Siskom terakhir

1,127 views
1,069 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,127
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Siskom terakhir

  1. 1. TUGAS SiSTem komUnikASi dATA SUrvey di Sd neGeri 4 WirUn SUkoHArJo kelompok • reny FAJAr WATi ( A 410 070 069) • WAHyU ikA H ( A 410 070 080) • ZAinUri H ( A 410 070 091) • BeTTi AnGGAr kUSUmA ( A 410 070 094) JUrUSAn mATemATikA FAkUlTAS keGUrUAn dAn ilmU pendidikAn UniverSiTAS mUHAmmAdiyAH SUrAkArTA
  2. 2. 2010 I. PENDAHULUAN Internet (Inteconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (errorhandling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut antara lain: 1. Komunikasi murah 2. Sumber informasi besar 3. Tantangan baru untuk berusaha 4. Keterbukaan “tanpa sensor” 5. Jangkauan yang tidak terbatas Manfaat internet antara lain yaitu : Internet sebagai Media Komunikasi, Internet sebagai media promosi, Internet sebagai alat Research
  3. 3. and Development , Internet sebagai Pertukaran data. Selain itu internet di gunakan dalam dunia pendidikan untuk mencari informasi dalam dunia pendidikan. Aplikasi dalam dunia pendidikan misalnya adalah adanya pelajaran computer yang disertai praktek di instansi pendidikan. Internet di kenalkan sejak dini pada peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, agar peserta didik dapat mengoprasikan internet dengan baik dan benar. Dalam dunia pendidikan, perkembangan internet di nilai mempunyai peran penting untuk menunjang keberhasilan siswa. Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Dari data statistik yang didapat, adalah sebagai berikut: 1. 3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994 2. Populasi 30 juta pengguna (1995) 3. Pertumbuhan 10 % tiap bulan 4. 100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2010 semua orang akan terhubung ke Internet 5. Email mendominasi 75% hubungan bisnis. Dengan pentingnya jaringan internet dalam dunia pendidikan, maka kami mengadakan survey di SD NEGERI 4 WIRUN, MOJOLABAN SUKOHARJO yang sudah berstandar SSN (Sekolah Standar Nasional). II. MAKSUD DAN TUJUAN SURVEY
  4. 4. Maksud dan tujuan survey ini adalah : 1. Untuk mengetahui kemajuan teknologi di instansi tertentu, khususnya sekolah dasar. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan guru dan siswa tentang internet terutama dalam aplikasi di dunia pendidikan. 3. Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang di gunakan siswa dalam pembelajaran komputer. 4. Untuk mengetahui cara guru mengajar komputer agar siswanya dapat mengaplikasikan komputer dengan baik dan benar. III. DESKRIPSI TEMPAT SURVEY Survey ini di lakukan di salah satu sekolah dasar negeri di Sukoharjo, tepatnya di SD NEGERI 4 WIRUN, MOJOLABAN SUKOHARJO. Yang beralamatkan di jalan Pramuka No. 58. Alasan memilih tempat itu karena tidak jauh dari jalan raya yang mudah di jangkau sehingga jaringan intenet dan informasi perkembangannya mudah di peroleh . IV. HASIL SURVEY DAN PEMBAHASAN 1. Untuk mengetahui kemajuan teknologi di instansi tertentu, khususnya sekolah dasar.
  5. 5. Teknologi sampai saat ini berkembang pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi hal tersebut mampu menciptakan peralatan yang mendukung perkembangan teknologi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi searah maupun dua arah. Perkembangan di SD NEGERI WIRUN 4 MOJOLABAN SUKOHARJO dari menggunakan computer tanpa jaringan internet sekarang memiliki jaringan internet di sekolah, sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan media–media komunikasi seperti computer, internet, email dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Hal ini menjadikan proses pembelajaran antara guru dan siswa dan berkembang. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan guru dan siswa tentang internet terutama dalam aplikasi di dunia pendidikan. Model pembelajaran yang berkembang di dunia pendidikan sekarang ini adalah E-learning yaitu pembelajaran dengan menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet. Pembelajaran internet berdasarkan 3 kriteria yaitu : a. E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan memdagi materi ajar atau informasi, b. Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui computer dengan menggunakan teknologi internet yang standar. c. Memfocuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.
  6. 6. Model pembelajaran yang di kembangkan di SD NEGERI 4 WIRUN belum menggunakan E-Learning, tapi juga tetap di kembangkan pembelajaran yang lebih baik. 3. Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang di gunakan siswa dalam pembelajaran komputer. Sistem Komputer di SD NEGERI 4 WIRUN sudah menggunakan beberapa perangkat computer yang mendukung, diantaranya: a. Hardware (perangkat keras) - Keyboard = 20 unit - CPU = 20 unit - Monitor = 20 unit - Printer = 2 unit b. Software (perangkat lunak) - Microsoft office c. Jaringan sistem komunikasi - Jaringan komunikasi dengan antena (internet) 4. Untuk mengetahui cara guru mengajar komputer agar siswanya dapat mengaplikasikan komputer dengan baik dan benar.
  7. 7. Guru memberikan penjelasan secara rinci tentang pelajaran komputer. Pelajaran computer di ajarkan dari siswa kelas IV sampai kelas VI setiap seminggu sekali. Pembelajaran di lakukan dengan teori di kelas dan praktek di laboratorium komputer. V. PENJELASAN Informasi tersebut di dapat dari hasil wawancara dan observasi ke SD NEGERI 4 WIRUN, MOJOLABAN SUKOHARJO dengan guru pembimbing Komputer di sekolah tersebut untuk mendapatkan informasi secara langsung dan detail. VI. KESIMPULAN Berdasarkan hasil survey pembelajaran komputer di SD NEGERI 4 WIRUN, MOJOLABAN SUKOHARJO yang berstandar SSN (Sekolah Standar Nasional) dapat di simpulkan bahwa pembelajaran komputer sudah terkelola dengan baik, mulai dari sarana dan prasarana, cara mengajar guru dan jaringan sistem komunikasi.
  8. 8. VII. LAMPIRAN a. Gambar ruang Kelas dari depan c. Gambar laboratorium komputer b. Gambar Ruang kelas Lainnya
  9. 9. SURAT PERNYATAAN Yang bertandatangan di bawah ini menyatakan bahwa : Nama Kelompok : 1. Reny Fajarwati A410070069
  10. 10. 2. Wahyu Ika H A410070080 3. Zainuri H A410070091 4. Betti Anggar kusuma A410070094 Telah melakukan observasi di SD Negeri 4 Wirun Sukoharjo pada tanggal 24 Mei 2010. Surakarta, 24 Mei 2010 Guru Pembimbing Komputer ( Yadi )

×