ASSALAMU’ALAIKUM
WR.WB
KELOMPOK IV
NAMA :
1. NINING RIZKI NOPITA
2. RENI RIRIANI
BAB 11
Perencanaan Pesan-pesan Persuasif
Persuasi merupakan suatu usaha mengubah sikap,kepercayaan atau tindakan
audiens u...
Pertimbangan Perbedaan Budaya
Pemahaman anda terhadap perbedaan budaya yang ada bukan saja
akan membantu bagaimana mereka ...
Megembangkan Pesan-pesan Persuasif
Persuasi yang efektif mencakup empat komponen penting,yaitu menetapkan
kredibilitas,mem...
3. Memilih Daya Pemikat
Kebanyaknan pesan-pesan persuasif menggunakan daya pemikat dengan logika(logical
appeals) dan daya...
c. Pertimbangan Etika
Dalam pemahaman yang positif,persuasi dapat
digunakan untuk mempengaruhi audiens
dengan memberikan i...
Menulis Permintaan Persuasif
Yang paling penting untuk diingat ketika menyusun permintaan
persuasif(persuasive request) un...
Permintaan Persuasif Untuk Tindakan
Pada kalimat pembuka mulailah dengan kalimat yang
mampu mengundang perhatian pembaca y...
Permintaan dan Pengaduan Persuasif
Untuk Penyesuaian
Meskipun surat pengaduan persuasif dan surat
permintaan penyesuaian k...
Penulisan Pesan-pesan Penjualan dan
Permohonan Dana
Ada dua jenis pesan-pesan persuasif,yaitu
surat penjualan(sales letter...
Perencanaan Pesan-pesan Penjualan
Salah satu tujuan ketika anda merencanakan
pesan-pesan penjualan adalah untuk
memperoleh...
Pengorganisasian dan Komposisi Pesan –pesan
Penjualan
Kebanyakan surat-surat penjualan(sales
letters)disusun berdasarkan p...
Perencanaan Pesan-pesan Permohonan Bantuan Dana
Ada empat langkah yang perlu diperhatikan dalam
penulisan surat permohonan...
Pengertian Surat dan Surat Bisnis
Menurut Pusat Pembinaan dan Pengembangan
Bahasa Departemen Pendidikan Nasional,surat
dap...
Fungsi Surat Bisnis
Selain sebagai sarana komunikasi,surat bisnis juga memiliki berbagai fungsi
sebagai berikut.
• Surat b...
Pengelompokkan Surat
• Pengelompokkan Surat Menurut Wujudnya
• Surat bersampul
• Kartu pos
• Warkat Pos
• Telegram dan Tel...
Pengelompokkan Surat Menurut Pemakaiannya
Menurut pemakaiannya,surat dapat dikelompokkan
menjadi empat jenis yaitu surat p...
Pengelompokkan Surat Menurut Banyaknya (Jumlah) Sasaran
yang Dituju
Surat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis,yaitu:
• ...
• Pengelompokkan Surat Menurut Sifatnya
• Menurut sifatnya atau jaminan keamanan suatu surat,maka
surat dapat dikelompokka...
Pengelompokkan Surat Menurut Urgensi
Penyelesaiannya
Dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis,yaitu :
• Surat Biasa
Surat bi...
Pengelompokkam Surat Menurut Isi dan
Maksudnya
Penggolongan surat menurut isi dan
maksudnya sangat teragantung dari maksud...
Bagian Surat dan Bentuk Surat
Secara umum,bagian surat baik untuk surat dinas maupun surat
bisnis mencakup beberapa kompon...
• Bahasa Surat
Agar pesan yang disampaikan tersebut komunikatif dan mudah
dipahami oleh penerima surat,sebaiknya menggunak...
Aneka Bentuk Amplop
Amplop berfungsi sebagai salah satu cara menjaga kerahasiaan isi surat.
Amplop dapat dikelompokkan ber...
Contoh- contoh Surat Bisnis
• Surat pemesanan
Surat pemesanan (order letters) adalah surat yang dibuat
seseorang,sekelompo...
• Surat permintaan Informasi
Surat permintaan Informasi Adalah surat yang dikirimkan
oleh seorang,sekelompok atau lembaga ...
• Surat Penagihan
Penagihan dalam dunia bisnis dapat terjadi ketika seseorang atau
organisasi tidak dapat memenuhi kewajib...
Terima kasih
wassalamualaikum
wr.wb
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Slide kombis

2,158

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
2,158
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
30
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Slide kombis"

  1. 1. ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB KELOMPOK IV NAMA : 1. NINING RIZKI NOPITA 2. RENI RIRIANI
  2. 2. BAB 11 Perencanaan Pesan-pesan Persuasif Persuasi merupakan suatu usaha mengubah sikap,kepercayaan atau tindakan audiens untuk mencapai suatu tujuan.Secara sederhana persuasi yang efektif adalah kemampuan untuk menyampaikan suatu pesan dengan cara yang membuat audiens(pembaca atau pendengar)merasa mempunyai pilihan dan membuatnya mereka setuju. Tidak seperti permintaan rutin,pesan-pesan persuasif bertujuan untuk mempengaruhi audiens yang cenderung mempertahankan ide atau gagasannya.Sebagai akibatnya,pesan-pesan persuasif umumnya lebih lama,lebih rinci dan tergantung pada perencanaan strategis yang cukup ketat. Analisis Audiens Penyampaian pesan-pesan persuasif yang terbaik adalah dengan menghubungkan suatu pesan dengan minat dan hasrat audiens.Untuk mengakomodasikan perbedaan individual,analisis audiens anda dan kemudian susunlah suatu pesan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
  3. 3. Pertimbangan Perbedaan Budaya Pemahaman anda terhadap perbedaan budaya yang ada bukan saja akan membantu bagaimana mereka memandang anda.hal ini mengingat bahwa cara memberikan persuasi untuk budaya yang berbeda akan berbeda pula. Memilih Pendekatan Organisasional Sebagaimana dengan penyampaian pesan-pesan rutin dan bad- news,anda perlu memilih pendekatan organisasional yang tepat berdasarkan kemungkinan reaksi audiens terhadap pesan yang anda sampaikan.Hakikat persuasi adalah untuk meyakinkan audiens dan atau mengubah sikap,kepercayaan atau tindakan mereka. Dalam hal ini anda dapat menggunakan pendekatan tak langsung (indirect approach)dalam menyampaikan pesan-pesan persuasif.Akan tetapi,jika audiens anda objektif atau jika anda tahu bahwa mereka lebih suka mendengar pesan-pesan disampaikan secara segera,pendekatan yang tepat adalah pendekatan langsung(direct approach).
  4. 4. Megembangkan Pesan-pesan Persuasif Persuasi yang efektif mencakup empat komponen penting,yaitu menetapkan kredibilitas,membuat kerangka argumentasi audiens,menghubungkan audiens dengan hal-hal yang logis dan memperkuat posisi anda dengan penggunaan bahasa yang baik dan tepat. 1. Menetapkan Kredibilitas Kredibilitas anda ditentukan oleh sejauh mana tingkat kepercayaan dan keandalan anda.Kalau kredibilitas anda diragukan oleh audiens,mereka akan cenderung skeptis dan tidak akan menerima begitu saja setiap apa yang anda sampaikan.Oleh karena itu,anda harus dapat mengatasi audiens yang memiliki sikap skeptis tersebut.Kredibilitas anda adalah kapabilitas anda untuk dapat dipercaya oleh orang lain.Tanpa kredibilitas,upaya anda untuk melakukan persuasi akan tampak sebagai bentuk tipuan. Salah satu cara untuk menumbuhkan kredibilitas seseorang adalah melalui fakta.Semua bentuk dokumen,statistik,jaminan dan hal riset merupakan bukti objektif yang dapat mendukung kredibilitas anda. 2. Kerangka Argumentasi Ketika telah cukup mengumpulkan berbagai fakta,bukti dan temuan lainnya,anda telah siap untuk membuat kerangka argumentasi.Kebanyakan pesan-pesan persuasif mengikuti rencana organisasional AIDA(attention,interest,desire dan action) • Attention (perhatian) • Interest (minat) • Desire(hasrat) • Action(tindakan)
  5. 5. 3. Memilih Daya Pemikat Kebanyaknan pesan-pesan persuasif menggunakan daya pemikat dengan logika(logical appeals) dan daya pemikat yang emosioanl(emotional appeals)untuk melakukan persuasi audiens. Keseimbangan diantara keduanya tergantung pada empat faktor penting,yaitu (1) tindakan yang anda harapkan (2) harapan audiens anda, (3) tingkat resistensi yang harus anda atasi,dan (4) seberapa jauh anda mampu menjual ide/gagasan anda tersebut pada audiens. A. Pemikat emosional Untuk dapat melakukan persuasi terhadap audiens,anda dapat memanfaatkan emosi yang dilandasi dengan argumentasi atau dalam bentuk simpati kepada audiens selama pemikat emosioanl(emotional appeals)tersebut sangat kuat.Dalam hal ini anda dapat menggunakan atau memilih kata-kata yang sangat berpengaruh pada emosi seseorang. B.Pemikat Logika Dalam berbagai alasan,anda dapat menggunakannya untuk melakukan persuasi audiens,seperti membuat pegaduan(claim)dan selanjutnya memberikan dukungan atas pengaduan tersebut dengan memberikan alasan dan bukti-bukti yang ada. Ketika anda memikat logika audiens,gunakan salah satu dari tiga jenis alasan berikut ini: • Analogi • Induksi • Deduksi
  6. 6. c. Pertimbangan Etika Dalam pemahaman yang positif,persuasi dapat digunakan untuk mempengaruhi audiens dengan memberikan informasi dan menambah pemahaman mereka dalam berbagai hal.Pelaku bisnis secara etis menginformasikan kepada para pelanggan hal yang berkaitan dengan manfaat ide,organisasi,produk atau tindakan tertentu sehingga para pelanggan dapat mengakui betapa baiknya suatu ide,organisasi,produk atau tindakan tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
  7. 7. Menulis Permintaan Persuasif Yang paling penting untuk diingat ketika menyusun permintaan persuasif(persuasive request) untuk suatu tindakan adalah tetap menjaga batas-batas permintaannya.oleh karena itu,dalam membuat suatu permintaan persuasif perlu perhatian khusus terhadap manfaat yang didapat baik secara langsung atau tak langsung dalam memenuhi permintaan tersebut.
  8. 8. Permintaan Persuasif Untuk Tindakan Pada kalimat pembuka mulailah dengan kalimat yang mampu mengundang perhatian pembaca yang menunjukkan bahwa anda mengetahui sesuatu yang diharapkan pembaca.Bahkan pesan persuasif yang sifatnya memuji atau menyanjung tentang pembaca juga dapat dibenarkan. Selanjutnya pada bagian pertengahan,gunakan kalimat yang mampu menarik minat dan harapan pembaca yang mencakup apa yang sebenarnya anda ketahui tentang situasi yang anda harapkan untuk suatu tindakan tentang seperti fakta yang ada,manfaat bantuan dan pengalaman yang mampu mendorong minat anda tersebut. Apabila anda sudah betul-betul yakin bahwa pesan- pesan yang ingin anda sampaikan relevan dengan pembaca anda,akhiri tulisan anda dengan suatu permintaan atau permohonan tindakan spesifik.
  9. 9. Permintaan dan Pengaduan Persuasif Untuk Penyesuaian Meskipun surat pengaduan persuasif dan surat permintaan penyesuaian kadang kala menunjuk pada surat keluhan(complaint letters),tujuan anda adalah melakukan persuasi kepada orang lain untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan.Untuk mencapai tujuan anda tersebut,perlu ditunjukkan perbedaan antara apa yang sebenarnya anda harapkan dengan apa yang sebenarnya telah anda terima.
  10. 10. Penulisan Pesan-pesan Penjualan dan Permohonan Dana Ada dua jenis pesan-pesan persuasif,yaitu surat penjualan(sales letters) dan surat permohonan bantuan dana(fundraising letters).Pesan-pesan ini meliputi brosur,formulir jawaban,atau surat-surat khusus lainnya.Penulisan surat tersebut memerlukan keterampilan tulis menulis yang cukup tinggi.
  11. 11. Perencanaan Pesan-pesan Penjualan Salah satu tujuan ketika anda merencanakan pesan-pesan penjualan adalah untuk memperoleh pemahaman secara menyeluruh tentang produk anda.Berbagai pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan produk antara lain: apa jenis produk,bagaimana kualitas produk,bagaimana cara kerja dan manfaat produk,berapa harga produk,berapa diskon produk,bagaimana pengiriman produk,bagaimana pengepakan produk dan berbagai atribut produk lainnya.
  12. 12. Pengorganisasian dan Komposisi Pesan –pesan Penjualan Kebanyakan surat-surat penjualan(sales letters)disusun berdasarkan perencanaan organisasional AIDA yang digunakan untuk penulisan pesan-pesan persuasif.Anda dapat memulai dengan, • Menarik Perhatian • Membangun Minat • Meningkatkan Hasrat • Memotivasi Tindakan
  13. 13. Perencanaan Pesan-pesan Permohonan Bantuan Dana Ada empat langkah yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat permohonan bantuan dana,yaitu: • Anda harus mampu menjelaskan kebutuhan secara spesifik. • Tunjukkan kepada pembaca betapa pentingnya donasi yang anda sumbangkan kepada pihak lain. • Kemukakan secara jelas berapa jumlah donasi yang dibutuhkan. • Jelaskan manfaat atau kegunaan donasi yang telah diberikan pembaca.
  14. 14. Pengertian Surat dan Surat Bisnis Menurut Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional,surat dapat didefinisikan sebagai suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Surat bisnis adalah surat yang digunakan orang atau organisasi untuk menyampaikan informasi tertulis dalam kaitannya dengan penyelenggaraan kegiatan bisnis. BAB 12 Dasar –dasar Korespondensi Bisnis
  15. 15. Fungsi Surat Bisnis Selain sebagai sarana komunikasi,surat bisnis juga memiliki berbagai fungsi sebagai berikut. • Surat bisnis berfungsi sebagai wakil atau duta bagi pengirim • Alat untuk menyampaikan pemberitahuan,permintaan atau permohonan,buah pikiran atau gagasan yang berkaitan dengan masalah-masalah bisnis. • Alat bukti tertulis(dokumen tertulis),misalnya surat perjanjian jual beli,surat perintah kerja sama,surat bukti tanda terima dan faktur. • Alat untuk mengingat,misalnya surat-surat bisnis yang diarsipkan. • Bukti sejarah (historis) , • Pedoman kerja,misalnya surat keputusan dan surat perintah (instruksi kerja). • Media promosi bagi pengirim
  16. 16. Pengelompokkan Surat • Pengelompokkan Surat Menurut Wujudnya • Surat bersampul • Kartu pos • Warkat Pos • Telegram dan Teleks • Memorandum (memo) dan Nota • Surat Tanda Bukti
  17. 17. Pengelompokkan Surat Menurut Pemakaiannya Menurut pemakaiannya,surat dapat dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu surat pribadi(personal), surat bisnis (niaga) dan surat sosial. • Surat Pribadi • Surat Dinas • Surat Bisnis • Surat Sosial
  18. 18. Pengelompokkan Surat Menurut Banyaknya (Jumlah) Sasaran yang Dituju Surat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis,yaitu: • Surat Biasa Surat biasa adalah surat yang dibuat oleh seseorang atau organisasi lain yang berisi suatu informasi yang bersifat umum dan bukan bersifat pribadi/privasi. • Surat Edaran Surat edaran adalah surat pemberitahuan secara tertulis yang disampaikan oleh seorang atau suatu lembaga yang ditujukan kepada orang atau lembaga lain dalam jumlah yang banyak. • Surat Pengumuman Surat pengumuman adalah surat yang berisi pemberitahuan tentang sesuatu hal yang perlu diketahui oleh pegawai/karyawan suatu organisasi ataupun masyarakat luas(bila disebarluaskan melalui media massa).
  19. 19. • Pengelompokkan Surat Menurut Sifatnya • Menurut sifatnya atau jaminan keamanan suatu surat,maka surat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis,yaitu : • Surat Biasa • Surat biasa adalah surat yang isinya bersifat biasa(bukan rahasia),dapat beramplop dan tanpa amplop. • Surat Konfidensial(terbatas) • Surat konfidensial adalah surat yang termasuk rahasia,tetapi terbatas untuk kalangan tertentu. • Surat Rahasia • Surat rahasia adalah surat yang isinya hanya boleh dibuka dan dibaca oleh orang/pejabat tertentu dalam suatu organisasi.
  20. 20. Pengelompokkan Surat Menurut Urgensi Penyelesaiannya Dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis,yaitu : • Surat Biasa Surat biasa adalah surat yang penanganannya diperlakukan biasa saja atau tidak ada suatu perlakuan. • Surat Segera Sutar segera adalah surat yang memang memerlukan penanganan dengan segera,meskipun tingkat penangananya tidak secepat surat kilat. • Surat Kilat Surat kilat adalah surat yang memerlukan penanganan dengan sangat segera,harus didahulukan dan memperoleh perlakuan khusus daripada surat-surat yang lainnya.
  21. 21. Pengelompokkam Surat Menurut Isi dan Maksudnya Penggolongan surat menurut isi dan maksudnya sangat teragantung dari maksud dan tujuan pengirim.Oleh karena maksud dan tujuan pengiriman surat antara yang satu dengan yang lain berbeda,jenis suratnya pun sangat bervariasi.
  22. 22. Bagian Surat dan Bentuk Surat Secara umum,bagian surat baik untuk surat dinas maupun surat bisnis mencakup beberapa komponen penting,antara lain: • Kepala surat/kop surat(letterhead) • Tanggal surat(date) • Nomor,lampiran dan perihal(number,enclosed,subject) • Alamat tujuan(inside address) • Salam pembuka(salutation) • Paragraf pembuka(first paragraf) • Paragraf isi(body paragraf) • Paragraf penutup(close paragraf) • Salam penutup(complimentery close) • Tanda tangan(signature) • Nama jelas penanda tangan(name and title) • Tembusan(notation) • Inisial(initial)
  23. 23. • Bahasa Surat Agar pesan yang disampaikan tersebut komunikatif dan mudah dipahami oleh penerima surat,sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam dunia surat menyurat,seperti bagaimana memilih kata,pemakaian ejaan yang disempurnakan,penyusunan paragraf dan penyusunan kalimat. Format Lipatan Surat dan Amplop • Lipatan baku (standart fold) • Lipatan setengah baku (semi standart fold) • Lipatan akordeon (acordion fold) • Lipatan setengah akordeon (semi acordion fold) • Lipatan tunggal ( single fold) • Lipatan ganda/paralel (parallel/double fold) • Lipatan model Prancis (French fold) • Lipatan model baron (baronial fold)
  24. 24. Aneka Bentuk Amplop Amplop berfungsi sebagai salah satu cara menjaga kerahasiaan isi surat. Amplop dapat dikelompokkan berdasarkan : 1. Berdasarkan wujudnya,amplop dapat dibedakan menjadi: • Amplop biasa • Amplop berjendela 2. Berdasarkan ukurannya,amplop dapat dibedakan menjadi: • Amplop resmi • Amplop kartu • Amplop bisnis • Amplop pendek • Amplop panjang • Amplop besar - Amplop katalog -Amplop mata berkait - Amplop kancing bertali 3. Berdasarkan penggunaannya,amplop dapat dibedakan menjadi: • Amplop katalog • Amplop mata berkait • Amplop kancing bertali
  25. 25. Contoh- contoh Surat Bisnis • Surat pemesanan Surat pemesanan (order letters) adalah surat yang dibuat seseorang,sekelompok orang atau organisasi untuk melakukan pemesanan barang atau jasa kepada pihak lain guna memenuhi berbagai kebutuhan mereka. • Surat konfirmasi Surat konfirmasi (confirmation letters) adalahsurat yang berisi tentang penjelasan tertentu yang lebih berfungsi sebagai pemberitahuan,penegasan atau sesuatu. • Surat pengaduan Surat pengaduan adalah surat yang berisi pengaduan pelanggan kepada pihak lain dengan cara-cara yang baik karena pelanggaan merasa dirugikan atau dikecewakan,agar segera memperoleh solusi terbaik bagi kedua belah pihak.
  26. 26. • Surat permintaan Informasi Surat permintaan Informasi Adalah surat yang dikirimkan oleh seorang,sekelompok atau lembaga untuk meminta berbagai informasi penting kepada pihak lain baik peerseorangan maupun lembaga. • Surat Ucapan Selamat Surat ucapan selamat adalah surat yang dikirimkan oleh perorangan,kelompok,maupun lembaga (institusi) yang berisi pemberian ucapan atas keberhasilan seseorang,kelompok maupun lembaga dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan. • Surat Pemberitahuan Surat pemberitahuan adalah surat yang dibuat oleh perorangan atau organisasi yang berisi pemberitahuan kepada pihak lain baik perorangan maupun organisasi.
  27. 27. • Surat Penagihan Penagihan dalam dunia bisnis dapat terjadi ketika seseorang atau organisasi tidak dapat memenuhi kewajiban atau hutangnya sesuai waktu yang telah ditentukan.Oleh karena itu, surat penagihan adalah surat yang digunakan untuk menagih hutang pihak lain yang telah melampaui waktu yang telah ditentukan. • Surat Peringatan Surat peringatan adalah surat yang ditulis oleh seseorang atau organisasi yang ditujukan kepada pihak lain baik seseorang maupun organisasi yang berisi peringatan atas sesuatu hal. • Surat Perintah Kerja Surat perintah kerja (SPK) adalah surat yang ditulis oleh pimpinan suatu perusahaan kepada pihak lain (seseorang atau organisasi) ,yang berisi perintah untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan prosedur yang disepakati.
  28. 28. Terima kasih wassalamualaikum wr.wb
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×