Presentasi jurnalistik

1,014 views
871 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,014
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
38
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentasi jurnalistik

  1. 1. Enif Nurul Khoirubiati(110211413115)Sripitajeng Retnaning A.(110211413116)Haslika Dwi Rahma N.(110211413125)
  2. 2. Pengertian KomunikasiMassaKarakteristik KomunikasiMassaNEXT
  3. 3. Pengertian Komunikasi Massa Menurut Baran (2011:7), komunikasi massa merupakan proses menciptakankesamaan arti antara media massa dengan khalayak mereka. Setelah melihatbeberapa pendapat tentang komunikasi massa, maka dapat disimpulkan bahwakomunikasi massa merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh organisasi ataukelompok sosial untuk membuat dan menyebarkan informasi kepada khalayak ataumasyarakat agar terjadi kesamaan arti. Menurut McQuail (1987:32), “komunikasi massa terutama dipengaruhi olehkemampuan media massa untuk membuat produksi massal dan untuk menjangkaukhalayak dalam jumlah besar.” Komunikasi massa memiliki berberapa unsurpenting yaitu komunikator, media massa, informasi massa, gatekeeper, khalayakdan umpan balik. Komunikator berperan sebagai pihak yang mengandalkan mediamassa untuk menyampaikan informasi, lalu komunikator juga berperan dalampenyebaran informasi, dan komunikator juga berperan sebagai sumberpemberitaan.
  4. 4. Lanjutan…Media massa merupakan media yang digunakanuntuk menyampaikan informasi kepada khalayak. Informasimassa adalah informasi yang disampaikan kepadamasyarakat luas dan bukan untuk konsumsi pribadi.Gatekeeper merupakan penyeleksi informasi, gatekeeperberwenang untuk membatasi atau memperluas informasiyang disampaikan.Khalayak merupakan masyarakat luas yangmenerima informasi dari media massa. Sedangkan umpanbalik komunikasi massa biasanya bersifat tertunda. Akantetapi seiring dengan perkembangan zaman komunikasimassa bersifat tertunda ini mulai ditinggalkan. Komunikasimassa bersifat tertunda ini mulai berubah karena mengikutiperkembangan telepon dan internet.BACK
  5. 5. Karakteristik Komunikasi MassaMenurut McQuail (1987:33) karakteristik komunikasi massa adalah sebagai berikut. Sumber komunikasi massa bukanlah satu orang melainkan suatu organisasi formal,dan “sang pengirim”-nya seringkali merupakan komunikator profesional. Pesannya tidak unik dan beraneka ragam, serta dapat diperkirakan. Disamping itupesan tersebut seringkali “diproses” distandarisasi dan selalu diperbanyak. Pesan itujuga merupakan suatu produk dan komoditi yang mempunyai nilai tukar, serta acuansimbolik yang mengandung nilai “kegunaan”. Hubungan antara pengirim dan penerima bersifat satu arah dan jarang sekali bersifatinteraktif. Hubungan antara pengirim dan penerima bersifat impersonal, bahkan mungkinsekali sering bersifat non-moral dan kalkulatif, dalam pengertian bahwa sangpengirim biasanya tidak bertanggung jawab atas konsekuensi yang terjadi pada paraindividu dan pesan yang dijualbelikan dengan uang atau ditukar dengan perhatiantertentu. Komunikasi massa seringkali mencakup kontak secara serentak antara satu pengirimdengan banyak penerima, menciptakan pengaruh luas dalam waktu singkat, danmenimbulkan respon seketika dari banyak orang secara serentak.
  6. 6. BACK
  7. 7. Komunikasi massa berasal dari bahasa inggris yaitu masscommunication. Artinya komunikasi menggunakan media massa atau komunikasimass mediated.Komunikasi massa merupakan sebuah proses yang dilakukan olehorganisasi atau kelompok sosial untuk membuat dan menyebarkan informasikepada khalayak atau masyarakat agar terjadi kesamaan arti. Sementara itu,karakteristik komunikasi massa yaitu: sumber komunikasi massa menggunakanmedia massa dengan organisasi (lembaga media) yang jelas, seorang komunikatormerupakan profesional yang memiliki keahlian tertentu, pesan yang disampaikansearah dan umum serta tidak unik dan beraneka ragam, pesan akan diprosesmenurut standarisasi dan diproduksi secara terencana. Selain itu, komunikasimassa mencakup kontak antara pengirim dan banyak penerima. Biasanya antarakomunikator dan komunikan saling mempengaruhi dan hubungannya tidakbersifat pribadi.

×