Your SlideShare is downloading. ×
Bab 10 Iman Kepada Malaikat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Bab 10 Iman Kepada Malaikat

20,565
views

Published on

Bab 9 Iman Kepada Malaikat

Bab 9 Iman Kepada Malaikat

Published in: Education

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
20,565
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
279
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 1BAB XIMAN KEPADA MALAIKATA. Pengertian Iman Kepada MalaikatPengertian iman kepada Malaikat adalah mempercayai dan menyakinidengan sungguh-sungguh bahwa Allah benar-benar elah menciptakan mahlukghaib yang bernama Malaikat. Oleh sebab itu, seseorang dapat dikatakan dandigolongkan beriman kepada Malaikat apabila orang tersebut menyakini danmengakui dengan sepenuh hati bahwa Malaikat itu memang benar-benar ada.Mengenai hakekat keberadaan Malaikat memang tersembunyi bagi kita, dankita dianjurkan untuk menyelidiki dimana dan seperti apa Malaikat itu, tetapi kitawajib mempercayai dan menyakini keberadaannya. Mempercayai sesuatu yangghaib memang membutuhkan alas an yang kuat, betapapun itu menyangkutkeimanan.Iman kepada Malaikat termasuk rukun iman dan merupakan rukun imanyang kedua, setelah beriman kepada Allah SWT.Sebagaimana sabda Rasulullah Saw :Artinya :Rasulullah Saw bersabda, Iman ialah bahwasanya engkau percaya kepadaAllah, Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-Nya, hari akhir dan engkau percayakepada Qadar Allah yang baik maupun yang buruk.(H.R. Muslim)B. Nama-nama Malaikat dan Tugas-tugasnyaMalaikat itu jumlahnya banyak tak terhingga, hanya Allah yang mengetahui.Adapun yang wajib kita ketahui ada 10 (sepuluh Malaikat, yaitu :1. Malaikat Jibril, bertugsa menyampaikan Wahyu kepada nabi dan rasul.Malaikat Jibril disebut juga Ruhul Kudus, Ruhul Amin, dan MalakulWahyu.
  • 2. 22. Malaikat Mikail, bertugas menyampaikan rezeki kepada makhluk hidup,termasuk juga mengatur hujan dan angin.3. Malaikat Isrofil, bertugas membunyikan terompet yang amat besar(nafakh) dibunyikan dua kali jika telah sampai waktunya, tiupan pertamamematian seluruh makhluk, dan tiupan yang kedua menghidupkan segalayang telah mati.4. Malaikat Izroil, bertugas mencabut roh (nyawa). Karena tugasnyamencabut nyawa, maka Malaikat Izroil disebut juga Malakul Maut.5. Malaikat Raqib, bertugas mencatat perbuatan baik dari jin dan manusia.6. Malaikat Atid, bertugas mencatat perbuatan buruk dari jin dan manusia.7. Malaikat Munkar.8. Malaikat Nankir, Malaikat Munkar dan Nankir bertugas sebagai penanyaperbuatan baik dan jahat manusia di dalam kubur.9. Malaikat Malik, bertugas menjaga neraka, tempat oaring-orang yangmendapatkan kesengsaraan (siksa), karena ingkar kepada Allah.10. Malaikat Ridwan, bertugas menjaga surga, tempat orang-orang yangmendapatkan kenikmatan dari Allah, karena keimanan dan ketaatannya.C. Sifat-sifat MalaikatDiantara sifat-sifat malaikat adalah sebagai berikut :1. Merupakan makhluk Allah yang mulia, tidak pernah durhaka, tidak pernahmaksiat, dan tidak pernah menentang perintah-perintah Allah, serta selalu taatkepada perintah-perintah Allah yang diamatkan kepadanya. Sebagaimanafirman Allah:2. Merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari Nur (cahaya), makhluk yangghaib artinya tidak dapat dilihat oleh manusia, tidak berjenis kelamin, baiklaki-laki, perempuan, atau khuntsa, akan tetapi malaikat dapat berubah-ubahbentuk atas izin Allah SWT.
  • 3. 3Contoh : Ketika Malaikat Jibril dating kepada Nabi Muhammad Saw denganmenjelma menyerupai laki-laki. Dengan Tanya jawab ia (malaikat)mengajarkan Agama kepada Nabi Saw tentang rukun Islam, rukun Iman,Ihsan, dan hari kiamat.3. Merupakan makhluk Allah yang senantiasa bertasbih dan memuji kebesaranAllah SWT serta sering membantu manusia yang saleh, dan memohonkanampun kepada Allah bagi manusia yang berbuat kebaikan dan kebenaran.Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yaitu :Artinya :Dan kepunyaan-Nyalah segala yang dilangit dan di bumi dan malaikat-malaikat yang disisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untukmenyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbihmalam dan siang tiada henti-hentinya.( Q.S. Al-Anbiya’ : 19-20)D. Perbedaan Malaikat dengan Mahluk Ghaib lainnyaSelain malikat ada beberapa makahluk ghaib lainnya yang sudah diciptakanAllah sebelum dicipytakannya nabi Adam, yaitu jin, iblis, dan setan. Antaramalaikat dan jin, iblis, dan setan, meskipun sama-sama makhluk ghaib yangdiciptakan oleh Allah, tetapi mereka mempunyai banyak perbedaan. Adapundiantara perbedaannya adalah sebagai berikut :1. Malaikat diciptakan Allah dari “Nur” (cahaya), sedangkan jin, setan, dan iblisdiciptakan Allah dari “Nar” (bara api), lihat Q.S. Al-Hijr : 27 dan Q.S. Ar-Rahman : 15.2. Malaikat merupakan makhluk Allah yang selalu taat dan patuh kepada Allah,senantiasa bertasbih kepada-Nya, tidak pernah sombong dan tidak pernahdurhaka kepada Allah, lihat Q.S. At-Tahrim : 6 dan Q.S. Al-Anbiya : 19-20.
  • 4. 4Sedangkan jin, ada yang taat kepada Allah dan ada juga yang ingkarkepada Allah, karena tujuan diciptakannya jin adalah sama seperti tujuandiciptakannya manusia, yaitu menyembah kepada Allah, lihat Q.S. Adz-Zariat: 56. Jadi, jin ada mukmin yaitu mereka yang mendapatkan hidayah dari Allahuntuk melaksanakan kebaikan dan kebenaran, dan ada yang kafir yaitu merekayang tidak mau melaksanakan perintah Allah.Sedangkan iblis dan setan merupakan makhluk Allah yang sombong daningkar, tidak mau mengikuti atas perintah Allah yaitu disuruh bersujud kepadaAdam, tapi membangkang dan enggan, maka iblis dan setan menjadi makhlukterkutuk sampai hari kiamat, lihat Q.S. Al-Hijr: 31-35.3. Malaikat adalah sahabat manusia, karena melalui malaikat, Allahmenyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul, berbeda dengan setan, setanmerupakan musuh yang nyata begi manusia, yang tugasnya menggodamanusia supaya berbuat kejahatan dan menolak ajaran kebenaran. Lihat Q.S.Al-Baraqah : 36 yang menjelaskan tipu daya setan atau iblis terhadap Adamdan Hawa, yang mengakibatkan Adam dan Hawa keluar dari Syurga. Rangkuman :1. Iman kepada malaikat adalah menyakini dengan sepenuh hati bahwa Allahtelah menciptakan makhluk gahib yang bernama malaikat.2. Jumlah malaikat banyak sekali, namun yang wajib kita imani hanya ada10.3. Diantara siafat malaikat pada intinya adalah diberi sifat ketaatan oleh Allahdan tidak diberi hawa nafsu, sehingga tidak ada satupun malaikat yangmembantah terhadap perintah-perintah Allah, berbeda dengan jin, iblis,dan setan.4. Diantara fungsi iman kepada malaikat yaitu kita akan berhati-hati dalambertindak, akan senantiasa hidup disiplin, menambah ketakwaan kitakepada Allah, dan optimis dalam menjalani hidup.
  • 5. 5 Soal-soal LatihanA. Pilihlah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) padahuruf a,b,c, atau d !1. Iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang ke ……a. pertama c. ketigab. kedua d. keempat2. Jumlah malaikat yang wajib kita ketahui ada …..a. 8 c. 10b. 9 d. 113. malaikat yang bertugas menyampaikan Wahyu kepada Nabi atau Rasuladalah ….a. Malaikat Izroil c. Malaikat Mikailb.Malaikat Isrofil d. Malaiakt Jibril4. Malaikat diciptakan Allah dari ….a. Nur c. Tanahb. Nar d. Sari pati tumbuhan5. Yang bukan termasuk makhluk ghaib adalah ….a. Jin c. Malaikatb. Setan d. Nabi Adam6. Makhluk Allah yang selalu patuh dan taat kepada Allah adalah ….a. Manusia c. Malaikatb. Jin d. Nabi7. Makhluk Allah yang terkutuk samapai hari kiamat adalah ….a. Manusia c. Iblisb. Jin d. Malaikat8. Malaikat yang bertugas mancabut roh (nyawa) adalah ….a. Malaikat Isrofil c. Malaikat Atidb. Malaikat Malik d. Malaikat Izrofil9. Malaikat yang bertugas mancatat perbuatan buruk manusia adalah ….a. Malaikat Rakib c. Malaikat Isrofilb. Malaikat Atid d. Malaikat Ridwan.10. Malaikat yang bertugas sebagai penanya perbuatan baik dan jahat manusiaketika didalam kubur adalah ….
  • 6. 6a. Malaikat Rakib dan Atid.b. Malaikat Isrofil dan Izroil.c. Malaikat Munkar dan Nakird. Malaikat Malik dan Ridwan.B. Essay / Uraian1. Siapa nama Malaikat yang mendapat sebutan “Malakul Wahyu” ?dan mengapa disebut “Malakul Wahyu” ?2. Bagaimana sifat-sifat Malaikat itu ? sebutkan 2 diantaranya !3. Apa perbedaan antara Malaikat dengan manusia ? sebutkan 2 perbedaannya ?4. Apa fungsi beriman kepada para Malaikat dalam kehidupan sehari-hari ?sebutkan 2 diantaranya !5. Jelaskan mengapa setan menjadi mekhluk terkutuk sampai hari kiamat !