Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
895
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
41
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Buletin KAFI Edisi 4/KAFIJember/1423 H/November2011 Inspirasi Para Pecinta KaligrafiSpecial points of interest: Ruang Utama Kunci Pembuka Kemudahan Sang Idola Putri Jawa Timur Sang Juara Inspirasi Unik dan Indah… Khath Araby Renungan Sudahkah Kita Bersyukur KAFE Tawa www.kafijember.blogspot.com
  • 2. Ruang Utama1Page 2Kunci Pembuka KemudahanBy: Ochim & nartOSatu hal yang sering menjadi perkara dan kendala kita sebagai seorang kaligrafer dalam menghasilkantulisan berkelas internasional dan spektakuler adalah si ruwet. Mulai dari aturan yang serba njlimet, caramenggoreskan qalam yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, anatomi huruf yang harus disiplindan teliti serta proses panjang menemukan spirit dari setiap karya yang dihasilkan adalah sederetan kisahsi ruwet yang tak pernah berakhir. Padahal keruwetan ini sesungguhnya jalan yang harus ditempuh untukmenjadi seorang kaligrafer handal dan profesional. Bila kita mau jujur, keruwetan itu adalah rasa malasyang sudah kadung melekat dalam diri kita dan perasaan bosan yang harus ada jalan keluarnya.Proses-proses instan dan karbitan yang selama ini kita jalankan harus segera ditinggalkan. Menjadipendekar kaligrafi setingkat Hamdullah Amasy, Hamid Amidy atau Husny, memang tidaklah mudah,butuh keuletan, keluwesan dan proses panjang untuk mencapainya.Pada persoalan si ruwet ini, investasi terbaik kita adalah menyelami makna dari do’a pembukakemudahan bagi seorang kaligrafer:“Rabbi Yassir wa Laa Tu’assir Rabbi Tammim bil Khair wa Bihil ’Aun”Tuhanku... (Dzat Yang Maha Pendidik... yang selalu mendidik hamba-Nya dengansentuhan kasih sayang, yang mengajari manusia dengan qalam) Huruf itu simbMudahkanlah... (aku... dalam kerumitan untuk menulis firman-Mu, sebagaimana ulEngkau mudahkan para sahabat rasul-Mu) bunyi, biarkanDan Jangan Engkau Persulit... (aku... dengan segala bentuk yang membelenggu doa yang tertutangan, hati dan imajinasiku) lisTuhanku.... (Dzat Yang Maha Sempurna) itu ikut men- doakan sampaSempurnakanlah... (disetiap goresan tintaku, se- ibagaimana sempurnanya firman-Mu) tulisan itu ter-Dengan Baik... (seperti tangan- hapus oleh debutangan para sahabat yang engkau pilih untuk menulis firman-Mu) .Dengan Segala Kuasa dan Pertolongan-Mu... (karena kami sadar bahwahanya Engkau yang tahu apa yang ada dalam hati dan benak kami)Sebuah do’a sempurna, do’a penggugah jiwa para penulis ayat-ayat suci yang hatinya terkadang sangsi.Do’a penghancur si ruwet yang bikin mbulet. Tak salah jika do’a ini selalu menjadi ritual para kaligraferketika pertama kali menggoreskan tintanya. Sebuah mantra yang merupakan pintu pembuka kemudahandalam kerumitan dan kesulitan. Yang memberikan petunjuk dan rahasia-rahasia yang belum terkuakdalam kaidah berkaligrafi. Dan kenapa tidak hanya diucapkan, tapi lebih dari itu kita menuliskan do’a itu dengan goresan tinta kita? Kita bisa menganalogikan do’a ini dengan peristiwa rasul ketika ziarah kubur, beliau tidak hanya berdoa dengan kata-kata tapi beliau kemudian menancapkan sebatang pohon dengan mengharap pohon itupun ikut mendoakan sampai pohon itu mati. Semoga kemudahan selalu menyertai kita. Amin*
  • 3. Tahukah Kamu? 2 Alqur’an Terkecil Di Dunia Tahukah kalian para pecinta keligrafi, Alqur’an terkecil di dunia? Iya! Al- Quran terkecil di dunia ini adalah karya kaligrafer asal Lebanon bernama Hasan Abduh. Kitab kecil yang memuat lengkap 30 juz Al-Quran ini adalah hasil kerja tangan sediri, hebat bukan??? terdiri atas 604 halaman yang panjang setiap halamannya 2,5 cm. Subhanallaah…. Jempol buat yang bikin dah…. Dapat predikat dari bulletin KAFI neh… Kaligrafer terunik, terte- laten, tersabar, terkreatif, dan ter ter yang lainya……. Hehh. Siapa yang berani nulis Al-Qur’an Lebih kecil dari ini??? Semoga Bermanfaat. Novel Kaligrafi Seniman Kaligrafi Terakhir (La Nuit des Calligraphes) Para pecinta kaligrafi, tahukah kalian novel kaligrafiini? Novel yang menceritakan tentang kaligrafer perempuan (Rikkat Kunt) ini ditulis oleh seorangpengarang perancis Yasmine Gatha. Buku ini mendapat sukses, dan telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa, belum termasuk terjemahan ke dalam bahasa Indonesia, serta mendapat penghargaan: Prix de la Dcouverte (Prince Pierre de Monaco), Prix Cavour (Italia), Prix Kadmos (Libanon), dan Prix des Lecteurs d’Herblay 2005. Dalam novel ini menceritakan terjadi perubahan secara radikal di Turki pada tahun 1923, dari sebuah negeri yang ―tradisional‖ menjadi negeri yang ―modern‖—untuk itulah seluruh tradisi di- hancurkan hingga ke akar-akarnya—agar bisa dipandang benar-benar modern. Hubungan Islam dan tradisi Arab dengan masyarakat Turki yang telah berkait-erat selama berku- run-kurun, diputus. Bahasa dan tulisan Arab perlahan-lahan mulai dihapuskan, dan diganti dengan versi abjad Latin. Justru dalam kondisi itu, seorang gadis bernama Rikkat yang memiliki kecintaan luar biasa pada kaligrafi, menghadapi hari-hari dan karirnya yang mulai diremehkan penguasa Turki yang baru. Bersama seniman-seniman kaligrafi tua lain- nya—yang berasal dari warisan penguasa lama: sultan—mereka dipecat, dan sekolah-sekolah mereka ditelantarkan.Kecintaanya terhadap kaligrafi dibayar mahal: segala yang ia miliki: sebagai istri dan ibu nyaris terampas habis. Emosinya dicurahkan pada kegiatan menulis dengan meniupkan seluruh nafas hidupnya pada huruf-huruf agar kaligrafi menjadi seni yang abadi, lebih manusiawi dan modern. Inilah novel tentang cinta pada kesenian yang tengah sekarat, di sebuah wilayah yang serba aneh dan mistis dengan Turki kontemporer yang mulai terseret arus modern Barat, Yasmine Ghata menulis sebuah roman yang indah dan pe- nuh ilham yang berasal dari kisah nyata. Ayo… bagi yang ngaku kaligrafer harus beli novel ini! Novel penggugah jiwa buat para pecinta kaligrafi.
  • 4. Sang Idola3 Putri Jawa Timur Sang Juara jak tahun pertama di sekolah menengah, tepatnya tahun 2003 saya ditunjuk seba- gai delegasi dari sekolah menjadi peserta MKQ dalam ―Pekan Muharram‖ Kab. Ngawi yang rangkaian acaranya sebagai- mana acara MTQ dan Alhamdulillah saya bisa mendapatkan juara I. sejak ber- hasil dalam musabaqah ini saya menjadi semakin pede utk mengikuti lomba- lomba yang lain dan termotivasi utk mempelajari khot lebih dalam. Akan tetapi ketika itu saya blm menemukan pelatih utk membimbing belajar kali- grafi, oleh karena itu saya nilai tulisan Foto : Detik-detik Nur Hamidiyah saat menerima saya tdk berkembang banyak. BeruntungNama : Nur- gelar Juara II khot Maghribi, International Calligraphy saya memiliki guru seni yang selalu men- garahkan saya di bidang ornament danKhamidiyah Competition by IRCICA Istanbul, Turki. juga pewarnaan, sehingga sangat mem- Alow...Sobat KAfi mau tau hasil wawancara bantu ketika mempersiapkan sebuahTTL : Ngawi, 4 Mei1988 eksklusif tim reporter KAFI dengan sobat karya utk lomba. Alhasil, selama 3 tahun kita si Diyah??hmmm pasti….. Baca yah…! berturut2 saya berhasil mempertahankanAlamat : Jl. Sunan juara I di acara yang sama.Kalijogo Pojok Beran Sejak Kapan Belajar khat neh? Prestasi kecil ini menumbuhkan motivasiNgawi dan prinsip yang kuat dalam benak saya, Pertama kali belajar khot di Ponpes Darul bahwa prestasi itu tidak hanya dihasilkanAgama : Islam Huda, Mayak, Tonatan, Ponorogo. Saat itu dari kuatnya sebuah kemampuan, na- saya masih duduk di bangku Mts. Nah, di mun juga kemauan dan keberanian. SayaAbah : Ibnu Malik berkata demikian karena saya merasa pondok tersebut pelajaran khot dijadikanMu’thi sebenarnya kemampuan saya standar2 sebagai salah satu pelajaran di sekolah saja, saya yakin masih banyak anak seusiaIbu : Anisatussholihah pagi, maupun sekolah diniyah. Sehingga saya yang lebih baik dan pintar dalam suka tidak suka, mau tidak mau, semua bidang kaligrafi. Tapi karena kesempatanPendidikan: dan peluang yang dimiliki setiap orang santri di Pondok Darul Huda harus mem-TK Dharma Wanita berbeda2, sehingga hasilnya pun juga pelajari khot. berbeda. Kebetulan kesempatan lombaNgawi dan peluang menang yang saya miliki Kenapa suka?MI AL-Falah Ngawi selama ini lumayan terbuka, sehingga Sejak kecil saya memang suka dan telaten kaligrafi menjadi salah satu bidang yang ketika menulis arab. Ketika di sekolah dasar,MTs. Darul Huda saya tekuni. Namun tidak hanya kali- guru saya bilang tulisan arab saya bagus, begituPonorogo grafi, bidang seni lain juga saya ikuti dan juga ketika di pondok. Oleh karena itu setiap tekuni seperti hadrah.MAN Ngawi ada pelajaran yang mengharuskan guru utk menuliskan materi (dalam tulisan arab) di pa- Khat yang paling disukai?UIN Malang, Fak. pan tulis, saya ditugaskan utk menuliskan. Dibilang paling disukai mungkin semen-Syari’ah, Jur. Al-Ahwal Dalam hal ini sy menyebutnya bukan hobi tara belum ada. Karena MKQ yang ser- kaligrafi, tetapi hanya menulis arab. NamunAl-Syakhsiyyah 2006 ing saya ikuti adalah golongan hiasan setelah lulus dari pondok dan meneruskan mushaf, sehingga sy masih bertahan pada MA di Ngawi, hobi menulis arab sudah mulai khot naskhi. Baru pada akhir tahun - naik menjadi hobii. Kenapa? Karena mengin-
  • 5. Sang Idola 42009 saya belajar khot maghribi dengan Syekh Belaid Hamidi dari Mesir secara online. Jadi khot yang pernah saya pe-lajari secara resmi dan keseluruhan sampai saat ini baru nashkhi dan maghribi.Tiba2 kok trdengar kabar mengejutkan ya putri indonesia juara khat magribi international. gmana ceritanya kok bsikut??? sejak kapn belajar khat magribi?? Kenapa kok tertarik, cerita dong??Sobat kafi pasti penasaran! Mau tau jawabanya??? Buka kisah menariknya di www.kafijember.blogspot.com ataujuga bisa di blognya si diyah neh… http://diyya.wordpress.com hmmm dijamin seru dah… suka, duka, canda tawacampur jadi satu dah….Terus gimana neh perasaannya diyah waktu berada ditengah2 master khath, pengeeen..?Perasaan berada di tengah2 master kaligrafi. Seperti yang kawan saya bilang ―kita mengikutilomba ini bukan utk mengejar kemenangan atau hadiah, tapi sebagai bentuk partisipasi kitasebagai khottot dan sebagai kesempatan utk bergabung dg khottot dilingkup internasional.‖Sejak saat itu saya memulai latihan khot maghribi tanpa beban dan kekhawatiran apapun.Saya niatkan murni utk mempelajari seni Islam dan semoga bernilai ibadah. Kemudian se-muanya berjalan dan berbagai hambatan masing-masing teratasi.Tanggal 15 April 2010 sy mendapat telfon dari Turki yang mengabarkan saya juara 2, rasanyaseperti mimpi. Ketika dapat undangan utk hadir dalam penyerahan penghargaan di AbuDhabi tanggal 1-2 Juni 2010 saya pun masih tercengang dan meragukan diri, apa ini benar2terjadi atau tidak?. Baru ketika saya berangkat dan duduk di dalam pesawat menunggu takeoff, saya baru sadar bahwa ini semua memang kehendak Allah yang sudah ada dalam gengga-man tangan saya. Kehendak yang sangat mengejutkan dan mengharukan. Kehendak yang mengantarkan saya pada se-buah kesempatan yang jauh dari possibilitas impian sy yaitu bertemu khottot senior internasional. Suasana dan au-ranya sangat sakral, terbaca dari cara beliau2 berkata, menulis dan berwacana sungguh maknanya sangat dalam. Khotbenar2 ditempatkan dalam sebuah kemuliaan karena dijadikan sebagai seni utk memperindah ayat2 Al-Qur’an.Saya sndiri merasa malu, karena saya akui selama ini hanya menempatkan khot sebagai salah satu hobi yang apabilasaya tekuni (baik tulisan atau zahrofah) maka saya akan mendapatkan prestasi (menang lomba dan mendapatkanhadiah).Kabarnya sekarang scul khath di Mesir yaw??? Bagi cerita donk…!! Setelah menikah tanggal 8 september 2011, seki-tar satu bulan kemudian saya berangkat ke Mesir bersama suami karena beliau hendak melanjutkan studi pasca sarjana (s2). Untuk itu suami saya juga menghendaki agar saya bisa belajar secara langsung kepada guru saya yang ada di Mesir. Beliau adalah Ust. Belaid Hamidi asal Maroko, guru khot disebuah lem- baga dan memiliki murid2 yang berasal dari berbagai Negara. Nama lembaganya adalah Markaz Al-Halqah Al-Khairiyah di daerah Husain dan berdekatan dengan Universitas Al-Azhar Kairo. Di Markz tersebut, Khot maghribi tidak dijadikan sebagai khot yang wajib dipelajari, jika ada yang berniat mempelajari, maka beliau baru mengajarkan. Prestasi kecil ini men umbuhkan motivasi Setiap murid yang belajar di markaz prinsip yang kuat da dan lam benak saya, “bah tersebut wajib mengikuti metode bela- prestasi itu tidak hany wa a dihasilkan dari jar yang sudah ditentukan, yaitu mem- kuatnya sebuah kem pelajari khot riq’ah dari kurrosah yu- ampuan, namun juga kemauan dan ke suf dzanun dan Muhammad izzat. beranian” Setelah itu baru khot Diwani, Jali Di- wani, Ta’liq, Tsulus dan Naskhi.
  • 6. Sang Idola5 Alhamdulillah sy sekarang sudah mulai di Markaz Al-Halqah al-khairiyah dan masih tahsin khot maghribi. Saya akan memulai khot riq’ah segera setelah acara pemberian ijazah khot (semacam sanad khot yang diberikan oleh seorang guru khot yg sebelumnya telah menda- pat ijazah) kepada beberapa murid beliau di Markaz. Banyak orang Indonesia yang belajar bersama beliau, beberapa diantaranya akan mendapatkan ijazah di khot maghribi, Jali Di- wani dan Ta’liq. Mereka adalah Muhammad Zainuddin, Alim Gema, Rofiki dll. Oke deh…. Gud luck yah…. Terus pesan2 diyah kepada temen2 khath apa neh! Biar kita semua tetep semangat teyuuus….. Sedikit pengalaman yang saya miliki semoga bisa menambah motivasi kawan2 khottoth “Khat adalah ilmu Indonesia agar terus berpacu dalam mendalami khot, bukan hanya sebagai motivasi musa-dari Allah, apabila baqah tapi juga sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Al-Qur’an dan seni penulisannya. kita pelajari dan Ustadz Bil’id pernah berkata kepada saya bahwa khat adalah ilmu dari Allah, apabila kita pelajari dan kita amalkan (ajarkan kepada orang lain) dengan ikhlas, maka tidak ada hal kita amalkan lain yang ingin kita peroleh lagi, gelar sarjana atau magister bisa diraih oleh banyak orang, (ajarkan kepada tapi penguasaan khot tidak banyak orang yang bisa meraihnya.orang lain) dengan Yang tak kalah pentingnya adalah jangan mengatakan TIDAK kepada kesempatan yang ikhlas, maka tidak ada di depan kita. Seberapapun kesulitan atau halangan yang mungkin akan kita hadapi pasti ada jalan keluarnya. Intinya adalah laksanakan saja / Just Do it!. ada hal lain yang Satu hal lagi yang pernah dipesankan kepada saya adalah untuk tidak lupa mendoakan ingin kita peroleh guru2 kita sebelum kita memulai latihan. Dengan begitu kita akan lebih mudah sampai lagi, gelar sarjana pada keberkahan dan kemanfaatan ilmu yang pernah diajarkan oleh guru kepada kita. In-atau magister bisa sya Allah.diraih oleh banyak orang, tapi pen-guasaan khot tidakbanyak orang yang bisa meraihnya” Ini nih prestasi yang pernah digenggamnya... Juara II Mewarnai, Pekan Ngawi, Ngrambe 2005 Ngawi 2005 juara I MKQ gol. Hiasan Muharrom Anak-anak Juara II Pembacaan UUD, Juara I MKQ Dewasa, mushaf, Kutai Barat, Kali- Juara II Tartil Al-Qur’an HUT Pramuka Kab. Pekan Muharrom Kab. mantan Timur, FASI Kab. Ngawi Ngawi 2004 Ngawi 2006 Juara II Cerdas Cermat B. Peserta English Speech, Juara II MKQ SMA Juara II khot Maghribi, Inggris MTs. Darul Huda STAIN Ponorogo se eks- Sederajat, Olimpiade B. International Calligraphy Ponorogo karesidenan Madiun 2005 Arab Tk. Jatim, UNMUH Sidoarjo 2006 competition by IRCICA Juara III CCQ Hardiknas Juara I Hadrah, Pekan Madaris KAb. Ngawi, Juara Harapan II MKQ, Istanbul, Turki. Kab. Ngawi 2003 Ngrambe 2005 MTQ Jatim, Blitar 2007 Juara II Senam Santri, Hardiknas Kab. Ngawi Juara I Hadrah, Pekan Juara I MKQ, Usbu’ul 2003 Muharrom Kab. Ngawi Lughoh, PKPBA UIN 2006 Malang 2007 Juara III Senam Santri, Hardiknas Kab. Ngawi Juara I MKQ Dewasa, Juara II MKQ, Harlah 2004 Pekan Muharrom Kab. JDFI UIN Malang 2007 Ngawi 2004 Jawara Indie Band Juara I Senam Santri, Juara I MKQ Dewasa, ―AWEBE‖ WK FM se eks- Pekan Madaris Kab. Pekan Muharrom Kab. Karesidenan Madiun
  • 7. KAFE Tawa 6 LOMBA KA LIGRAFI Usia dibawah 10 Tahun Ocim NAMA ―iya juga, lengkapnya CORAT—CORET kamar mereka. Susanto Prasetyo‖ Miftah, anak SD yang Adik : ―kak, seandainyaAda 2 anak laki-laki pe- Hehehe… balas nih? bandel sedang dimarahi kakak jadi masternyaserta Lomba Kaligrafi gurunya. khath, apa yang akanSejawa Timur yang PERINGATAN kakak lakukan? Guru : Miftah… janganberasal dari Kota berbeda Seorang guru khath mem- suka corat-coret ditem- Azmi : ―Aku akan mem-sedang berkenalan beri peringatan kepada bok! Ayo ditulis huruf bangun sekolah kaligrafi muridnya yang tidak per- Alif dan Ba’-nya! di Indonesia dek, dan aku―Namaku Susi, Mas! Dari nah setoran tulisan akan terus memanfaatkanKota Surabaya‖ Miftah: halah… Bu guru Ustadz : Alfin.. Ini perin- ilmuku ini, kalau kamu? sendiri suka corat-coret di―Laki-laki kok namanya gatan yang terakhir buat papan tulis dan bukunya Adik : ―Aku akan mem-Susi!?‖ kamu. Kapan kamu Miftah! beli mainan dan coklat mengkoreksikan hasil yang buanyaak sekali kak‖―Lengkapnya Susilo Wi- latihanmu??? Guru : Grrrmm…!?bowo, Mas! Kalau Mas???‖ Azmi ; ―Grrr??? Dasar Alfin: Hah, peringatan JADI MASTER anak kecil!‖―Saya? Saya Susan! Dari terakhir ustadz??? Asyik KHATHBanyuwangi‖ dong ustadz… berarti besok nggak ada peringa- Suatu malam Azmi dan―Hahhhh, yang benar tan lagi. adiknya berbincang- *Sekian*neh?‖ bincang sambil latihan Ustadz : ??!?* Khath bersama di
  • 8. INSPIRASI7 Unik dan Indah… Khath Araby By: Bambang Priyadi Serba unik dan indah. Demikian Saya mendefinisi- Sudahkah akhi-ukhti berlatih goresan kan aktivitas berkaligrafi. Dari proses mempelajari dasar khath sebagaimana tertera pada gam- kaidah huruf/tulisan (bentuk, jenis/gaya, ukuran, bar ini? aransemen) dan teknik. Memilih bahan andam, gla- (Gambar A) gah, bambu, lidi ijuk aren atau logam yang nantinya dijadikan alat untuk menulis yang biasa disebut Keywordnya : tetapkan 20 derajat posisi Qalam. Juga upaya meraut/ memotong ujung qalam pena pada bidang kertas dan mulailah dan membuatnya mulus dan lancar saat digunakan menggerakkan atau menjalankannya. menulis. Dan memilih kertas yang cocok (hvs, kar- Perhatikan potongan-potongan garis/ ton manila, kinstrik) hingga seluk-beluk pembuatan bidang yang nantinya membentuk tam- kertas muqahar yang berbahan baku kertas, larutan pang bentuk huruf JIM dan ‘AIN. teh, putih telur dan serbuk tawas. Serta berbagai macam tinta dan pewarna aneka pilihan produksi (Gambar B) Turki, Cina, Jerman, England dsb, atau bahkan Perhatikan kotak-kotak berukuran 2,5 membuat tinta sendiri dari aneka tanaman yang ada (dua setengah) titik dan penempatan ker- disekitar kita. angka bentuk huruf JIM dan ‘AIN. Jangan harap menemukan rahasia-rahasia keunikan (Gambar C) dan keindahan tersembunyi dibalik aktivitas berkali- grafi, jika menyikapi atau melakukannya hanya Cobalah memasang/display potongan- “sambil lalu” apalagi “setengah hati”. Saya sarankan potongan bentuk huruf tadi ditempat- tempat yang sesuai/semestinya. para akhi-ukhti melakukan PÉ—DÉ—KA—TÉ un- tuk obyek spesial ini, yang oleh karenanya kita ter- (Gambar D) jembatani bisa membaca dan memahami isi kandun- gan Al-Qur’an Al-Karim. Coba bandingkan pula dengan bentuk hu- ruf JIM, ‘AIN yang dihasilkan dengan Berbagai metode dan sistematika pengajaran khath menerapkan metode taqlidi seperti ini. sudah habis-habisan dieksplorasi dan diuji, dari me- (Gambar E) tode/sitem taqlidi (belajar dengan disiplin sanad ketat) hingga simplikasi dalam praktek/ aplikasi. Perlu diingat… kreatifitas, intensitas dan Akhi-ukhti dipersilahkan memilih sendiri jalur kontinuitas bereksplorasi adalah unsur tak manapun yang paling diminati, tentu berhadapan terabaikan dalam keunikan dan keindahan aktivitas berkaligrafi. langsung dengan guru/instruktur andal dipandang lebih afdhol. Singosari, 07 November 2011
  • 9. INSPIRASI 8 Gambar A Gambar C Gambar BGambar DGambar E
  • 10. Calligraphy Is…9 Ingin tahu opini orang-orang tentang kaligrafi dari berbagai macam daerah dan profesi. Pasti seru juga yah… oleh karena itu baca ini nih….. Apa sih yang ada dibenak anda tentang KALIGRAFI?―Kaligrafi merupakan seni tulis menulis huruf arab, selain sebagai hiasan juga dapat digunakan untuk berdakwah ten-tang Islam‖ (Lia– Staf TU BPPNFI-Surabaya)―Kaligrafi adalah Kali dan Grafi. Kali=Sungai, Grafi=Peta, = Peta Sungai (Hehhhhhhh Juz Kiddink). Jadi Kaligrafiadalah seni rangkaian yang indah yang membuat mata hati kita bergetar‖ (Bambang Hadi Sunaryo-Kepala Bag.Pengembangan Satpol PP-Jember)―Suatu karya seni tentang keindahan rangkaian lafadz-lafadz‖ (Choiron-Dosen Matematika-Bondowoso)―Bagiku, kaligrafi tuh sesuatu yang tidak semua orang bisa membuatnya karena merupakan seni tersendiri, makanyabuatkan doong…..‖ (Lita-Karyawati Salon-Jember)“Calligraphy is my way to live and die in believing holy Qur’an” (M. Rosyikin-Manager KopenasBank Bukopin-Probolinggo)―Kaligrafi itu bagiku kaya’ perjalanan hidup yang panjang…., kadang senang, susah, lucu, mengharukan…. Wees…pokok e campur aduk, tapi tuh perjalanan hidup yang ndak ada kiamate… hehe…, kayak pepatah mengatakan Hidupadalah seni melukis tanpa menghapus. Mari kita jadikan hidup ini sebagai maha karya yang menciptakan keba-hagiaan‖ (Luthfi Zahrotunnisa’-Santriwati PP. Darul Huda-Ponorogo)―Kaligrafi itu sebagian kecil dari keindahan dan kebesaran yang Allah berikan agar dapat dirasakan dan dinikmati olehUmmat‖ (Sony-Supir Angkutan Umum-Jember)―Kaligrafi itu indah juga ruwet! Kalo lagi nulis sudah pasti harus konsen penuh, yang bisa kaligrafi terutama cewek,waaah….. Luar biasa deh!! Aku jadi iri banget, palagi ceweknya cuantiik….. :)‖ (Kholifah-Qori’ah Jawa Timur-Jember)―Kaligrafi merupakan sebuah goresan perkataan dan pesan Allah SWT yang berbingkai dalam seni yang indah yanghanya bisa dibuat oleh orang dengan hati bijak dan bersih untuk dapat memunculkan keindahan dan makna yang adadidalamnya, tanpa hati yang bijak dan bersih kaligrafi hanya sebatas hiasan mata yang maknanya takkan tersampaikandi hati yang memandangnya. Untuk itu perlu hati yang bersih untuk menggoresnya juga perlu hati yang bijak untukmemandangnya. Sehingga kaligrafi adalah ungkapan hati dari nya, untu dia dan untuk kamu‖ (Ahmad-Konsultan Ar-sitek-Malang)―Kaligrafi merupakan seni menulis huruf arab. Penulisan kaligarfi membutuhkan kecermatan danketelitian tinggi karena memadukan aspek religi, estetika, seni dan bahasa‖ (Ria-ibu Rumah Tangga-Banyuwangi)“Kalo’ ada kata kaligrafi ya pasti yang teringat langsung,,, ya DIRIMU C***……Wakakakakkkk” (Aisyah-Staf Admin. Semen Gresik-Gresik) Tim Reporter KAFI
  • 11. Sekedar Ingin Tahu 10 Tinta Tinta mulai Tinta merupakan sebuah dan bahan-bahan addik- digunakan olehSebagai kaligrafer, ten-tunya kita sering bermain media yang sangat kom- tiv lainnya digunakan orang sejak seki--main dengan tinta. pleks, berisikan pelarut, untuk mengatur aliran, tar abad 3-4 MKhathath Tanpa tinta pigmen, celupan, resin ketebalan dan rupa tinta oleh bangsa ro-bagai makanan tanpa dan pelumas, sollubilizer ketika kering. mawi yang saatgaram. Hmmm g enak, g (semacam senyawa yang itu mulai meng-lengkap, hambar, dan g membentuk ion-ion Jenis-jenis tinta juga ban- gunakan alatseru! polimer polar dengan yak sekali sobat KAFI. bantu pena untuk resin tahan air), surfaktan Bahan dan kegunaannya menulis.Sekedar ingin tahu, tinta (yaitu unsur basah yang pun berbeda dan ber-adalah cairan yang berisi- menurunkan tekanan macam-macam. Salahkan bermacam pigmen permukaan dari sebuah satunya adalah Tintayang digunakan untuk cairan, memungkinkan Alami.mewarnai bidang atau penyebaran yang mudah,untuk menghasilkan surfaktan juga menu- Sekedar ingin tahu, ba-suatu gambar, teks atau- runkan tekanan antar gaimana yah! cara mem-pun sebuah desain. Tinta permukaan antara dua buat Tinta Alami? Selainjuga digunakan untuk cairan), materi-materi mudah juga dijaminmengambar dan atu partikuler, pemijar, dan aman untuk lingkungan.menulis menggunakan material-material lainnya. Terdapat beberapa carapena, kuas atau quill Komponen-komponen dalam membuat tinta,(semacam kuas berbulu tinta tersebut men- tetapi yang paling umum jalankan banyak fungsi: adalah menggunakan Bagi yang serius latianlembut). pembawa tinta, pewarna, ekstrak buah berry. Khath ati2 yah… jangan sampai minum tintaBahan-bahan : Lalu peras buah hingga keluar sarinya. karena dikira kopi. Raspberry 3. Tambahkan 1/2 st cuka dan aduk. Saringan 4. Tambahkan 1/2 st garam. Garam “Meksi tak Mangkuk logam atau digunakan sebagai zat pen- menyebabkan kaca gawet. kematian, namun Cuka Tuang ke dalam botol, dapat menyebabkan Garam tutup rapat dan siap efek seperti sakit Toples atau botol digunakan. kepala luar biasa, iritasi kulit, danCara Pembuatan : Waah muda juga ya sobat kerusakan sistem1. Beli 1 cangkir buah KAFI. Sebenarnya banyak syaraf. Efek-efek iniraspberry juga lho kekayaan alam yang dapat disebabkan oleh2. Taruh saringan ke juga bisa digunakan untuk larutan atau pigmenatas gelas kaca atau logam (jangan guna- tinta. Semoga bermanfaat, Alhamdulillah utama seperti p-kan bahan plastik karena ekstrak berry yah…... sesuatu!! Anisidine, yangakan membekas permanen). digunakan dalam proses pembuatan warna dan cahaya tinta.”
  • 12. 11 Just 4 You Huruf Jer Ba’ KU LUKIS NAMA-MU Ku tulis sajak buat sahabat Ku ukir ayat-Mu dalam keabadian Yang berdiri diantara bait-bait hijriyah Walau tak seindah keAgungan-Mu Menggores garis buat huruf yang menyihir Tangan menari di atas kanvas Suci Suci dari Tuhan yang mutakalliman Berharap ridlo-Mu Bismillahirrahmanirrahim Dakwah dengan tulisan Berita mewakili jagat raya Berharap menjadi nasehat Bumi beserta langit dan seluruh yang hidup Untukmu, ku dan semua Puji memuji syukur pada-Nya Ba’ adalah huruf jer Bila Engkau izinkan aq Tuhan Titiknya mewakili bintang gumintang, planet dan bulan Ingin kulukis nama-Mu Garisnya menceritakan lingtang semesta Di langit indah-Mu Dan semusra ilmu penuh kehidupan Dengan pelangi dan bintang-Mu Sungguh ironi Agar semua orang tau Bila hidup yang panjang Betapa Agungnya diri-Mu Kau menutup mata dan semua indra Tak ada yang pedulikan ini siapa? Jember, 02 November 2011 Hanya ba’ huruf jer dari Bismillahirrahmanirrahim Siapa yang tuntas berfikir Ayyie_da Barokah Barokah Barokah Do’a para seniman Yang kau tumang matanya dengan seni kaligrafi Shodaqallahula A’dzim Jember, 14 Oktober 2011, 00.47 M. Nailur Ridlo
  • 13. Renungan 12 Sudahkah Kita Bersyukur... Kita diberi 2 pasang Lalu bagaimana sikap kita terhadap segelintir nikmat yang mata, sehingga dengan diberikan oleh Allah SWT tersebut? Tentu kita harus bersyukurAyo nak jadilah kepada Allah SWT. Bayangkan saja, jika kita tidak memilikiKhatthath yang mudah melihat, mem- salah satu dari nikmat tersebut! berat bukan? baca dan memahamibersyukur yah.. ayat-ayat suci Alqur’an Banyak rizqi yang mengalir deras dari perantara kaligrafi, tak terkira, tak terduga. Tak berlebihan jika seorang penyair pernah Kita diberi 2 pasang berkata ―Jika engkau punya uang, maka kaligrafimu adalah hiasan. tangan, sehingga Tapi jika kamu butuh uang, kaligrafimu sebaik-baik sumber usaha”. Oleh karena itu, marilah kita mengikat nikmat-nikmat Allah mampu untuk selalu SWT tersebut dengan cara bersyukur. menulis kalimat-kalimat Syukur merupakan tanda ketergantungan seseorang pada kuasa agung penuh kebena- yang lebih berkuasa. Mengucap syukur menunjukkan kerenda- ran, keindahan dan ke- han hati yang mulia untuk menerima apa yang patut diterima, bahkan bersyukur sendiri merupakan parameter kadar spirit damaian kualitas seseorang dalam berhubungan dengan sang pencip- tanya. Kita diberi 2 pasang “Mengucap Maka, paling tidak ada tugas kita sebagai kaligrafer untuk men- kaki, sehingga selalu syukur untuk syukurinya. Yaitu, memfokuskan diri dengan cara terus menerus bisa menyertai di- melatih dan memfaatkannya sebagai realisasi tugas kekhalifahansetiap anugrah manapun tempat kita kita dimuka bumi ini. Menjadikan kaligrafi sebagai mediakehidupan yang untuk belajar ibadah dan da’wah serta mengembangkan menjadi ilmu dan keahlian yang bercita rasa seni dalam tradisi islami.dinikmati setiap Kita yang diberi 2 Semoga kita menjadi insan kaligrafi yang bersyukur. Amin.hari merupakan pasang telinga, se- hingga bisa mendengar langkah yang rahasia-rahasia baru Semangat kaligrafi adalah bagaimana kita bisa memberikan paling baik yang belum terkuak manfaat yang sebesar-besarnya bagi sesama. Semangat memberi, untuk bisa dalam semua hal ten- bukan semangat meminta, bukan semangat mengumpulkan, tang dunia kaligrafi. apalagi semangat mengeksploitasi orang lain. melalui kehidupan ini “Banyak orang bersikap angkuh dan sombong tapi belumdengan penuh tentu mampu membuktikan sesuatu apapun” kebahagiaan”
  • 14. Sobat KAFI13 Mohon Support dan Do’anya… Bintang Kopi Spesial “Muhammad Nasihin” ma- suk dalam 2 besar pembinaan MKQ JATIM. Semoga Ass. Alow KAFI, gi mana kabarnya delegasi KAFI ini dapat me- neh… aq pingin ka sih saran yaw…. wakili JATIM untuk selanjut- Kegiatan KAFI seca ra keseluruhan nya GO Nasional. Ayo Nasi- bagusss, tapi buat an ak2 KAFI ha- rus lebih kompak ya hin! Bawa harum nama KAFI … harus pin- ter2 bagi waktu,,,, ka dan JATIM!!! lo nuruti sibuk yah g ada abizn ya,,, oke! Saya Tetap semangat! ingin tau juga wajah para pengurus KAFI neh? Ditampi lin ya..Makasih ya… semoga berman faat.. Wass…. Wass. Terimakasih Wiqo...atas (Wiqo. MAN 1) kritik dan sarannya....semoga dengan saran tersebut,anak2KAFI semakin kompakdan terus semangatt....tentunya juga semangatdalam belajar khath,,, iya, dalam edisi ini akankita tampilkan poto para pengurus KAFI Selamat atas prestasi So-okey! Tenxs yah.... bat KAFI Reska Dian Alya Referensi: Juara Harapan 2 http://www.masbadar.com MTQ Mahasiswa http://www.ABNA.co Nasional XII di http://www.goblogin.com Makasar Musrofi, M. 2007. 5 langkah melahirkan mahakarya. Jakarta Congrat!
  • 15. Ini loh wajah2 para pengurus KAFI,,,, bagi ang-gota baru yang ingin kenal dan ingin tau namamasing2 pengurus !ini nih…..
  • 16. Ikutilah CINTA KALIGRAFI 2011 Limited Edition! Bagi sobat KAFI yang karyanya ingin dimuat di bulletin KAFI,seperti Artikel, Cerita, Puisi, Gambar DSB,silahkan hubungi Ochim yah… bagi karyayang dimuat akan mendapatkan sesuatuhloh… Info lebih lengkap buka : www.kafijember.blogspot.com Sekretariat : Jln. Kertabumi 22/9 B Jember Tlp. 085749104723 Supported By : Penerbit : KAFI Jember. Alamat Redaksi : Jln. Kertabumi 22/9 B Jember. Pimpinan Redaksi : Ochim. Sekretaris Redaksi : Miftah, Pelaksana Redaksi : Reska,Jimly, Juni, Wiqo. Keuangan dan Distribusi : Nanik , Nasihin, Nailur, Sofi. Layout dan Design : ochim, Vicky