Your SlideShare is downloading. ×
Nuffiq Ahmad Baiquni - 7A - Sejarah Prodi S1 PGMI di Indonesia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Nuffiq Ahmad Baiquni - 7A - Sejarah Prodi S1 PGMI di Indonesia

844
views

Published on

Tugas ICT

Tugas ICT


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
844
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Sejarah Prodi S-1 PGMI Di Indonesia Oleh: Nuffiq Ahmad Baiquni
  • 2. Sejarah Prodi S-1 PGMI di IndonesiaClick Latar BelakangClick Sejarah Berdirinya Prodi PGMI di IndonesiaClick Tujuan Jurusan PGMIClick Dasar Hukum Pengembangan Kompetensi Kurikulum PGMIClick Standar Kompetensi Lulusan Prodi PGMIClick Beban dan Masa StudiClick Sistem Kredit Semester (SKS)Click Manfaat Prodi PGMI
  • 3. A. Latar Belakang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentangStandar Nasional Pendidikan dan Undang-Undang (UU) Nomor 14Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, mensyaratkan peningkatankualifikasi guru SD/MI dari lulusan D-II menjadi minimal lulusanS-1 atau D-IV. Pemberlakuan dua regulasi tersebut berimplikasipada penyebarluasan Program S-1 PGSD/S-1 PGMI. Sehubungan dengan itu, Direktorat Ketenagaan DIKTI telahmenyusun standar kompetensi Guru Kelas SD Lulusan S-1 PGSD.Standar kompetensi tersebut seyogyanya dijadikan acuan dalampengembangan kurikulum yang dilakukan pada Program Studi S-1PGSD maupun S-1 PGMI di setiap perguruan tinggi yangmelaksanakan program tersebut.
  • 4. B. Sejarah Berdirinya Prodi PGMI di Indonesia.Terkait dengan Pendidikan Guru MI maka ada tiga periodeyang dilewatinya.periode pertama, awal berdiri tahun 1969 sampai tahun1990, Fakultas Tarbiyah Salatiga adalah bagian dari IAINWalisongo Semarang yang spesifik terfokusmenyiapkan guru agama Islam di madrasah dan sekolah.Periode kedua, merupakan akar kelahiran PGMI yang berawalketika pada tahun 1990 mulai dibuka program Diploma IIprogram penyiapan guru kelas untuk Madrasah Ibtidaiyahdan Program guru agama Islam untuk SD/MI.
  • 5. Periode ketiga, dimulai ketika tahun 2005 yangsecara yuridis adalah masa peralihan dari benih yangtelah disemai sejak bulan Juli tahun 2003,yaitu dalam Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • 6. C. Tujuan Jurusan PGMIprodi PGMI memiliki tujuan antara lain:1. Menghasilkan guru dengan kompetensi pengajaran Islam yang spesifik serta manajemen.2. Mampu menghasilkan sarjana di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki kedalaman spiritualitas, keluhuran akhlak serta keluasan dan integritas keilmuan di bidang Pendidikan Agama Islam dan juga mata pelajaran madrasah ibtidaiyah sehingga tercermin sebagai pendidik madrasah ibtidaiyah yang profesional, akuntabel, inovatif dan responsif terhadap perkembangan zaman.3. Menghasilkan guru kelas kompetensi pengajaran Islam yang spesifik serta manajemen.4. Mengembangkan konsep pengajaran, sistem dan teknologi yang mudah diaplikasikan dalam pengembangan pendidikan Islam.5. Mendukung usaha peningkatan kualitas pendidikan Islam.
  • 7. D. Dasar Hukum Pengembangan Kompetensi Kurikulum PGMIDasar hukum pengembangan kompetensi kurikulum jurusan (Prodi)Pendidikan Guru MI di IAIN Sunan Ampel meliputi:1. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005.2. Menurut pasal 8 dan pasal 10, guru wajib memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005.4. Menurut pasal 28, pendidik harus memiliki kompetensi sebagai agen pembelajar yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.5. Keputusan Menteri Agama Nomor 353 tahun 2004.
  • 8. lulusan dikelompokkan menjadikompetensi dasar, kompetensiutama, kompetensi pendukung, dankompetensi lainnya.7. Peraturan Dirjen PendidikanTinggi Islam Departemen Agamatentang Pedoman Pembukaan danPenyelenggaraan Program S-1 PGMI.8. Menurut lampiran peraturan ini,kompetensi lulusan S-1 PGMI meliputikompetensi paedagogik,kepribadian, profesional, sosial,dan wawasan agama Islam.9. Statuta IAIN Sunan Ampel.
  • 9. E. Standar Kompetensi Lulusan Prodi PGMI Standar kompetensi lulusan adalahkualifikasi kemampuan lulusan yangmencakup pengetahuan, sikap, danketerampilan. Berangkat dari profilsarjana yang diharapkan di atas, makakompetensi lulusan Prodi Pendidikan GuruMadrasah Ibtidaiyah (PGMI)dikelompokkan dalam kompetensidasar, kompetensi utama, dan kompetensitambahan.
  • 10. F. Beban dan Masa Studi Berdasarkan Kepmendiknas 232 tahun 2000tentang Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, bahwabeban studi program sarjana sekurang-kurangnya 144(seratus empat puluh empat) SKS dan sebanyak-banyaknya160 (seratus enam puluh) SKS yang dijadwalkan untuk 8(delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurangdari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empatbelas) semester setelah pendidikan menengah.
  • 11. G. Sistem Kredit Semester (SKS) Sistem kredit semester adalah suatu sistempenyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kreditsemester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, bebankerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraanprogram. Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas16 sampai 19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, berikutkegiatan iringannya, termasuk 2 sampai 3 minggu kegiatan penilaian.Satuan kredit semester selanjutnya disingkat SKS adalah takaranpenghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selamasatu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 1 jamperkuliahan atau 2 jam praktikum, atau 4 jam kerja lapangan, yangmasing-masing diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan terstruktur dansekitar 1-2 jam kegiatan mandiri.
  • 12. H. Manfaat Prodi PGMI Keberadaan SKGK-SD/MI lulusan S-1PGSD/PGMI ini akan bermanfaat bagiberbagai pihak berikut:a. LPTK penyelenggara S-1 PGSD/PGMI di seluruh Indonesia, sebagai acuan dalam penyelenggaraan program pendidikan guru SD/MI jenjang S-1.b. Instansi terkait yang terlibat dalam perekrutan guru, sebagai acuan penjaminan mutu.c. Lembaga sertifikasi guru SD/MI,
  • 13. pengembangan guru kelasSD/MI, sebagai acuan dalampengembangan program pembinaan.e. Dirjen Dikti, sebagai rambu-rambu penjaminan kualitas(quality assurance) danpertanggungjawaban publik(accountability).f. Masyarakat luas, termasukorang tua dan penggunalulusan, yang antara lain diwakilioleh Penilai Luar (externalassessor), sebagai acuan untuk