• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Global warming (ahmad hary pratomo)
 

Global warming (ahmad hary pratomo)

on

  • 681 views

 

Statistics

Views

Total Views
681
Views on SlideShare
681
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
29
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment
  • DisusunOleh: Ahmad HaryPratomoX.9
  • -PemanasanGlobal-GlobalWarming-

Global warming (ahmad hary pratomo) Global warming (ahmad hary pratomo) Presentation Transcript

  • Disusun Oleh:Ahmad Hary Pratomo X.9SMAN 8 PEKANBARU
  • GURU PEBIMBING Nama : Drs. Oan Hasanuddin, Re,Apk,MA,M.Kesfer. NIP. : 196307152000031004 Jabatan : Guru SMA Negeri 8 Pekanbaru, Koordinator Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Alamat : Jl. Delima, Gg. Delima XII Komplek Pesantren Umar bin Khatab, Kelurahan Delima, Kec. Tampan,
  • Global Warming (Pemanasan Global)Pengertian Solusi Global Warming Penyebab Dampak pemanasan pemanasan global global
  • Pemanasan global Meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer.Pemanasan global akan diikuti dengan perubahan iklim, sepertimenungkatnya curah hujan dibeberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan dibelahan bumi lainakan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan oleh kenaikan suhu.
  • Penyebab pemanasan globalEfek rumah kaca Efek umpan balik Variasi Matahari
  • Efek rumah kaca Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasaldari Matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasigelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tibapermukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yangmenghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagianpanas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas iniberwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar.Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibatmenumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air,karbondioksida, sulfur dioksida dan metana yang menjadi perangkapgelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembaliradiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebutakan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerussehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.
  • Efek umpan balikAnasir penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagaiproses umpan balik yang dihasilkannya. Sebagai contoh adalah padapenguapan air. Pada kasus pemanasan akibat bertambahnya gas-gasrumah kaca seperti CO2, pemanasan pada awalnya akan menyebabkanlebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Karena uap air sendirimerupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut danmenambah jumlah uap air di udara sampai tercapainya suatukesetimbangan konsentrasi uap air. Efek rumah kaca yang dihasilkannyalebih besar bila dibandingkan oleh akibat gas CO2 sendiri. (Walaupunumpan balik ini meningkatkan kandungan air absolut diudara, kelembapan relatif udara hampir konstan atau bahkan agakmenurun karena udara menjadi menghangat).Umpan balik ini hanyaberdampak secara perlahan-lahan karena CO2 memiliki usia yangpanjang di atmosfer.
  • Variasi MatahariTerdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari Matahari, dengankemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberikontribusi dalam pemanasan saat ini.Perbedaan antara mekanisme inidengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitasMatahari akan memanaskan stratosfer sebaliknya efek rumah kaca akanmendinginkan stratosfer. Pendinginan stratosfer bagian bawah paling tidaktelah diamati sejak tahun 1960, yang tidak akan terjadi bila aktivitasMatahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini.(Penipisan lapisan ozon juga dapat memberikan efek pendinginan tersebuttetapi penipisan tersebut terjadi mulai akhir tahun 1970-an.) Fenomenavariasi Matahari dikombinasikan dengan aktivitas gunung berapi mungkintelah memberikan efek pemanasan dari masa pra-industri hingga tahun1950, serta efek pendinginan sejak tahun 1950.
  • Dampak pemanasan global Suhu globalIklim mulai tidak Peningkatan cenderung Gangguan ekologis stabil permukaan laut meningkat
  • Iklim mulai tidak stabilPara ilmuwan memperkirakan bahwa selama pemanasanglobal, daerah bagian Utara dari belahan Bumi Utara(Northern Hemisphere) akan memanas lebih dari daerah-daerah lain di Bumi. Akibatnya, gunung-gunung es akanmencair dan daratan akan mengecil. Akan lebih sedikit es yangterapung di perairan Utara tersebut. Daerah-daerah yangsebelumnya mengalami salju ringan, mungkin tidak akanmengalaminya lagi. Pada pegunungan di daerah subtropis,bagian yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta akanlebih cepat mencair. Musim tanam akan lebih panjang dibeberapa area. Suhu pada musim dingin dan malam hari akancenderung untuk meningkat.
  • Peningkatan permukaan lautKetika atmosfer menghangat, lapisan permukaan lautanjuga akan menghangat, sehingga volumenya akanmembesar dan menaikkan tinggi permukaan laut.Pemanasan juga akan mencairkan banyak es di kutub,terutama sekitar Greenland, yang lebih memperbanyakvolume air di laut. Tinggi muka laut di seluruh dunia telahmeningkat 10 – 25 cm (4 - 10 inchi) selama abad ke-20,dan para ilmuwan IPCC memprediksi peningkatan lebihlanjut 9 – 88 cm (4 - 35 inchi) pada abad ke-21.
  • Suhu global cenderung meningkatOrang mungkin beranggapan bahwa Bumi yang hangat akanmenghasilkan lebih banyak makanan dari sebelumnya, tetapi halini sebenarnya tidak sama di beberapa tempat. Bagian SelatanKanada, sebagai contoh, mungkin akan mendapat keuntungan darilebih tingginya curah hujan dan lebih lamanya masa tanam. Di lainpihak, lahan pertanian tropis semi kering di beberapa bagianAfrika mungkin tidak dapat tumbuh. Daerah pertanian gurun yangmenggunakan air irigasi dari gunung-gunung yang jauh dapatmenderita jika snowpack (kumpulan salju) musim dingin, yangberfungsi sebagai reservoir alami, akan mencair sebelum puncakbulan-bulan masa tanam. Tanaman pangan dan hutan dapatmengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat.
  • Gangguan ekologisHewan dan tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulitmenghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahantelah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewancenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke ataspegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya,mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlaluhangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangiperpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atauselatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanianmungkin akan mati. Beberapa tipe spesies yang tidak mampusecara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akanmusnah.
  • Solusi Global Warming1. Manfaatkan Sumber Energi dari Alam2. Hemat Pemakaian Air3. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar4. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas5. Berbelanjalah di lingkungan sekitar Anda6. Tanam pohon setiap ada kesempatan7. Bawa tas yang bisa dipakai ulang8. Maksimalkan pencahayaan dari alam9. Hindari posisi stand by pada elektronik10. Gunakan deterjen dan pembersih ramah lingkungan11. Gunakan kertas lebih sedikit12. Bagi industri, mulailah untuk menggunakan sumberenergi yang dapat diperbaharui (tenaga angin, air, surya, dll)
  • TERIMA KASIH