• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Negara Maju : Amerika Serikat
 

Negara Maju : Amerika Serikat

on

  • 50,160 views

Ini pelajaran IPS kelas IX tentang

Ini pelajaran IPS kelas IX tentang

Statistics

Views

Total Views
50,160
Views on SlideShare
50,160
Embed Views
0

Actions

Likes
4
Downloads
332
Comments
8

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

18 of 8 previous next Post a comment

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • uhh
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • telor
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • lop kuztie
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • lalayeye
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • cikidaw
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Negara Maju : Amerika Serikat Negara Maju : Amerika Serikat Presentation Transcript

    • TUGAS IPS “Amerika Serikat sebagai Negara Maju” Kelompok 4 : > Nurul Ikhsani Umar > Nur Fazadilla > M. Najib > M. Haritza > M. Aprilianto A
    • Amerika SerikatAmerika Serikat (United States of America) terletak dikawasan Amerika Utara. Alasan – alasan mengapaAmerika Serikat termasuk negara maju adalah :1. Amerika Serikat memiliki Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang maju2. Amerika Serikat memiliki Sumber Daya Alam yang cukup dan memadai3.Amerika Serikat memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas4. Amerika Serikat memiliki sistem perekonomian yang kuat5. Amerika Serikat memiliki pertumbuhan penduduk yang rendah
    • Amerika Serikat merupakan negara industri terbesarnomor satu di dunia. Amerika Serikat mempunyaikawasan The Black Country, yang berpusat di Pittsburghsebagai industri baja. The Black Country merupakanjulukan untuk kawasan industri yang memiliki banyakasap hitam dari sisa perindustrian, sehingga disebutThe Black Country. Luas Amerika Serikat adalah 9.629.047 km2 dan merupakan negara keempat terluas di dunia. Amerika Serikat terdiri atas 50 negara bagian (negara federal), 48 diantaranya terletak antara Kanada dan Meksiko, sedangkan 2 negara bagian lainnya letaknya terpisah jauh dari ke-48 negara bagian tersebut. Negara bagian tersebut adalah Alaska dan Hawai.
    • Batas – batas Negara AmerikaSerikat : Utara : Kanada Timur : Samudera Atlantik Selatan : Meksiko dan Teluk Meksiko Barat : Samudera Pasifik
    • Ibukota : Washington D.CMata Uang : Dolar Amerika Serikat $ (USD)Bahasa Resmi : - (Tidak ada bahasa resmi di tingkat federal)Bahasa Nasional : Bahasa Inggris (de facto)Bentuk Pemerintahan : Republik konstitusional Federal
    • Motto Negara : In God We Trust (Kepada Tuhan Kami Percaya)Hari Kemerdekaan : 4 Juli 1776Bendera :Segel Kebesaran :
    • Berikut adalah gambar peta negaraAmerika Serikat :
    • a. Keadaan AlamKeadaan alam Amerika Serikat (tanpa Alaska danHawai), dari barat ke Timur dapat kita bagi atasempat bagian, seperti berikut ini :1). Dataran pantai barat yang sempit berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Bagian utara dari dataran pantai ini berteluk-teluk, sehingga amat baik untuk pelabuhan alam, misalnya pelabuhan alam Seattle.2). Kompleks Pegunungan Rocky (Rocky Mountains) berada di sebelah timur dataran pantai bagian barat. Di wilayah ini terdapat Dataran Tinggi Colorado dan Great Basin.
    • 3). Wilayah antarpegunungan di bagian tengah. Tepatnya terletak antara Pegunungan Rocky di sebelah barat, serta Pegunungan Alleghany dan Appalachia di sebelah timur. Bagian ini terdiri dari central plain (dataran tinggi) dan great plain (dataran yang luas). Pada bagian inilah mengalir sungai Mississippi dengan anak-anak sungainya.4). Pegunungan Alleghany dan Appalachia yang memanjang dari utara ke selatan. Sebelah timur dari Pegunungan Appalachia terdapat daratan pantai Samudera Atlantik yang semakin melebar ke selatan.
    • b. IklimAmerika Serikat memiliki iklim yang sangat bervariasisesuai dengan letak dan ketinggiannya, seperti berikutini :1). Iklim laut sedang yang basah : Iklim ini terdapat di dataran pantai barat bagian utara. Curah hujannya sangat tinggi karena pengaruh angin barat dari Samudera Pasifik.2). Iklim Subtropis : Iklim ini terdapat di dataran pantai barat bagian selatan.3). Iklim kering : Iklim ini terdapat di Dataran Tinggi Colorado dan Great Basin. Pada bagian-bagian tertentu terdapat gurun pasir, seperti gurun Mojave. Wilayah kering lainnya adalah cenrtal plain, tapi tidak sekering Dataran Tinggi Colorado dan Great Basin, sehingga memungkinkan untuk daerah pertanian.
    • 4). Iklim Stepa : Tumbuhan pada iklim ini berupa padang rumput yang disebut prairi.5). Iklim laut sedang : Iklim ini terdapat di bagian timur Amerika Serikat. Curah hujannya rata-rata 1000 – 1250 mm per tahun. Pada tempat-tempat tertentu, curah hujannya dapat lebih tinggi, misalnya di Pantai Miami yang berada di pantai selatan Semenanjung Florida. Curah hujan di tempat tersebut dapat mencapai 1500 mm per tahun.6). Iklim dingin : Iklim in terdapat di sebagian wilayah negara bagian Alaska karena letaknya berada di lingkungan Kutub Utara. Sungai-sungai di wilayah ini membeku pada musim dingin.7). Iklim laut tropis : Iklim ini terdapat di Kepulauan Hawaii. Curah hujannya cukup tinggi sepanjang tahun.
    • c. PerekonomianPertumbuhan ekonomi negara Amerika Serikat bersifat kokohdi permukaanya. Sebagai negara maju, Amerika Serikat tentumemiliki berbagai macam jenis perekonomian yang menjaditolak ukur pada negara-negara lain. Jenis perekonomiantersebut antara lain :1). Pertambangan Bahan-bahan tambang yang penting untuk industri hampir semua terdapat di Amerika Serikat dan jumlahnya pun cukup besar, antara lain adalah tembaga, batu bara, uranium, timah hitam, dan fosfat. Hasil-hasil tambang lainnya yang juga terdapat di sana adalah minyak bumi, gas alam, bijih besi, seng, emas, bauksit, dan lain-lain. Meskipun jumlah bahan tambang tersebut melimpah, Amerika Serikat tetap harus mengimpor sebagian untuk kebutuhan industri.
    • 2). Pertanian dan Peternakan Perekonomian Amerika Serikat didukung pula oleh sektor pertanian, umumnya dilaksanakan secara ekstensif, yaitu pengusahaan pertanian dengan menggunakan mesin-mesin (teknologi pertanian modern). Daerah pertanian di Amerika Serikat utamanya berada di bagian tengah dan timur. Hasil- hasil pertanian, antara lain berupa gandum, jagung, kapas, dan tembakau. Daerah penanaman gandum di Amerika Serikat disebut wheat belt. Gandum yang telah dipanen disimpan di gudang gandum yang disebut silo. Daerah penanaman jagung disebut corn belt, daerah penanaman kapas disebut cotton belt, dan daerah penanaman tembakau disebut tobacco belt. Hasil-hasil pertanian lainnya adalah gula tebu, padi, buah- buahan, gula bit, kentang, dan lain-lain. Selain itu, Amerika Serikat mengusahakan peternakan seperti biri-biri, babi, dan unggas. Peternakan itu diusahakan secara ekstensif dan intensif.
    • 3). PerindustrianAmerika Serikat memiliki berbagai jenis industri yang tersebar dibeberapa daerah. Berikut adalah daftar jenis-jenis industri yangberada di Amerika Serikat beserta pusatnya.No. Jenis Industri Pusatnya 1. Besi dan baja Buffalo, Philadelphia, Baltimore, Birmingham, Chicago, Cleveland, Pittsburgh. 2. Mesin – mesin Buffalo, Boston, New York, Philadelphia, Baltimore, Denver, Los Angeles, San Fransisco, Indianapolis, Cleveland, Pittsburgh. 3. Pesawat terbang Dallas, St. Louis, San Diego, Los Angeles, Seatle. 4. Mobil Detroit, Buffalo, Kansas City. 5. Kapal Philadelphia, Baltimore, New Orleans. 6. Alat – alat listrik Baltimore, Louisville, Los Angeles, San Fransisco, Chicago, Indianapolis, Cleveland, Pittsburgh. 7. Bahan – bahan Kimia Buffalo, New York, Philadelphia, Baltimore, New Orleans, St. Louis, Chicago, Indianapolis.
    • 4). Perdagangan Di sektor perdagangan, Amerika Serikat menjalin hubungan dagang dengan para mitra dagang di seluruh dunia. Barang-barang yang diimpor Amerika Serikat, antara lain berupa pakaian jadi, minyak bumi, kayu, dan lain-lain. Adapun ekspornya berupa mesin-mesin, mobil, alat-alat elektronik, pesawat terbang, kapal, peralatan senjata, bahan kimia, serta makanan dan minuman berkemasan kaleng.
    • d. Penduduk Penduduk Amerika Serikat sangat heterogen. Hampir semua bangsa di dunia ada di negeri ini. Jumlah penduduknya pada tahun 2001 adalah 278.058.880 jiwa dan Amerika Serikat adalah negara terbesar ke-3 atau ke- 4 berdasarkan total luas wilayahnya dan terbesar ke-3 berdasarkan jumlah penduduk. Kepadatan penduduk rata-rata 29 orang/km2. Sebagian besar dari penduduknya tinggal di kota-kota, seperti New York (kota terbesar di dunia), Washington DC, Boston, dan Philadelphia yang merupakan kota-kota yang padat penduduknya. Penduduk Amerika Serikat terdiri atas orang kulit putih, Negro, dan etnis penduduk lainnya yang berasal dari berbagai negara di dunia. Penduduk asli Amerika adalah orang-orang Indian.
    • Warna kulit orang Indian pada umumnya adalah cokelat muda, rambut hitam lurus, mata berwarna gelap, dan wajah lebar dengan tulang pipi tinggi. Untuk melindungi orang-orang Indian dari kepunahan, pemerintah Amerika Serikat menyediakan wilayah-wilayah khusus yang dilindungi oleh pemerintah. Wilayah perlindungan atau suaka bagi penduduk Indian ini disebut reservation.Penduduk Amerika Serikat yang ada di Alaska terdiri atasorang Eskimo, Indian, dan Aleut. Etnis (suku) Aleutterdapat di kepulauan di sebelah barat Alaska, tepatnyamemanjang dari timur ke barat selat Bering. PendudukAmerika Serikat menganut berbagai macam agama, yaituProtestan, Katolik, Yahudi, Islam, Hindu, dan lain-lain.
    • e. Bentuk Pemerintahan Amerika Serikat merupakan negara federal yang terdiri atas 50 negara bagian, termasuk Alaska dan Hawaii. Ibukota Amerika Serikat adalah Wshington DC (Distric of Columbia). Bentuk pemerintahan Amerika Serikat adalah Republik dengan kepala negara presiden yang dipilih setiap empat tahun sekali. Amerika Serikat juga memiliki badan legislatif yang disebut Kongres, terdiri atas dua badan, yaitu Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat (House of Representatives). Presiden Amerika Serikat yang menjabat saat ini adalah Barack Obama dan wakilnya Joe Biden.
    • f. Agama Penduduk Amerika Serikat menganut berbagai macam agama, yakni Protestan, Katolik, Yahudi, Islam, Hindu, Budha, dan lain-lain. Jumlah pemeluk Kristen di Amerika Serikat terus menurun. 86,2% menyebut dirinya Kristen pada tahun 1990 dan 76,5% menyebut dirinya Kristen pada tahun 2001. Anggota keagamaan pada 2001 ialah Protestan 52%, Katolik 24,5%, tidak ada 13,2%, Yudaisme 1,3% dan 0,5- 0,3% Islam, Buddha, Agnostik, Ateis, Hindu dan Universalis Unitarian. Ada perbedaan besar di antara mereka yang memeluk suatu agama dan mereka yang merupakan anggota tempat ibadah agama itu. Angka Biro Sensus menunjukkan bahwa keanggotaan tempat ibadah pada 2004 ialah 33% Kristen Protestan, 19% Katolik Roma, 4% Yahudi dan 44% agama lainnya.
    • g. Mata Pencaharian Amerika Serikat memiliki banyak sumber daya mineral, seperti emas, minyak, batu bara dan endapan uranium. Pertanian membuat negara ini berada di antara produsen utama, di antara lainnya, jagung, gandum, gula dan tembakau. Amerika Serikat juga memproduksi mobil, pesawat terbang dan benda elektronik, sehingga sekitar 3/4 penduduk Amerika Serikat bekerja di bidang industri jasa.
    • THANK YOU…