• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Penilaian kelas pai
 

Penilaian kelas pai

on

  • 651 views

 

Statistics

Views

Total Views
651
Views on SlideShare
595
Embed Views
56

Actions

Likes
1
Downloads
28
Comments
0

3 Embeds 56

http://www.paindo.edukasiislam.com 32
http://www.edukasikita.com 22
http://8872753979687996186_f876b6e95ed7b6381435be2e86cabd1a2c7dd31d.blogspot.com 2

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Penilaian kelas pai Penilaian kelas pai Presentation Transcript

    • Disampaikan dalam MGMP Intern SMP Negeri 1 PontianakOleh: Drs. Nurul MuhsonOleh: Drs. Nurul Muhson
    • Masjid dapat dijadikan sebagai salah satuTempat penilaian dalamKBM PAI‫تعلم‬ ‫ل‬ ‫انت‬ ‫بل‬ ‫اعلم‬ ‫انا‬‫ايضا‬ ‫تعلم‬ ‫وانت‬ ‫اعلم‬ ‫انا‬‫تعلم‬ ‫انت‬ ‫بل‬ ‫اعلم‬ ‫ل‬ ‫انا‬‫ايضا‬ ‫نعلم‬ ‫ل‬ ‫ن‬ ‫كا‬ ‫سواء‬ ‫وانت‬ ‫انا‬‫مقدمة‬
    • Penilaian Hasil BelajarPenilaian Hasil BelajarPenilaian Hasil BelajarPenilaian Hasil BelajarPenilaian hasil belajar pada jenjangPenilaian hasil belajar pada jenjangpendidikan Dasar dan Menengahpendidikan Dasar dan Menengahdilaksanakan oleh:dilaksanakan oleh:1. Pendidik,1. Pendidik,2. Satuan Pendidikan,2. Satuan Pendidikan,3. Dan Pemerintah.3. Dan Pemerintah.
    • 1. Penilaian Oleh Pendidik1. Penilaian Oleh PendidikPenilaian oleh pendidikPenilaian oleh pendidikdilakukan secaradilakukan secaraberkesinambungan.berkesinambungan.Apa tujuannya? TujuannyaApa tujuannya? Tujuannyaadalah untuk memantau prosesadalah untuk memantau prosesdan kemajuan belajar siswa.dan kemajuan belajar siswa.
    • LanjutanLanjutanPenilaian oleh pendidik diantaranyaPenilaian oleh pendidik diantaranyaadalah:adalah:1. Melaksanakan tes, penugasan, dll.1. Melaksanakan tes, penugasan, dll.2. Mengolah hasil penilaian.2. Mengolah hasil penilaian.3. Mengembalikan hasil pemeriksaan3. Mengembalikan hasil pemeriksaanhasil pekerjaan siswa.hasil pekerjaan siswa.4. Melaporkan hasil penilaian kepada4. Melaporkan hasil penilaian kepadapimpinan satuan pendidikan.pimpinan satuan pendidikan.
    • 2. Penilaian oleh Satuan2. Penilaian oleh SatuanPendidikanPendidikana.Penilaian hasil belajar oleh satuana.Penilaian hasil belajar oleh satuanpendidikan dilakukan untuk menilaipendidikan dilakukan untuk menilaipencapaian kompetensi peserta didik padapencapaian kompetensi peserta didik padasemua mata pelajaran.semua mata pelajaran.b.Mengkoordinasikan ulangan semester.b.Mengkoordinasikan ulangan semester.c.Menyelenggarakan ujian sekolah danc.Menyelenggarakan ujian sekolah danmenentukan kelulusan peserta didik darimenentukan kelulusan peserta didik dariujian sekolah.ujian sekolah.
    • 3.Penilaian oleh3.Penilaian olehPemerintahPemerintaha.Penilaian hasil belajar oleha.Penilaian hasil belajar olehpemerintah dilakukan dalam bentukpemerintah dilakukan dalam bentukUN.UN.b.Hasil UN digunakan sebagai salahb.Hasil UN digunakan sebagai salahsatu pertimbangan dalamsatu pertimbangan dalammenentukan kelulusan peserta didikmenentukan kelulusan peserta didikpada seleksi masuk jenjangpada seleksi masuk jenjangpendidikan berikutnyapendidikan berikutnya
    • 1.APA ITU PENILAIAN ?2.APA ITU PENILAIAN KELAS ?3.BAGAIMANA CIRI PENILAIANKELAS ?4.BAGAIMANA PRINSIP-PRINSIPPENILAIAN KELAS ?5.BAGAIMANA CARA PENILAIANKELAS?PENILAIANPENILAIAN
    • 1. PENILAIAN1. PENILAIAN PENILAIANPENILAIAN ADALAHADALAH PROSESPROSESSISTSISTEEMATISMATIS MELIPUTIMELIPUTIPENGUMPULAN INFORMASIPENGUMPULAN INFORMASI(ANGKA, DESKRIPSI VERBAL),(ANGKA, DESKRIPSI VERBAL),ANALISIS, INTERPRETASIANALISIS, INTERPRETASIINFORMASI UNTUKINFORMASI UNTUK MEMMEMBUATBUATKEPUTUSANKEPUTUSAN..
    • 2.PENILAIAN KELAS2.PENILAIAN KELASPENILAIAN KELASPENILAIAN KELAS adalahadalah prosesprosespengumpulan &pengumpulan &penggunaan informasi oleh gurupenggunaan informasi oleh guru melaluimelaluisejumlahsejumlah bukti untukbukti untuk membuatmembuat keputusankeputusanttentangentang pencapaian hasilpencapaian hasil belajar.belajar.PENILAIAN KELAS merupakan suatuPENILAIAN KELAS merupakan suatukegiatan yang dilakukan guru yangkegiatan yang dilakukan guru yangberkaitan dengan pengambilan keputusanberkaitan dengan pengambilan keputusantentang pencapaian kompetensi dasartentang pencapaian kompetensi dasarsetelah mengikuti proses pembelajaran.setelah mengikuti proses pembelajaran.
    • Lanjutan:Lanjutan:Perlu diperjelas, bahwa yang dimaksudPerlu diperjelas, bahwa yang dimaksud“kelas” di sini bukan hanya sebuah“kelas” di sini bukan hanya sebuahruangan yang dibatasi empat dinding,ruangan yang dibatasi empat dinding,tetapi yang dimaksud “kelas” di sinitetapi yang dimaksud “kelas” di siniadalah suatu situasi di mana pesertaadalah suatu situasi di mana pesertadidik berada dalam prosesdidik berada dalam prosespembelajaran.pembelajaran.Dengan demikian, penilaian kelas dapatDengan demikian, penilaian kelas dapatdikatakan sebagai kegiatan penilaian yangdikatakan sebagai kegiatan penilaian yangterintegrasi dalam proses kegiatan belajarterintegrasi dalam proses kegiatan belajarmengajar.mengajar.
    • 3. CIRI PENILAIAN KELAS3. CIRI PENILAIAN KELASaa.. Menggunakan acuanMenggunakan acuanpatokanpatokan atauatau kriteriakriteria..Maksudnya adalah prestasiMaksudnya adalah prestasikemampuan peserta didikkemampuan peserta didiktidak dibandingkan denganpeserta kelompok, tetapidengan acuan patokan yangtelah ditetapkan, yaitu KKM.b. Dengan berbagai cara ataualat penilaian, yaitu denganpenilaian bervariasi: tertulis,
    • 4.PRINSIP-PRINSIP4.PRINSIP-PRINSIP PENILAIANPENILAIANKELASKELASa. SAHIH (VALID): didasarkan pada data yang dapata. SAHIH (VALID): didasarkan pada data yang dapatmencerminkan kemampuan yang diukurmencerminkan kemampuan yang diukur..b.b. RELIABILITAS: hasil penilaian ajeg, menggambarkanRELIABILITAS: hasil penilaian ajeg, menggambarkankemampuan yang sesungguhnya.kemampuan yang sesungguhnya.c.c. FOKUS KOMPETENSI: pencapaian kompetensiFOKUS KOMPETENSI: pencapaian kompetensiyang sesuai kuryang sesuai kurikulumikulum, materi terkait langsung, materi terkait langsungdengan indikator pencapaian.dengan indikator pencapaian.d. OBYEKTIF: penilaian tidak dipengaruhi olehd. OBYEKTIF: penilaian tidak dipengaruhi olehsubyektifitas penilai.subyektifitas penilai.e.e. MENDIDIK : penilaian untukMENDIDIK : penilaian untuk memmemperbaiki prosesperbaiki prosespembelajaran dan meningkatkan kualitas belajarpembelajaran dan meningkatkan kualitas belajar..
    • 5.5.CARACARA PENILAIAN KELASPENILAIAN KELASa.a. Lihat kompetensi pada kurikulum.Lihat kompetensi pada kurikulum.b.b. Alat penilaian sesuai denganAlat penilaian sesuai dengankompetensi yang akan dicapai.kompetensi yang akan dicapai.c.c. Ketika penilaian berlangsungKetika penilaian berlangsungpertimbangkan kondisi anak.pertimbangkan kondisi anak.d.d. Petunjuk pelaksanaan jelas,Petunjuk pelaksanaan jelas,gunakan bahasa yang mudahgunakan bahasa yang mudahdipahamidipahami
    • LanjutanLanjutane. Kreteria penyekoran jelas.e. Kreteria penyekoran jelas.f. Gunakan berbagai cara untukf. Gunakan berbagai cara untukmenilai beragam kompetensi.menilai beragam kompetensi.g. Lakukan rangkaian aktivitasg. Lakukan rangkaian aktivitaspenilaian melalui: ulangan,penilaian melalui: ulangan,pemberian tugas, PR, pengamatanpemberian tugas, PR, pengamatandlldll..
    • Dalam penilaian hasil belajar PAI adaDalam penilaian hasil belajar PAI adabeberapa teknik yang dapat digunakan dalambeberapa teknik yang dapat digunakan dalampenilaian, yaitu:penilaian, yaitu:1.Unjuk Kerja1.Unjuk Kerja (Performance)(Performance)2. Penugasan2. Penugasan (Proyek / Project)(Proyek / Project)3. Hasil kerja3. Hasil kerja (Produk / Product)(Produk / Product)4. Tes Tertulis4. Tes Tertulis (Paper & Pen)(Paper & Pen)5.5. PortofolioPortofolio (Portfolio)(Portfolio)6.6. Penilaian SikapPenilaian Sikap7. Penilaian diri.7. Penilaian diri.Teknik/Cara Penilaian PAI
    • 1. Penilaian Unjuk Kerja1. Penilaian Unjuk KerjaPenilaian unjuk kerjaPenilaian unjuk kerja(performance) adalah(performance) adalahmerupakan penilaian yangmerupakan penilaian yangdilakukan dengan mengamatidilakukan dengan mengamatikegiatan peserta didik dalamkegiatan peserta didik dalammelakukan sesuatu.melakukan sesuatu.
    • Lanjutan:Lanjutan:Penilaian unjuk kerja ini cocok digunakanPenilaian unjuk kerja ini cocok digunakanuntuk menilai ketercapaian kompetensiuntuk menilai ketercapaian kompetensiyang menuntut peserta didik melakukanyang menuntut peserta didik melakukantugas tertentu, misalnya:tugas tertentu, misalnya:Kemampuan mempraktikkan shalat wajibKemampuan mempraktikkan shalat wajibdan shalat-shalat sunah.dan shalat-shalat sunah.Penilaian unjuk kerja ini cocok digunakanPenilaian unjuk kerja ini cocok digunakanuntuk menilai ketercapaian kompetensiuntuk menilai ketercapaian kompetensiyang menuntut peserta didik melakukanyang menuntut peserta didik melakukantugas tertentu, misalnya:tugas tertentu, misalnya:Kemampuan mempraktikkan shalat wajibKemampuan mempraktikkan shalat wajibdan shalat-shalat sunah.dan shalat-shalat sunah.
    • LanjutanLanjutan Kemampuan membaca Al-Qur’an danKemampuan membaca Al-Qur’an danmenerapkan bacaan tajwidnya.menerapkan bacaan tajwidnya. Presentasi, diskusi, pidato, bercerita,Presentasi, diskusi, pidato, bercerita,bermain peran, dll.bermain peran, dll.Menceritakan perjuangan salah satu nabi ygTermasuk Ulul Azmi.
    • Lanjutan:Lanjutan:Penilaian unjuk kerjaPenilaian unjuk kerjadianggap lebih otentikdianggap lebih otentik(misalnya dari pada tes(misalnya dari pada testertulis) karena apa yangtertulis) karena apa yangdinilai lebih mencerminkandinilai lebih mencerminkankemampuan peserta didikkemampuan peserta didikyang sebenarnyayang sebenarnya..
    • Contoh Format Penilaian Unjuk KerjaContoh Format Penilaian Unjuk KerjaKemampuan membaca Al-Qur’anKemampuan membaca Al-Qur’anMenerapkan Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin danMenerapkan Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin danMim MatiMim MatiKelas/Smt : VII/2Kelas/Smt : VII/2Aspek : Al-Qur’anAspek : Al-Qur’anSk : Menerapkan hukum bacaan Nun Mati atau Tanwin dan MimSk : Menerapkan hukum bacaan Nun Mati atau Tanwin dan MimMati.Mati.Kd : Menerapkan hukum bacaan Nun Mati atau Tanwin dan MimKd : Menerapkan hukum bacaan Nun Mati atau Tanwin dan MimMati dalam Surat-surat Al-Qur’an dengan benar.Mati dalam Surat-surat Al-Qur’an dengan benar.Kemampuan Membaca Al-Qur’anKemampuan Membaca Al-Qur’anDalam penerapan TajwidDalam penerapan TajwidNo.No. Nama SiswaNama Siswa 11 22 33 44 55 NilaiNilai1.1. Ulfi UlyaUlfi Ulya 7575 75752.2. RendyRendy 65653.3. HerlinHerlin 9090Keterangan:1.Membacanya lancar dan benar tajwidnya : 80 - 1002.Membacanya lancar ,tapi tajwidnya kurang3.Membacanya masih belum lancar dan tajwidnya kurang4.Membacanya masih banyak dibantu oleh guru dan tajwidnya kurang5.Belum bisa membaca dan belum bisa tajwidnya.
    • 2.2. Penugasan (Proyek)Penugasan (Proyek)Penugasan (proyek) yaituPenugasan (proyek) yaitupenilaian terhadap suatu tugaspenilaian terhadap suatu tugasyang harus selesai dalam waktuyang harus selesai dalam waktutertentu.tertentu.TugasTugas tersebut berupatersebut berupa suatusuatuinvestigasiinvestigasi sejak darisejak dariperencanaan sampai hasilperencanaan sampai hasilakhir.akhir.
    • CONTOHCONTOH PENILAIAN PROYEKPENILAIAN PROYEKTugas Pembuatan MakalahTugas Pembuatan MakalahMapel : PAIMapel : PAISK : 14. Memahami Hukum Islam Tentang Hewan SebagaiSK : 14. Memahami Hukum Islam Tentang Hewan SebagaiSumber Bahan Makanan.Sumber Bahan Makanan.KD : 14.1. Menjelaskan Jenis-Jenis Hewan Yang Halal danKD : 14.1. Menjelaskan Jenis-Jenis Hewan Yang Halal danHaram di Makan.Haram di Makan.Nama Proyek: Pembuatan Makalah Tentang Jenis-Jenis HewanNama Proyek: Pembuatan Makalah Tentang Jenis-Jenis HewanYang Halal dan Haram di Makan.Yang Halal dan Haram di Makan.Kls/ Smt : VIII/2Kls/ Smt : VIII/2Tugas : Buatlah makalah secara kelompok dengan tema:Tugas : Buatlah makalah secara kelompok dengan tema:1. Hukum jenis hewan yang hidup di air.1. Hukum jenis hewan yang hidup di air.2. Hukum Jenis hewan yang hidup di darat.2. Hukum Jenis hewan yang hidup di darat.3. Hukum Jenis hewan yang hidup di dua alam.3. Hukum Jenis hewan yang hidup di dua alam.
    • Contoh MakalahContoh MakalahDiantara contoh makalah yang telah dibuatDiantara contoh makalah yang telah dibuatoleh siswa kelas VIII yaitu:oleh siswa kelas VIII yaitu:
    • Contoh Format PenilaianContoh Format PenilaianProyekProyekUntuk menilai proyek peserta didik tersebut, guru membuat formatUntuk menilai proyek peserta didik tersebut, guru membuat formatpenilaian sbb:penilaian sbb:PENILAIAN PROYEKPENILAIAN PROYEKKelompok: .......... Nilai:...................Kelompok: .......... Nilai:...................Ket. Nilai= Total Skor x 100Ket. Nilai= Total Skor x 100____________ Skor Maksimal: 40____________ Skor Maksimal: 40Skor MaksimalSkor MaksimalNONO ASPEK YG DI NILAIASPEK YG DI NILAI SKOR 1-10SKOR 1-101.1. Kebersamaan/KekompakanKebersamaan/Kekompakan2.2. Sistematika PenulisanSistematika Penulisan3.3. Keakuratan SumberKeakuratan Sumber4.4.----------------PerformansPerformans----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Total SkorTotal Skor------------------------------------------
    • Penilaian produk dalam mapelPenilaian produk dalam mapelPAI yaitu penilaianPAI yaitu penilaiankemampuan peserta didikkemampuan peserta didikdalam membuat suatu produkdalam membuat suatu produkatau karya, misalnya membuatatau karya, misalnya membuatkaligrafi atau kerajianankaligrafi atau kerajianantangan yang bernuansatangan yang bernuansakeislaman.keislaman.3. Penilaian Produk3. Penilaian Produk
    • Model/Proses PenilaianModel/Proses PenilaianProdukProdukPENILAIANPRODUKPERSIAPAN,kmp:- rencanakan- kembangkangagasan- desain produkPEMBUATAN:kmp seleksi dangunakan: bahan,alat, teknikPENILAIAN(APPRAISAL):kmp buatproduk sesuaikegunaan dankeindahan
    • Contoh Penilaian ProdukContoh Penilaian ProdukMembuat Kaligrafi yang berkaitanMembuat Kaligrafi yang berkaitandengan Pendidikan Agamadengan Pendidikan AgamaIslam,misalnya:Islam,misalnya:
    • 4. Pengertian Tes Tertulis4. Pengertian Tes Tertulis Tes tertulis adalah merupakan tesTes tertulis adalah merupakan tesdimana soal yang diberikan kepadadimana soal yang diberikan kepadapeserta didik dalam bentuk tulisan.peserta didik dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal, peserta didikDalam menjawab soal, peserta didiktidak selalu merespon dalam bentuktidak selalu merespon dalam bentukmenulis jawaban, tetapi dapat jugamenulis jawaban, tetapi dapat jugasecara lisan.secara lisan.
    • BENTUKBENTUK TES TERTULISTES TERTULISAda dua bentuk soal tesAda dua bentuk soal testertulis, yaitu:tertulis, yaitu:1.1. MEMILIH JAWABANMEMILIH JAWABAN, dapat, dapatberbentuk:berbentuk:a.a. Pilihan gandaPilihan gandab. Menjodohkanb. Menjodohkan2.2. MENSUPLAI JAWABANMENSUPLAI JAWABAN,,dapat berbentuk:dapat berbentuk:a.a. Isian atauIsian atau mmelengkapielengkapib.b. Jawaban singkatJawaban singkatc.c. uraianuraianSiswa sedang tekun menjawab soalUlangan harian
    • Keunggulang dan KelemahanKeunggulang dan KelemahanTes TertulisTes Tertulis Keunggulan tes pilihan gandaKeunggulan tes pilihan gandayaitu dapat digunakan untukyaitu dapat digunakan untukmenilai kemampuan siswa jikamenilai kemampuan siswa jikacakupan materi cukup luas.cakupan materi cukup luas. Diantara kelemahan tesDiantara kelemahan tespilihan ganda yaitu kurangpilihan ganda yaitu kurangmampu memberikan informasimampu memberikan informasiyang cukup untuk dijadikanyang cukup untuk dijadikanumpan balik gunaumpan balik gunamendiaknosis kelemahanmendiaknosis kelemahansiswasiswa..Siswa sedang mengerjakan soal ulanganMapel PAI dengan model pilganda
    • Lanjutan:Lanjutan: Keunggulan tes tertulis dalamKeunggulan tes tertulis dalambentuk uraian yaitu menuntutbentuk uraian yaitu menuntutpeserta didik untuk dapatpeserta didik untuk dapatmengingat dan memahamimengingat dan memahamimateri yang sudah dipelajarimateri yang sudah dipelajariserta peserta didik dapatserta peserta didik dapatmengemukakan gagasannyamengemukakan gagasannyadengan menggunakan kata-dengan menggunakan kata-katanya sendiri.katanya sendiri. Diantara kelemahan tesDiantara kelemahan testertulis dalam bentuk uraiantertulis dalam bentuk uraianyaitu cakupan materi yangyaitu cakupan materi yangditanyakan terbatas danditanyakan terbatas danmembutuhkan waktu lebihmembutuhkan waktu lebihbanyak dalam mengoreksibanyak dalam mengoreksijawaban peserta didik.jawaban peserta didik.Siswa sedang membaca mapel PAISiswa sedang membaca mapel PAIUntuk mempersiapkan diriUntuk mempersiapkan diriDalam menghadapi ulanganDalam menghadapi ulangan
    • 5. Penilaian Portofolio5. Penilaian PortofolioPenilaian portofolio pada dasarnya adalahPenilaian portofolio pada dasarnya adalahmenilai karya-karya siswa secara individumenilai karya-karya siswa secara individupada satu pireode untuk suatu matapada satu pireode untuk suatu matapelajaran.pelajaran.Hal-hal yang perlu diperhatikan dalamHal-hal yang perlu diperhatikan dalampenggunaan penilaian portofolio dipenggunaan penilaian portofolio disekolah adalah benar-benar karya yangsekolah adalah benar-benar karya yangdibuat oleh siswa itu sendiri.dibuat oleh siswa itu sendiri.
    • ContohContoh karya yang dapat dikumpulkan untukkarya yang dapat dikumpulkan untukpenilpenilaianaian portfolioportfolio:: PuisiPuisi IslamiIslami KaranganKarangan Kaligrafi /Kaligrafi / LukisanLukisan Naskah KhotbahNaskah Khotbah Naskah pidatoNaskah pidato.. Kumpulan do’a-Kumpulan do’a-do’ado’a..Contoh karya yang termasuk portofolioContoh karya yang termasuk portofolio..
    • 6.6. PENILAIAN SIKAPPENILAIAN SIKAPPenilaian sikap adalah penilaian yang terkaitPenilaian sikap adalah penilaian yang terkaitdengan kecenderungan seseorang dalamdengan kecenderungan seseorang dalammerespon sesuatu atau obyek.merespon sesuatu atau obyek.Secara umum, obyek sikap yang perlu dinilaiSecara umum, obyek sikap yang perlu dinilaidalam proses pembelajaran PAI adalahdalam proses pembelajaran PAI adalahsebagai berikut:sebagai berikut:1)1) Sikap terhadap materi pelajaran.Sikap terhadap materi pelajaran.Peserta didik perlu memiliki sikap positifPeserta didik perlu memiliki sikap positifterhadap materi pelajaran. Dengan sikapterhadap materi pelajaran. Dengan sikappositif, maka peserta didik akan termotivasipositif, maka peserta didik akan termotivasiuntuk belajar.untuk belajar.
    • LanjutLanjut2) Sikap terhadap guru.2) Sikap terhadap guru.Peserta didik perlu memiliki sikapPeserta didik perlu memiliki sikappositif terhadap guru. Mengapapositif terhadap guru. Mengapademikian ? Karena jika siswa bersikapdemikian ? Karena jika siswa bersikapnegatif terhadap guru akan cenderungnegatif terhadap guru akan cenderungmengabaikan hal-hal yang diajarkanmengabaikan hal-hal yang diajarkanguru, dengan demikian siswa akanguru, dengan demikian siswa akansulit menyerap materi yangsulit menyerap materi yangdisampaikan guru.disampaikan guru.
    • LanjutLanjut3) Sikap terhadap proses pembelajaran.3) Sikap terhadap proses pembelajaran.Siswa juga harus memiliki sikap positifSiswa juga harus memiliki sikap positifterhadap proses pembelajaran yg berlangsung.terhadap proses pembelajaran yg berlangsung.Proses pembelajaran di sini mencakupProses pembelajaran di sini mencakupsuasana pembelajaran, strategi, dansuasana pembelajaran, strategi, danmetodologi pembelajaran yang digunakan.metodologi pembelajaran yang digunakan.ProsesProses ““Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,Efektif, dan Menyenangkan ( PAIKEM /Efektif, dan Menyenangkan ( PAIKEM /JOYFUL LEARNING )”JOYFUL LEARNING )” dapat menumbuhkandapat menumbuhkanmotivasi belajar peserta didik.motivasi belajar peserta didik.
    • Teknik Penilaian SikapTeknik Penilaian SikapPenilaian sikap dapat dilakukanPenilaian sikap dapat dilakukandengan beberapa cara, diantaranyadengan beberapa cara, diantaranyaadalah:adalah:1)Observasi Perilaku.Observasi perilaku dapat dilakukandengan menggunakan bukucatatan khusus tentang kejadian-kejadian yg berkaitan dengansiswa.
    • Contoh Penilaian sikap MelaluiContoh Penilaian sikap MelaluiBuku Catatan HarianBuku Catatan HarianKelas: .................Kelas: .................No.No. Hari/TanggalHari/Tanggal Nama SiswaNama Siswa Kejadian Positif/NegatifKejadian Positif/Negatif TindakTindakLanjt/Lanjt/SangsiSangsi1.1. Selasa/Selasa/9-2-20099-2-2009HanungHanungBramantioBramantiodan Raflidan RafliSaling berkirim SMSSaling berkirim SMSpada saat jam belajar.pada saat jam belajar.Diberi tugasDiberi tugasuntukuntukmenulismenulisQ.S. Ad-Q.S. Ad-DhuhaDhuha2.2. 10-2-200910-2-2009 ImamImamHambaliHambaliBerani menjelaskanBerani menjelaskanpelajaran ke depanpelajaran ke depankelas dengan baik.kelas dengan baik.Reward/nilaReward/nilai/yang lain.i/yang lain.Buku catatan tersebut bermanfaat untuk merekam dan menilaiperilaku siswa serta dapat menjadi bahan dalam penilaianperkembangan siswa secara keseluruhan.
    • LanjutLanjut2) Pertanyaan Langsung2) Pertanyaan LangsungDisamping observasi, penilaian sikap dapatDisamping observasi, penilaian sikap dapatjuga dilakukan denganjuga dilakukan dengan “pertanyaan atau“pertanyaan atauwawancara secara langsung”.wawancara secara langsung”. MisalnyaMisalnyabagaimana tanggapan siswa tentang tata tertibbagaimana tanggapan siswa tentang tata tertibdilarangnya membawa HP atau yang lain.dilarangnya membawa HP atau yang lain.Berdasarkan jawaban dan reaksi yangBerdasarkan jawaban dan reaksi yangdiberikan oleh siswa akan dapat dipahamidiberikan oleh siswa akan dapat dipahamisikap siswa terhadap program yangsikap siswa terhadap program yangditetapkan.ditetapkan.
    • 7. Penilaian Diri7. Penilaian DiriPenilaian diri adalah suatu teknikPenilaian diri adalah suatu teknikpenilaian di mana siswa dimintapenilaian di mana siswa dimintauntuk menilai dirinya sendiriuntuk menilai dirinya sendiriberkaitan dg proses dan tingkatberkaitan dg proses dan tingkatpencapaian kompetensi ygpencapaian kompetensi ygdipelajarinya didasarkan atasdipelajarinya didasarkan ataskreteria atau acuan yg telahkreteria atau acuan yg telahdisiapkan.disiapkan.
    • Manfaat penilaian diriManfaat penilaian diriKeuntungan penggunaan penilaianKeuntungan penggunaan penilaiandiri antara lain adalah:diri antara lain adalah:Mencoba memberikan kepercayaanMencoba memberikan kepercayaankepada siswa untuk menilai dirikepada siswa untuk menilai dirisendiri.sendiri.Siswa diajak untuk mengetahuiSiswa diajak untuk mengetahuikelebihan dan kelemahan dirinya.kelebihan dan kelemahan dirinya.Melatih siswa untuk berbuat jujurMelatih siswa untuk berbuat jujurdalam melakukan penilaian.dalam melakukan penilaian.
    • Kelemahan Penilaian diriKelemahan Penilaian diriKelemahan yang ada dalamKelemahan yang ada dalampenilaian diri diantaranya adalah:penilaian diri diantaranya adalah:1.1. Ada kemungkinan bahkanAda kemungkinan bahkankecenderungan siswa akan menilaikecenderungan siswa akan menilaidirinya terlalu tinggi.dirinya terlalu tinggi.2.2. Penilaian diri sendiri di sini akan adaPenilaian diri sendiri di sini akan adaunsur subyektif.unsur subyektif.
    • Contoh Penilaian diriContoh Penilaian diriPENILAIAN DIRIPENILAIAN DIRIMata Pelajaran : PAIMata Pelajaran : PAISK : Memahami Tata Cara PuasaSK : Memahami Tata Cara PuasaKelas/Smester : VIII / 1Kelas/Smester : VIII / 1Nama Siswa : -Nama Siswa : -MateriMateri PahamPaham KetKetYaYa TidakTidak1.1. Syarat wajib puasa.Syarat wajib puasa.2.2. Niat puasa ramadhan.Niat puasa ramadhan.3.3. Diantara hal yg membatalkanDiantara hal yg membatalkanpuasa.puasa.4.4. Dalil naqli puasa ramadhanDalil naqli puasa ramadhan5.5. Orang yg boleh tidak puasaOrang yg boleh tidak puasaramadhan.ramadhan.Ya=Nilai 10Ya=Nilai 10Tidak=Nilai 0Tidak=Nilai 0Rata-RataRata-Rata
    • Gergaji SaratGergaji Saratdengan Artidengan ArtiBelajarlah dari sebuahBelajarlah dari sebuahgergaji,gergaji,Banyak pelajaran yang dapatBanyak pelajaran yang dapatdipetik dari sini,dipetik dari sini,Amati perjalanan yangAmati perjalanan yangdilakukan gergaji !dilakukan gergaji !Dan berbuatlah sepertiDan berbuatlah sepertigergaji,gergaji,Agar hidup ini tidak sepertiAgar hidup ini tidak sepertimimpi,mimpi,Tapi sarat akan arti.Tapi sarat akan arti.Coba terka, apa saja artiCoba terka, apa saja artiyang ada di sini?yang ada di sini?Belajarlah dari sebuahBelajarlah dari sebuahgergaji,gergaji,Banyak pelajaran yang dapatBanyak pelajaran yang dapatdipetik dari sini,dipetik dari sini,Amati perjalanan yangAmati perjalanan yangdilakukan gergaji !dilakukan gergaji !Dan berbuatlah sepertiDan berbuatlah sepertigergaji,gergaji,Agar hidup ini tidak sepertiAgar hidup ini tidak sepertimimpi,mimpi,Tapi sarat akan arti.Tapi sarat akan arti.Coba terka, apa saja artiCoba terka, apa saja artiyang ada di sini?yang ada di sini?
    • Sekian Terima KasihSekian Terima Kasih‫مة‬ ‫السل‬ ‫مع‬