Mengenal Internet dan Intranet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

Mengenal Internet dan Intranet

  • 1,091 views
Uploaded on

Media Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Microsoft. Power Point tentang Perangkat dan Istilah-Istilah Penting dalam Akses Internet dan Intranet.

Media Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Microsoft. Power Point tentang Perangkat dan Istilah-Istilah Penting dalam Akses Internet dan Intranet.

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
1,091
On Slideshare
1,035
From Embeds
56
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
50
Comments
0
Likes
0

Embeds 56

http://nurulramadhanis.blogspot.com 56

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. SK & KD INDIKATOR PETA KONSEP MATERI by: OKTA AULIA M QONITA LUTFI F LATIHAN SOAL KUNCI JAWABAN
  • 2. Standar Kompetensi : Memahami dasar-dasar penggunaan internet dan intranet Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet dan intranet SK & KD
  • 3. PETA KONSEP
  • 4. Perangkat Keras untuk Koneksi Internet Hardware adalah perangkat yang berhubungan dengan komponen komputer itu sendiri atau dengan istilah lain merupakan perangkat keras. Perangkat keras yang digunakan untuk akses internet meliputi komputer, modem, dan jaringan komunikasi Perangkat-Perangkat untuk Koneksi Internet Perangkat Keras (hardware)Prosesor Prosesor merupakan otak dari suatu komputer, sehingga makin tinggi spesifikasi suatu prosesor, maka makin banyak data yang bisa diolah oleh komputer.
  • 5. Perangkat Keras Untuk Koneksi Internet Memori Memori dalam komputer berfungsi untuk menyimpan data-data, seperti pesan, file, gambar, suara, program aplikasi, dan sebagainya. Makin tinggi suatu memori, maka makin banyak data yang bisa ditampung oleh suatu komputer. Hard Disk Hard Disk merupakan media penyimpanan data secara magnetik. Kapasitas hard disk PC standar pada umumnya minimal 10 GB. Hard disk yang besar mempengaruhi jumlah banyaknya software yang berada di dalam hard disk. Jenis interface dan kecepatan putar piringan hard disk mempengaruhi kecepatan akses internet. Monitor Monitor komputer berfungsi untuk menampilkan data-data, program komputer, dan sebagainya dalam bentuk visual sehingga kita bisa melihat file-file dan program tersebut. Monitor merupakan perangkat keluaran (output) yang menampilkan perintah/data yang dimasukkan.
  • 6. Perangkat Keras Untuk Koneksi Internet Modem Modem singkatan dari modulator de modulator, yaitu alat yang dapat membuat suatu komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui jaringan telepon. Modem juga dikenal dengan istilah Data Communications Equipment (DCE). Jenis modem yang dapat digunakan ada 2 jenis, yaitu sebagai berikut. Modem internal Modem internal adalah modem yang ditancapkan ke motherboard melalui slot ISA atau PCI dalam casing. Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya yang lebih murah, sedangkan kelemahannya adalah pemasangannya yang sulit dan tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lain.
  • 7. Modem eksternal Modem eksternal adalah modem yang letaknya tidak di dalam cashing komputer. Letaknya di luar/berdiri sendiri. Keuntungan modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih mudah dan penggunaannya dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lain, sedangkan kelemahannya adalah harganya yang lebih mahal. Line Telephone (PSTN) Line Telephone digunakan untuk mengirimkan data dalam bentuk analog dan suara. Cara kerjanya adalah menerjemahkan sinyal dari digital ke analog dan mengembalikannya ke digita, karena dalam pengolahannya memungkinkan untuk dilakukan teknik pengompresan melalui gelombang analog tersebut. Network Card atau LAN/Ethernet Card Network card adalah hardware tambahan pada komputer berbentuk card atau kartu yang dipasangkan pada slot PCI pada motherboard dilengkapi konektor untuk dipasangkan kabel yang berfungsi menghubungkan beberapa komputer atau lebih.
  • 8. ISP (Internet Service Provider) Untuk bisa bergabung dengan internet, kita harus mempunyai akses dengan cara berlangganan ke penyedia jasa internet atau yang lebih sering disebut dengan Internet Service Provider (ISP). ISP adalah perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan yang berhubungan dengan internet. Perangkat Lunak untuk Koneksi Internet Beberapa perangkat lunak yang digunakan untuk koneksi ke internet adalah sebagai berikut. Microsoft Internet Exploler, Mozila Firefox, Safari, Google Chrome, dan Opera adalah software untuk mengakses web. Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP adalah software khusus untuk FTP. Untuk e-mail, menggunakan internet mail atau Outlook Express yang merupakan bagian dari Microsoft Explorer atau Netscape Communicator. mIRC atau ICQ adalah program untuk chatting. Dengan program ini kita bisa berbincang-bincang/berkomunikasi dengan orang lain melalui media keyboard komputer.
  • 9. Istilah-Istilah dalam Internet Chat Secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan. Namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard. DNS (Domain Name Service) Istilah DNS merupakan layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama, bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. Download Download merupakan kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload. Downstream Istilah downstream menunjuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.
  • 10. GPRS (General Packet Radio Service) GRPS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi gratis dan multimedia. Home Page/Homepage Home page merupakan halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang dirancang untuk sebuah browser. Host Host merupakan sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama. HTML ( Hypertext Markup Lenguage ) HTML merupakan salah satu varian SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP. HTTP ( Hyper Text Transfer Protocol) HTTP merupakan protokol yang di desain, untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.
  • 11. Internet Internet singkatan dari Inter Connection Networking yaitu sebuah jaringan komputer dalam skala global atau mendunia. Network ini membentuk jaringan interkoneksi yang terhubung melalaui protokol TCP / IP. Intranet Intranet yaitu sebuah jaringan privat dengan sistem dan hierarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secara internal. IP Address Alamat IP ( Internet Protocol) yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s.d. 255 yang masingmasing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255. ISDN ( Integrated Services Digital Network ) Pada dasarnya, ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps ( bit per detik ). Tidak seperti DRL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.
  • 12. Login Login merupakan pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri atas user ( juga disebut Login name) dan password ( kata kunci ). Mailing List Mailing List juga sering diistilahkan sebagai Milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamataa sebuah milis secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi dianatara para anggotanya. Network Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digabung dan membentuk sebuah jaringan . Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar. Upload Upload merupakan kegitan pengiriman data ( berupa file ) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Kebalikan dari kegiatan ini disebut download.
  • 13. VOIP VOIP ( Voice Over IP ) adalah suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon ( voice ) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui internet atau intranet ( yang menggunakan teknologi IP). WAP ( Wireless Application Protocol ) WAP merupakan standar protokol untuk aplikasi wireless ( seperti yang digunakan pada telepon seluler ). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka ( open standard ). WAP berbasis pada standar internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dangan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Webmail Webmail merupakan fasilitas pengiriman, penerimaan , maupun pembicaraan email melalui sarana web. World Wide Web World Wide Web sering disingkat sebagai WWW atau web, yaitu sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis ( dalam format TIFF, JPG,PNG), suara ( dalam format AU,WAV), dan objek multimedia lainnya ( seperti MIDI,Shockwave,Quicktime movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTP.
  • 14. 1. Di bawah ini termasuk perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk terhubung ke jaringan internet, kecuali… a. komputer c. modem b. telepon d. printer 2. Proses berubahnya sinyal elektrik menjadi data digital dinamakan… a. telepon c. demodulasi b. ISP d. komputer 3. Modem yang diletakkan di luar unit komputer disebut… a. modem internal c. modem eksternal b. medulation d. modulator 4. Perangkat keras yang berfungsi sebagai alat koneksi internet yang diletakkan di dalam komputer adalah… a. modem eksternal c. CPU b. modem internal d. server 5. Halaman muka dari sebuah situs web disebut… a. home page c. login b. cover web d. host
  • 15. 6. Berikut adalah software browser yang digunakan untuk menyambung ke saluran internet, kecuali… a. Netscape Navigator c. Corel Draw b. Internet Explorer d. Windows Explorer 7. Jika kita mengakses homepage luar negeri, maka pembayaran biayanya adalah… a. biaya pulsa interlokal c. biaya ditanggung sepenuhnya oleh ISP b. biaya mahal d. biaya pulsa lokal 8. Jika kita memasang koneksi internet di rumah, maka harus mendaftar dulu di… a. PLN c. Telkom b. ISP d. Warnet 9. Modem yang diletakkan di dalam unit komputer disebut… a. modem internal c. modem eksternal b. modulation d. modulator 10. Di bawah ini perangkat untuk mengakses internet, kecuali… a. modem c. komputer b. telepon d. RAM
  • 16. 1. Jelaskan pengertian WWW! 2. Proses penampilan informasi pada layar monitor sering dinamakan … 3. Apa yang kamu ketahui tentang modem? 4. Apa yang kamu ketahui tentang LAN card? 5. Line telepon adala alat yang digunakann untuk mengirimkan data dalam bentuk …