Your SlideShare is downloading. ×
Inspirasi Bunda Teresa
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Inspirasi Bunda Teresa

13,238
views

Published on

Inspirasi dari kehidupan Bunda teresa yang dapat dijadikan sebagai pelita dan inspirasi dalam melakukan pelayanan.

Inspirasi dari kehidupan Bunda teresa yang dapat dijadikan sebagai pelita dan inspirasi dalam melakukan pelayanan.

Published in: Spiritual

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
13,238
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
14
Actions
Shares
0
Downloads
168
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Penghormatan kepada Bunda Teresa 1910-1947
  • 2. BUNDA TERESA DALAM KATA-KATANYA SENDIRI “Jangan menunggu para pemimpin; lakukanlah sendiri, dari orang ke orang.” Bunda Teresa mengajarkan kepada kita dengan teladannya apakah makna yang sejati dari ‘hidup’ berdasarkan kitab suci.
  • 3. “Saya pikir saat sekarang dunia dalam keadaan kacau balau, dan mengalami penderitaan yang besar karena sedikit sekali ada kasih di rumah, dan dalam kehidupan keluarga. Kita tidak mempunyai waktu untuk anak-anak kita, kita tidak mempunyai waktu untuk yang lainnya, tidak ada waktu untuk mengasihi yang lainnya.”“Kasih dimulai dari rumah; kasih bersemi di rumah, dan itulahsebabnya mengapa ada begitu besar penderitaan dan ketidakbahagiaan yang terjadi di dunia saat ini...Setiap orangkelihatan begitu tergesa-gesa, gelisah untuk mendapatkansegala sesuatunya lebih besar dan lebih besar lagi baik itukekayaan dsb, sehingga anak-anak mempunyai sedikit waktudengan orang tua mereka. Orang tua mempunyai sedikitwaktu satu dengan yang lainnya, dan di rumah tempatpertama dimulainya kekacauan dari kedamaian di dunia.”
  • 4. KEMISKINAN“Saya melihat Tuhan di dalam diri setiaporang. Ketika saya membersihkan lukadari orang yang menderita lepra, Sayamerasa sedang merawat Tuhan sendiri.Bukankah ini merupakan pengalamanyang indah?" -- 1974 wawancara. “Ketika saya melihat mereka yang disia- siakan disini, Saya merasa marah di dalam diri. Saya tidak setuju untuk terus marah. Namun ini ada sesuatu yang tidak dapat engkau tolong setelah melihat Ethiopia." -- Washington 1984.
  • 5. “Kemiskinan yang paling besar adalah kesepian dan perasaan tidak dicintai.” “Penyakit yang paling ganas saat ini bukanlah lepra atau TBC, namun perasaan merasa tidak diinginkan.” “Ada kelaparan untuk cinta dan penghargaan yang lebih besar di dunia daripada kelaparan akan makanan.” “Kita sering berpikir bahwa kemiskinan hanya terkait dengan kelaparan, tanpa pakaian, dan tanpa rumah. Kemiskinan berupa tidak diinginkan, tidak dicintai dandiabaikan adalah kemiskinan yang paling besar. Kita harus mulai di rumah kita sendiri untuk menanggulangi kemiskinan ini.”
  • 6. PERANG “Saya tidak pernah berada dalam suasana perang sebelumnya, namun saya telah menyaksikan kelaparan dan kematian. Saya menanyakan pada diri saya, „Apa yang mereka rasakan ketika mereka melakukan kekejaman ini? Saya tidak mengerti akan perang. Mereka semua adalah anak-anak Tuhan. Mengapa mereka melakukan ini? Saya belum juga mengerti."-- Beirut 1982, selama perang antara tentara Israel dan gerilyawan Palestina. “Tolong pilihlah jalan damai. ... Singkatnya akan ada pemenang dan yang kalah dalam perang ini yang kita semua takutkan. Namun semua itu tidak akan pernah dapat memberikan pembenaran atas penderitaan, rasa sakit dan kehilangan nyawa yang disebabkan oleh senjata kalian." -- Surat kepada Presiden U.S. President George Bush dan Iraq Presiden Saddam Hussein, Januari 1991.
  • 7. MENGGUGURKAN KANDUNGAN Aborsi “pembunuhan di dalam rahim... Seorang anak adalah hadiah dari Tuhan. Jika engkau tidak menginginkannya, berikanlah kepadaku" “Penghancur yang paling kejam di dunia adalah Aborsi karena jika seorang ibu dapat membunuh anaknya sendiri, apakah salahnya bagiku untuk membunuhmu dan engkau membunuhku? Tidak ada bedanya.”“Adalah kemiskinan yang membuat seorang anak harusmati sehingga engkau bisa hidup seperti kehendakmu.”
  • 8. DALAM MISINYA“Kita merasa bahwa apa yang kita sedangkita lakukan hanyalah setetes air dalamsamudra. Namun samudra akan kurangsesuatu karena kehilangan setetes air itu.”“Pada kesempatan yang lainnya saya bermimpi ada di depangerbang surga. Dan Tuhan berkata, „Kembalilah ke dunia. Karenatidak ada kemerosotan dan kekacauan di sini."-- dikutip seperti yang dikatakan oleh pangeran Michael Greece tahun1996. “Keajaiban bukan pada kita melakukan pekerjaan ini, namun kita merasa senang untuk melakukannya.”
  • 9. KASIH“Jika kalian menghakimi orang lain, itu artinyakalian tidak punya waktu untuk mencintai mereka.”• “Saya mencoba memberi orang miskin kasih dimana orang kayamendapatkannya dengan uang. Tidak, saya tidak akan menyentuhorang lepra hanya untuk beberapa juta rupiah; malahan sayaberhasrat untukmenyembuhkan mereka untuk kasih Tuhan.”• “Saya menemukan sebuah ungkapan, bahwa jika engkaumengasihi sampai merasakan sakit, maka tidak akan ada rasa sakitlagi, hanya ada kasih yang tersisa.”• “Saya tidak tahu bagaimana surga itu, namun saya tahu bahwaketika kita meninggal dan tiba waktunya Tuhan untuk mengadilikita, beliau tidak akan bertanya, berapa banyak kebaikan yang telahengkau lakukan dalam kehidupanmu?, malahan beliau akanbertanya, berapa banyak kasih yang engkau beri pada sesuatu yangengkau kerjakan?”
  • 10. • “Merasa tidak diinginkan, tidak dicintai,diabaikan, dilupakan oleh setiap orang, sayaberpikir bahwa ini adalah kelaparan yang lebihbesar, sebuah kemiskinan yang jauh lebih besardaripada dengan seseorang yang tidak punyaapapun untuk dimakan.”• “Jangan berpikir tentang kasih dengan aksioma, untuk menjadikasih yang murni, harus menjadi luar biasa. Apa yang kita butuhkanadalah kasih yang tanpa mengenal akhir.”• Setiap saat ketika engkau tersenyum kepada orang lain, maka iniadalah tindakan kasih, hadiah buat seseorang dan sesuatu yangbegitu indah.• Pekerjaan yang bagus adalah selalu dihubungkan dengan rantaikasih yang tidak terpisahkan.
  • 11. DALAM MELAYANI TUHAN• “Miliki keyakinan pada sesuatu yang kecilkarena kekuatan kalian terletak di dalam mereka.”• “Setiap orang dari mereka adalah Tuhan dalamwujud samaran.”• “Saya hanyalah sebuah pensil kecil ditangan penulis yaitu Tuhanyang sedang mengirimkan surat kasih ke seluruh dunia.” • “Saya tidak berdoa untuk kesuksesan, saya berdoa untuk keyakinan.” • “Saya tahu Tuhan tidak akan memberikan apapun yang tidak mampu saya tangani. Saya hanya berharap bahwa Beliau tidak mempercayai saya begitu besar.”
  • 12. “Banyak orang salah menilai bahwa kerja ini adalah pekerjaan kita. Pekerjaan kita adalah untuk kasih Tuhan.” “Tuhan yang terkasih, buatlah hamba menghargai martabat dari pekerjaan yang mulia ini, dan semua tanggung jawabnya. Jangan pernah ijinkan hamba mencemarkannya dengan tanpa kehangatan jiwa, kejahatan, atau ketidaksabaran.”“Seharusnya sedikit bicara; sebuah khotbah bukanlah sebuah titiktemu. Apa yang harus engkau lakukan kemudian? Ambillah sebuahsapu dan bersihkanlah rumah seseorang. Perkataan seperti ini sudahcukup.”“Dalam kehidupan ini kita tidak bisa melakukan hal yang luar biasa. Kita hanya bisa melakukan hal kecil dengan kasih yang besar.”
  • 13. “Kata-kata yang tidak dapat memberikan cahaya penerangan dari kegelapan.”“Marilah kita tidak cepat puas hanya denganmemberikan uang. Uang saja tidaklah cukup,uang dapat diraih, namun merekamembutuhkan hatimu untuk mencintaimereka. Jadi, sebarkan kasihmu kemanapunengkau pergi.”“Kita perlu untuk menemukan Tuhan, Beliau tidak dapatditemukan dalam keributan dan kegelisahan. Tuhan adalahteman dalam keheningan. Lihatlah bagaimana alam --tumbuhan, bunga, rerumputan- tumbuh dalam keheningan;lihatlah bintang, bulan dan mentari, bagaimana merekabergerak dalam keheningan... Kita memerlukan keheninganuntuk menyentuh jiwa.”
  • 14. “Pada akhir hidup kita, kita tidak akan dinilai oleh berapa banyak ijazah yang telah kita terima, berapa banyak uang yang kita hasilkan atauberapa banyak hal yang besar yang telah kita lakukan. Kita akan dinilai oleh „Saya lapar dan engkau memberikanku makan. Saya tidak berpakaian dan engkau memberikanku pakaian. Saya tidak punya tempat tinggal dan engkau mengajakku masuk.‟” ‟”
  • 15. Jika engkau belum mendapatkan Tuhan di dalam hatimu, engkau dapat melakukannyasekarang dengan mengulangi doa singkat ini: “Tuhan terkasih, Hamba percaya Engkau adalah penyelamat jiwa hamba. Hamba membutuhkan kasih-Mu untukmembersihkan hamba dari kesalahan dan pelanggaran. Hamba memerlukan pelita-Mu untuk menghalau semua kegelapan. Hamba memerlukan kedamaian-Mu untuk mengisi dan memuaskan hati hamba. Hamba sekarang membuka pintu hamba dan meminta-Mu untuk datang ke dalam kehidupanhamba dan memberkati hamba dengan berkat kehidupan yang kekal. ”
  • 16. “Jika kita menginginkan sebuah pesan kasih untuk didengarkan, maka ini harus disebarkan. Untukmembuat sebuah pelita tetap menyala, kita harus tetap menuangkan minyak kedalamnya.” TOLONG SEBARKAN PESAN INI KEPADA YANG LAINNYA!