Persepsi Siswa/i SIB Tentang Asean Community 2015

1,351 views
1,237 views

Published on

Persepsi Siswa/i SIB Tentang Asean Community 2015
Studi Deskriptif Terhadap Siswa/i SIB Tentang Asean Community 2015
Hendra Nugraha

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,351
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • Jikasosialisasidikeluargadilaksanakanmakapersepsiakanbaik.Jikasosialisasidisekolahdilaksanakanmakapersepsiakanbaik.Jikasosialisasidimasyarakatdilaksanakanmakapersepsiakanbaik.Jikasosialisasidilingkungantemandilaksanakanmakapersepsiakanbaik.Jikapemberitaan media massaseringdilakukanmakapersepsisiswaakanmeningkat.
  • Penelitianinimenggunakanjenispenelitiandeskriptip1. Observasitidaklangsung.Adalahpengamatan yang dilakukanmelalui film, slide, foto, pencatatandenganalatperekam, dsb.2. Angkettertutup.Adalahangket yang pertanyaannyadanrespondentinggalmemilihjawaban yang telahditentukan.3. Wawancaratidakberstruktur.Adalahwawancara yang dilakukantanpamenyusundaftarpertanyaansebelumnya.
  • 1. Membagikanangketkesiswa/ responden;2. Siswa/ respondenmengisiangketdanmenyerahkannyakembalikepeneliti;3. Angketdikolektifberdasarkanpoin-poinjawaban yang diberikanrespondendandijumlahkan;4. Hasilpenjumlahanrespondiprosentasikan;5. Hasilprosentasiditafsirkankedalambeberapatabel;
  • Berdasarkanangket – angket yang telahdiisisiswa/i SIB dandikumpulkankembalikepadapeneliti, sertapeneliti pun dapatmenyimpulkanbahwapersepsisiswa/i SIB terhadap ASEAN Community bisadikatagorikandengancukupdannamunmasihjauhdarikesempurnaan, karenasebagiandarisiswa/i SIB terdapatsiswa/i yang belummengertitentang ASEAN Commuty 2015, karenasiswa/itersebutjarangatautidakpernahmelihat Koran atauberitatentang ASEAN Community 2015 daritelevisi. danterdapat pula sebagiansiswa/i sib yang tidakpernahbelajartentang ASEAN Community 2015 disekolah. Namumsebenarnyasekolahtelahmemberikaninformasitentang ASEAN Community 2015 terhadapSiswa/iNyasebanyak 1 – 3 kali selamaini. Berdasarkanobservasiinformasi yang hanyadiberikanbeberapa kali belumdapatmencapaihasilmaksimal, sehinggasekolahbelumdapatmengoptimalkanfungsiwalikelassebagai motivator masadepansiswanya, danjarangnyainformasitentang ASEAN Community 2015 daridalamkeluargamembuatsebagiankecilsiswa/i SIB Kurangmengertitentang ASEAN Community 2015. Tetapisebaliknyaterdapatsebagiansiswa/i SIB yang mengertiataumemahamitentang ASEAN Community 2015 denganmengisipertanyaantentang ASEAN Community 2015 danpemahamansiswa/i SIB tentang ASEAN Community dapatdibuktikandenganmemahamipertanyaandanbenarnyajawabandariangket.
  • Persepsi Siswa/i SIB Tentang Asean Community 2015

    1. 1. Hendra Nugraha XII IPSSekolah Indonesia Bangkok 2011-2012
    2. 2. Human Development Index ( HDI ) 7% Singapore 13% 8% Brunei 8% 13% Malaysia Thailand 9% Filipina 12% Indonesia 10% Vietnam 10% 10% Laos Kamboja MyanmarSumber : UNDP ( United Nations Development Programme )
    3. 3. Keluarga Sekolah Sosialisasi Masyarakat Asean LingkunganCommunity 2015 Koran Media Massa Televisi Browsing Internet Koran Online Jaringan Sosial
    4. 4. Bagaimana persepsi siswa SIBterhadap ASEAN Community 2015?Bagaimana persepsi siswa/i SIBdibentuk?Apa manfaat ASEAN Community2015 bagi siswa/i SIB?
    5. 5. Jika sosialisasi di keluarga dilaksanakan maka persepsi akan baik. Jika sosialisasi di sekolah dilaksanakan maka persepsi akan baik. Jika sosialisasi di masyarakat dilaksanakan maka persepsi akan baik.Jika sosialisasi di lingkungan teman dilaksanakan maka persepsi akan baik.Jika pemberitaan media massa sering dilakukan maka persepsi siswa akan meningkat.
    6. 6. 1. Observasi 3. Wawancara 2. Angket tidak tidak tertutup. langsung. berstruktur
    7. 7. Siswa/ responden Angket dikolektif Membagikan mengisi angket dan berdasarkan poin-angket ke siswa/ menyerahkannya poin jawaban yang di responden; kembali ke berikan responden peneliti; dan dijumlahkan; Hasil prosentasi Hasil di tafsirkan ke penjumlahan dalam beberapa respon tabel; diprosentasikan;
    8. 8. Bagaimana persepsi siswa SIB terhadap ASEAN Community2015? • Masih terdapat sebagian dari siswa/i SIB tersiswa/i yang belum mengerti tentang ASEAN Commuty 2015, karena siswa/i tersebut jarang atau tidak pernah melihat Koran atau berita tentang ASEAN Community 2015 dari televisi. • Kurangnya Informasi dari Sekolah tentang ASEAN Community 2015. • Sekolah belum dapat mengoptimalkan fungsi wali kelas sebagai motivator masa depan siswanya ( Di luar kelas ujian).
    9. 9. Bagaimana persepsi siswa/i SIB dibentuk?Ada beberapa faktor-faktor yang membentuk Persepsisiswa/I SIB dibentuk, Yaitu :1. Keluarga2. Sekolah3. Masyarakat4. Lingkungan Teman5. Media massa
    10. 10. Apa manfaat ASEAN Community 2015 bagi siswa/i SIB?Manfaat yang di dapat bagi siswa/i SIB apabilamemahami tentang ASEAN community yangdicanangkan akan terwujud pada tahun 2015, tentunyasiswa/i SIB tidak akan takut untuk bersaing dengannegara-negara ASEAN lainnya kelak, atau dalam artisiswa/i SIB tidaka akan ketinggalan dengan Negara-negara lain dalam menghadapi ASEAN community 2015.
    11. 11. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh penelitian tentangpersepsi siswa SIB terhadap ASEAN Community 2015, bahwa penelitidapat menyimpulkan bahwa persepsi siswa/i SIB terhadap ASEANCommunity 2015 bisa dikatagorikan cukup dan masih jauh darikesempurnaan. Hal ini dikarenakan :1. kurangnya informasi tentang ASEAN Community 2015 di dalam keluarga.2. kurangnya perhatian sekolah yang hanya memberikan informasi 1 – 3 kali tentang ASEAN Community 2015.3. jarangnya siswa/i SIB yang melihat pemberitaan tentang ASEAN Communty 2015 melalaui media massa (Koran, televisi, dan internet).4. Serta tidak pernahnya lingkungan masyarakat memberi informasi tentang ASEAN Community 2015 kepada siswa/i SIB.
    12. 12.  Siswa/i SIB sebagai pelajar yang bersekolah di ASEAN Seharusnya wajib mengetahui tentang pemberitaan ASEAN Community 2015. Jadi seharusnya siswa/i SIB harus sadar akan pentingnya mencari informasi tentang ASEAN Community 2015 dengan cara memperbanyak melihat Koran tentang ASEAN Community atau melihat beritanya melalui televisi. Dengan memahami ASEAN Community akan timbul jiwa saing yang berakibat positif dalam belajar. Keluarga seharusnya memberikan informasi sebenyak-banyaknya tentang ASEAN Community 2015 kepada siswa/i SIB, dan apalagi siswa/i SIB adalah siswa/i yang bersekolah di ASEAN, jadi siswa/i SIB wajib atau harus mengerti akan ASEAN Community 2015 yang sebentar lagi dicanangkan akan terwujud. Agar kelak siswa/i SIB tidak akan kalah atau takut untuk bersaing dengan Negara ASEAN lainnya. Penanaman jiwa persaingan harus dilakukan sejak dini di dalam keluarga
    13. 13.  Sekolah adalah sebuah lembaga pendidikan yang mengambil peran penting dalam pembentukan karakter tunas bangsa. Dan sekolah bukan hanya untuk mempersiapkan tunas bangsa untuk pintar dan mandiri akan tetapi juga dapat bersaing dengan bangsa lain. Jadi SIB selaku lembaga pendidikan seharusnya lebih perhatian terhadap siswa/i nya tentang ASEAN Community 2015 yang dicanagkan akan terwujud, dengan cara lebih memperbanyak memberi informasi tentang ASEAN Community 2015 baik dalam jam pelajaran maupun bukan jam pelajaran sebagai peningkatan fungsi dan peran wali kelas. Pemerintah Indonesia saharusnya sadar tentang ASEAN COMMUNITY 2015 dengan cara mensosialisasikan ASEAN. Agar kelak siswa/I seluruh Indonesia mengerti tentang ASEAN Community 2015 dan memiliki daya saing tinggi (Bergaining power).

    ×