Manfaat Jejaring Sosial dalam Meningkatkan Sosialisasi Siswa/i SIB

3,215 views
3,063 views

Published on

Manfaat Jejaring Sosial dalam Meningkatkan Sosialisasi Siswa/i SIB
Studi Deskriptif Analitis Terhadap Siswa/i SIB
Rayhan Aridh Naufal
Kelas XII SMA IPS T.A 2011/2012
9 Desember 2011

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
3,215
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
41
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • Apakah siswa siswi Sekolah indonesia bangkok sudah mengetahui manfaat manfaat jejaring sosial?Apakahsiswadisekolah Indonesia Bangkok dapatmemanfaatkanjejaringsosialsebagaialatsosialiasidenganmaksimaldanbenar?
  • JikafungsijejaringsosialmeningkatmakasosialisaiakanmeningkatJika jejaring sosial digunakan dengan baik dan sesuai peraturannya maka sikap atau perilaku siswa siswi SIB akan baikSiswa siswi yang sering menggunakan jejaring sosial dengan frekuensi waktu yang benar maka akan lebih baik dalam bersosialisasi dibandingkan dengan siswa siswi yang jarang sekali menggunakan jejaring sosial.
  • Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif. Metodepenelitiandalampenelitianadalah:Metode angketMetodeangketmerupakancaramengumpulkaninformasimelaluipertanyaantertulisolehpraresponden. sayaakanmenggunakanangkettertutupuntukpenelitianinikarenapertanyaandan alternative jawabannyatelahditentukansehinggapararespondenlangsungmemilihjawaban yang sudahdisediakan.Metode wawancaraMetode wawancara jadi bentuk komunikasi verbal semacam percakapan yang bertujuan memperoleh informasi. dan yang digunakan dengan metode wawancara struktur karena dapat lebih terarah kepada masalah, tujuan, dan hipotesis penelitian. Metode ObservasiMetodeobservasijadimetodeinidenganmenggunakanhal yang melihatlangsungkepararesponden yang adadilingkungan yang telahada.
  • MembagikanangketkepadarespondenRespondenmengisikemudiandikembalikankepadapenelitiAngketdikolektifberdasarkanpoinjawaban yang diberikanresponden, dandijumlahkanHasilpenjumlahanrespondendiprosentasikanHasilprosentasiditafsirkankedalambeberapatabel.Menafsirkantabeldenganobservasidanangket
  • Berdasarkanangketobservasidandiperkuatolehwawancarabahwasiswasiswisudahmengetahuimanfaatjejaringsosialuntukberkomunikasikarenajejaringsosialtersebutdigunakansesuaidenganfungsinyasebagaikomunikasibaik personal maupunantar personal kepadakelompok.
  • Berdasarkanangketobservasidandiperkuatolehwawancarabahwasiswasiswi SIB sudahdapatmemanfaatkanjejaringsosialsebagaialatsosialisasidenganmaksimaldanbenar. Hal inidapatdibuktikanbahwasiswa/I SIB telahmemanfaatkanjejaringsosialsetiapharikurangdari 1 jam. Sehinggatidakmengganggupenjadwalankeseharian.
  • Sesuai data yang sudah didapat dari angket dan diperkuat dengan wawancara menjelaskan bahwa tentang manfaat jejaring sosial sudah dapat dipahami dengan baik oleh para siswa siswi karena mereka menggunakan jejaring sosial sudah sesuai dengan yang sudah ditentukan dan tertib sesuai peraturan, seperti sesuai dengan data yang sudah didapat mereka juga memanfaatkan jejaring sosial untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dari yang dekat hingga yang jauh diluar.Berdasarkan data yang didapat menerangkan bahwa jejaring sosial yang digunakan siswa/i Sekolah Indonesia Bangkok digunakan sebagai alat sosialisasi yang baik dan maksimal karena mereka sudah bisa menggunakannya secara benar dan tepat, kemudian mereka melakukan sosialisasi dengan banyak cara atau fasilitas yang sudah digunakan didalam jejaring sosial tersebut. Siswa/i yang menggunakanpermainan/games dalamjejaringsosialmemilikikecendrunganmendapatkan teman asing. Jadi sosialisasi sudah dilaksanakan dengan maksimal dan benar.
  • Untuksiswasiswi agar selalumenggunakanjejaringsosialdenganbaikdansesuaidenganketentuan yang ada, lalu agar siswasiswidapatmengetahuiuntukfrekuensipemakaianjejaringsosialjanganterlaluberlebihan agar tidakmengganggukegiatanseharihari. Untuk guru sekolah Indonesia Bangkok jugabisamengetahuibahwadenganpemakainjejaringsosialmakasiswasiswidapatmengetahuiinformasidanberitalebihmudah. Siswa/idiharapkandapatmemanfaatkanjejaringsosialuntukkegiatanbelajarmengajar. Masihjarang guru yang menggunakanjejaringsosialuntukmeningkatkanpendidikankhususnyadi IndonesiaOrangtuamerekabisamengawasianakanaknyadijejaringsosialdandapatmembantuhubungankomunikasi agar selaluitepantaudenganbaiksangatbermanfaatuntukmembantuhubungankomunikasi. Orangtuahendaknyamemilikipengetahuanlebihtentangjejaringsosial agar putra-putrinyadapatterpantaudenganmenggunakan internet dankomunikasi yang sehat.
  • Manfaat Jejaring Sosial dalam Meningkatkan Sosialisasi Siswa/i SIB

    1. 1. MANFAAT JEJARING SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN SOSIALISASI SISWA/I SIBRayhan Aridh NaufalXII IPSSekolah Indonesia BangkokTAHUN AJARAN 2011 - 2012
    2. 2. Latar belakang Peringkat Jejaring Sosial yang Sering Digunakan Jejaring Sosial Sumber: hukum.Kompasiana.com
    3. 3. Manfaat Jejaring Sosial Terhadap PeningkatanSosialisasi Siswa/I Sekolah Indonesia Bangkok keluarga Asing Teman TemanJejaring Sosial Sosialisasi (umum) Biasa Fungsi: Teman Teman (sekolah) - Komunikasi - Berita - Game - pretise
    4. 4. Rumusan Masalah Apakah siswa siswi Sekolah Indonesia Bangkok sudah mengetahui manfaat manfaat jejaring sosial? Apakah siswa di sekolah Indonesia Bangkok dapat memanfaatkan jejaring sosial sebagai alat sosialiasi dengan maksimal dan benar?
    5. 5. Hipotesis Jika fungsi jejaring sosial meningkat maka sosialisai akan meningkat Jika jejaring sosial digunakan dengan baik dan sesuai peraturannya maka sikap atau perilaku siswa siswi SIB akan baik Siswa siswi yang sering menggunakan jejaring sosial dengan frekuensi waktu yang benar maka akan lebih baik dalam bersosialisasi dibandingkan dengan siswa siswi yang jarang sekali menggunakan jejaring sosial
    6. 6. Metode PenelitianMetode wawancara Metode ObservasiMetode wawancara jadi Metode angket Metode observasi jadibentuk komunikasi verbal Metode angket merupakan metode ini dengansemacam percakapan cara mengumpulkan menggunakan hal yangyang bertujuan informasi melalui melihat langsung kememperoleh informasi pertanyaan tertulis oleh pra para responden yang responden. ada di lingkungan yang telah ada. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif
    7. 7. Pengolahan Data Angket dikolektif Responden mengisi berdasarkan poin jawabanMembagikan kemudian yang diberikanangket kepada dikembalikan kepada responden, danresponden penliti dijumlahkan Menafsirkan tabel Hasil prosentasi di Hasil penjumlahan dengan tafsirkan kedalam responden obeservasi angket beberapa tabel diprosentasikan
    8. 8. Hasil Penelitian
    9. 9. Pembahasan Masalah Apakah siswa siswi Sekolah Indonesia Bangkok sudah mengetahui manfaat - manfaat jejaring sosial?• Siswa siswi sudah mengetahui manfaat jejaring sosial untuk berkomunikasi.• Sesuai dengan fungsinya sebagai komunikasi baik personal maupun antar personal kepada kelompok.
    10. 10. Apakah siswa di sekolah Indonesia Bangkok dapat memanfaatkan jejaring sosial sebagai alat sosialiasi dengan maksimal dan benar?• Memanfaatkan jejaring sosial setiap hari kurang dari 1 jam.
    11. 11. Simpulan• Mereka menggunakan jejaring sosial sudah sesuai dengan yang sudah ditentukan dan tertib sesuai peraturan, seperti sesuai dengan data yang sudah didapat mereka juga memanfaatkan jejaring sosial untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dari yang dekat hingga yang jauh diluar.• Jejaring sosial yang digunakan siswa/i Sekolah Indonesia Bangkok digunakan sebagai alat sosialisasi yang baik dan maksimal karena mereka sudah bisa menggunakannya secara benar dan tepat.• Mereka melakukan sosialisasi dengan banyak cara atau fasilitas yang sudah digunakan didalam jejaring sosial tersebut.• Siswa/i yang menggunakan permainan/games dalam jejaring sosial memiliki kecendrungan mendapatkan teman asing. Jadi sosialisasi sudah dilaksanakan dengan maksimal dan benar.
    12. 12. Saran• Untuk siswa siswi agar selalu menggunakan jejaring sosial dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang ada, lalu agar siswa siswi dapat mengetahui untuk frekuensi pemakaian jejaring sosial jangan terlalu berlebihan agar tidak mengganggu kegiatan sehari hari.• Untuk guru sekolah Indonesia Bangkok juga bisa mengetahui bahwa dengan pemakain jejaring sosial maka siswa siswi dapat mengetahui informasi dan berita lebih mudah. Siswa/i diharapkan dapat memanfaatkan jejaring sosial untuk kegiatan belajar mengajar. Masih jarang guru yang menggunakan jejaring sosial untuk meningkatkan pendidikan khususnya di Indonesia• Orang tua mereka bisa mengawasi anak anak nya di jejaring sosial dan dapat membantu hubungan komunikasi agar selalui tepantau dengan baik sangat bermanfaat untuk membantu hubungan komunikasi. Orang tua hendaknya memiliki pengetahuan lebih tentang jejaring sosial agar putra-putrinya dapat terpantau dengan menggunakan internet dan komunikasi yang sehat.
    13. 13. SOSIOLOGI Rayhan Aridh Naufal 12 - IPSSekolah Indonesia Bangkok

    ×