Books 2010

640 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
640
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Books 2010

  1. 1. BOOKS 2010<br />No.TitleCommentAuthorScore1.Multiple IntelegenceTernyata emotional intellegence itu penting, kemampuan untuk memahami orang lain, kemampuan untuk mencairkan suasana. Orang yang cerdas (IQ tinggi) tidak semua memilikinya. Dicantumkan pula contoh-contoh EQ yang dimiliki oleh beberapa orang. Cukup inspiratif untuk memperbaiki sikap.Daniel Goleman812.Laskar PelangiAwalnya membosankan, shg ckup waktu lama bwt menyelesaikan bacax. Andrea terlalu detail dalam mendeskripsikan setiap benda, jdi bkin ngantuk. Cerita tentang pengalaman sehari2, tdk ada klimaks. Tapi kebelakang sangat menarik, lucu, dan terlihat ayin khas penulisnya. Banyak falsafah hidup, ajaran agama, dan pengetahuan yg ditulis. Tentang cinta, kesederhanaan, perjuangan, pengorbanan, persahabatan, mimpi, dll. Banyak hal2 tidak terduga, menegangkan. Siip dah!Andrea Hirata833.EdensorGood! Bercerita seputar perjalanan Ikal mengelilingi Eropa dan Afrika. Gaya penulisan menarik, konyol tapi lucu. 297 halaman. Tidak ada klimaks, setiap mozaik dapat berdiri sendiri menjadi cerpen. Tidak basa-basi. Cukup memberikan pengetahuan tentang benua Eropa. Khususnya tempat-tempat yang layak untuk dikunjungi. Banyak pelajaran hidup dan paradox yang bisa diambil. Ide Backpackerx boleh dicoba tuch…hi…hiAndrea Hirata854.Mahkota CintaAlur cerita jelas, banyak pelajaran yang didapat, khususnya di bidang agama, cukup menyedihkan. Kalau jodoh gak kemana. Harus saling tolong-menolong, pasti Allah memberikan kebaikan di dalamnya.Habiburrahman El-Sirazy805.Pudarnya Pesona CleopatraCerita tentang seorang lelaki yang sangat memuja kecantikan Cleopatra, sampai ia menginkan istrinya seperti itu. Namun sayangnya, istrinya tidak seperti Cleopatra, dan ia tidak mencintainya, hingga saat istrinya yg sedang mengandung meninggal, ia baru sadar bahwa istrinya lebih baik dari Cleopatra, dan Cleopatra tidaklah sesempurna yang ia bayangkan, menyesallah ia. Pesan moral tu, kalau semua yang indah dari luar, belum tentu indah juga di dalam. Syukurilah apa yang diberikan Tuhan untuk kita, meski kadang apa yang diberikan Tuhan tidak sesuai dengan apa yang kita mau. Istrinya sabar banget, selalu mencintai dan memeperhatikan suaminya meskipun suaminya tidak mencintainya, dan selalu mendoakan yang terbaik baginya.Habiburrahman El-Sirazy807.Bayang-bayang Pohon DelimaFilsafat banget, penuh pemikiran rumit dan kata-kata yang bagus. Megungkap skandal keluarga bangsawan islam yang tak terduga dan kehidupan timur tengah zaman lampau. Semangat berjuang Zuhair muda untuk membela agamanya luar biasa. Memperlihatkan bahwa ada yg mampu mempertahnkan prinsip meski harus mengorbankan nyawanya, dan ada yg tidak mampu mempertahankannya dengan las an yg diplomatis….mungkin. Perlawanan yg sengit antara kaum Islam dan non Islam Kaum non Islam akan melakukan apa saja agar kaum Islam keluar dr agamanya, misalnya dengan pembantaian yg sadis & pembakaran karya2 kaum Muslim…. Sesuai dg nisi Al-Quran. Huhu…Akhir cerita yang sangat tragis, tapi saya sangat bangga, karena mereka gugur dan tetap bertahan di jalan kebenaran. Tariq Ali887.Harry Potter & The Socceres StoneBuku pertama Harry Potter. Cukup seru saat Harry dkk mencari batu bertuah, cukup bikin penasaran, dan petualangan mereka di ruang terlarang keren, aksi maen catur dan menangkap kuncinya.J.K. Rowling838.Harry Potter & The Chamber of SecretLebih seru dari buku sebelumnya, lebih bikin penasaran sama kamar rahasianya. Ada tokoh baru namanya Aragorg dan Ginny Weasley.J.K. Rowling859.Harry Potter & The Prisoner of AzkabanKarena nonton filmnya duluan jadi gag begitu seru, gag penasaran lagi karena udah tau ceritanya. Cuma lebih lengkap di novelnya sich.J.K. Rowling8410.Harry Potter & the Goblet of FireBercerita tentang kisah Harry tahun keempat di hogwarts. Banyak bercerita tentang Quidditch, karena memang pada tahun tersebut digelar piala dunia Quidditch. Bercerita pula tentang perlombaan memenangkan piala api tingkat internasional yang diselenggarakan di Hogwarts. Banyak tokoh baru: Cho Cang, Cedrick, Mad-Eye, dll. Dan di novel ke-empat ini, Voldemort bangkit kembali dan membunuh Cedrick, setelah berhasil dibangkitkan oleh wormtail, abdinya. Tapi cukup lama sich baca novel ini, hampir 900 halaman bo’... heheheheJ.K. Rowling8311.Harry Potter & The Order Of The PhoenixKarena terlalu tebal jadi gag fokus, klimaksnya gag begitu berasa karena ada banyak. Paling membosankan dech yg ini, gag begitu ngena di hati, 1000 halaman lebih loh’. Kisahnya tentang sebuah orde rahasia: Orde of Phoenix yang akan melawan para pelahap maut dan tentang perebutan sebuah ramalan di kementrian sihir yang berisi tentang nama seseorang yang bisa mengalahkan Voldemort. Siapakah dy? Harry Potter lah jawabnnya, siapa lagi :’).J.K. Rowling8012.Harry Potter & The Deathly HallowsNovel yang paling bagus, secara lah novel akhir, menjawab semua pertanyaan dan misteri yang sudah ditunggu-tunggu. Kisahnya tentang pencarian horcrux dan Deathly Hallows (relikui kematian) untuk satu ttujuan, menghancurkan kegelapan, Voldemort.J.K. Rowling8513.The Da Vinci CodeData-data yang diberikan luar biasa, diklaim akurat, gag tau juga sich? Bahasanya tingkat tinggi tapi mudah dimengerti. Ceritanya mengalir seolah benar-benar seperti kisah nyata. Banyak memberikan Informasi, seperti science dan teknologi, hampir komplit dech. Membuka banyak wawasan tentang Masonik dan Templar. Benar-benar menggugah nalar.Dan Brown8714.Angels & DemonsLagi-lagi bagus.... banyak informasi juga yang diberikan, lebih ke science, laboratorium dan bom nuklir. Banyak informasi juga tentang Kepausan di Vatikan.Analisisnya tajam dan dalam, susah dipatahkan. Dan Brown benar-benar hebat. Penasaran banget saat menunggu satu persatu kardinal terbunuh.Dan Brown8815.Deception PointBagus lagi.... informasi yang diberikan seputar mekanisme pemilu di USA. Banyak juga informasi tentang fosil-fosil serangga. Tak terduga banget sama kayak novel-novel sebelumnya sich. Baca novel ini bisa melatih konsentrasi dan berpikir kritis.Dan Brown8816.Sebuah Lorong Di KotakuGw nemuin bukunya gag sengaja di perpustakaan sekolah SMP. Ceritanya mengalir, meski cerita tentang kehidupan masa kecilnya, sederhana, tapi asyik dibaca, sampai pengen baca novelnya yang lain. Cerita bareng keluarganya sehari-hari seru, menceritakan pula kisahnya pada saat penjajahan Jepang.Nh. Dini8517.Padang Ilalang Di Belakang RumahMelanjutkan cerita dari novel Dini yang pertama, sebuah lorong di kotaku. Sama menariknya, gag ngebosenin, ceritanya mengalir. Cerita tentang perangnya lebih banyak, pengungsian dan perjuangan hidup keluarga Dini.Nh. Dini8418.Langit & Bumi Sahabat KamiDi Novel ini, Dini mengingatkan kita untuk menjaga alam dan menyayanginya. Dini menceritakan hidupnya dengan alam, bahwa alam menyediakan segala kebutuhannya, bahwa tanpa alam entah apa yg akan terjadi, bahwa alam harus disyukuri dengan tidak menia-nyiakan tiap komponen-komponennya.Nh. Dini8319.Salah AsuhanKisah lelaki pribumi yang menyukai seorang gadis Belanda bernama Corie, padahal ia sudah mempunyai istri dan anak. Tapi ia tidak pernah memperhatikan istri dan anak-anaknya di rumah, malah berselingkuh dengan Corie. Intinya sich sikap anak seorang anak sampai ia dewasa sangat dipengaruhi oleh didikan orang tuanya, asuhan yang salah bisa mengakibatkan perilaku yang salah pula, seperti yang dipesankan di novel ini. Cuma gimana jelasnya gw lupa, hehe... udah cukup lama sich....Abdoel Moeis8320.Azab Dan SengsaraSungguh kasihan sekali si cewek yang bernama Mariamin, sudah ditinggalkan orang yang dicintainya merantau, ia harus menikah dengan laki-laki yang bejat dan kasar. Begitulah, Mariamin meninggal dengan membawa kesengsaraan dan kesedihannya. Namun bagi gw, dy adalah sosok wanita yang sabar dan mulia. Di tulis dengan gaya sastra lama, melayu, dan tidak membosankan.Merari Siregar8221.Si Jamin Dan Si JohanSedih banget mpe bikin gw nangis berkali-kali, klu ada cerita ibu tiri yang galak dan sadis ya disini ni. Perjuangan hidup dua anak kecil, kakak beradik si Jamin dan si Johan. Mereka harus bekerja untuk kehidupan mereka dan untuk memenuhi permintaan Ibu tiri mereka yang tak tau diri, hanya bermalas-malasan dan selingkuh. Si Johan sang kakak meninggal tertabrak kereta api demi membela adiknya, Jamin yang tak bersalah. Saat telah dewasa, Jamin tak pernah melupakan pengorbanan dan kebaikan kakaknya. Begitulah harusnya kakak beradik, saling membantu, membela, melindungi, menyayangi, dan saling berbagi...okehMerari Siregar8622.Layar TerkembangKisah dua gadis kakak beradik yang memiliki karakter bagai langit dan bumi, si kakak sangat serius, ambisinya adalah menjadi pemimpin gerakan wanita. Sedangkan adiknya adalah seorang periang dan tak memiliki obesesi besar seperti kakaknya. Mereka mencintai orang yang sama, namun si cowok mencintai adiknya. Pada akhirnya, adiknya yang menderita suatu penyakit harus meninggal. Sebelum meninggal ia meminta kekasihnya untuk mencintai kakaknya dan menikah dengan kakaknya... oh....St. Takdir Alisjahbana8023.Totto-chanLucu. Layaknya anak-anak lain, Totto-chan pun sering tertarik dengan apa yg dilakukan orang lain, sehingga ia menirunya, tapi konyol. Mencerminkan apa yg diinginkan anak. Ternyata anak juga ingin dihargai, seperti mendengarkan ceritanya dengan sungguh-sungguh. Mengajarkan pula untuk mensyukuri kesederhaan, yg justru sebenarnya memberikan kebahagiaan. Mengajarkan pula untuk mau membantu orang lain, meskipun kecil tapi itu bs sangat bernilai bagi orang lain.Tetsuko Kuroyanagi8624.BotchanBahasanya agak susah dimengerti, tipe2 sastra Jepang jaman dulu. Cerita seorang gurur yg memegang prinsipnya. Ia sangat berani mengatakan tidak dan mengingatkan guru/orang lain bila mereka tidak bersikap seperti seharusnya. Ia juga tidak takut dengan murid-muridnya yg sangat usil dan jahil. Begitulah, guru memang harus sabar dan bekerja dengan profesionalitas juga seharusnya.N. Soseki7825.MitsukoBanyak memberikan informasi tentang Jepang. Kisah saling menggulingkan antar klan di Jepang. Dan kisah seorang gadis Jepang bernama Mitsuko yang melakukan perjalanan mencari jasad kakak iparnya bersama seorang tengu. Perjalanan ke tempat-tempat tak terduga dan pembuktian cinta sejatinya kepada kakaknya. Memberikan pesan moral pula bahwa kelp. yg diberi stereotip/label jahat ternyata tidak semuanya benar. Seperti tengu yang dianggap jahat, ternyata ia baik, bahkan menolong Mitsuko yang baru dikenalnya untuk mencari kakak iparnya.Kara Dalkey8326.Memoirs Of A GeishaKisah seorang anak perempuan miskin anak nelayan yang dijual ayahnya kepada seorang pengusaha yang akan membawanya ke Kyoto dan menjadikannya sebagai calon wanita penghibur. Ia dijual bersama kakaknya, namun mereka harus berpisah karena mereka dibawa ke tempat yang berbeda. Ia dibeli salah satu rumah bordir Gyon. Ia harus bekerja keras dan menjadi babu untuk menebus biaya yang telah dikeluarkan Gyon tempatnya bekerja yang telah membelinya. Ia juga harus merasakan kekejaman Hatsumomo, seorang gheisa terkenal, gheisa di gyonnya. Ia bertekad untuk menjadi gheisa, bukan pelacur murahan, oleh karena itulah ia belajar dengan keras untuk menjadi seorang gheisa dan didik oleh Mameha, musuh utama Hatsumomo. Pada akhirnya, ia berhasil menjadi seorang gheisa terkenal dan diberi nama Sayuri, tentu saja semua itu diraih dengan kerja yang sangat keras. Novel ini tentang perjuangan hidup,persaingan, cinta, dan permusuhan. Ceritanya mengalir dengan latar tempat Jepang dan waktu jaman penjajahan. Kisahnya seolah nyata, padahal sebenarnya novel ini adalah novel fiksi.Arthur Golden8927.Perempuan Kembang JepunNovel ini diceritakan dengan berbagai sudut pandang tokoh-tokohnya. Pada intinya menceritakan kisah cinta antara seorang geisha dari Jepang dan laki-laki pribumi. Cinta terlarang, karena si pria telah beristri dan beranak. Mereka berdua tak bisa bersatu namun mereka saling menunggu dan mencintai. Latarnya di Surabaya dan pada saat zaman penjajahan baik Belanda maupun Jepang. Kata-kata dalam novel ini cukup banyak yang puitis dan lumayan bagus.Lan Fang8128.Padang BulanMasih mencritakan kisah cinta ikal yang melancholik dan Ai Ling. Ikal sempat hampir gila karena menganggap bahwa Ai Ling mengkhianati cintanya, namun ternyata semuanya hanyalah kesalahpahaman, yang dibuat oleh sahabat Ikal, yaitu detective M. Nur. Detective terkenal di Belitong karena kepiawaiannya memecahkan berbagai maslah dan fenomena yang terjadi. Diceritakan pula perjuangan hidup yang berat seorang gadis cilik bernama Enong (sapaan akrab Maryamah Karpov), setelah ditinggal mati ayahnya, ialah yang menjadi tulang punggung keluarganya, ia menjadi wanita pendulang timah pertama dengan usia yang masih muda.Andrea Hirata8429.Cinta Dalam GelasMenceritakan kisah Enong yang telah dewasa dan menikah, namun ia harus bercarai dengan suaminya yang seorang pecatur hebat bernama Matarom karena Matarom selalu bertindak kasar saat menjadi suaminya. Enong bertekad mengikuti kejuaran catur Belitong dan berambisi untuk mengalahkan sang juara bertahan yg tak lain adalah mantan suaminya sendiri. Di sinilah diceritakan perjalanan Enong dalam lomba catur, usaha-usaha apa saja yang harus ia lakukan sampai penolakan2 dirinya sebagai wanita yang bermain catur. Namun, Enong memperlihatkan kehebatannya, membuktikan bahwa wanita juga bisa, wanita juga punya hak dan kehormatan. Dwilogi Padang Bulan ini lebih seru, lebih bikin deg-degan, penasaran siapa yang menang lomba caturnya, dan banyak memberikan informasi tentang dunia catur, termasuk strategi2nya.Andrea Hirata8730.Effect Musik MozartMenjelaskan banyak hal tentang Musik Mozart: kelebihannya dibandingkan jenis musik lain, kemampuan musik Mozart untuk perkembangan daya pikir dan kesehatan anak disertai dengan beberapa penelitian, dan hal-hal lain seputar biografi Mozart dan kehebatan musiknya, penulisannya jelas dan detail, analisisnya cukup dalam, meski tak sepenuhnya bisa dibuktikan, ada yang menentang buku ini, karena dianggap tidak benar.Don Campbell8431.Rembulan Tenggelam di WajahmuBanyak mengajarkan falsafah hidup, melalui perjalanan hidup tokohnya yang bernama Reihan yang tak luput dari berbagai cobaan hidup dari Tuhan. Tak hanya belajar dari perjalanan hidup Reihan, namun juga orang-orang yang bersinggunangan dengan Reihan. Karena sejatinya hidup dengan orang lain seperti siklus, saling mempengaruhi dan berhubungan. Selalu berbuatlah baik kepada orang lain, karena kita tak kan pernah tahu apa yang terjadi dan apa dari kita yang berpengaruh bagi orang lain dan apa dari orang lain yang berpengaruh bagi kita. Sejatinya hidup adalah iklhas dan mencari ridha-Nya, itu sudah cukup.Tere-Liye8832.Ancaman Global Freemasonry(e-book)Mengupas tuntas Freemasonry. Menyertakan fakta-fakta dan bukti2, baik dari luar Mason maupun dari dalam Mason. Butuh pemikiran membaca buku ini, analisisnya kuat dan menggunakan referensi yang sangat banyak untuk mengungkap fakta dan memperkuat argumen.8833.Gurita CikeasPengungkapan bisnis-bisnis yang dilakukan oleh keluarga Cikeas (keluargaSBY) dan kolega2 politiknya, penyimpangan2 yang dilakukan oleh mereka. Namun, gw merasa buku ini kurang dilengkapi dengan data-data yang bisa membuat gw percaya. Buku ini cukup berani, mengkritik atau berpendapat tentang keluarga Cikeas. Buku ini juga ditarik dari pasaran, dilarang terbit, dan kontroversial.George Junus Aditjondro7334. Bujang & Jenderal PortugisFalsafah hidup sehari-hari yang disampaikan dengan sederhana tapi kena di hati. Bujang banyak menggunakan analogi dengan sesuatu yang ada disekitarnya dalam berargumen/berfilosofi, kadang kala kocak. Karena kelihaian bujang berpendapat, banyak orang yang ingin menantang dan beradu pendapat dengannya, berusaha mengalahkan dan mempermalukan bujang, seperti yang dilakukan jenderal2 Portugis, yang mengundang Bujang makan malam yang sebenarnya bertujuan menjatuhkan Bujang. Namun apa dikata, usaha mereka gagal, tak ada yang bisa menandingi kecerdasan Bujang.Harlis Kurniawan8535.Hafalan Shalat DelisaBanyak sekali nilai moral dari novel ini, khususnya di bidang agama. Tentang ketulusan menghamba pada Allah, mencintai orang lain karena Allah, dan hidup karena Allah akan lebih baik dan lebih utama daripada hal-hal lain, termasuk reward saat kita melakukan sesuatu. Delisa menginspirasi untuk selalu memperbaiki dan menyempurnakan shalat, sungguh shalat yang benar dan khusyuk itu luar biasa, mampu menggetarkan Arsy-Nya.Tere-Liye8736.Perfect StrangerKisah seorang cewek SMA bernama Madison yang jatuh cinta dengan sahabat penanya lewat internet. Madison adalah siswa teladan di sekolahnya, dan ternyata sahabat penanya adalah seorang cowok yang satu sekolah dengannya, dan yang sering ia ajak bertengkar. Kisah tentang persaingan 3 orang siswa SMA dalam memperebutkan jabatan ketua murid. Pesan moral: janganlah terlalu serius dalam hidup, nyantai dikit lah; dan jangan pernah mengadili orang tanpa ada bukti terlebih dahulu.Jahnna N. M.7837.Beauty and The BestKisah dua orang remaja SMA, yang satu primadona di sekolahnya karena kecantikannya dan satunya si juara umum di sekolahnya. Mereka tak bisa akur dan selalu berselisih dan saling menilai buruk satu sama lain. Stereotip tentang bahwa cewek cantik pasti bodoh dan cewek jenius pasti gag punya teman. Namun pada akhirnya mereka bersahabat saat mulai mengenal bahwa tidak semua hal-hal buruk yang mereka pikirkan adalah benar dan akhirnya mereka bisa menerima kekurangan masing-masing dan saling menghargai kelebihan masing-masing.Luna Torashyngu7838.Life on the Refrigerator DoorCerita tentang catatan-catatan yang ada di pintu lemari es, dari seorang wanita karir paruh baya (bercerai dengan suaminya) dan putrinya. Mereka berdua tidak pernah bertemu karena kesibukan masing-masing, dan lewat catatan itulah komunikasi mereka. Akhirnya, si anak ingin punya waktu untuk bertemu dan ngobrol bareng ibunya, saat dia tahu bahwa ibunya ternyata telah lama mengidap kanker payudara. Setelah ibunya meninggal, anak itu tinggal bersama ayahnya. Mungkin begitulah gambaran keluarga sekarang, tak pernah bertemu dan berkomunikasi satu sama lain karena punya kepentingan sendiri2.Alice Kuipers7339.Jerawat Gue BangetKisah seorang gadis pelayan cafe yang jerawatan suka sama lelaki tampan. Tapi akhirnya ia memutuskan untuk berpacaran dengan temannya sendiri, karena temannya selalu perhatian padanya, menerima dia apa adanya, dan mengerti perasaannya, meskipun temannya itu jelek dan item. Begitulah, gag semua orang tampan baik. Mending menerima yang mencintai kita daripada mengejar orang-orang yg tidak mencintai kita dan bahkan suka bikin sakit hati.Mya Ye7440.Kisah Seru Pengantin BaruKumpulan cerpen tentang pertama berkenalan dengan pasangan hidup-menikah-sampai setelah berumah tangga. Suka-dukanya, tantangan apa saja yang dihadapi, langkah apa saja yang ditempuh, dan perbedaan-perbedaan saat sebelum dan setelah menikah. Seputar pernikahan dech pokoknya. Ada yang menarik dan ada yang boring, ada yang sedih dan ada yang bahagia, macem2, coz penulisnya juga ada banyak, punya gaya masing2.Asma Nadia, dkk.7541.ConfeitoBagus, kata2nya nyentuh dan filosofis banget. Cerita tentang persahabatan, dan filososfi bahwa cinta itu tak harus memiliki, tidak untuk saat ini, tapi mungkin nanti. Menjelaskan bahwa sahabat adalah orang yang mampu menerima kita apa adanya.Windhy Puspitadewi8242.10 Anak NegroGood!!! Menegangkan n’ g bs d tbak jalan ceritanya… pelakunya tak trduga bngt… analisisx jlas & bagus… pengarang wanita detektif pertma yg gw bc! Cm ada berpa yg janggal. But… cerita detektifx menarik.Agatha Cristie8743.Josep Sang Muallaf(e-book)Bercerita tentang para calon pendeta muda yg berbondong-bondong masuk Islam, dan cara-cara yang dilakukan orang Kristen untuk memurtadkan orang Islam (banyak menggunakan kekerasan), dan strategi kelompok Islam yang siap menghadapi strategi2 tersebut. Cukup berani.7644.Totto-chan’s ChildrensKisah Totto-chan yang telah dewasa. Kisah perjalanannya keliling dunia sebagai seorang Duta UNICEF. Ia bercerita mengenai negara dan kondisi anak-anak yang ia kunjungi. Banyak anak-anak yg mati karena busung lapar, kelaparan karena perang, dan dampak2 mengerikan lain yang diterima dan dialami anak-anak karena perang. Gw juga jadi tahu, ternyata perang2 di negara lain juga sangat mengerikan. Ah.... gw benci perang...Tetsuko Kuroyanagi8045.Anak Kos DodolKisah-kisah yang terjadi di anak kos, sikap dan tingkah laku mereka yang dodol abis, mulai saling meminjam barang, hutang, cinta, kebiasaan favorit anak kos yang dodol, bahkan sampai cerita tentang pencurian dan hal-hal dodol lainnya. Cukup menghibur, kocak. Bisa buat kenang-kenangan jaman-jaman nge-kos nich....heDewi Rieka80<br />

×