Kerajaan majapahit

9,885 views

Published on

sejarah kerajaan majapahit beserta raja-rajanya

0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
9,885
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
523
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kerajaan majapahit

  1. 1. Raja-Raja di Majapahit Kelompok 5 : Angelina Claudia Dennis Ardiansya Imanuel Manata Nisa Ghaisani
  2. 2. • Pemberontakan pertama terjadi pada tahun 1295 yang dilakukan oleh Rangga Lawe (Parangga Lawe) Bupati Tuban. Rangga Lawe memberontak karena tidak puas terhadap kebijaksanaan Kertarajasa yang dirasa kurang adil.• Kedudukan Patih Majapahit seharusnya diberikan kepadanya. Namun, oleh Kertarajasa kedudukan itu telah diberikan kepada Nambi (anak Wiraraja). Pemberontakan Rangga Lawe dapat ditumpas dan ia tewas oleh Kebo Anabrang• Lembu Sora, sahabat Rangga Lawe, karena tidak tahan melihat kematiannya, kemudian membunuh Kebo Anabrang. Peristiwa itu dijadikan alasan Mahapatih yang mempunyai ambisi politik besar di Majapahit menyusun strategi agar raja bersedia menghukum tindakan Lembu Sora• Lembu Sora membangkang perintah raja dan mengadakan pemberontakan pada tahun 1298–1300. Lembu Sora gugur bersama sahabatnya, Jurudemung dan Gajah Biru.
  3. 3. Raden Wijaya Setelah menjadi raja pertama, Raden Wijaya(Sri Kertarajasa Jayawardhana) kemudianmemperistri keempat putri Kertanegara sehinggakekuasaan Singasari otomatis menjadi wilayahkekuasaan Majapahit. Banyak terjadi pemberontakan saatpemerintahannya. Pemberontakan dilakukanteman seperjuangannya yaituRanggalawe, Sora, dan Nambi karena tidak puasakan jabatan yang diberikan
  4. 4. Sri Jayanegara Sri Jayanegara (Kala Gemet) memerintahMajapahit kurang lebih 19 tahun. Permasalahanpolitik yang terjadi selama pemerintahan RadenWijaya sebagian besar pemberontakan dilakukanoleh pejabat kerajaan yaitu pemberontakan JuruDemung, Gajah Biru, Semi, dan Kuti. Masa pemerintahan Jayanegara berakhirtragis karena ia tewas terbunuh oleh seorang tabibistana.
  5. 5. Tribhuanattunggadewi Tribhuanattunggadewi memerintahMajapahit kurang lebih 22 tahun. Pada masapemerintahannya permasalahan politik masihsering muncul diantaranya pemberontakan Sadeng Tetapi pemberontakan tersebut dapatdipadamkan oleh Gajah Mada yaitu Patih Dahalalu atas jasanya maka dia diangkat sebagai PatihAmangkubumi (jabatan tertinggi di Majapahitsesudah raja) Setelah dia wafat, tahta kerajaan diserahkankepada putranya Hayam Wuruk
  6. 6. Hayam Wuruk Hayam wuruk (Sri Rajasanegara)memerintah Majapahit selama 39 tahun. Bersamadengan Patih Amangkubumi Gajah Mada merekamenjadi dwitunggal yang membawa Majapahitpada puncaknya. Dibawah pemerintahannyamereka dapat menyatukan Nusantara tetapidinodai perang bubat yang menyebabkantewasnya putri dan Raja Pajajaran. Dan akhir kejayaan mereka saat Gajah Madadan Hayam Wuruk meninggal dunia.
  7. 7. Wikrama Wardhana Hayam Wuruk digantikan putrinyaKusumawardhani dan dia menikah dengan WikramaWardhana dan dia menjadi raja. Selain itu HayamWuruk mempunyai anak dari selir yaitu Wirabhumi . Saat Kusumawardhani wafat & WikramaWardhana ingin menjadii biksu. Wirabhumi inginmengambil kesempatan itu hingga terjadi perangsaudara (Perang Paregreg) yang menyebabkanWirabhumi terbunuh dan akhirnya pemerintahanMajapahit semakin suram.
  8. 8. Patih Gajah Mada Pada masa pemerintahannyaTribhuanattunggadewi terjadi pemberontakan,diantaranya pemberontakan Sadeng. Pada waktuitu Gajah Mada menjadi Patih Daha memadampemberontakan. Atas jasanya Patih Amangkubumi Arya Tadahmengusulkan kepada ratu agar Gajah Madamengganti kedudukannya menjadi patihamangkubumi (jabatan tertinggi di Majapahitsesudah raja).
  9. 9. Sumpah Palapa Sumpah PalapaSaat pelantikan Gajah Madamenjadi patih amangkubumiGajah Mada mengucapkan “Sira Gajah Mada pepatihSumpah Palapa. amangkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada:Yang artinya adalah : “bahwaGajah Mada sebagai patih Lamun huwus kalah Nusantaraamangkubumi tidak inginmelepas puasa, Gajah Mada ingsun amukti palapa, lamunberkata bahwa bila telah kalah ring Gurun, ring Seram,menguasai Nusantara, sayamelepas puasa, bila telah Tanjungpura, ring Haru, Ringmengalahkan Gurun, Seram,Tanjung Pura, Haru, Pahang, Pahang, Dampu, ring Bali,Dompu, Bali, Sunda, Sunda, Palembang, Tumasik,Palembang, Tumasik,demikianlah saya baru akan samana ingsun amukti palapa”melepas puasa”
  10. 10. Silsilah Kerajaan Majapahit

×