• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Kisi kisi soal uc un  kimia
 

Kisi kisi soal uc un kimia

on

  • 4,461 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,461
Views on SlideShare
4,452
Embed Views
9

Actions

Likes
0
Downloads
154
Comments
0

1 Embed 9

http://muhiklaten.blogspot.com 9

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Kisi kisi soal uc un  kimia Kisi kisi soal uc un kimia Presentation Transcript

    • KISI-KISI PENULISAN UJI COBA UJIAN NASIONAL Jenis Sekolah : SMA Alokasi Waktu : 120 Menit Program : IPA Jumlah Soal : 40 butir Mata Pelajaran : KIMIA Bentuk Soal : PILIHAN GANDA Kurikulum : KTSP Penyusun : MGMP SekolahNo. Tingkat Jumlah No. Standar Kompetensi Lulusan Uraian Materi Indikator SoalUrut Kesukaran Soal 1 1.Menganalisis struktur atom, sistem Struktur atom. Jika diketahui konfigurasi elektron suatu ion dan mudah 5 1 periodik unsur dan ikatan kimia untuk nomor atomnya,siswa dapat menentukan muatan menentukan sifat-sifat molekul, unsur ionnya dan senyawa. 2 1.Menganalisis struktur atom, sistem Struktur atom. Jika diberikan nomor atom dan nomor massa suatu mudah 2 periodik unsur dan ikatan kimia untuk unsur, siswa dapat menuliskan konfigurasi 3 menentukan sifat-sifat molekul, unsur elektronnya. dan senyawa. 4 3 1.Menganalisis struktur atom, sistem Sistem periodik. Jika diketahui letak unsur dalam SPU, siswa dapat sedang periodik unsur dan ikatan kimia untuk menuliskan konfigurasi elektronnya menentukan sifat-sifat molekul, unsur 5 dan senyawa. 4 1.Menganalisis struktur atom, sistem Ikatan Kimia Menentukan jenis ikatan senyawa berdasarkan data sedang periodik unsur dan ikatan kimia untuk daya hantar listrik larutan dan keelektronegatipan. menentukan sifat-sifat molekul, unsur dan senyawa. 5 1. Menganalisis struktur atom, sistem Ikatan Kimia Jika diketahui konfigurasi elektron unsur Y, nomor sedang periodik unsur dan ikatan kimia untuk atom unsur X serta jenis ikatannya, siswa dapat menentukan sifat-sifat molekul, unsur menentukan rumus senyawa yang terjadi. dan senyawa.
    • No. Tingkat Jumlah No. Standar Kompetensi Lulusan Uraian Materi Indikator SoalUrut Kesukaran Soal 6 2. Menerapkan hukum-hukum dasar Hukum-hukum Jika diketahui perbandingan massa dan massa salah sedang 3 6 kimia untuk memecahkan masalah dasar kimia. satu unsur penyusunnya, siswa dapat menghitung dalam perhitungan kimia. massa unsur lainnya 7 2. Menerapkan hukum-hukum dasar Hukum-hukum Jika diberikan persamaan reaksi dan volume salah sedang 7 kimia untuk memecahkan masalah dasar kimia. satu gas diketahui, siswa dapat menentukan volume dalam perhitungan kimia. gas yang lainnya. 8 8 2. Menerapkan hukum-hukum dasar Persamaan reaksi Siswa dapat menyetarakan suatu reaksi jika diberikan mudah kimia untuk memecahkan masalah dan perhitungan persamaan reaksinya. dalam perhitungan kimia. kimia.
    • No. Tingkat Jumlah No. Standar Kompetensi Lulusan Uraian Materi Indikator SoalUrut Kesukaran Soal 9 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, Larutan non Jika diberikan data uji elektrolit beberapa larutan, mudah 9 9 metode pengukuran dan terapannya elektrolit dan siswa dapat mengelompokkan larutan elektrolit. elektrolit. 10 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, pH larutan Diketahui trayek pH dan trayek perubahan warna sedang metode pengukuran dan terapannya berbagai indikator serta pH larutan, siswa dapat 10 menentukan warna indikator pada harga pH tsb. 11 11 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, Titrasi asam basa. Menghitung konsentrasi larutan asam berdasarkan sukar 12 metode pengukuran dan terapannya data hasil titrasi dengan larutan basa yang diketahui konsentrasi dan volumenya 13 12 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, Larutan penyangga Jika diberikan konsentrasi basa lemah dan asam kuat sedang 14 metode pengukuran dan terapannya serta volumenya dari 5 percobaan,siswa dapat menentukan percobaan yang menghasilkan larutan penyangga 15 13 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, Larutan hidrolisis. Jika diberikan konsentrasi basa lemah dan asam kuat sukar 16 metode pengukuran dan terapannya serta volumenya ,siswa dapat menghitung pH 17 hidrolisis. 14 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, Ksp. Siswa dapat memperkirakan terbentuknya endapan, sukar metode pengukuran dan terapannya jika Ksp dan parameter yang lain diketahui. 15 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, Sifat koligatif Jika diberikan gambar banyaknya mol zat terlarut mudah metode pengukuran dan terapannya larutan. dalam pelarut yang sama banyak, siswa dapat menentukan gambar dengan kenaikan titik didih tertinggi. 16 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, Sifat koligatif Diberikan grafik PT yang berkaitan sifat koligatif sedang metode pengukuran dan terapannya larutan. larutan, siswa dapat menetukan kenaikan titik didih larutan 17 3. Menganalisis sifat-sifat larutan, Koloid. Diberikan beberapa proses dalam kehidupan sehari- mudah metode pengukuran dan terapannya hari, siswa dapat menentukan proses koagulasi.
    • No. Tingkat Jumlah No. Standar Kompetensi Lulusan Uraian Materi Indikator SoalUrut Kesukaran Soal 18 4. Mendeskripsikan senyawa organik, Senyawa Diberikan data berbagai jenis bahan bakar dan mudah 8 18 gugus fungsi dan reaksinya, benzene hidrokarbon dan bilangan oktannya, siswa dapat menentukan 19 dan turunannya, dan makromolekul. minyak bumi. volume gas CO yang dihasilkan. 20 21 19 4. Mendeskripsikan senyawa organik, Gugus fungsi, Siswa dapat menentukan nama senyawa bila mudah 22 gugus fungsi dan reaksinya, benzene keisomeran dan diberikan rumus struktur gugus fungsinya. dan turunannya, dan makromolekul. reaksi yang terdapat pada senyawa karbon. 20 4. Mendeskripsikan senyawa organik, Gugus fungsi , Diberikan persamaan reaksi senyawa karbon, siswa mudah gugus fungsi dan reaksinya, benzene keisomeran dan dapat menentukan jenis reaksinya. dan turunannya, dan makromolekul. reaksi yang terdapat pada senyawa karbon. 21 4. Mendeskripsikan senyawa organik, Gugus fungsi, Siswa dapat menentukan jenis isomer dari rumus sedang gugus fungsi dan reaksinya, benzene keisomeran dan pasangan senyawa karbon yang diberikan. dan turunannya, dan makromolekul. reaksi yang terdapat pada senyawa karbon. 22 4. Mendeskripsikan senyawa organik, Benzena dan Siswa dapat menentukan turunan benzena yang sedang gugus fungsi dan reaksinya, benzene turunannya. digunakan sebagai zat pewarna, jika diberikan dan turunannya, dan makromolekul. beberapa nama senyawa turunan benzena
    • No. Tingkat Jumlah No. Standar Kompetensi Lulusan Uraian Materi Indikator SoalUrut Kesukaran Soal 23 4. Mendeskripsikan senyawa organik, Polimer Diberikan beberapa nama produk beberapa polimer sedang 23 gugus fungsi dan reaksinya, benzene dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat 24 dan turunannya, dan makromolekul. menentukan nama produk yang dibuat secara 25 kondensasi. 24 4. Mendeskripsikan senyawa organik, Karbohidrat Menentukan jenis senyawa karbohidrat berdasarkan mudah gugus fungsi dan reaksinya, benzene sifat-sifat yang diberikan. dan turunannya, dan makromolekul. 25 4. Mendeskripsikan senyawa organik, Protein Siswa dapat menentukan bahan yang mengandung sedang gugus fungsi dan reaksinya, benzene protein berdasarkan data berbagai uji protein. dan turunannya, dan makromolekul. 26 5. Memahami perubahan energi , cara Termokimia. Jika diberikan beberapa sifat reaksi eksoterm dan sedang 3 26 pengukuran dan penerapannya. endoterm, siswa dapat menentukan sifat reaksi 27 endoterm . 28 27 5. Memahami perubahan energi , cara Termokimia. Siswa dapat menghitung ∆H reaksi dalam sukar pengukuran dan penerapannya. kalorimeter. 28 5. Memahami perubahan energi , cara Termokimia. Siswa dapat menentukan perubahan entalpi reaksi sukar pengukuran dan penerapannya. bila diberikan diagram tingkat energi.
    • No. Tingkat Jumlah No. Standar Kompetensi Lulusan Uraian Materi Indikator SoalUrut Kesukaran Soal 29 6. Memahami kinetika reaksi, Laju reaksi dan Diberikan tabel data percobaan laju reaksi, siswa sedang 4 29 kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor faktor-faktor yang dapat menentukan persamaan laju reaksi dari 30 yang mempengaruhinya, serta mempengaruhinya. percobaan tersebut. 31 penerapannya dalam kehidupan sehari- 32 hari dan industri. 30 6. Memahami kinetika reaksi, Laju reaksi dan Menentukan faktor yang mempengaruhi laju reaksi mudah kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor faktor-faktor yang berdasarkan banyaknya gas yang timbul pada suatu yang mempengaruhinya, serta mempengaruhinya. reaksi penerapannya dalam kehidupan sehari- hari dan industri. 31 6. Memahami kinetika reaksi, Kesetimbangan Diberikan suatu persamaan reaksi kesetimbangan, sedang kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor kimia dan faktor- siswa dapat memperkirakan faktor yang yang mempengaruhinya, serta faktor yang mempengaruhi jika diketahui faktor aksinya. penerapannya dalam kehidupan sehari- mempengaruhinya. hari dan industri. 32 6. Memahami kinetika reaksi, Kesetimbangan Siswa dapat menghitung harga Kc pada reaksi sukar kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor kimia dan faktor- kesetimbangan, jika persamaan reaksi dan yang mempengaruhinya, serta faktor yang parameter lainnya diketahui. penerapannya dalam kehidupan sehari- mempengaruhinya. hari dan industri.
    • No. Tingkat Jumlah No. Standar Kompetensi Lulusan Uraian Materi Indikator SoalUrut Kesukaran Soal 33 7. Memahami reaksi oksidasi reduksi Reaksi redoks. Menentukan koefisien yang tepat pada persamaan sedang 4 33 dan elektrokimia serta penerapannya reaksi redoks yang diberikan 34 dalam kehidupan sehari-hari. 35 36 34 7. Memahami reaksi oksidasi reduksi Sel elektrokimia Jika diberikan diagram sel dari suatu reaksi sel Volta, sedang dan elektrokimia serta penerapannya dan elektrolisis. siswa dapat memilih pernyataan yang tepat untuk dalam kehidupan sehari-hari. diagram sel tsb. 35 7. Memahami reaksi oksidasi reduksi Sel elektrokimia Menghitung massa endapan logam yang dihasilkan sukar dan elektrokimia serta penerapannya dan elektrolisis. pada suatu reaksi elektrolisis jika diketahui arus dalam kehidupan sehari-hari. listrik dan waktu yang digunakan, serta massa atom relatif logam tersebut 36 7. Memahami reaksi oksidasi reduksi Korosi. Diberikan 5 macam data/gambar percobaan sedang dan elektrokimia serta penerapannya perkaratan besi dalam berbagai kondisi, siswa dalam kehidupan sehari-hari. dapat meramalkan terjadinya korosi paling cepat. 37 8. Mendeskripsikan unsur-unsur Keberadaan Unsur- Disajikan nama batuan/ mineral , siswa dapat sedang 4 37 penting yang terdapat di alam, unsur di alam. menentukan batuan/ mineral yang mengandung 38 pembuatan, dan kegunaannya. unsur magnesium 39 40 38 8. Mendeskripsikan unsur-unsur Sifat-sifat fisik dan Dapat menyebutkan sifat-sifat unsur golongan utama sedang penting yang terdapat di alam, kimia unsur dari sifat-sifat unsur yang diberikan. pembuatan, dan kegunaannya. 39 8. Mendeskripsikan unsur-unsur Proses pembuatan, Menyebutkan nama proses pembuatan senyawa, jika mudah penting yang terdapat di alam, sifat dan kegunaan diberikan nama beberapa proses pembuatan pembuatan, dan kegunaannya. unsur-unsur 40 8. Mendeskripsikan unsur-unsur Proses pembuatan, Menyebutkan kegunaan suatu unsur dari sifat-sifat mudah penting yang terdapat di alam, sifat dan kegunaan yang diberikan. pembuatan, dan kegunaannya. unsur-unsur Klaten, 7 Januari 2011
    • PenyusunRina Dwi Lestari, SPd Drs Aris Munawar Dra Hj. Retno Gatiningsih Dra Nugraheni W.NBM. 936943 NBM. 668376 NBM. 614396 NBM. 614350