Last lecture

990 views

Published on

Published in: Spiritual, Sports, Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
990
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
126
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Last lecture

  1. 1. Oleh: Christina Pesan Seorang Pengidap Kanker Ganas yang Mencuri Perhatian Dunia “Randy Pausch” Summary ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir strategic management
  2. 2. The Last Lecture Randy Pausch The Last Lecture Randy Pausch adalah seorang professor di bidang ilmu komputer interaksi manusia dan bidang desain di Universitas Carnegie Mellon. Sejak tahun 1988 hingga 1997, dia mengajar di Universitas Virginia, dan memenangkan penghargaan guru dan peneliti. Dia juga bekerja bagi perusahaan Adobe, Google, Electronic Arts (EA), dan Walt Disney. Dia tinggal bersama istri dan tiga orang anaknya. Randy Pausch sedang sekarat. Hidupnya divonis hanya tersisa enam bulan lagi. Tubuh lelaki 47 tahun ini digerogoti kanker pankreas. Pesan terakhir yang disampaikannya di kampus, merupakan pesan yang mengubah seluruh hidupnya dan memberi pengaruh positif bagi para pendengarnya. Apa yang menarik dari buku ini??? Saya merasa kehidupan Randy dan pesan terakhir yang disampaikannya merupakan gambaran dari cara berpikir yang strategis dan bagaimana pola pikir dan keputusan yang strategis tersebut dapat mengubah kehidupan Randy dan berdampak bagi orang banyak di seluruh dunia ini. Sebuah kutipan yang menarik di awal buku ini adalah “Kita tidak bisa mengubah kartu yang dibagikan kepada kita, kecuali bagaimana cara kita memainkannya”. Dalam kehidupan ini mungkin ada hal-hal hanya bisa kita terima, mungkin kita tidak dapat merubah hal tersebut, namun bagaimana cara pandang dan cara kita bersikap terhadap hal tersebutlah yang akan menentukan hasil seperti apa yang akan kita dapatkan.
  3. 3. The Last Lecture Develop Vision and Mission Statements Dalam buku tersebut diceritakan bahwa salah satu impian Randy adalah melayang. Hanya dengan berbekalkan impian tersebut, Randy memanfaatkan kesempatan yang ada ketika ada program NASA yang mengundang mahasiswa untuk melakukan eksperimen di pesawat ‘Komet Muntah’ dan walaupun ada rintangan bahwa dosen pembimbing tidak boleh ikut terbang bersama mahasiswanya, Randy tidak menyerah, dia berusaha menemukan cara untuk mengatasi ‘tembok penghalang’ ini. Bagian kedua dari buku ini berjudul ‘Benar-Benar Mewujudkan Impian Masa Kecil Anda’, di sana dituliskan bahwa dari kecil Randy sudah menuliskan apa yang menjadi impiannya, antara lain: Melayang di Udara Bermain di liga sepakbola nasional Menulis artikel tentang ensiklopedi Buku Dunia Menjadi Kapten Kirk Menjadi Perekayasa di Walt Disney Dan walaupun terasa konyol dan tidak mungkin untuk dicapai, justru impian-impian inilah yang mendorong Randy untuk berjuang dan berusaha mencapai semua impian masa kecilnya dan TERBUKTI bahwa Randy dapat mencapai impian masa kecilnya Randy cukup percaya kepada yang namanya kekuatan impian dan ia memegang kata-kata yang pernah disampaikan oleh Walt Disney “JIKA BISA KAU IMPIKAN, BISA KAU LAKUKAN” dan hal inilah yang membuat Randy berusaha sekuat tenaga untuk mencapai impiannya tersebut dan berusaha mengatasi hambatan yang timbul ketika ia berusaha mencapai impiannya tersebut. Beberapa kalimat bijak yang dapat menjadi pelajaran adalah: •“Tembok penghalang berdiri di sana karena suatu alasan, bukan untuk menghalangi kita” •“Memiliki impian-impian spesifik itu penting”
  4. 4. The Last Lecture Berikut merupakan kutipan mengenai keberhasilan Randy untuk melayang dalam pesawat ‘Komet Muntah’ tersebut. Saya berhasil naik pesawat itu, hampir empat dasawarsa setelah melayang menjadi SALAH SATU TARGET HIDUP SAYA. Ini membuktikan bahwa jika anda bisa menemukan satu celah, Anda mungkin bisa menemukan jalan untuk melayang melalui celah itu. Hal yang saya pelajari dari kisah ini antara lain adalah: • Pentingnya untuk peka melihat kesempatan ketika kesempatan mencapai impian tersebut datang menghampiri kita. • Memiliki impian dan target yang spesifik sangat penting bagi kehidupan kita • Memiliki impian dan target yang spesifik dalam kehidupan kita, dapat memberikan kita kekuatan agar kita boleh berjuang mencapai impian tersebut • Jangan pernah berhenti untuk mencapai apa yang menjadi impian kita, walaupun seakan ada tembok penghalang yang mengahalangi kita untuk mencapai impian tersebut
  5. 5. The Last Lecture “Saya Tidak Pernah Berhasil Masuk National Football League” Mungkin ada di antara kita yang beranggapan jika kita tidak berhasil mencapai target kita atau impian kita itu adalah sebuah kegagalan. Namun Randy tidak merasa seperti itu, walaupun salah satu impiannya adalah bermain di liga sepakbola nasional, pada kenyataannya adalah ia tidak pernah masuk ke sana. Apakah Ia berarti gagal? Randy menuliskan sesuatu yang sangat baik yang boleh menjadi pegangan kita, yaitu: “Kadang Saya berpikir saya mendapatkan lebih banyak dari mengejar impian itu, bukan dari mencapai impian itu, daripada yang saya dapat dari banyak impian lain yang benar saya raih” Bagian ini menceritakan bagaimana Randy mempunyai seorang pelatih yang begitu keras mendidik Randy, beberapa pernyataan Randy yang menarik dan perlu untuk kita pahami dalam kehidupan ini adalah:  “Kalau kau bikin kacau dan tidak ada yang menegurmu lagi, itu artinya mereka sudah menyerah” (Hal ini berarti, bersyukurlah jika masih ada orang yang mau memarahi dan menegur kita)  “Anda mngkin tidak ingin mendengar kritikan, tetapi pengkritik anda seringkali adalah satu- satunya orang yang memberi tahu anda bahwa dia masih mencintai dan mempedulikan anda, dan ingin menjadikan anda lebih baik”  Coach Graham (pelatih sepakbola Randy) mungkin dianggap orang terlalu keras, namun beliau telah memberi Randy putaran umpan balik dalam kehidupan Randy, memaksa Randy untuk bekerja lebih keras, membuat Randy ketika merasa ingin menyerah, memaksanyanya untuk lebih baik.
  6. 6. The Last Lecture HIDUPLAH UNTUK SAAT INI Memang sangat penting bagi kita untuk merencanakan sesuatu untuk kepentingan di masa mendatang, namun hal yang tidak kalah pentingnya adalah hidup untuk hari ini. Dalam kehidupan Randy dan Jai (Istri Randy), Dokter Randy menasihati Jai agar tidak membiarkan hal-hal kecil menjegal kehidupan mereka. Jai berusaha memusatkan perhatian pada hari demi hari, bukan pada hal-hal negatif di masa depan.
  7. 7. The Last Lecture MEMBANTU MEWUJUDKAN IMPIAN ORANG LAIN Waktu adalah hal berharga yang kita miliki. Berikut adalah pendapat Randy mengenai berharganya waktu, dan poin-poin penting yang dipegang oleh Randy dalam mengelola waktu. “Sepanjang hidup saya (Randy), saya sangat sadar bahwa waktu bersifat terbatas, tetapi saya yakin sekali bahwa salah satu obsesi saya yang paling pantas adalah MENGELOLA WAKTU DENGAN BAIK”  WAKTU HARUS DIKELOLA SECARA EKSPLISIT SEPERTI UANG  ANDA SELALU BISA MENGUBAH RENCANA, TETAPI HANYA KALAU ANDA MEMANG MEMILIKI RENCANA  TANYA DIRI ANDA: APAKAH WAKTU ANDA DIHABISKAN UNTUK HAL-HAL YANG TEPAT?  KEMBANGKAN SISTEM ARSIP YANG BAIK  DELEGASIKAN  AMBIL CUTI “Hanya waktu yang Anda miliki, dan pada suatu hari Anda mungkin tersadar bahwa waktu yang Anda miliki lebih singkat daripada yang Anda kira”
  8. 8. The Last Lecture Perencanaan adalah sesuatu hal yang penting untuk kita lakukan. Berikut adalah kutipan dari Randy mengenai perencanaan: “Anda selalu bisa mengubah rencana, tetapi hanya kalau Anda memang memiliki rencana. Saya sangat percaya pada daftar tugas. Daftar ini membantu kita memecah kehidupan menjadi langkah-langkah kecil” Perencanaan adalah sesuatu hal yang penting dalam kehidupan kita, namun seringkali orang- orang menyepelekan perencanaan, karena beranggapan percuma merencanakan sesuatu, apabila pasti berubah. Kutipan tersebut mengajarkan kepada kita, kita HANYA BISA MENGUBAH RENCANA JIKA KITA MEMILIKI RENCANA.
  9. 9. The Last Lecture BERHASIL MEWUJUDKAN IMPIAN MASA KECIL KITA SENDIRI MEMANG MEMBAHAGIAKAN, TETAPI DENGAN BERTAMBAHNYA USIA, ANDA MUNGKIN MERASA BAHWA MEMBANTU MEWUJUDKAN IMPIAN ORANG LAIN JUSTRU LEBIH MEMBAHAGIAKAN LAGI. Randy adalah seorang professor, dia memiliki prinsip untuk ditekankan kepada mahasiswanya bahwa “Pandai saja tidak cukup. Jenis orang yang saya inginkan dalam tim riset saya adalah orang yang mau membantu semua rekan lainnya merasa senang bekerja di sini.”
  10. 10. The Last Lecture TANAH TERJANJI “ Saya lebih memahami kisah Nabi Musa, dan bagaimana beliau akhirnya bisa melihat Tanah Terjanji tetapi tidak pernah menginjakkan kaki di sana. Saya ingin pesan terakhir saya menjadi seruan bagi seluruh kolega dan mahasiswa saya untuk terus melanjutkan tanpa saya, dan untuk tahu bahwa saya yakin mereka akan melakukan banyak hal hebat” Tanah terjanji ini merupakan hal yang dapat mengingatkan bahwa ada kalanya dalam kehidupan, kita dapat mengalami ’Tanah Terjanji’ tersebut. Ada kalanya mungkin kita tidak dapat melihat hasil jerih lelah kita, namun kisah ’Tanah Terjanji’ ini dapat memberikan kekuatan kepada kita bahwa jerih lelah kita tidak akan sia-sia, walaupun kita tidak pernah melihat secara langsung hasilnya.
  11. 11. The Last Lecture LONG TERM VS SHORT TERM Ada sebuah bagian dari buku tersebut yang berjudul ‘Tulus Lebih Baik daripada Modern’. Dalam buku tersebut dituliskan bahwa “Kapan saja, saya pasti akan memilih orang yang tulus daripada orang yang modern, karena modern itu jangka pendek dan tulus itu jangka panjang. Hal ini mengingatkan kita bahwa ketika kita dihadapkan pada pilihan-pilihan, pikirkanlah pilihan mana yang merupakan pilihan jangka panjang. Bagian lain dari buku tersebut berjudul ‘Jangan Mengeluh, Bekerja Saja Lebih Keras’. Terlalu banyak orang yang menjalani hidup sambil berkeluh kesah tentang masalah-masalah yang mereka hadapi. Saya selalu yakin bahwa jika kita ambil sepersepuluh dari energi yang kita curahkan untuk mengeluh lalu kita gunakan untuk memecahkan masalah, kita akan terkejut melihat betapa lancarnya segala sesuatu berjalan. Kita semua memiliki waktu dan energi yang terbatas. Setiap waktu yang kita habiskan untuk merengek tidak mungkin membantu kita mencapai tujuan, juga tidak akan membuat kita lebih bahagia. Hal penting lainnya yang diajarkan dalam buku ini adalah ‘Hilangkan Penyakitnya, Bukan Gejalanya’ Dalam bagian ini dikatakan sangat penting untuk mengatasi akar permasalahan, dan bukan mengatasi gejala yang timbul. Dalam bagian ini dikisahkan kehidupan seorang wanita yang stress, dan dia mengatasi rasa stressnya dengan meditasi dan yoga, padahal yang menjadi akar permasalahannya adalah masalah keuangan. Randy menuliskan dalam buku tersebut bahwa “Saya hanya berpikir bahwa yang terbaik adalah mencoba menghilangkan penyakitnya dulu. Gejala-gejala yang dia rasakan adalah stress dan kecemasan. Penyakitnya adalah utangnya.
  12. 12. The Last Lecture Jangan Terlalu Terobsesi dengan Mendapat Orang Lain Randy telah melakukan pengamatan bahwa banyak orang menghabiskan bagian yang cukup besar dari hari-hari mereka untuk mencemaskan pendapat orang lain tentang mereka. Seandainya tidak seorang pun mencemaskan apa yang ada dalam pikiran orang lain, kita semua akan 33% lebih efektif dalam hidup dan pekerjaan kita.
  13. 13. The Last Lecture Kemampuan bekerja dengan baik dalam kelompok merupakan keterampilan yang sangat penting dan diperlukan baik dalam dunia kerja maupun keluarga. Berikut adalah point-point yang dikemukakan oleh Randy mengenai kerjasama.  Berkenalanlah sebagaimana mestinya  Temukan kesamaan  Upayakan kondisi pertemuan yang optimal  Perbolehkan setiap orang berbicara  Tanggalkan ego di pintu  Saling memuji  Ajukan alternatif dalam bentuk pertanyaan
  14. 14. The Last Lecture Perusahaan-perusahaan baru seringkali lebih suka mempekerjakan seorang chief executive yang pernah gagal menjalankan perusahaan baru. Orang yang pernah gagal kerap tahu bagaimana menghindari kegagalan di masa depan. Orang yang hanya mengenal keberhasilan bisa lebih lengah terhadap semua jebakan. PENGALAMAN ADALAH APA YANG ANDA DAPATKAN KETIKA ANDA TIDAK MENDAPATKAN APA YANG ANDA INGINKAN DAN PENGALAMAN SERINGKALI MERUPAKAN HAL PALING BERHARGA YANG HARUS ANDA TAWARKAN. Randy senang jika murid-muridnya:  Berusaha sekuat tenaga dalam situasi sulit  Melaksanakan rencana  Terus melaksanakan rencana untuk mencetak angka  Bergerak maju  Menjaga agar bola tidak direbut lawan  Memenangkan kendali fisik pada saat pemain  Merasakan tidak enaknya belakangan Masalahnya bukan hanya apakah kita menang atau kalah, masalahnya adalah bagaimana kita memainkan ungkapan klise itu. Hal yang penting dalam kehidupan ini adalah bukan seberapa ahli seseorang memahami kalimat-kalimat bijak yang ada, namun yang penting adalah bagaimana kita MAMPU melaksanakannya.
  15. 15. The Last Lecture “Permintaan Maaf yang Buruk Lebih Buruk Daripada Tidak Meminta Maaf” Permintaan maaf yang setengah hati atau tidak tulus seringkali lebih buruk daripada sama sekali tidak meminta maaf karena orang yang dimintai maaf merasa terhina. Jika kita melakukan suatu kesalahan dalam hubungan kita dengan orang lain, situasinya seperti jika ada infeksi dalam hubungan itu. Kebanyakan orang ingin jalan pintas. Randy menemukan bahwa jalan pintas yang terbaik adalah yang panjang, yang pada hakikatnya terdiri dari dua kata yaitu ‘KERJA KERAS’. Jika jam kerja anda lebih panjang daripada yang lain, selama jam-jam itu Anda belajar lebih banyak tentang bidang Anda. Hal tersebut bisa membuat Anda lebih efisien, lebih andal dan bahkan lebih bahagia. Permintaan maaf yang pantas akan seperti antibiotik, permintaan maaf yang buruk akan seperti menabur garam ke luka. Bagaimana kalau saya meminta maaf dan orang itu tidak balik meminta maaf? Hal tersebut berada di luar kendali kita, jadi jangan biarkan hal tersebut mengganggu kita.
  16. 16. The Last Lecture Wadah Garam dan Merica berharga $100,000 Salah satu kisah menarik dalam buku tersebut adalah ‘Wadah Garam dan Merica Berharga $100,000. Dalam bagian tersebut dikisahkan Randy dan keluarganya pergi ke Disney World di Orlando. Randy dan kakak perempuannya pergi ke sebuah toko dan menemukan hadiah yang sempurna, wadah garam dan merica dari keramik berbentuk dua ekor beruang yang bergantung pada sebatang pohon, masing-masing memegang satu wadah. Randy membayar sepuluh dolar untuk barang tersebut dan keluar dari toko. Tanpa sengaja Randy memegang hadiah tersebut, dan benda tersebut lepas dari tangannya dan pecah waktu menyentuh tanah. Seorang pengunjung dewasa yang melihat kejadian tersebut mengusulkan Randy untuk boleh kembali ke toko dan menceritakan apa yang terjadi. Hal yang mengejutkan adalah pegawai toko tersebut mendengarkan cerita Randy, dan mereka mengganti barang yang dibeli oleh Randy. Pegawai toko tersebut berkata bahwa mereka salah karena tidak membungkus dengan cukup baik, sehingga tidak bisa menahan benturan akibat seorang anak berumur dua belas tahun yang terlalu bersemangat. Ketika orang tua Randy mengetahui hal tersebut, mereka semakin menghargai Disney World. Keputusan bidang layanan pelanggan untuk wadah garam dan merica seharga sepuluh dolar tersebut akhirnya membuat Disney memperoleh lebih dari $100,000. Secara keseluruhan keluarga Randy sudah mengeluarkan uang lebih dari $100,000 di Disney World. ADA LEBIH DARI SATU CARA UNTUK MENGUKUR LABA DAN RUGI. PADA SETIAP TINGKATAN, LEMBAGA MANA PUN BISA DAN HARUS BERBAIK HATI.
  17. 17. The Last Lecture TIDAK ADA PEKERJAAN YANG TERLALU RENDAH Tidak ada yang mau mendengar seseorang berkata, “Saya tidak pandai memilah surat karena pekerjaan itu terlalu rendah untuk saya.” Semestinya tidak ada pekerjaan yang terlalu rendah untuk kita. Kalau anda tidak bisa (atau tidak mau) memilah surah, mana bukti bahwa Anda bisa melakukan sesuatu? Ayah Randy percaya bahwa pekerjaan kasar tidak terlalu rendah untuk siapapun. Beliau berkata bahwa beliau lebih suka Randy bekerja keras dan menjadi penggali selokan terbaik di dunia daripada hidup mudah sebagai seorang elitis yang angkuh di belakang meja. Bagian ini mengajarkan kita untuk tidak meremehkan pekerjaan apapun yang kita terima. KENALI LINGKUNGAN ANDA Ketika Randy diterima bekerja di Disney, dia menyadari bahwa dia harus belajar beradaptasi dengan lingkungan barunya. Randy harus mencari tahu bagaimana cara-cara yang serba teratur bisa cocok dengan budaya Disney yang kreaktif selektif tersebut. Kita harus peka sewaktu berpindah dari budaya yang satu ke budaya yang lain.
  18. 18. The Last Lecture JANGAN PERNAH MENYERAH Kegigihan membuat Randy berhasil melewati tembok penghalang. Jika kita benar-benar menginginkan sesuatu JANGAN PERNAH MENYERAH. YANG PERLU DILAKUKAN HANYA BERTANYA Randy merupakan seorang ahli dalam bertanya. Dengan berani dia menghubungi Fred Brooks Jr, seorang ilmuwan komputer yang paling dihormati di dunia. Pada saat itu usia Randy sekitar dua puluh, Randy belum pernah menemui Brooks, Randy hanya mengemail Brooks dan bertanya “Jika saya menyetir mobil dari Virginia ke North Carolina, apakah mungkin saya meminta tiga puluh menit waktu Anda untuk bicara?” Brooks menjawab “Jika Anda menyetir sepanjang jalan ke sini, saya akan beri Anda lebih dari tiga puluh menit” Kadang yang perlu anda lakukan hanya bertanya, dan itu mungkin membuat semua impian Anda terwujud.
  19. 19. The Last Lecture By: Christina Priscachristina.blogspot.com

×