disikat, arahnya dari bawah ke atas. Untuk permukaan samping, sikat dengan gerakan maju mundur. Untuk gigi depan bagian bawah, sikat dari bawah ke atas, dan sebaliknya. 2
  8. 8. 3 Lakukan gerakan menyikat ringan dari kanan ke kiri dan sebaliknya. 4 5 Lakukan juga gerakan memutar. Lakukan hal yang sama di bagian dalam dan bagian luar gigi. 6 Sikat bagian permukaan gigi geraham yang digunakan untuk mengunyah.
  9. 9. 7 Sikat bagian dalam gigi depan secara vertikal dan ringan dengan gerakan atas ke bawah. Menyikat gigi setidaknya selama tiga menit
  10. 10. Pilihlah sikat gigi yang kepalanya cukup kecil sehingga dapat digunakan dengan baik dalam rongga mulut. Panjang bulu sikat gigi hendaknya sama. Tekstur bulu sikat hendaknya memungkinkan digunakan dengan efektif tanpa merusak jaringan. Yang paling tepat sikat gigi dengan kekakuan bulu sikat medium. Gagang sikat harus cukup lebar dan tebal agar dapat dipegang kuat dan dikontrol dengan baik.
  11. 11. Tips Memilih Pasta Gigi /Odol yang Baik: 1. Pilih pasta gigi yang mengandung cukup fluoride. Fluoride berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak berlubang. 2. Pilih pasta gigi yang busanya tidak terlalu banyak. Busa yang terlalu banyak menunjukkan bahwa kandungan deterjen di dalamnya juga banyak. 3. Hindari langsung makan setelah menyikat gigi. Makan sebaiknya 1 – 2 jam setelah menyikat gigi. 4. Untuk menjaga kondisi gigi, setiap 6 bulan sekali, sebaiknya pergi ke dokter gigi untuk dilakukan topical fluoride (pelapisan gigi).
  12. 12. SEKIAN… .
  13. 13. Referensi: http://dudikdentist.blogspot.com/2009/12/pentingnya-sikat-gigimalam.html http://m.tabloidnova.com/Nova/Keluarga/Anak/Gosok-Gigi-Yuk http://rafiatha.wordpress.com/2011/11/08/tips-memilih-sikatgigi-dan-pasta-gigi/ http://www.scribd.com/doc/43975109/Satuan-AcaraPenyuluhan-Gosok-Gigi http://sikatgigipagimalam.com/node/7

×